Cara Mendownload Peta Offline di Windows 10

6 Likes Comment
Cara mengunduh Peta Offline

Di Windows 10 terdapat banyak sekalu fitur menarik yang dapat digunakan oleh pengguna salah satunya adalah peta offline.

Berbeda dengan fitur lain, misalnya pengaturan profil yang hanya bisa diakses apabila Windows 10 sudah di aktivasi.

Offline maps Windows 10 sebenarnya adalah sebuah peta online yang sudah di download sehingga bisa dilihat dan dibuka sekalipun tanpa koneksi internet.

Saya sendiri sering menggunakan fitur yang satu ini. Karena menurut saya cukup berguna terutama bagi saya yang setiap minggu melakukan perencanaan rute untuk kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh organisasi yang saya ikuti.

Sebelumnya saya akrab dengan Google Maps. Tetapi setelah mengetahui bahwa fitur ini juga tersedia di Microsoft saya kemudian berpindah dan mulai menggunakannya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Disisi lain, fitur semacam ini juga cukup berguna terutama bagi para pelancong yang sering bepergian ke suatu wilayah atau tempat yang baru pertama kali mereka kunjungi sehingga mereka tidak kesasar.

Atau juga bagi mereka yang sedang melakukan perencanaan touring ke suatu tempat yang jaraknya cukup jauh.

Disisi lain, proses download peta ini juga tergolong mudah. Hanya memerlukan beberapa klik maka offline maps ini siap digunakan.

Hanya saja cukup menguras kuota data terutama bagi yang mendownload peta ini menggunakan hotspot ponsel.

Oleh karena itu, saran saya, agar kuota tidak cepat habis, downloadlah saat laptop anda terkoneksi ke Wi-Fi.

Cara mendownload Peta Offline di Windows 10

Sebenarnya, aplikasi peta offline ini pertama kali dirilis oleh Microsoft di Windows 8.1 lalu diteruskan ke Windows 10.

Di windows 10, map offline ini sudah disempurnakan sehingga pengguna lebih mudah mengarahkan lokasi atau rute yang diinginkan.

Lalu bagaimana cara mendownload offline maps di Windows 10? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan langkah-langkahnya untuk anda.

  1. Silahkan buka Komputer atau laptop anda yang sudah terinstal dengan Windows 10
  2. Setelah itu klik Settings atau klik saja + I
  3. Jika sudah silahkan klik App> Offline Mapscara mendownload peta offline
  4. Setelah itu klik Download Maps> Lalu pilih wilayah di benua mana peta yang akan di unduh> setelah itu silahkan pilih Negaracara mendownload peta offline
  5. Maka secara otomatis negara akan terunduh

Kalau anda mau melakukan pengunduhan untuk beberapa negara di benua yang sama maka silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

  1. Setelah masuk ke bagian download Maps maka silahkan pilih benua dan negara
  2. Jika sudah masuk ke pilihan negara silahkan arahkan kursor ke bagian kiri bawah di menu Select untuk mencentang negara mana saja yang ingin anda download peta offlinennyacara mendownload peta offline
  3. Jika sudah silahkan arahkan kursor lagi ke gambar unduhan dibagian bar bawah lalu klik pada gambar tersebut maka secara peta offline akan terunduhcara mendownload peta offline

Setelah terunduh, maka anda dapat melihat offline maps langsung dari komputer anda. Lalu bagaimana untuk menghapus offline maps tersebut? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka pengaturan> Apps> setelah itu masuk ke Peta Offline
  2. Dibagian bawah peta offline yang terunduh lalu klik tulisan Delete All Mapscara mendownload peta offline
  3. Maka secara otomatis peta Offline terunduh itu akan terhapus

Sebenarnya, anda juga bisa mengatur dimana lokasi peta offline itu akan ditempatkan atau disimpan. Misalnya, di data C:, D: atau partisi lain yang ada komputer anda.

Peta offline ini juga secara otomatis akan terupgrade setiap kali anda terkoneksi ke internet. Proses upgradenya biasanya tak terlalu lama sama seperti saat pertama kali anda mendownload.

Karena biasanya cukup menguras kuota data saran saya ada baiknya anda menonaktifkan fitur upgrade otomatis ini.

Untuk menonaktifkannya silahkan scrool menu peta offline ke bawah lalu cari tulisan Automatically Update Maps yang terletak dibawah map Update lalu nonatifkan.

cara mendownload peta offline

Penutup

Sebenarnya offline maps ini sangat berguna terlebih untuk anda yang melakukan touring, perjalanan jarak jauh atau untuk lokasi-lokasi pada wilayah yang belum terkoneksi ke internet.

Anda juga bisa mendownloadnya saat anda akan traveling ke suatu lokasi. Sehingga anda bisa tahu lokasi mana saja yang bakal anda kunjungi nanti beserta rutenya.

Demikian artikel tentang cara mendownload peta offline di Windows 10. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *