Cara Mengatur Jadwal Defrag Drive Windows 10

5 Likes Comment
Jadwal Defrag Drive Windows 10

Microsoft memungkinkan kita untuk mengatur jadwal defrag drive Windows 10 atau yang lazim di kenal dengan istilah defragment. Yang lebih keren lagi adalah, kita dapat mengubah jadwal defragmentnya sesuai dengan kemauan kita sendiri.

Diartikel saya sebelumnya tentang cara mendefrag windows 10 sudah saya singgung tentang cara untuk mendefrag windows 10 terbaru dan disitu saya sempat menyinggung tentang cara yang akan kita bahas disini.

Cara ini sebenarnya cukup membantu anda agar anda tidak perlu lagi melakukan defragment secara manual, melainkan mengatur sistem operasi untuk bekerja secara otomatis mendefrag windows yang digunakan.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 10 Dengan CMD

Karena memang terkadang para penggunanya sibuk, lalai atau menggap remeh model defragment ini, sehingga pengaturan defaultnya sudah di setel seminggu sekali. Namun terkadang, untuk jenis laptop yang berbeda, pengaturan ini biasanya disetel sebulan, tiga bulan bahkan lebih lama dari itu.

Pengoptimalan drive ini juga hanya satu sekian cara untuk mempercepat kinerja laptop, seperti misalnya, kita dapat mengoptimalkan kinjerjanya dengan cara menghapus file temp, atau mengubah setelan default sistem operasi. Lalu bagaimana cara mengatur jadwal defrag drive windows 10? Untuk mengaturnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Mengatur jadwal defrag drive Windows 10

Sebenarnya juga, saat anda menjalankan defragment drive di Windows 10 untuk mengoptimalkan drive yang ada didalamnya, biasanya itu dijalankan lewat sistem operasi dan sudah diatur secara otomatis untuk melakukan optimasi dan defragmentasi sekali dalam seminggu.

Baca Juga : Cara Mengatur Kombinasi Taksbar di Windows 10

Windows juga menawarkan opsi lain untuk hal ini dan memungkinkan para penggunannya untuk mengubah jadwal untuk pengotpimalan drive. Untuk mengubah jadwal defragment silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Silahkan buka PC/Laptop yang hendak anda ubah jadwal defragmentnya

2. Setelah itu cari program Defragment and Optimize Drives. Untuk mencarinya, anda bisa menggunakan kotak pencarian pada taskbar atau menggunakan Cortana, lalu ketikan Defragment and Optimize Drive

Cara Mengatur Jadwal Defrag Drive Windows 10

3. Jika hasilnya sudah muncul silahkan klik untuk membuka jendela Optimize Drives

4. Di jendela Optimize Drive silahkan klik ubah pengaturan atau Change Setting

Cara Mengatur Jadwal Defrag Drive Windows 10

5. Disini silahkan pilih frekuensnya, baik itu harian, mingguan (default) atau bulanan seperti yang anda inginkan. Jika anda ingin mematikan jadwal defragment ini, silahkan hapus centang pada kotak Jalankan Jadwal.

Cara Mengatur Jadwal Defrag Drive Windows 10

6. Setelah selesai, silahkan klik OK lalu tutup jendela Optimize Drives

Cara Mengatur Jadwal Defrag Drive Windows 10

Sampai disini sebenarnya anda sudah bisa mengatur penjadwalan otomatis untuk defragment drive di windows 10. Saya saranakan agar anda mengaturnya berdasarkan frekuensi penggunaanya. Di laptop yang saya gunakan, saya menyetel jadwal defragmentnya dalam waktu sebulan.

Alasannya karena frekuenasi penggunaan laptop yang rendah, dimana saya hanya menggunakan laptop saat waktu luang. Jika anda menggunakan laptop untuk pekerjaan dan juga tujuan-tujuan lain seperti bermain game ada baiknya anda mengaturnya untuk defragment minimal seminggu sekali.

Baca Juga : Cara Melihat Password Wifi dengan CMD

Ini juga bertujuan untuk menjag kesehatan drive anda sendiri dan dengan demikian, drive anda bisa awet sekalipun anda jarang menggunakannya atau sekalipun perangkat-perangkat lain di laptop anda sudah rusak.

Untuk anda yang aktif mengunakan laptop apalagi setiap hari mengaktifkan atau menggunakan laptop tersebut dan terkadang tidak pernah mematikannya selama kurun waktu tertentu dan hanya menggunakan mode Sleep, ada baiknya anda mengatur defragmentnya sehari sekali. Karena kinjera laptop yang terus menerus bisa melemahkan kinerja sistem dan drive anda.

Nah demikian artikel tentang Cara Mengatur Jadwal Defrag Drive di Windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *