Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook

7 Likes Comment
tidak bisa posting di facebook

Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook – Beberapa waktu lalu, saat hendak membagikan salah satu artikel saya di blog [bukan blog ini] ke Facebook, ada pemberitahuan bahwa domain blog saya diblokir oleh sistem Facebook karena dicurigai mengandung konten yang berbahaya.

Entahlah mengapa demikian, namun yang jelas, blog saya itu tidak akan pernah bisa mendapatkan trafik dari media sosial dan ini sungguh mengesalkan.

Yang lebih aneh lagi, blog tersebut baru berusia 2 bulan dan tidak ada postingan yang melanggar standar komunitas seperti yang disebutkan dalam keterangan pemblokiran.

Meski sebenarnya target utama saya adalah trafik dari Google atau trafik organik namun sebenarnya cukup merugikan juga.

Saat masalah ini saya temui, saya sebenarnya berpikir kalau Facebook lagi eror. Saya kemudian berinisiatif untuk memposting lagi seminggu kemudian.

Hasilnya? Tetap sama. Setiap kali memposting, meskipun dengan url berbeda dari blog yang sama, selalu ada pesan kesalahan yang isinya seperti dibawah ini:

Pesan Anda tidak dapat dikirim karena berisi konten telah dilaporkan sebagai pelanggaran oleh orang lain.

Sementara, jika diposting menggunakan Facebook versi Web, pesannya terlihat gambar dibawah ini:

Yang lebih aneh lagi, saya belum pernah memposting artikel di Facebook sebelumnya dan di blog saya tersebut baru diisi 7 artikel.

Baca Juga : Cara Cepat Hasilkan Uang Dari Facebook

Saya kemudian mencari solusi kesana kemari meski hasilnya nihil. Saya juga sempat bertanya ke beberapa forum blogger namun sebagian besar jawabannya tidak memuaskan.

Dua bulan lalu, saat sedang berselancar di Quora, ada satu thread yang membahas tentang masalah ini. Tak perlu tunggu aba-aba, saya kemudian membacanya.

Thread tersebut kemudian saya tulis kembali ke dalam artikel ini. Yang mungkin bisa membantu anda untuk mengatasi masalah yang sama seperti yang saya hadapi.

Penyebab url blog tidak bisa di posting di Facebook

Dari keterangan diatas, diketahui bahwa penyebab utama mengapa url blog tidak dapat diposting di Facebook karena melanggar Standar komunitas.

Pelanggaran semacam ini adalah hal yang wajar. Mengingat Facebook sangat ketat dalam pengawasan link atau url spam dan mencurigakan.

Selain itu juga, banyak blogger yang menghadapi masalah yang sama, terlebih untuk domain blog yang belum genap setahun.

Pemblokiran ini dilakukan secara otomatis oleh tools Facebook yang disebut Facebook Debugger, yang dibuat khusus untuk menghadapi masalah Spam, link mencurigakan dan malware.

Apa itu Facebook Debugger?

Sosial media saat ini telah menjadi gerbang yang menghubungkan antara banyak situs web dan juga pembacanya.

Itu berarti, setiap hari akan ada link berupa artikel yang di posting di media sosial, dengan tujuan utama untuk memperoleh trafik.

Nah untuk mempermudah ini, Facebook merilis tools yang dapat membantu pengembang atau pemilik situs web agar lebih leluasa memposting link/url dari sudut pandang Facebook.

Tools itulah yang disebut Facebook debugger. Dan FD ini yang bertugas melakukan pemblokiran terhadap link yang dianggap melanggar standar komunitas.

Terkadang alat ini juga menghilangkan gambar, url hingga cuplikan postingan karena dicurigai mengandung sesuatu yang melanggar.

Baca Juga : Persyaratan Monetisasi Video di Facebook Adbreak

Meski demikian, FD sebenarnya hanyalah alat sederhana yang bertugas untuk memeriksa kesalahan dari sebuah url dan bisa memprediksi apakah url tersebut bertolak belakang dengan peraturan Facebook atau tidak.

Dengan kata lain, tools ini bisa juga melakukan kesalahan sehingga anda perlu melaporkan pemberitahuan kepada pihak Facebook.

Disisi lain, FD adalah alat yang dapat menemukan kesalahan pada link sekaligus alat yang berfungsi untuk memperbaikinya.

Untuk mengatasi hal ini, seperti misalnya dalam kasus yang saya alami, sebaiknya anda menggunakan tag open graph standar milik Facebook di blog anda.

url blog tak bisa posting di facebook
Contoh tag open graph standar di Facebook

Namun apabila di blog anda sudah ada tag open graph default yang dibuat oleh developer, maka anda bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

4 Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook

Lalu bagaimana cara mengatasi URL blog yang tidak bisa posting di Facebook? Secara umum ada 4 cara, antara lain:

Cara 1: Menggunakan Facebook Debugger

Pada cara yang pertama ini anda bisa menggunakan tools Facebook Debugger. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka Facebook Debugger atau klik saja tautan ini
  2. Jika sudah, silahkan masukan url blog yang diblok oleh pihak facebok pada kolom yang ditandai merah> lalu klik Debug
  3. Jika link blog anda memang di blog oleh Facebook maka anda akan mendapatkan pesan seperti pada gambar dibawah ini. Jika tidak, berarti ada eror dari Website anda dan anda bisa mengikuti langkah ke dua yang akan dijelaskan dbawah.
  4. Setelah itu, silahkan klik tulisan Let Us Know [beri tahu kami]. Disini anda akan diarahkan pada halaman Bantuan Facebook
  5. Setelah masuk ke halaman Bantuan, silahkan masukan alasan di kolom yang ditandai merah pada gambar diatas. Jika sudah, maka anda akan mendapatkan pesan seperti dibawah ini:

Agar dapat diproses dengan cepat dan pihak Facebook membatalkan blokir yang dilakukan, anda bisa memberikan alasan seperti dibawah ini:

  • Berikan deskripsi singkat mengenai website anda. Disini anda bisa menggunakan deskripsi blog atau situs web anda. Anda juga bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai website anda, apakah di kelola langsung oleh perusahaan atau merupakan blog personal. Soal ini anda bisa ngarang.
  • Setelah itu, silahkan jelaskan bahwa website anda sudah sesuai dengan program kebijakan Facebook dimana anda tidak membuat konten menghasut, kebencian, konten berbahaya dan lain sebagainya. Intinya, pada poin ini anda harus menjelaskan bahwa website anda benar-benar bersih dan tidak pernah melanggar kebijakan apapun.
  • Dalam kasus tertentu, misalnya, karena Halaman Facebook anda di hapus tiba-tiba, anda juga harus menjelaskan bahwa Fanspage tersebut tidak pernah melanggar kebijakan program Facebook dari awal sampai sekarang.
  • Setelah itu, mintalah pihak Facebook untuk melakukan Review atas website anda. Ini juga akan dilakukan pemeriksaan langsung oleh karyawan Facebook. Karena biasanya, untuk mengunblock blokir harus dilakukan secara manual.
  • Tapi, agar lebih aman pastikan Blog anda itu aman dan tidak bertolak belakang dengan ketentuan Facebook. Kalau perlu, anda bisa menggunakan beberapa tools internet untuk mengecek keamanan situs seperti sitecheck.

Cara 2: Menggunakan fitur Isn’t Spam

Anda bisa menggunakan fitur ini langsung dari beranda Facebook. Langkah-langkahnya sangat mudah. Tapi saya sarankan agar anda menggunakan laptop karena penyelesaiannya akan lebih mudah

  1. Coba posting link blog anda yang sudah di blok oleh pihak Facebook
  2. Setelah anda memposting link, anda akan mendapatkan pemberitahuan dari pihak Facebook yang mengatakan bahwa Postingan ini melanggar standar komunitas kami tentang Spam.
  3. Untuk melihat pesan diatas biasanya ada pemberitahuan dari Facebook. Anda juga dapat mengaksesnya di tab Question> Pesan Dukungan Baru
  4. Jika sudah, nanti anda akan melihat pesan dari Dukungan Facebook yang isinya pemberitahuan seperti gambar dibawah ini:
  5. Setelah itu silahkan klik tulisan Minta Tinjauan> setelah tab tinjauan muncul klik sekali lagi Minta Tinjauan
  6. Jika sudah, anda akan melihat pesan seperti dibawah ini

Agar proses peninjauan lebih cepat, ada baiknya anda melakukan langkah ini beberapa kali dalam sehari. Minimal 3-5 kali.

Nanti, setelah beberapa waktu [yang tidak dapat ditentukan] anda akan mendapatkan pesan dari Support Facebook terkait dengan permintaan peninjauan untuk link tersebut.

Cara 3: Meminta teman untuk report

Pada langkah yang ketiga ini, anda bisa mengajak teman untuk melakukan hal seperti yang dijelaskan pada langkah ke dua diatas.

Selain teman, anda bisa minta tolong pacar, istri, selingkuhan, gebetan, teman lucknut sekolah dan orang lain yang menggunakan Facebook.

Baca Juga : Cara Download Video dari Facebook Terbaru

Hal ini bertujuan agar pihak Facebook cepat merespon peninjauan yang diminta. Sehingga proses untuk tidak lagi menandai url blog atau situs web anda sebagai spam cepat diselesaikan.

Karena, biasanya Facebook akan memberikan respon yang cepat apabila sudah banyak yang report terlebih untuk kasus semacam ini.

Cara 4: Gunakan Instagram

Seperti yang anda ketahui, Facebook dan Instagram adalah dua media sosial dengan satu pemilik yakni si bang Mark. Karena itu, saat anda mendapatkan peringatan macam ini di Facebook, berlaku juga di Instagram.

Bedanya, anda hanya mendapatkan peringatan [warning] setiap kali anda membuka akun Instagram anda. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengikuti beberapa metode dibawah ini, antara lain :

  1. Silahkan tambahkan bio dengan dengan website yang diblokir oleh pihak Facebook
  2. Jika anda mendapatkan peringatan atau warning biarkan saja
  3. Jangan buka Instagram anda selama beberapa saat minimal 1 minggu
  4. Lalu buka Instagram anda kembali dan hapus bio tersebut lalu tinggalkan lagi minimal 1 minggu
  5. Setelah itu, masukan biodata lagi dengan url blog yang diblokir oleh pihak Facebook
  6. Disini akan muncul warning silahkan klik Report
  7. Pada menu pelaporan silahkan jelaskan lagi seperti poin pertama tadi.

Menurut saya pribadi, metode dengan tingkat keberhasilan paling tinggi ada pada poin pertama tadi dan saya sendiri sudah membuktikannya.

Sehingga saya sudah bisa dengan bebas untuk memposting url blog yang tadinya di blokir. Dengan kata lain, saya sudah bisa dapat trafik dari Facebook.

Penutup

Seperti yang disebutkan diatas, ini karena masalah API Open Graph yang tidak bekerja dengan maksimal sehingga url blog anda tidak bisa di posting di Facebook.

Ada baiknya, anda tidak bertanya ke pihak platform yang anda gunakan untuk ngeblog, seperti misalnya di Blogger atau WordPress.

Sebab, mereka juga akan memberikan rekomendasi agar anda melaporkan masalah tersebut ke Facebook Debugger.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *