Cara Mempercepat Loading Komputer Atau Laptop

3 Likes Comment
Cara mempercepat loading komputer

Cara Mempercepat Loading Komputer/Laptop – Sebenarnya, ada berbagai alasan mengapa komputer anda lambat. Alasan-alasan umumnya mungkin data-data anda yang terlalu banyak, kecilnya memori, RAM yang rusak dan dan lain sebagainya.

Dan kabar baiknya ada banyak solusi untuk meningkatkan kinerja komputer anda yang lambat tersebut. Solusi paling umum untuk memperbaiki komputer yang lambat adalah dengan menghapus data-data yang tidak penting, aplikasi yang sudah lama tidak terpakai dan aplikasi yang terlalu banyak memakan memori dan lain sebagainya.

Untuk itu, anda harus selalu memeriksa kesehatan PC atau Laptop anda termasuk soal kesehatan. Kalau data-data anda tidak penuh, dan tidak aplikasi yang terlalu banyak memakan memori, tetapi komputer anda lambat anda bisa periksa versi Windows anda dan mengupgradenya.

Baca Juga : Cara Mengatur Kombinasi Taksbar di Windows 10

Alasan khusus yang terjadi jika komputer anda lambat adalah dikarenakan adanya masalah dengan Random Accses Memory (RAM) Komputer anda.

Jika RAM komputer anda sudah bermasalah, yang biasanya dikarenakan cara anda memakai komputer, maka sudah pasti komputer anda akan lambat.

Salah satu solusi adalah dengan mengganti RAM lama tersebut, yang sudah di indikasikan rusak dengan RAM yang lebih baru. Meski harganya mahal, tetapi ini dapat memperbaiki kinerja komputer anda.

Lalu bagaimana cara mempercepat loading Laptop? Jika anda merasa tidak ada masalah dengan RAM anda atau masalah-masalah lain seperti yang saya kemukakan, tetapi laptop anda masih lambat loadingnya maka anda bisa memngikuti cara untuk mempercepat loading laptop seperti yang saya kemukakan dibawah ini.

Cara mempercepat Loading komputer/Laptop

Mempercepat loading laptop sebenarnya cukup mudah. Disini sudah disedikan tips jitu untuk atasi komputer yang lambat. Tips ini memang agak sedikit rumit dibandingkan dengan tips-tips lain yang sudah ditawarkan di internet.

Baca Juga : Cara Melindungi Komputer Dari Trojan

Tapi tentu saja, tips ini pantas anda coba untuk mempercepat loading laptop anda. Lalu bagaimana cara mengatasi komputer yang lambat? Berikut cara-caranya.

1. Menghapus Semua file Temp

Untuk menghapus semua file temp ini silahkan masuk ke menu Run atau ketik saja Windows + R lalu ketikan %temp% untuk melihat semua tipe file temp.

Saya sarankan jangan anda hapus semua file, jika ada file yang menurut anda tidak terlalu penting. Untuk file-file yang penting, identifikasi terlebih dahulu sebelum menghapusnya.

Pastikan anda memeriksanya satu per satu untuk memastikan bahwa tidak ada lagi file yang tidak penting yang tidak dihapus.

2. Lakukan penghapusan secara teratur

Jika anda tidak ingin repot, anda bisa menggunakan Aplikasi CCleaner versi gratis. Aplikasi ini cukup efektif membersihkan folder sampah di PC anda.

Tetapi mungkin di Windows 10 anda akan kesulitan untuk mencari Folder Sampah, saya sudah membuat artikel tentang itu disini. Silahkan anda baca untuk melihat folder sampah di komputer dan menambahkannya di menu Start.

Ingat, cara ini adalah harus dilakuakan secara berkala. Disini saya tidak memberikan tutorial-tutorial seperti mempercepat loading laptop dengan mengubah setelan sistem melainkan sebuah cara sederhana untuk mengosongkan memori dan mempertimbangkan penghapusan data-data yang tidak penting di komputer atau laptop anda.

Penutup

Nah demikian artikel tentang cara mempercepat loading Komputer yang saya sediakan untuk meningkatkan loading komputer atau laptop anda. Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *