Cara Mendaftar ke Bing Dan Yahoo Webmaster Tools

4 Likes Comment
cara mendaftar ke bing webmaster tools

Cara Mendaftar ke Bing Dan Yahoo Webmaster Tools – Sebenarnya, Bing dan Yahoo telah bekerja sama untuk dua kategori utama yakni pencarian serta iklan. Karena itu, ketika anda ingin mendaftarkan website anda di Bing secara otomatis akan diindeks oleh mesin Pencari Yahoo. Lalu bagaimana langkah-langkah mendaftar di Mesin Pencari Bing? Berikut caranya.

  1. Kunjungi Bing Webmaster Tools atau klik saja tautan ini
  2. Setelah itu, silahkan mendaftar dengan Microsoft Account. Disini anda juga bisa mendaftar dengan menggunakan Google Mail (Gmail). Jadi anda tidak perlu membuat akun Microsoft yang baru
  3. Isi formulir yang tersedia. Seperti pada gambar dibawah ini

Keterangan

  • First name adalah nama pertama anda
  • Last name adalah nama terakhir anda atau marga anda.
  • User name adalah anda bisa membuat akun baru dari Hotmail ataupun outlook
  • Password silahkan isi dengan password sobat. Usahakan password yang mudah diingat agar ketika anda melihat pengindeksan, anda tidak lupa password anda. Minimal password yang anda isi adalah 8 karakter atau lebih. Saran saya, gunakanlah password yang kuat yang terdiri dari karakter angka, huruf dan tanda.
  • Reenter password adalah anda mengulangi password yang anda masukan sebelumnya
  • Country/region adalah nama daerah dan wilayah tempat anda tinggal (Contoh : Indonesia dan Banggai Kepulauan)
  • Birthdate adalah tanggal lahir anda mulai dari bulan, tanggal dan tahun
  • Gender adalah jenis kelamin. Silahkan isi jenis kelamin anda disni
  • Phone number adalah nomor telepon anda yang aktif sekarang ini
  • Alternate email address adalah email alternatif, jika ada. Ini oposional sebenarnya. Agar anda tidak bingung. Silahkan masukan alamat Gmail anda.
  • Enter the characther you see adalah kode chapcha atau kode yang menunjukan bahwa anda bukan bot ataupun robot. Isi chapca yang tersedia didalamnya.

Setelah semua form terisi, silahkan klik Create Account atau Buat Akun. Sampai disini anda sudah selesai membuat akun Webmaster Tools. Tapi ada satu hal yang harus anda lakukan lagi sebelum benar-benar mendaftar disana, yakni Submit dan Verifikasi Blog di Bing Webmaster Tools. Lalu bagaimana caranya? Silahkan lihat panduan dibawah ini.

Cara Submit URL Blog Di Bing Webmaster Tools

  1. Kunjungi Situs Bing Webmaster Tool atau klik saja tautan ini
  2. Setelah masuk, silahkan klik menu Webmaster dibagian kanan
  3. Tambahkan situs anda dengan cara Klik ADD. Sampai disini anda sudah submit. Setelah ADD silahkan anda tambahkan website anda disana. Caranya? Ikuti  lagi panduan dibawah ini.

Isi form yang tersedia mulai dari profil situs anda. Sebelumnya anda harus menekan tombol Add a Site ‘About my Website

Dengan keterangan sebagai berikut:

  • URL adalah link blog anda. URL Blog adalah url lengkap blog anda misalnya https://www.bloggerbanggai.blogspot.com
  • Add a Sitemap. Sama seperti di Google Webmaster Tools, sitemap di Bing juga sama. Silahkan isikan sitemap dengan ekstensi sitemap.xml jadi sitemap lengkapnya adalah https://www.bloggerbanggai.blogspot.com/sitemap.xml

Cara Verifikasi Blog di Bing Webmaster Tools

Setelah selesai, anda diharuskan memasang kode <meta> ke blog yang anda daftarkan tadi. Ini bertujunan untuk memverifikasi bahwa itu adalah yang anda gunakan. Dan untuk memasangnya pun sama dengan cara verifikasi di Google Wemaster Tools. Silahkan ikuti panduan ini.

Baca Juga : Cara mudah tingkatkan otoritas domain blog

Anda diharuskan untuk mengisi kode sesudah kode <head> atau sebelum kode </head>. Sebagai contoh:

<head>
<meta name=”msvalidate.01? content=”5ECADAECAF88E6176F0DC0D2AAE22E89? />
………………..
…………………
…………………
</head>

Setelah selesai, silahkan simpan template anda. Setelah anda simpan template, silahkan anda kembali ke halaman Bing Webmaster Tools lalu tekan tombol ‘Verify’. Sampai disini anda sudah selesai mendaftarkan blog anda di mesin telusur Bing dan Yahoo.

Perlu anda catat, terus periksa kesehatan situs anda di Bing, begitu juga di Google Webmaster tools. Karena biasanya, jika ada masalah terkait dengan blog anda seperti meta tag, tag conditional, dan lain sebagainya akan muncul saat bing mulai mengcrawl blog anda dan juga postingan anda. Sekian! Jika anda punya pertanyaan siahkan tinggalkan di kolom komentar.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *