Cara Membuat Google Form Terbaru Lengkap Dengan Gambar

7 Likes Comment
cara membuat google form

Cara Membuat Google Form Terbaru – Formulir adalah salah satu alat internet yang fungsinya cukup serbaguna. Salah satu penyedia tools pembuatan Formulir secara online dan gratis yang dapat digunakan oleh siapa adalah Google Form.

Google form memberi keluwesan pengguna untuk membuat form dengan mudah dan gratis. Form bisa berbentuk survey, kuis, pertanyaan, registrasi dan lain sebagainya.

Sebenarnya sih, selain menggunakan Google Form anda juga bisa menggunakan Microsoft Form untuk membuat formulir seperti survey, kuis dan lain sebagainya. Jika anda tertarik menggunakan Microsoft Form, saya sudah mengulasnya disalah satu artikel saya. Silahkan klik saja disini.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Selain itu, ada banyak fitur yang keren yang tersedia di Microsoft Form. Namun jika anda hanya membuat sebuah formulir biasa maka anda bisa menggunakan Google Form.

Apa itu Google Form?

Google Form adalah salah satu tools Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat formulir online dan dapat dibagikan [diakses] oleh siapa saja selagi mereka terkoneksi ke jaringan internet.

Google Form pertama kali dibuat dan dapat diakses di internet sejak tahun 2008. Ini adalah salah satu fitur bagian dari Google Sheets.

Karena itu, anda dapat menambahkan formulir ke Spreadsheet, memformatnya di lembar yang terpisah dan melihat respon formulir di lembar yang lain.

Setelah itu, Google menambahkan lebih banyak fitur dari waktu ke waktu, lalu akhirnya mengubahnya menjadi aplikasi terpisah dan mandiri sejak tahun 2016 lalu.

Baca Juga : Cara Mendaftar di Google News

Hari ini, anda dapat membuat Google form dengan mudah, dengan template yang dapat dipilih dan disesuaikan dan bisa diakses oleh siapa saja yang mendapatkan tautan tersebut.

Formulir Google yang terbagi menjadi dokumen, lembar dan slide adalah bagian dari alat aplikasi online miliki Google yang bisa membantu anda membuat formulir di peramban.

Ini juga merupakan salah satu alat yang dapat menyimpan data survey dengan aman dan bisa anda akses kapan saja. Hingga saat ini, Google Form telah menjadi alat pembuat formulir dengan fitur lengkap dan dapat digunakan dengan gratis.

Disini and adapt menambahkan jenis pertanyaan standar, membuat pertanyaan wajib dijawab, memilih template yang sesuai dan menyimpannya di Excel.

Cara membuat Google Form

Sebagai seorang mahasiswa, saya beberapa kali membuat Google Form ini. Yang terakhir adalah saat membuat Google Form untuk tugas akhir.

Karena tugas akhir tersebut juga diharuskan membuat kuisioner, maka saya kemudian membuat Google Form. Selain karena gratis, kemudahan pembuatan dan juga aksesnya yang lebih baik dibanding form-form lain. Anda juga dapat mendapatkan hal yang sama.

Kalau dulu, untuk membuat formulir seperti survey ataupun kuisioner diharuskan untuk mencetaknya dan membagikannya secara konvensional dan manual.

Baca Juga : Cara Melaporkan Blog Copas Ke DMCA

Tetapi karena adanya teknologi, pembuatan formulir ini jauh lebih mudah. Selain itu, anda juga lebih menghemat kertas dan memperluas jangakuan formulir yang anda buat.

Lalu bagaimana cara membuat Google Form? Jika anda ingin membuat Google Form silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

1. Silahkan buka Form Google Atau Klik saja pada tautan ini. Sebenarnya juga, anda dapat mengakses Google Form menggunakan beberapa cara, misalnya menggunakan Google Drive. Silahkan buka GDrive> lalu klik pada buat Dokumen Baru> New File> Google Form

Sebelum masuk untuk membuat form, ada baiknya anda memilih template yang cocok untuk form buatan anda. Anda juga dapat mengupload file sendiri untuk template buatan anda tersebut.

2. Jika sudah silahkan beri nama form anda. Disini anda dapat menambahkan deksripsi. Jika anda ingin memberi nama form Google Sebagai referensi anda sendiri, klik formulir tanpa judul yang terletak dibagan kiri atas edit.

Sampai disini sebenarnya anda Google Form yang anda buat sudah jadi. Namun agar bisa digunakan dengan baik, karena memang itu adalah formulir maka seharusnya ada pertanyaan yang bakalan diisi oleh calon responden anda.

Cara memasukan pertanyaan di Google Form

Setelah deskripsi dan judul form sudah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat pertanyaan pada formulir buatan anda.

Untuk membuat pertanyaan di Google form, silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini:

1. Silahkan klik pada Pertanyaan tanpa judul lalu tuliskan pertanyaan anda

2. Anda bisa memilih jawaban pilihan ganda untuk pertanyaan yang anda buat

3. Selanjutnya pilih opsi untuk bagaimana pertanyaan akan dijawab. Untuk semua opsi kecuali jawaban singkat, paragraf, tanggal dan waktu, anda harus menuliskan opsi untuk jawaban

  • Jawaban singkat dan paragraf akan membuka bidang kosong kepada penerima atau orang yang akan mengisi survei anda
  • Pilihan ganda memungkinkan pengguna memilihh satu jawaban dari serangkaian opsi jawaban yang tersedia, sedangkan kotak centang memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa opsi jawaban
  • Dropdown bertujuan untuk membuka bidang baru kepada penerima yang memungkinkan mereka untuk menjawab jawaban alternatif yang tidak anda masukan
  • Skala Linear memungkinkan pengguna untuk menjawab dengan memilih opsi peringkat rentang dari 1 hingga 5
  • Tanggal dan waktu memungkinkan penerima untuk memilih tanggal dan waktu

4. Klik ikon menu samping untuk menambahkan pertanyaan pada survey anda

  • Tombol plus untuk menambahkan pertanyaan baru
  • Tombol Tt memungklinkan anda untuk menambahkan judul bagian dan deksripsi dari pertanyaan yang baru saja anda buat
  • Tombol foto dan video memungkinkan anda untuk memnggambarkan survey yang anda buat secara visual
  • Ikon dua persegi panjang memungkinkan anda untuk membagi survey menjadi beberapa bagian tertentu

5. Tombol sakelar dibuat untuk menandai bahwa pertanyaan tersebut adalah wajib. Klik ikon duplkat atau tempat sampah untuk mengkloning atau menghapus pertanyaan

6. Ulangi langkah 3-7 hingga form selesai dibuat sesuai dengan kebutuhan anda

7. Setelah selesai jangan lupa mengatur warna. Untuk mengaturnya silahkan klik ikon Palette untuk mengubah warna survey anda atau menambahkan foto ke header

8. Klik ikon mata untuk melihat pratinjau survey yang baru saja anda buat

9. Ikon roda gigi untuk mengakses pengaturan survey

Sebenarnya, sampai disini Google form buatan anda sudah siap digunakan. Tapi tidak mungkin kan formulir tersebut hanya anda gunakan sendiri, anda mesti membagikannya. Apalagi jika itu adalah survey.

Cara share Google Form

JIka semuanya sudah, silahkan klik Kirim. Pada menu ini anda diharuskan untuk memasukan penerima.  Centang ‘Sertakan forumulir dalam email’ jika anda ingin repsonden anda menajawab petanyaan lewat email. Tapi tidak semua calon responden anda akan menjawab lewat email, kan?

Isi bari subjek dan pesan. Orang biasanya perlu sedikit waktu untuk menjawab survey. Jika semuanya telah rampung, silahkan klik Kirim.

Baca Juga : Cara Melaporkan Blog Copy Paste ke Google AdSense

Anda juga dapat membagikan survey lewat tautan, atau menyematkan situs web menggunakan iFrame di situs web anda atau membagikannya ke media sosial entah di Facbeook ataupun Twitter. Setelah semua survey selesai dibuat, audiens akan menawab. Untukl melihat respon dari survey anda, klik Respons.

Untuk lebih jelas berikut disajikan beberapa kemungkinan yang dapat anda ambil untuk menjangkau responden anda, antara lain:

a. Membagikannya lewat email

Anda dapat mengirimkannya lewat email langsung. Asalkan kontak email yang bakalan anda kirim itu sudah ada.

Karena terhubung langsung dengan Gmail, jadi opsi ini agak sedikit lebih mudah. Sebab, jika anda langsung mengirimkannya ke email maka anda akan diarahkan ke Gmail.

b. Membagikan tautan

Tautan ini berupa link atau url yang dapat anda bagikan lewat email, media sosial ataupun mengirimkannya lewat aplikasi pengiriman pesan instan seperti WhatsApp.

Yang perlu anda ketahui juga bahwa link atau tautan tersebut dapat diakses dan anda tidak membatasi siapa saja yang dapat membuka link atau tautan tersebut.

c. Menggunakan iframe

iFrame adalah kode html khusus yang memungkinkan anda untuk menempelkan form tersebut di situs web atau blog anda. Jadi saat seseorang mengklink iFrame, mereka akan diarahkan pada Google form buatan anda.

Cara melihat respon

Untuk melihat hasil Google Form, silahkan buka Google Form buatan anda. Lalu dibagian bar atas silahkan klik pada tombol Responses maka siapa saja yang telah merespon form anda akan terlihat disitu.

Konklusi

Membuat Google Form bisa mempermudah anda untuk membuat formulir untuk survey. Selain itu, data-data hasil survey sudah terakumulasi secara otomatis.

Meski demikian, ada beberapa kelemahan saat menggunakan Google Form, yakni anda tidak dapat menambahkan rumus perhitungan misalnya menggunakan skala likert.

Itu berarti, untuk survey dengan tujuan penelitian tidak dapat bekerja dengan baik apabila anda menggunakan form ini.

Namun, tetap saja, form ini bisa membantu anda membuat formulir secara online sehingga dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja.
Demikian artikel tentang cara membuat Google Form. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *