Cara mendaftar ke Google Analytics

1 Like Comment

Cara mendaftar ke Google Analytics – Saya pikir, beberapa dari anda sudah tahu mengenai cara mendaftar ke Google analitycs. Tetapi banyak dari anda yang masih bertanya tentang caranya, maksudnya cara lengkapnya. Nah, untuk anda yang masih bingun caranya, silahkan ikuti tutorial ini.

Apa itu Google Analitycs?

Google analitycs adalah layanan analisis web gratis yang menyediakan statistic dan alat analisa dasar untuk optimasi mesin pencari (SEO), dan pemasaran. Layanan ini dapat digunakan oleh siapa sja yang memiliki akun Gogole. Google membeli layanan ini dari Urchin Software Corporation pada bulan april 2005 lalu dan menggunakan produks Urchin on Demand Corporation sebagai dasar untuk Google Analitycs.

Ada beberapa fitur di Google Analitycs antara lain:

  • Alat visualisasi data termasuk dashboard, score card, dan diagram yang menampilkan perubahan data-data mengenai situs web anda secara real time.
  • Segmentasi untuk analisis himpunan bagian-bagian seperti konversi, laporan khusus, berbagi dan komunikasi berbasis email, integrasi dengan produk Google Lain sepereti AdWords, Penjelajah data Publik, Google Adsense, Google Search Console dan lainnya.

Google analitycs sangat disarankan untuk situs web kecil dan menengah. Sebab layanan ini memiliki batasan yang kurang cocok digunakan untuk situs web yang lebih besar dan kompleks. Misalnya, sistem yang mengumpulkan data melalui tag halaman dan JavaScript yang disisipkan dalam kode halaman dan ingin dikumpulkan oleh pengguna.

Baca Juga : Cara Mendaftar ke Bing Dan Yahoo Webmaster Tools

Tag halaman ini berfungsi sebagai bug web untuk mengumpulkan informasi tentang pengunjung. Namun karena ini bergantung pada Cookie, sistem tidak dapat mengoptimalkannya dengan baik bahkan dalam beberapa kasus membuatnya di nonaktifkan.

Google juga menggunakan pengambilan sampel dalam laporan tersebut daripada mengalisis semua data yang tersedia. Selain itu juga, beberapa pakar keamanan siber telah menyatakan keprihatinan mereka tentang masalah privasi di Google Analitycs. Melalui dashboard Google Analitycs misalnya, pengguna dapa tmengumpulkan informasi tentang orang-orang yang berkunjung ke situs webnya dan terhubung ke jejaring sosial mereka seperti Facebook dan Twitter.

Baca Juga : Cara tingkatkan otoritas domain Blog

Untuk pelaporan lebih detail anda dapat menggunakan jasa pelaporan produk komersial dengan analisis web lebih maju dan modern, seperti Omniture, WebTrends, Lini Produk Cognos IBM dan Oracle WebCenter. Tetapi jika anda hanya menggunakan blog/situs web lebih kecil maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan layanan Google ini. Selain gratis, ada banyak keuntungan yang bakal anda dapatkan.

Cara mendaftar

  1. Silahkan buka Google Analytics atau klik saja tautan ini
  2. Setelah masuk, silahkan mendaftar menggunakan alamat yang sama dengan akun Google anda. Mengapa? Karena disini semua akun anda harus satu agar memudahkan control anda
  3. Silahkan isi data-data tersebut, lalu klik Save
  4. Setelah itu, verifikasi kepemilikan. Untuk memverifikasi kepemilikan, silakan masuk ke akun Dashboard Blogger anda
  5. Setelah masuk ke dashboard blogger, pilih menu tema > edit HTML
  6. Cari kode <head> atau </head>. Intinya, anda harus menempatkan kode verifikasi Analitycs sesudah kode <head> atau sebelum kode </head>
  7. Pastekan kode tersebut.
  8. Save

Nah sampai disini anda sudah memverifikasi kepemilikan Google analytics. Tapi belum sampai disitu, anda harus melakukan langkah-langkah selanjutnya, apa itu? baca artikel ini sampai habis.

  • Silahkan keluar dari menu template lalu klik tombol Setelan.
  • Sebelum itu, silahkan pergi ke akun Google analytics anda dan ambil kode Deksripsi berupa huruf dan angka.
  • Copy kode tersebut
  • Silahkan kembali ke menu Dashboard anda

Oke sampai disini. Tapi ada hal yang harus anda lakukan sebelum benar-benar selesai. Hubungkan akun Analitics anda dengan akun Google Search Console. Berikut cara-caranya.

  • Silahkan masuk ke Akun Google Analitics anda
  • Pilih menu roda gigi dibagian atas, lalu pilih Hubungkan
  • Setelah itu, anda akan dialihkan seperti gambar dibawah ini silahkan Centang saja Ya.
  • Selesai

Nah demikian cara mendaftar ke Google Analitycs. Semoga bermanfaat! Jika ada yang kurang silahkan tinggalkan di kolom komentar.

You might like

About the Author: Charlie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *