Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 10

3 Likes Comment
cara mengaktifkan dark mode di windows 10

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 10 – Beberapa dari kita mungkin tidak menyukai dark mode bawaan yang ditampilkan oleh Windows 10 saat kita mengaktifkannya. Hal ini dikarenakan dark mode ini tidak kompatibel di beberapa perangkat dan juga di sistem operasi windows itu sendiri seperti di File Explorer.

Dengan demikian, dark mode tersebut tidak benar-benar berguna. Bahkan, untuk mengaktifkan dark mode di windows di aplikasi default mereka seperti Word ataupun Power Point, kita harus menggunakan cara yang berbeda-beda.

Sebenarnya, untuk mengatasi ini, terutama jika anda ingin mengubah tampilan windows 10 menjadi dark mode, yang maksudnya kompatibel disemua aplikasi, termasuk di itu Microsfot Office ada cara yang lebih mudah untuk menggunakannya.

Baca Juga : Cara Ganti Wallpaper di Windows 10 Dengan Cepat

Cara itu dengan memanfaatkan menu Easy Accses yang ada di pengaturan Windows 10. Sebelum melakukan ini, ada baiknya laptop anda sudah di aktivasi karena jika tidak, untuk beberapa versi Windows, terlebih untuk versi windows 10 yang telah di upgrade statusnya diangka 1080 ke atas.

Dalam artikel ini saya ingin menunjukan du acara mengaktifkan darkmode di Windows 10 mulai dengan mengaktifkan darkmode default dari tema atau menggunakan Highcontrast. Berikut caranya:

Cara Aktifkan Darkmode di Windows 10

Dark mode telah menjadi salah satu mode yang cukup populer di setiap sistem operasi, browser dan juga aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi bahkan sedang coba menawarkan mode gelap kepada penggunannya.

Sementara, untuk windows 10 mode ini sudah didukung pada sistem operasinya. Mode ini diatur setelah pembaharuan windows 10 pada 10 Oktober 2018 lalu dan tetap bertahan sampai saat ini.

Baca Juga : Cara Aktifkan Dark Mode di Microsoft Office

Mode ini terkonfigurasi di pengaturan, foto dan aplikasi universal windows lain termasuk beberapa aplikasi lain.

Namun, untuk file explorer terus bertahan pada mode bawaannya. Jika anda telah mengintasl windows 10 versi 1809 terbaru [penguna disarankan untuk menunggu bereapa minggu lagi untuk menghindari masalah kompatibilitas].

Untuk mengaktifkan dark mode di Windows 10, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Klik Pengaturan [atau anda bisa langsung klik kanan pada desktop untuk membuka menu konteks lalu klik Personalisasi]
  2. Setelah anda masuk ke menu Perzonalisation silahkan klik pada menu Color
  3. Pada menu color silahkan scroll ke bawah sampai anda menemukan tulisan Choose your default app mode
  4. Disini silahkan klik pada tombol dark
  5. Secara otomatis warna tema Windows akan berubah

Anda juga bisa memilih mengaktifkan dengan warna yang berbeda sesuai dengan kemauan anda sendiri. Kalau anda ingin mempertahankan warna defaultnya, itu terserah anda.Yang terpenting adalah, darkmode sudah aktif di Windows 10 anda.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 10 Dengan High Contrast

Sebelum melanjutkan cara-cara ini, ada hal yang harus anda ketahui bahwa kinerjannya seperti kita menerapkan tema baru di Windows. Selain itu, wallpaper yang digunakan juga akan diubah menjadi gelap dan tak menampilkan gambar seperti biasanya.

Baca Juga : 8 Jenis Hacker Yang Wajib Kamu Ketahui

Untuk lebih mudah, ada baiknya anda mengubah pengaturannnya menjadi kontras. Seperti misalnya, jika anda ingin mengubah dark mode di Windows 10 dengan highcontrast, ada baiknya warna tulisannya anda setel menjadi putih. Nah berikut cara mengaktifkan dark mode di Windows 10 dengan Hight Contrast.

  1. SIlahkan buka Laptop/PC yang ingi diubah menjad High Contrast
  2. Setelah itu silahkan klik pengaturan
  3. Disini silahkan klik Ease of Accsess
  4. Scrool sedikit ke bawah sampai anda menemukan tulisan Hight Contrast dan klik pada tulisan tersebut

Disini silahkan aktifkan Higcontrast dengan cara klik pada tombol panah yang mengarah ke samping. Secara otomatis kontras warna akan berubah menjadi hitam/dark [ini adalah setelah defaultnya]Dan untuk mengaktifkan dark mode di Windows 10, silahkan geser tombol turn on hight contrast. Tunggu sebentar sampai untuk konfigurasi Windows.

Ada juga beberapa pengaturan tambahan, seperti:

  • High contrast #1 untuk mode gelap
  • Hight Contras #2 untuk mode gelap dengan warna tulisan hijau
  • Hight contrast #3 Untuk warna tulisan hitam
  • Dan terakhir untuk warna putih namun latarnya tetap menggunakan latar belakang hitam.

Dengan cara ini anda sudah bisa mengaktifkan dark mode di Windows 10 dengan hight contrast. Untuk hasil yang lebih baik, ada baiknya anda mengetes satu per satu aplikasi, kemungkinan ada yang tidak kompatibel dengan cara ini.

Demikian artikel tentang cara mengaktifkan dark mode di Windows 10 dengan High contrast. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *