Cara Memodifikasi Gambar Agar Tidak Terkena Pelanggaran Hak Cipta

3 Likes Comment
memodifikasi gambar agar tidak terkena pelanggaran

Cara Memodifikasi Gambar Agar Tidak Terkena Pelanggaran Hak Cipta – Tanpa kita sadari, mungkin blog kita telah menjadi salah satu orang yang melakukan pelanggaran hak cipta. Ada banyak kasus pelanggaran hak cipta, penggunaan yang tidak menyertakan sumber, referensi yang tidak memasukan pustaka, dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang sering dilanggar hak ciptanya adalah gambar. Terutama untuk gambar yang memiliki hak cipta, yang kita gunakan sebagai gambar didalam postingan blog kita.

Nah agar tidak terkena pelanggaran hak cipta, salah satu caranya adalah dengan memodifikasinya. Berikut cara memodifikasi gambar agar tidak terkena pelanggaran hak cipta.

1. Gunakanlah gambar dari situs penyedia gambar gratis

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari situs penyedia gambar gratis seperti Pixabay atau Pexels. Lalu lihat lisensi gambarnya, apakah memiliki hak cipta atau tidak.

Sebab, meskipun itu adalah website penyedia gambar gratis, yang dapat diunduh dengan bebas, tapi beberapa gambar memiliki hak cipta yang sudah diatur oleh si pengupload.

Baca Juga : Cara memperoleh penghasilan $100 Per hari Dari Google AdSense

Jika anda tidak memperhatikan hal ini, dan ingin menghindari pelanggaran hak cipta ini maka usahakan agar gambar anda juga perlu melakukan modifikasi lanjutan. Modifikasi lanjutan ini akan dibahas pada daftar selanjutnya.

2. Ubah ukuran dan bentuk

Biasanya, jika anda mendownload gambar di situs penyedia seperti yang saya sebutkan diatas, bukan berarti anda sudah bebas pelanggaran hak cipta.

Tidak, meskipun gambar anda sudah bebas pelanggaran hak cipta tetapi gambar yang anda gunakan itu sudah masuk dalam kategori Duplikat. Untuk itu, anda juga harus mengindarinya.

Baca Juga : Cara cepat Menaikan Skor Otoritas Domain Blog

Cara menghindarinya adalah dengan mengubah ukuran dan bentuk gambar. Untuk mengubah ukuran anda dapat menggunakan Aplikasi bawaan windows. Silahkan baca disini tentang cara mudah mengubah ukuran gambar di Windows.

Jangan lupa melakukan resize gambar, agar loading blog anda menjadi lebih cepat dan tidak terhambat karena ukuran gambar yang terlalu besar.

3. Tambahkan karakter tertentu didalam gambar

Nah ini juga cukup penting. Jika anda bisa mengedit gambar, anda dapat menambahkan karakter tertentu didalam gambar, bisa berupa foto, tulisan ataupun ikon-ikon tertentu lainnya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Ini untuk menambah kesan bahwa gambar yang anda gunakan benar-benar buatan anda, sekaligus untuk menghindari pelanggaran hak cipta dan juga gambar duplikat.

4. Ubah alt text gambar

Terkait dengan hal ini sebenarnya saya sudah membahas disalah satu artikel saya di blog saya yang lain, anda dapat membacanya disana pada artikel dengan judul cara mengubah alt txt gambar.

Baca Juga : 5 Jenis Traffic Yang Harus Dimaksimalkan Oleh Blogger

Mengapa harus mengubahnya? Karena google memiliki alat khusus yang dapat mendeteksi suatu tulisan yang ada didalam gambar, dan kemudian mengelompokannya berdasarkan tulisan yang berhasil di deteksi.

Kueri yang timbul dalam tulisan tersebut, misalnya Apple, akan dibaca oleh Google sebagai brand atau sebagai buah. Inilah yang menjadi kekuatan Google, karena itu mengubah ALT Text sangat penting agar pengelompokan gambar menjadi lebih baik, sekaligus memperkuat SEO didalam postingan blog anda.

5. Selalu cari gambar yang tidak berhak cipta

Jika anda tidak ingin melakukan langkah-langkah diatas, maka satu-satunya cara adalah mencari gambar yang tidak berhak cipta. Caranya sangat mudah, ya cari. Jika masih bingung, saya sudah membuat artikel Tentang cara mencari gambar yang tidak berhak Cipta menggunakan Google Image.

Nah demikian artikel tentang Cara Memodifikasi Gambar Agar Tidak Terkena Pelanggaran Hak Cipta yang dapat anda terapkan untuk gambar di blog anda. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *