Cara mendaftar, Melakukan Verifikasi Dan Memasukan Sitemap Di Google Search Console

3 Likes Comment
memasukan sitemap di google search console

Cara mendaftar, Melakukan Verifikasi Dan Memasukan Sitemap Di Google Search Console – Ini merupakan artikel rangkuman yang di khusus membahas mengenai Google Search Console. Alat gratis buatan Google ini memiliki banyak sekali manfaat bagi para blogger, terutama bagi blogger pemula.

Fitur-fitur yang ditawarkan pun sangat banyak sehingga anda, sebagai webmaster dan pengelola blog tidak perlu repot lagi untuk menggunakan alat-alat eksternal lain, karena Google sudah menyiapkan semua hal untuk ini.

Salah satu fitur yang paling penting di Google Search Console adalah Fetcs As/Inspeksi URL Google, yang memungkinkan link blog kita langsung terindeks ke Google tanpa perlu menunggu Google merayapi blog kita sendiri.

Baca Juga : Cara Mendaftar ke Bing Dan Yahoo Webmaster Tools

Lalu bagaimana cara mendaftar, melakukan verifikasi dan Memasukan Sitemap di Google Search Console? Berikut cara-carannya.

Cara Mendaftar di Google Search Console

Ikuti panduan-panduan dibawah ini tentang cara mendaftar di Google Search Console.

  1. Silahkan masuk ke Dashboard Blog anda
  2. Silahkan buka tab baru lalu masukan Google Search Console.
  3. Silahkan mendaftar Search Console menggukanan akun gmail yang sama dengan akun blogspot/blogger anda dan ikuti petunjuknya sampai selesai.
  4. Setelah mendaftar, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memverifikasi kepemilikan situs.

Cara Melakukan Verifikasi Di Google Search Console

Untuk melakukan verifikasi di Google Search Console, silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

  1. Silahkan masuk ke Google Search Console
  2. Silahkan klik tombol pengaturan atau roda gigi
  3. Setelah itu pilih tombol verifikasi
  4. Silahkan verifikasi kepemilikan. Langkah paling mudah untuk memverifikasi, adalah menggunakan tag HTML. Untuk caranya, silahkan baca artikal ini tentang cara memverifikasi tag HTML Di Google Search Console.
  5. Save

Cara Memverifikasi tag HTML di Google Search Console

Lalu bagaimana cara memverifikasi tag HTML di Google Search Console? Artikle ini akan memberikan panduan tentang cara memverifikasi tag HTML di Google Search Console menggunakan blogger/blogspot.

  1. Masuk ke dashboard GSC
  2. Silahkan klik tombol setelan
  3. Klik tombol verifikasi
  4. Verifikasi dengan menggunakan tag HTML
  5. Copy semua kode tag HTML
  6. Masuk ke dashboard Blogger anda jika anda menggunakan blogger. Kalau anda menggunakan wordpress, silahkan klik disini.
  7. Klik Menu tema
  8. Klik edit tema
  9. Setelah terbuka, silahkan cari kode ini, </head>
  10. Dibagian atas </head> pastekan kode tag HTML dari GSC tersebut. Anda juga dapat menempatkan setelah kode pembuka <head>
  11. Save

Cara buat sitemap.xml di Google Search Console

Sitemap adalah kumpulan artikel didalam blog kita yang memungkinkan Google untuk merayapi setiap artikel kita didalam blogspot. Jika anda tidak ingin Google marayapi halaman tertentu, misalnya halaman kontak dan panggilan, atau halaman sesudah /Search anda dapat mengaturnya di robots.txt.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Mampu Mengelola Berapa Blog?

Untuk cara mengaturnya silahkan baca artikel tentang cara mengatur robots.txt di blogger/blogspot. Selain itu, sitemap juga berfungsi menjadi daftar kumpulan artikel yang dapat dilihat oleh orang-orang yang didalamnya ada kumpulan link didalam blog kita.

Lalu bagaimana cara buat sitemap.xml di blogspot? Berikut caranya.

  1. Silahkan masuk ke Dashboard Search Console
  2. Masuk menggunakan alamat email yang sama dengan alamat email blog anda.
  3. Pilih menu Sitemap
  4. Di Menu sitemap, pilih tambahkan Sitemap. Lalu masukan kode sitemap. Disini ada dua kode yang bisa anda masukan, seperti : Sitemap.xml atau Atomrss.sitemap
  5. Save

JIka sudah, maka Google akan mengcrawl blog anda. Untuk mengcrawl biasanya Google membutuhkan sedikit waktu.

Tidak sampai disini saja. Jika ada masalah didalam blog anda, Google akan memberitahunya. Cara memberitahunya ada didalam Google Search Console ini. Misalnya link yang rusak, tidak ditemukan, atau link duplikat dan lain sebagainya.

Penutup

Nah demikian Cara mendaftar, Melakukan Verifikasi Dan Memasukan Sitemap Di Google Search Console yang dapat membantu anda untuk mengembangkan web anda sekaligus mempercepat blog anda terindeks di mesin telusur. Untuk panduan lebih lengkap silahkan klik disini. Jangan lupa bagikan jika artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *