Cara Menempatkan Kata Kunci Di Title Text, Alt Text Dan Link Artikel Blogger dan WordPress

12 Likes Comment
cara menempatkan kata kunci

Menempatkan kata kunci di title text, alt text dan link artikel untuk postingan Blogger dan WordPress sebenarnya adalah salah cara mengoptimasi SEO on page blog. 

Model optimasi ini secara langsung berkontribusi untuk mendongkrak SEO blog anda supaya lebih ramah di mesin pencari.

Dengan kata lain, ada kemungkinan blog anda akan lebih diprioritaskan untuk tampil di halaman pertama pencarian Google.

Model pengoptimalan ini sebenarnya merujuk pada spesifikasi keyword yang dipilih dan harus sama dengan konten, gambar dan juga link artikel.

Semua hal ini juga harus anda terapkan sebelum mempublikasikan konten atau mungkin jika artikel didalam blog anda di edit kembali.

Ada satu hal penting juga yang harus anda ketahui disini. Model pengoptimalan ini sepenuhnya bergantung pada konten yang anda tulis.

Jika konten tersebut berkualitas, menarik dan relevan dengan keyword yang ditargetkan, mungkin hasilnya akan terlihat lebih baik.

Mengapa bergantung pada konten? Karena dalam dunia blogging konten adalah segalanya. Ia adalah intisari dari postingan blog anda.

Baca Juga : Cara Buat Konten Yang Unik Dan Menarik

Tanpa konten, blog anda mungkin tidak akan pernah bisa dikunjungi orang lain. Meski kata konten ini sendiri cukup luas pengertiannya.

Namun saya lebih tekankan pada konten blog yang berbentuk teks dan bukan konten lain seperti video, audio atau mungkin infografis.

Karena itu, maksimalkan dulu konten yang ada di blog anda sebelum mengoptimalan title text, alt text serta link artikel blog.

Cara Menempatkan Kata Kunci Di Title Text, Alt Text Dan Link Artikel Blogger dan WordPress

Beberapa waktu lalu, Google telah merilis tools yang memungkinkan mereka untuk mengindeks teks yang ada didalam gambar lalu mengkategorikannya.

Teks meta ini sangat penting bagi Google agar pengakategorian yang mereka lakukan itu relevan dengan kueri yang dimasukkan pengguna.

Dan biasanya google merekomendasikan suatu konten yang ada di halaman pertama dengan melihat relevansi antara kueri yang ditargetkan serta teks yang ada didalam gambar tersebut.

Untuk itu, sebagai blogger, anda harus bisa memaksimalkan konten dan gambar anda secara bersamaan agar anda bisa memperoleh peringkat yang lebih baik di SERPs.

Cara mengoptimalkannya pun cukup mudah. Dalam artikel ini akan saya ulas tentang model pengoptimalan dimaksud. Bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai habis.

#1 Cara menempatkan Title Text Dan Alt Text untuk Blogger

Lantas bagaimana cara menempatkan title text dan alt text untuk postingan blogger? Pasti penasaran kan? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan klik pada gambar referensi postingan blog anda. Jika ada lebih dari satu gambar, silahkan lakukan langkah-langkah ini satu per satu
  2. Setelah itu akan muncul menu konteks silahkan klik Properties
  3. Pada menu properties akan muncul submenu Image Properties seperti pada gambar dibawah ini. Disini silahkan masukan kata kunci yang hendak ditargetkan untuk postingan blog anda pada kolom title text dan alt text yang tersedia.

    ALT TEXT
    Gambar 1. Tampilan image properties untuk Blogger
  4. Jika sudah klik OK

Usahakan, lakukan semua langkah-langkah ini secara manual di seluruh postingan blog ada yang memiliki gambar referensi.

#2 Cara menempatkan Title Text Dan Alt Text untuk WordPress

Lantas bagaimana dengan WordPress? Langkah-langkahnya hampir mirip dengan yang ada di blogger. Namun, model penempatannya bisa dipilih setelah upload gambar atau setelah gambar ada di dalam postingan.

Lantas bagaimana caranya? Berikut dijasikan cara menempatkan title text dan alt text untuk WordPress.

  1. Silahkan tambahkan gambar di postingan WordPress anda dengan cara klik Tambahkan Media> Unggah Berkas> pilih berkas> lalu cari mana gambar yang akan dijadikan gambar referensi untuk postingan blog anda
  2. Setelah gambar terupload maka akan muncul halaman kosong dibagian kanan
  3. Disini silahkan masukan keyword yang hendak ditergetkan pada kolom kosong di Teks Alt, Judul dan Deksripsi
    cara menempatkan kata kunci
    Gambar 2. Tampilan properti image untuk WordPress
  4. Jika sudah klik Sisipkan ke dalam pos untuk menyimpannya

Atau, jika anda sudah terlanjur memasukkan gambar didalam postingan blog maka anda bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Silahkan klik pada gambar yang ingin anda masukan title text dan alt textnya
  2. Setelah itu arahkan kursor pada gambar pensil yang muncul dibagian atas gambar untuk menyunting gambar

    cara menempatkan kata kunci
    Gambar 3
  3. Disini anda akan diarahkan pada kolom title text lalu masukan keyword postingan blog anda di kolom kosong teks Alternatif dan keterangan

    cara menempatkan kata kunci
    Gambar 4
  4. Jika sudah klik Simpan

Perlu saya ingatkan juga, apabila anda mengatur agar title text dan alt text secara otomatis diisi saat anda mengunggah gambar tidaklah bagus untuk SEO.

Oleh karena itu, lakukan semua langkah-langkah ini secara manual agar hasilnya natural dan lebih optimal.

Cara menempatkan keyword di link artikel untuk Blogger dan WordPress

Salah satu alasan menempatkan keyword di link artikel blog adalah untuk mengoptimalkan konten sekaligus membuat link terlihat lebih pendek.

Jika anda perhatikan dengan teliti, di search result google hanya muncul tiga elemen teks yakni Judul artikel, link artikel dan deskripsi meta.

Dan konsep SEO, tiga hal ini harus saling berkaitan atau minimal ada tiga kata yang sama persis untuk menilai apakah artikel tersebut relevan dengan kueri yang dicari pengguna.

Baca Juga : Cara Buat Konten Yang Ramah SEO

Oleh karena itu, ini juga dimaksimalkan dengan baik oleh blogger. Model pengoptimalannya juga termasuk dalam konsep SEO on-page.

Hindari juga menambahkan embel-embel lain di link artikel blog anda seperti misalnya angka atau kata-kata yang asing yang tidak memiliki keterkaitan apa-apa dengan konten.

Sebagai contoh, apabila artikel anda membahas tentang Cara Menaruh Alt Gambar Dan Link Artikel SEO Friendly biasanya link defaultnya terdiri dari 5 kata saja seperti:

  1. www.wekerindo.com/07/08/cara-menaruh-alt-gambar-dan.html (Bogger)
  2. www.wekerindo.com/cara-menaruh-alt-gambar-dan/ (WordPress)

Oleh karena itu, anda bisa melakukan costum link dengan memasukkan keyword yang ingin ditargetkan pada artikel blog.

Apabila keyword yang ditargetkan itu hanyalah 4 kata pertama, yakni Cara Menaruh Alt Gambar maka costum linknya akan menjadi seperti dibawah ini:

  1. paulipu.com/07/08/cara-menaruh-alt-gambar.html (blogger)

    cara menempatkan kata kunci
    Gambar 6
  2. paulipu.com/cara-menaruh-alt-gambar/ (WordPress)

    cara menempatkan kata kunci
    Gambar 5

Apakah ini aman digunakan? Tentu saja aman. Saya sendiri menggunakan teknik yang sama pada postingan yang sedang anda baca sekarang ini.

Penutup

Mengoptimalkan konten blog tidak hanya memastikan apakah seluruh postingan anda sudah sesuai dengan kaidah-kaidah pengoptimalan konten umumnya.

Seperti misalnya mengoptimalkan tag heading, soal kepadatan kata kunci yang ditargetkan hingga pada upaya untuk memperoleh backlink.

Dengan kata lain, terkadang ada bagian-bagian teknis yang sering dilupakan oleh blogger saat akan mengoptimasi postingan blog.

Beberapa diantaranya adalah tiga hal yang sudah saya ulas diatas. Jika anda menggunakan platform WordPress yang didalamnya sudah terinsatall plugin SEO by Yoast mungkin model optimasinya akan jauh lebih mudah.

Sebab akan ada pemberitahuan di kolom SEO Analysis apakah gambar sudah SEO Friendly atau belum. Jika belum, maka silahkan perbaiki.

Demikian artikel tentang cara menempatkan kata kunci di title text, alt text dan link artikel blogger dan WordPress. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *