Cara Menampilkan Menu Penghasilan di Blogspot/Blogger

7 Likes Comment
Cara Menampilkan Menu Penghasilan di Blogspot

Cara Menampilkan Menu Penghasilan di Blogspot/Blogger – Salah satu motivasi yang paling umum saat ngeblog adalah bisa memperoleh penghasilan dari blog tersebut secara konsisten.

Mimpi semacam ini tidaklah salah. Namun, sebaiknya jangan teralu terobsesi pada uang karena untuk bisa memperoleh pendapatan dari blog itu tidak mudah.

Ada banyak usaha, kerja keras, tanggung jawab dan risiko yang bakalan di hadapi. Yang paling sulit adalah soal konsisten membuat artikel lalu mempostingnya di blog.

Disisi lain, ada blogger yang bisa payout dari blog setelah 6 bulan sementara yang lainnya bisa gajian dari AdSense setelah bertahun-tahun.

Selain itu juga, ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, salah satu yang paling populer adalah menggunakan iklan Google AdSense.

Jika anda menggunakan Blogger, ada banyak kemudahan yang didapatkan sebab anda bisa mendaftar dan menghubungkan blog anda langsung dengan AdSense.

Karena di blogger tersedia menu penghasilan terintegrasi langsung dengan akun Adsense yang dimiliki oleh pengguna.

Dan menu ini hanya bermanfaat dan berfungsi apabila anda sudah menjadi mitra atau penayang Google AdSense.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Untuk bisa diterima di Adsense langkahnya cukup sulit. Anda hurus melalui dua tahap tes yang pertama adalah kelayakan blog dan yang kedua kelayakan artikel.

Katakanlah, anda sudah diterima oleh Google Adsense, tapi bagaimana selanjutnya? Menurut rumor untuk bisa menghasilkan uang dari Adsense setiap bulannya minimal trafik blog sudah harus berkisar 3k PV/Day.

Sangat sulit memang. Namun itulah kenyataan yang ada. Makanya saya bilang diatas, jangan terlalu terobsesi dengan uang atau penghasilan.

Karena bagi saya, uang atau penghasilan hanyalah bonus bonus dari setiap usaha dan proses yang dilakukan selama menjadi blogger.

Meski demikian, tidak ada salahnya kok kalau berangan-angan. Yang penting angan-angan itu tidak mengawang-awang atau berlebihan.

Syarat agar menu penghasilan ini muncul di blogger/Blogspot

Sebenarnya, menu penghasilan ini akan muncul secara default setelah anda membuat blog menggunakan Blogger baik numpang host di blogspot atau sudah punya domain sendiri.

Jika anda numpang host di blogspot, menu daftar ke AdSense biasanya akan muncul setelah 2-3 bulan. Dalam beberapa kasus mungkin lebih lama.

Sementara jika anda sudah menggunakan domain sendiri, secara otomatis menu daftar ke AdSense akan muncul.

Hanya saja, untuk beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia, menu ini tidak muncul secara otomatis. Oleh karena itu, pemilik blog harus mengganti preferensi bahasanya terlebih dahulu agar menu ini bisa muncul.

Cara menampilkan menu penghasilan di Blogger/Blogspot

Lalu bagaimana cara mengaktifkan menu penghasilan di blogspot/blogger? Untuk mengaktifkannya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Tapi sebelum mengikuti langkah-langkahnya, pastikan dulu apakah anda punya koneksi ke internet dan punya akses ke akun blogger sebagai admin dan bukan moderator. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan masuk ke dashboard Blogger/Blogspot milik anda
  2. Setelah masuk klik di menu setelan/setting, disini anda akan melihat beberapa menu dasar Blogger
  3. Klik pada menu Bahasa dan Pemformatanmenu penghasilan di blogger
  4. Setelah masuk ke menu bahasa dan pemformatan silahkan klik pada menu dropdown yang terletak di kolom bahasa dan ubah menjadi bahasa Inggris [Amerika Serikat] – English [United States] atau Inggris[Inggris Raya] – English [United Kingdom]menu penghasilan di blogger
  5. Setelah itu klik Simpan Setelan lalu refresh dashboard Blogger anda maka secara otomatis akan muncul menu penghasilan yang terletak di sebelah kanan menu blogger tepat dibawah komentarmenu penghasilan di blogger

Menu ini adalah menu penghubung antara blog anda dengan Google Adsense. Jika blog anda masih berumur dibawah 1 bulan [untuk pengguna host blogspot] maka anda belum bisa menghubungkan blog anda dengan akun Adsense.

Dalam beberapa kasus mungkin butuh waktu 3 bulan atau lebih agar menu ini bisa digunakan untuk menghubungkan dengan akun Google Adsense.

Selain itu, menu penghasilan ini tidak menunjukan laporan-laporan mendalam melainkan hanya memperlihatkan akun Blogspot anda apakah sudah terintegrasi dengan Google Adsense atau belum.

Saat blog anda sudah terhubung ke Akun AdSense maka tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah ini.

menu penghasilan di blogger

Penutup

Bagi saya pribadi, dengan tampilnya menu penghasilan ini secara tidak langsung akan menjadi simbol bahwa blog saya sudah mulai bisa menghasilkan uang.

Meskipun penghasilannya masih sedikit, namun tetap perlu di syukuri. Sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit, kan?

Nah demikian artikel tentang cara menampilkan menu penghasilan di blogspot/blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *