Cara memperbaiki Android Yang Rusak Terkena Air

4 Likes Comment
Cara memperbaiki Android Yang Rusak

Cara memperbaiki Android Yang Rusak Terkena Air – Jika anda mengalami hal ini, anda mungkin akan berpikir kalau handphone anda akan segera rusak. Jangan terlalu cepat ambil kesimpulan deh, perbaiki dulu dengan cara ikuti tutorial-tutorial ini sebelum anda memutuskan bahwa handphone anda benar-benar rusak terkena air.

Ada banyak alasan mengapa handphone kita rusak atau jatuh ke air dan setiap orang punya alasan yang berbeda tentunya. Namun, kalau boleh disebutkan, sebagian besar handphone yang jatuh didalam air karena kecerobohan kita sendiri.

Baca Juga : Cara Menggunakan 4 WhatsApp Sekaligus Di Satu Android

Alih-alih memperbaikinya, kita malah langsung berpikir kalau handphone kita secara otomatis sudah rusak, dan tidak perlu lagi memperbaikinya. Meski sebenarnya masih bisa!

Cara memperbaiki

Lalu bagaimana cara memperbaiki smartphone yang rusak terkena air? Mungkin cara-cara dibawah ini wajib anda coba untuk memperbaiki handphone anda yang jatuh di dalam air. Silahkan ikuti tutorialnya dibawah

Langkah 1. Matikan smartphone yang terkena air tersebut

Langkah 2. Lepaskan casing pelindung dan, jika ponsel anda tidak memilikinya seperti Handhpne Mi dan beberapa merk Handphone lain, lepaskan saja kartu SIM dan kartu MicroSD dari slotnya.

Langkah 3. Gunakan kain atau handuk yang kering untuk mengelap smartphone anda hingga kering. Jangan gunakan kain yang basah, lembab dan lain sebagainya, karena hal itu dapat mendorong kerusakan lebih parah lagi. Bersihkan hingga benar-benar kering.

Langkah 4. Jika kerusakan yang disebabkan air sudah parah, anda harus menggunakan ruang hampa untuk mengihisap air dengan hati-hati. Pasatikan juga setiap abgian kecil seperti slot MicroSD, kartu SIM atau baterai sudah kadaluarsa sebelum mencobanya.

Langkah 6. Taruh telepon anda di dalam beras mentah. Beras cukup bagus untuk menyerap cairan dan ini merupakan salah satu metode paling umum untuk mengeringkan smarphone ataupun tablet.

Baca Juga : Cara Ganti Background Keyboard Di Android

Anda juga bisa membeli kantong pengering ponsel khusus yang sudah banyak dijual sekarang ini. Kantong ini sebenarnya cukup penting untuk anda, jika rumah anda berada di daerah-daerah  yang banyak air.

Tapi jika handphone anda langsung tercebur sebaiknya anda langsung menaruhnya di dalam karung beras kurang dari 1 menit. Karen waktu sangat esensial, jika anda terlambat mungkin handphone anda sudah tidak bisa hidup lagi.

Langkah 7. Biarkan ponsel anda kering selala satu ataupun dua hari. Jangan tergoda untuk menyalakannya meskipun masih berfungsi dengna baik.

Setelah dua hari, masukan kartu SIM ditelepon anda, lalu tanyakan kepada keluarga ataupun teman jika mereka memiliki cadangan smarphone yang dapat anda pinjam.

Langkah 8. Setelah beberapa hari, anda dapat mengeluarkan smartphone anda dari karung beras, lalu masukan baterai ke dalam telepn dan menghidupkannya.

Langkah 9. Jika telepon anda tidak menyala, coba charger. Isi daya hinggga penuh. Jika tidak mengisi daya, kemungkinan besar baterainya yang rusak. Disini anda harus mencari baterai pengganti, atau anda dapat membawa handphone tersebut ke reprasai untuk diperiksa secara professional.

Langkah 10. Jika ponsel anda sudah berhasi hidupkan dan berjalan sebagainya mestinya, anda harus tetap memperhatikan kinerjannya selama beberapa hari ke depan.

Ini untuk memastikan apakah ada sesuatu yang terjadi pada handphone anda. Misalnya memainkan music, memeriksa speaker atau memastikan respon layar sentuh apakah sama seperti sebelumnya atau tidak.

NOTE : Apa yang tidak boleh anda lakukan saat ponsel anda jatuh? Jangan langsung hidupkan, jangan langsung tekan tombol ataupun kunci screen apapun, jangan goyang smartphone anda, atau jangan ektuk dan benturkan handphone tersebut. Jangan meniupnya sebab akan membawa air masuk lebih dalam ke bagian internal lain dari smarphone yang belum terjangkau air, dan ini akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Dan yang terakhir, jangan sesekai menanskannya, apalagi menggunakan hair dryer atau microwave.

Penutup

Nah demikian cara memperbaiki Android yang rusak terkena air. Jika anda puny acara memperbaiki yang lebih baik lagi, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *