Cara Membuat Formulir Dengan Microsoft Form Terbaru

4 Likes Comment
cara membuat microsoft form

Cara Membuat Formulir Dengan Microsoft Form Terbaru – Mungkin selama ini anda mengetahui kalau hanya ada satu alat untuk membuat formulir online yakni Google Form. Tentu saja anda keliru soal ini.

Ada salah satu tool online yang memungkinkan anda membuat Formulir online dengan gratis dan aman serta dilengkapi berbagai fitur keren sama seperti Google Form yakni Microsoft Form. Ini adalah salah satu tools alternatif untuk membuat kuisioner, kuis, survey secara online dengan mudah dan gratis.

Singkatnya, Google Form adalah alat online khusus yang dapat digunakan dengan gratis. Namun, seperti juga Google Form, untuk menggunakan alat ini anda harus membuat Akun Microsoft.

Baca Juga : Cara Mendaftar di Google News Terbaru

Salah satu keunggulan utama dari Microsoft Form adalah anda dapat mengekspor semua respon tersebut ke Microsoft Excel dengan mudah agar formulir buatan anda itu bisa diolah, difilter, diedit dan akhirnya dapat digunakan.

Jika anda belum pernah menggunakannya dan memiliki keinginan untuk membuat formulir online menggunakan Microsoft Form silahkan baca artikel ini sampai habis.

Apa itu Microsoft Form?

via tomtechtoday.com

Microsoft Form adalah formulir online yang memungkinkan anda untuk membuat formulir dengan bebas, gratis dan aman. Alat ini sebelumnya adalah dari Microsoft Office 365 yang memungkinkan pengguna untuk membuat formulir berupa survey, jejak pendapat, kuis dan lain sebagainya secara daring.

Seperti juga Google Form, Microsoft form memungkinkan anda untuk membagikan formulir buatan anda tersebut ke siapa saja entah menggunakan email, media sosial atau mungkin menggunakan iFrame yang dapat ditempelkan di situs web atau blog.

Saat seseorang melakukan respon terhadap formulir buatan anda tersebut, anda dapat menggunakana analisis internal untuk mengevaluasi respon yang diterima.

Baca Juga : Cara Melaporkan Blog Copas Ke DMCA

Microsoft Form dirilis pertama kali pada tahun 2016 llalu yang sebelumnya diberi nama Office Form dan merupakan bagian dari Office 365. Sejak awal tahun 2019, Microsoft merilis preview Form Pro yang memungkinkan pengguna untuk mengespor setiap tanggapan ke Excel.

Lalu bagaimana cara membuat microsoft form? Berikut langkah-langkah membuat Microsoft Form.

Cara Membuat Microsoft Form

Dalam artikel ini, saya akan memberikan cara untuk membuat Microsoft Form. Sebagai contoh, dalam artikel ini saya akan membuat formulir berbentuk kuisioner. Lalu bagaimana caranya? Silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

1. Silahkan buka Microsoft Form atau klik saja tautan ini.

Untuk bisa membuat Microsoft Form anda diharuskan memiliki akun Microsoft atau outlook. Jika anda belum punya akun, saya sarankan agar anda membuat akun baru. Karena untuk bisa menggunakan tools ini anda harus mempunyai akun Microsoft

2. Setelah itu, silahkan klik New Form. Anda akan diarahkan pada sebuah formulir kosong, silahkan klik Form tanpa judul lalu tulis judul kuisioner anda

3. Setelah memasukan judul, silahkan tambahkan deskrispi dan gambar. Selanjutnya, anda akan dialihkan ke Add Question. Klik disitu untuk menambahkan pertanyaan baru

4. Saat anda menambahkan pertanyaan, anda dapat memilih jenis pertanyaan mulai dari pilihan ganda, teks, peringkat atau tanggal dan waktu.

Jika anda mengklik tiga titik dibagian akhir tab, anda akan melihat opsi untuk menambahkan peringkat, skala Likert, atau pertanyaan Skor Net Promoter.

5. Untuk menjawab pertanyaan ganda, silahkan klik Pilihan untuk membuka pertanyaan pilihan ganda baru

6. Tambahkan pertanyaan dan kemudian tambahkan opsi apapun yang dapat dipilih oleh orang lain

Sebenarnya disini anda akan diminta untuk memilih dua opsi default saja. Tetapi anda masih bisa membuat pertanyaan lain yang diperlukan seusai dengan kebutuhan anda.

Di Microsoft Form, perlu anda ketahui, tidak ada Opsi Simpan karena data anda secara otomatis tersimpan. Jika anda menginginkan orang lain untuk memilih lebih dari satu jawaban yang dipilih, anda dapat mengklik tombol beberapa jawaban.

7. Setelah selesai, anda dapat mengklik pada tanda bintang dibagian akhir pertanyaan untuk melihat tampilannya bagi orang yang akan mengisi form tersebut. [Catatan: bintang merah menandakan bahwa siapapun dapat mengisi formulir buatan anda tersebut]

8. Selanjutnya, klik ‘Tambahkan pertanyaan’ untuk menambahkan pertanyaan lain dan lanjutkan sampai anda telah selesai menambahkan semua pertanyaan yang dibutuhkan.

Klik Preview yang terletak menu kanan atas untuk meihat pratinjau kuesioner yang baru saja anda buat. Pratinjau ini akan memperlihatkan kuisioner seperti yang dilihat oleh pengguna atau orang lain. Anda dapat memasukan jawaban untuk mengetesnya apakah berfungsi atau tidak.

Jika anda ingin mengubah tampilan kuesioner yang anda buat tadi, silahkan klik Opsi ‘Theme’ dan pilih warna solid untuk gambar latar belakang sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda ingin menggunakan gambar khusus dari latar belakang, silahkan klik tombol ‘Unggah gambar’ yang terletak dibagian kanan bawah layar.

9. Sebelum membagikan fomulir tersebut, ada baiknya anda melakukan konfigurasi tambahan dengan cara mengklik tiga titik di kanan atas halaman dan kemudian klik Setting.

10. Satu-satunya opsi pengaturan yang diaktifkan secara default adalah ‘Accept Responses [terima tanggapan otomatis]’. Ini berarti bahwa ketika anda membagikan kuesioner kepada orang lain, mereka bisa langsung menjawabnya atau mereka dapat memilih waktu untuk menjawabnya.

Pengaturan lain yang dapat anda pilih disini adalah anda dapat memilih tanggal mulai dan tanggal terakhir formulir dijawab, apakah anda akan mengacak urutan pertanyaan untuk setiap orang yang membukanya, apakah anda akan mendapatkan pemberitahuan lewat email ketika seseorang telah mengisi kuesioner yang anda buat dan lain sebagainya.

Anda juga dapat menyesuaikan opsi untuk pesan terima kasih secara default yang dilihat oleh orang lain ketika mereka sudah menyelesaikan kuesioner.

Cara membagikan kuisioner

Ubah pengaturan sesuai keinginan anda, sebelum akhirnya anda siap membagikan kuesioner tersebut. Klik ‘bagikan’ di kanan atas halaman. Ini akan memberi anda empat opsi untuk membagikan kuesioner kepada orang lain:

  • Tautan yang dapat disalin [ini adalah opsi default]
  • Kode QR yang dapat anda unduh dengan file .PNG
  • Tag HTML yang dapat anda sematkan di halaman web
  • Email yang berisikan tautan

Jika anda bekerja di kantor yang telah support Office 365, anda mungkin memiliki opsi tambahan yang memungkinkan anda membagikan kuesioner hanya dengan orang-orang tertentu atau hanya pada karyawan kantor. Pilih opsi mana yang anda inginkan, dan bagikan kuesioner tersebut kepada orang lain.

Cara melihat tanggapan

Setelah orang-orang mulai mengisi kuesioner anda, anda akan langsung bisa melihat jawabnnya. Untuk melihat tanggapannya

1. Silahkan masuk ke Google Form menggunakan akun Microsoft atau outlook
2. Setelah anda masuk anda akan langsung melihat kuesioner yang anda buat di halaman depan
3. Setelah itu silahkan klik dibagian bar atas pada tab ‘Responses
4. Setelah itu, anda akan diarahkan pada masing-masing dengan mengklik ‘Lihat Hasil’ atau anda dapat mengespor semua tanggapan tersebut ke Microsoft Excel
5. JIka anda ingin melihat ringkasan atau menghapus tanggapan yang ada, klik tiga titik dan pilih menu yang tersedia disana

Konklusi

Nah demikian artikel tentang cara membuat Microsoft Form. Ada fungsi tambahan untuk kuis dan percabangan [yang menunjukan pertanyaan berbeda berdasarkan jawaban dari responden] yang tersedia di Microsoft Form ini.

Saya sendiri lebih menayarankan agar anda menggunakan Microsoft Form karena keluwesan penggunaan dan lebih banyak fitur yang tersedia dibanding form online lain.

Demikian artikel tentang cara membuat formulir dengan microsoft form terbaru. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *