Cara Membuat Aplikasi Seperti WhatsApp dan Telegram

7 Likes Comment

Cara membuat aplikasi seperti WhatsApp dan Telegram – Meski pada dasarnya dua aplikasi itu berbeda tetapi dua-duanya menawarkan layanan yang sama yakni pengiriman pesan instan. Ada juga pesan instan seperti Callind atau beberapa aplikasi lain yang mirip dengan fitur dasar yang sama yakni pesan teks.

Menurut Satista, saat ini WhatsApp adalah aplikasi pengiriman pesan instan paling populer di dunia. Data ini dikombinasikan dengan pertumbuhan pengguna yang cepat dan juga menjadi motivasi dan tantangan bagi para pengembang yang ingin membuat aplikasi seperti WhatsApp atau Black BerryMessengger (BBM) ataupun Telegram.

Pada dasarnya, aplikasi pesan instan modern harus memiliki fungsi dasar yang disesuaikan untuk semua jenis solusi obrolan pesan instan. Aplikasi obrolan yang ideal menawarkan solusi komunikasi tingkat perusahaan, komunikasi bisnis dengan fokus pada pelanggan, obrolan e-niaga dan juga obrolan pribadi.

Lantas, bagaimana cara membuat aplikasi seperti WhatsApp dan telegeram? Sebelum membuat aplikasi seperti itu, ada baiknya kita mengetahui fitur-fitur dasar dari aplikasi tersebut. Apa saja itu? berikut daftarnya.

1. Fitur Aplikasi

Ada beberapa fitu dasar dari WhatsApp, fitur-fitur ini sangat penting dan dapat menjadi salah satu keunggulan dari aplikasi perpesanan yang sedang kamu rancang.

a. Pendaftaran dan integrasi kontak

Otentifikasi pada WhatsApp diimplementasikan dengan berbagai cara seperti melalui nomor telepon pengguna, email dan juga profil media sosial. Namun, sebagian besar aplikasi pesan instan mengharuskan pengguna untuk masuk menggunakan nomor telepon.

WhatsApp kemudian akan mengirim kode konfrimasi melalui pesan teks untuk keamanan. Setelah mendaftar, pengguna akan membuat profil mereka sendiri termasuk informasi pribadi seperti nama dan foto profil.

Baca juga : 6 Aplikasi terbaik buatan anak negeri

Langkah selanjutnya adalah izin impor kontak dari buku telepon yang ada pada ponsel. Ini untuk mengetahui daftar orang yang dapat kamu ajak berkomunikasi yang menggunakan aplikasi serupa. Pastikan langkah ini nyaman dan aman. Semakin banyak orang yang memakai Aplikasi semakin besar menyeret orang lain untuk menggunakannya.

b. Kustomisasi profil

Kostumisasi profil memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan profil dan mengekspresikan individu dan karakter mereka. Termasuk mengubah nama, nama panggilan, warna latar belakang, pola, dan font hingga pada memilih foto profil berupa Avatar dari galeri kamera atau mengambil foto secara instan.

Kebanyakan aplikasi memungkinkan pengguna untuk bisa melihat status pengguna yakni orang terakhir yang menggunakan aplikasi serupa, siapa saja yang sedang online dan saat mengetik pesan.

c. Perpesanan

Semua fitur aplikasi pesan instan dapat beroperasi dengan internet, namun pengguna yang sedang offline dapat menerima semua pesan yang belum dibaca. Juga, pesan memiliki status tertentu seperti pesan gagal dikirim, gagal dilihat dan diedit.

Saat ini, fitur standar pada sebagian besar aplikasi pesan instan memungkinankan pengguna untuk mengetahui pesan mereka saat itu ketika pesan itu sudah dibaca oleh pengguna lain.

Baca juga : 5 Aplikasi paling populer di Dunia

Pada dasarnya, semua aplikasi obrolan dengan fitur perpesanan ini ada untuk membuat aplikasi terlihat menonjol, pertimbangkan untuk menawarkan obrolan pribadi dan grub atau publik.

Opsi ini memungkinkan pengguna untuk dapat membuat grub dan mengobrol dengan banyak orang secara bersamaan, mengundang orang ke dalam grub, memilih anggota tertentu dalam grub atau membuat sub-grub untuk mengirim gambar.

Selain itu, aplikasi harus bisa menyimpan riwayat percakanan. Agar semakin baik, riwayat obrolan itu dan file yang dikirim oleh pengguna harus tersimpan dalam bentuk Cloud sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Ini adalah salah satu fitur kuat yang memungkinkan pengalaman lebih dari sekedar pesan teks. Pengguna yang ponselnya hilang atau mereka yang secara sengaja menghapus pesan dapat dikembalikan.

d. Pencarian

Ini adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk melacak pesan dengan cepat yang tertumpuk diantara banyak pesan. Atau pengguna dapat mencari teman, file mdia baik GIF, Foto dan lain sebaginya.

Fitur lain yang ditawarkan adalah pesan suara atau Voice Note (VN). Ini adalah fitur dimana pesan teks dikirim lewat media suara. Pengguna dapat meninggalkan pesan untuk teman mereka tanpa perlu mengetik.

e. Panggilan video dan suara

Video atau panggilan suara dapat membuat aplikasi pesan instan yang sedang kamu bangun menjadi lebih interaktif, tidak membatasi pengalaman pengguna sehingga bisa saling berinteraksi satu dengan yang lain. Panggilan video dan suara juga adalah fitur kuat yang harus ada pada aplikasi yang sedang kamu bangun.

– Panggilan Suara

Ini memungkinkan pengguna untuk memanggil kontak yang menggunakan aplikasi serupa untuk melakukan panggilan telepon secara gratis meskipun berada di negara lain. Dengan panggilan suara ini pengguna bisa saling bicara tapi tidak dapat melihat satu dengan yang lain.

Baca juga  : 5 aplikasi dengan tingkat keamanan paling tinggi

– Panggilan Video

Ini menawarkan komunikasi suara dan visual antar pengguna. Panggilan video menggunakan koneksi internet dan Voice over Internet Protocol (VoIP). Ini mencakup video dari orang yang membuat panggilan. Selain itu, fitur ini memudahkan orang-orang untuk terhubung satu dengan yang lain baik teman, keluarga, pacar dan mereka yang berjauhan.

– Panggilan Grub

Ini adalah solusi yang jitu bagi kamu yang ingin membangun aplikasi obrolan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengadakan percakapan grub, termasuk telepon grub dan video call grub.

f. Transmisi file media

Lepas dari emoji dan teks, orang-orang yang suka berbagi jenis media lain seperti foto, sticker dan GIF terkadang mewakili kata-kata terutama dalam aplikasi obrolan real time. Sitker juga menjadi sarana monetisasi teratas bagi aplikasi perpesanan.

g. Push notifikasi

Pemberitahuan push diterpakan untuk mengembangkan aplikasi ke dalam MVP. Ini berfungsi sebagai jalur komunikasi langsung yang memungkinkan pengguna tetap aktif pada aplikasi dan memberi tahu mereka ketika ada pesan dan panggilan masuk.

Push notifikasi juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui pesan yang tidak terkirim setelah beberapa waktu ketika pengguna telah keluar dari aplikasi.

2. Fitur tambahan

Aplikasi perpesanan selain menawarkan pesan cepat namun terkadang satu fitur eksklusif menjadi salah satu fitur unggulan yang sukses dipasaran. Itulah yang membuat aplikasi seperti Snapchat menjadi sukses. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi gambar atua video yang hanya dapat dilihat dalam hitungan detik.

Baca juga : 10 hacker paling berbahaya sepanjang sejarah

Berikut ada beberapa pertimbangkan yang bisa kamu gunakan untuk menjadi fitur tambahan dari aplikasi yang sedang kamu bangun.

  • Profil yang dapat disesuaikan (warna latar belakang, pola dan font)
  • Pesan rahasia atau pesan yang dapat merusak diri sendiri di kedua perangkat dalam waktu tertentu setelah dibaca
  • Pengiriman pesan terjadwal seperti hari ulang tahun dan hari libur.
  • Berbagi lokasi.
  • Stiker (Izinkan pengguna membuat stiker mereka sendiri)
  • Konten sementara seperti status dan cerita
  • Game (memberikan lebih banyak kesenangan)
  • Fitur E-niaga (misalnya, chatbots)
  • Konten eksklusif yang memungkinkan perusahaan dapat bekerja sama dengan influencer (seperti KIK)
rubygarage.org
 

2. Dasar-dasar Pembuatan aplikasi

Lantas, bagaimana kita membangun aplikasi seperti WhatsApp ini? Apa saja yang dibutuhkan dan teknologi apa yang cocok digunakan? Lihat daftar dibawah ini.

a. Otentikasi

Ini adalah teknologi paling penting dari aplikasi selulur apapun termasuk juga aplikasi perpesanan. Sebab, pengembang harus menyertakan autentifikasi untuk melindungi pengguna dari penipuan dan spam. Biasanya, ini dilakukan menggunakan teknologi Application Programming Interface (API) pihak ketiga.

Baca juga : Apa itu The Onion Router?

Jika otentifikasi dalam aplikasi obrolan yang sedang kamu bangun diterapkan menggunakant telepon seluler, gunakan Nexmo API yang menawarkan cara mudah untuk perlindungnan dengan menggunakan telepon seluler dan mengatutenfikasi penggan baru atau yang lama.

Jika aplikasi obrolan mendukung otentifikasi menggunakan alamat email dan profil media sosial seperti facebook atau twitter maka gunakan SDK Facebook atau KIT Twitter.

b. Obrolan

Agar dapat memproses ratusan ribu pesan secara instan setiap hari tanpa bug dan penundaan pengiriman, gunakan WebSocketWebSocket memungkinan pengembang untuk membangun koneksi yang solit antar aplikasi seluler dengan server. WebSocket juga memungkinkan pengguna mengirim data secara langsung, pengiriman pesan yang cepat dan persisten antara server dan aplikasi seluluer.

c. Penyimpanan data pengguna

Usahakan juga aplikasi obrolan yang sedang dibangun mampu menyipan data pengguna termasuk pesan teks, file dan gambar.

Baca juga : Apa yang dimaksud dengan Enskripsi OTR?

Untuk menyimpan semua data ini perlu pemahaman pengembang akan backend. Bagian pengembangan ini melibatkan database seperti PostgreSQL, layanan penyimpanan file seperti Amazon S3 dan Web Server seperti NGinx.

d. Notifikasi

Pemberitahuan sangat penting untuk membuat pengguna tetap aktif pada aplikasi. Untuk mengembangkan notifiasi pada Android pengembang bisa menggunakan Firebase Cloud Messanging dan untuk iOS dapat menggunakan Firabase atau Notifikasi Push Apple yang merupakan bawaan dari platform iOS.

e. Panggilan video dan suara

Supaya lebih lengkap, pengguna bisa berkomunikasi lebih interkatif menggunakan panggilan suara atau video. Untuk hal ini, pengembang perlu menggunakan teknologi seperti Voice Over Internet Protocol (VOIP). VoIP dapat aktif karena kumpulan teknologi dan metologi yang menyampaikan komunikasi suara dan sesi multimedia melalui internet.

rubygarage.org

3. Cara memonetisasi

Untuk mendapatkan keuntungan dari aplikasi perpesanan yang sedang kamu bangun kamu bisa belajar dari para pengembang yang telah sukses. Berikut ada beberapa strategi monetisasi dari aplikasi yang sedang kamu bangun.

a. Biaya berlangganan

Dengan menggunakan metode ini, pelanggan yang menjadi pengguna harus membayar sejumlah uang untuk bisa mengakses aplikasi. Awalnya, metode monetisasai tunggal WhatsApp adalah biaya berlangganan. Aplikasi ini awalnya menerapkan biaya sekitar US$ 0,99 per tahun setelah uji coba gratis selama satu tahun.

Baca juga : 5 Pekerjaan paling banyak dicari perusahaan

Langganan juga bisa membuat pengembang mendapat dana yang lebih besar jika basis pengguna aplikasi sudah besar. Saat ini, sebagian besar aplikasi messenger gratis, dan biaya berlangganan mungkin akan menjadi penghalang bagi banyak orang untuk menggunakan aplikasi yang sedang kamu bangun. Sebaiknya strategi ini kamu hindari, jika itu memungkinkan.

b. Iklan

Iklan dalam aplikasi adalah solusi plaing baik untuk bisa menghasilkan uang dari aplikasi. Pada dasarnya, pendekatan ini memungkinkan pengembang untuk menyediakan solusi yang lebih baik agar pengguna bisa menarik perhatian konsumen dari langganan mereka. Misalnya, Viber yang menampilkan pesan dan iklan yang ditargetkan.

Baca juga : 5 Pekerjaan terkait dengan lingkungan yang paling banyak dicari perusahaan

Sering juga pengembang menampilkan iklan invasive. Jadi iklan mungkin akan menghasilkan pendapatan tetapi justru akan menggangu pengguna. Atau, kamu bisa menawarkan pengguna untuk menonaktifkan iklan asalkan mereka membayar.

Iklan internal adalah cara lain untuk beriklan. Misalnya, Snapchat yang menyediakan alat iklan swalayan yang disebut Pengelola Iklan Snapchat. Iklan Snapchat adalah iklan video vertikal dari layar penuh yang berdurasi maksimal 10 detik.

Iklan ini muncul diantara cerita orang-orang dengan konten yang sudah dikurasi Snapchat seperti kisah Snapchat dan kisah-kisah penerbit. Pendekatan monetisasi jenis ini cukup efektif karena saluran iklan yang baik bagi pemasar akan mencapai basis pengguna aktif karena banyak pengguna yang menggunakan aplikasi setiap hari.

c. Pembelian dalam aplikasi

Jika aplikasi menawarkan beberapa fitur tambahan, mungkin strategi monetisasi ini boleh kamu tawarkan. Misalnya sticker berbayar adalah salah satu sumber utama pendapatan sejumlah besar pengembang.

Ini adalah strategi win-win solution untuk pengguna dan pengusaha dan juga penyedia jasa sticker seperti yang terdapat pada Line. Selain sticker, monetisasi lain bisa datang dari Wallpaper, tema dan fiter konten.

Sementara, permainan juga menjadi sumber pendapatan utama bagi para pengembang di Line. Di Line, pengguna bisa memainkan gim video langsung diutar obrolan. Pendapatan disediakan lewat pembelian dalam aplikasi mata uang, pengalaman dan item yang terdapat dalam game.

d. Sponsorship

Sponsor konten memerlukan mitra pengiklan yang dapat memberikan imbalan kepada pengguna untuk bisa menyelesaikan tindakan dari aplikasi tertentu. Model pendekatan ini disertakan dalam aplikasi untuk mendanai hadiah bagi pengguna berdasarkan keterlibatan mereka dalam aplikasi. Aplikasi ini menghasilkan uang dengan mengambil sedikit dari pendapatan hadiah yang ditukar.

Misalnya, sticker bermerek dapat digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka sepertif ilm yang akan datang atau makanan baru yang mereka buat.

Selain itu, strategi monetisasi ini lebih banyak diterima oleh pengguna daripada strategi monetisasi lain karena relevansinya, termasuk tujuan utama dari pembuatan aplikasi.

5. Tantangan

Setelah mengidentifikasi semua fitur yang diperlukan untuk membuat aplikasi obrolan, pengembang juga harus tahu tantangan apa yang didapat saat membangun aplikasi chat seperti WhatsApp.

a. Mempertahankan dan menarik pengguna

Retensi pengguna dan keterlibatan mereka adalah dua metric yang bisa memberikan wawasan nyata dari suksesnya suatu aplikasi seluler. Hari ini, pengguna aplikasi seluler tidak memberikan banyak peluang, jadi menarik mereka untuk menggunakan aplikasi adalah hal penting. Hal ini seperti pengembang harus memulai dari awal.

Selain itu, pengembang aplikasi harus mampu bersaing di pasar yang sangat komepetitif dimana pengguna diberi banyak pilihan. Untuk lebih menonjol, aplikasi harus menarik.

Kembangkan aplikasi yang ramah pengguna, canggih, sederhana dan unggul. Jika tidak, jangan harap orang akan melupakannya. Berikut ini beberapa kiat praktis yang membantu kamu untuk bisa menarik pengguna :

  • Pengalaman pertama. Kesan pertama sangat penting bagi pengguna. Memberikan pengalaman orientasi yang onboarding bisa menarik lebih banyak pengguna.
  • Personalisasi. Hal ini cukup penting dari sebuah aplikasi. Personalisasi memberikan pengalaman yang unik dan relevan bagi setiap pengguna. Ini selaras dengan kebutuhan pengguna. Jika hal ini berhasil, semakin besar peluang bagi banyak orang untuk menggunakan aplikasi tersebut.
  • Insentif. Jika kamu ingin mendorong keterlibatan pengguna dan retnsi, tawarkan insentif pada pengguna untuk menggunakan aplikasi. Penghargaan khusus, promosi khusu dan akses apda konten khusus dapat mendorong orang-orang untuk menggunakan aplikasi yang kamu buat.
  • Pembaharuan regular. Dan untuk mendapatkan layanan yang baik termasuk pengalaman dari aplikasi serta fitur-fitur baru dan konten yang dipersonalisasi membangu pengguna tetap bertahan. Sangat penting untuk memantau analitik, melacak perilaku pengguna serta mempertimbangkan umpan balik untuk menetapkan fitur aplikasi apa yang bisa mendorong pengguna menggunakan aplikasi yang kamu buat.

b. Keamanan

Ini adalah tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh pengembang yang akan membuat aplikasi pesan instan. Saat ini, banyak orang yang mencari cara untuk lebih aman saat berkomunikasi.

Banyak pengguna yang khawatir tentang kemanan dan kurangnya enskrispi membuat aplikasi tidak sukses. Enskripsi diinginkan karena banyak informasi pribadi yang di kirimkan melalui internet dengan jelas. Mari kita lihat lebih spesifik bagimana aplikasi seperti WhatsApp menerapkan keamanan dan privasi pada aplikasi mereka.

WhatsApp menerapkan fitur keamanan dengan kesepakatan bersama dengan Open Whisper Systems untuk mengembangkan sistem enskripsi end-to-end. Itu berarti, tidak ada pihak ketiga termasuk WhatsApp sendiri yang dapat melihat pesan yang dikirim oleh pengguna.

Beda halnya seperti Telegram yang menawarkan protocol enskripsi non-sumber. Pengiriman pesan yang aman harus memastikan bahwa jika salah satu pesan yang kamu kirim disadap, itu berarti ia tidak dapat meretes semua pesan yang pengguna kirim. Telegram melakukan hal ini dengan cara mengubah kunci kriptografi setiap minggu atau setelah sejumlah pesan dikirim.

c. Pasar aplikasi

Pengembang tentu mengharapkan agar aplikasinya cepat tumbuh. Ekspektasi pengguna juga demikian, mengharapkan timbal balik. Sekarang, pengguna mengharapkan aplikasi pesan instan berfungsi untuk hal-hal lain seperti WeChat.

WeChat adalah salah satu contoh bagus dari aplikasi pesan instan yang menawarkan hampir segalanya, mulai dari pesan teks hingga pembayaran instan. WeChat telah membawa layanan pembayaran mobile platform, WeChat Pay, yang sangat membantu pengguna saat berbelanja pakaian atau untuk membayar taksi, mengatur janji dengan dokter atau memasan makanan. Bahkan bisa membayar tagihan listrik, air dan pajak kendaraan hingga denda dari Polisi lalu lintas.

Sementara, Messenger Facebook adalah contoh lain tentang bagaimana aplikasi perpesanan dapat melakukan hal yang lebih tinggi daripada sekedar mengirim pesan teks.

Fungsi teks, foto dan video memungkinkan pengguna mengirim uang dan bermain game tanpa perlu mengunduh gam tersebut atau mengunjungi situs web. Keuntungan utama dari Messenger Facebook adalah penggunaanya sebagai alat dukungan pelanggan dengan ChatBots.

Aplikasi pesan instan termasuk model API untuk membuat ChatBots agar bisa berinteksi dengan pengguna lain. Bot ini memungkinkan pengguna yang secara otomatis mengirim pesan dan mendapat balasan secara langsung berdasarkan perintah pesan yang di kirim.

Bots ini deprogram untuk merespon cara yang sama setiap kali, merespon berdasarkan kata kunci dan bahkan mengunakan pembelajarna mesin untuk menyesuaikan respon mereka agar sesuai dengan situasi yang diinginkan.

5. Waktu pembuatan

rubygarage.org

Ini sebenarnya tergantung dari banyak faktor, termasuk fitur dan tingkat kesulitan dari proyek yang dibangun. Jika kamu ingin membuat aplikasi dengan cepat, disarankan memulai dengan sesuatu yang sederhana dan kecil. Misalnya, kamu bisa menggunakan MVP terlebih dahulu.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi messenger seperti WhatsApp tergantung pada banyak faktor, termasuk jumlah fitur dan kesulitan proyek.

Jika Anda ingin membuat aplikasi dengan cepat, kami sarankan memulai dengan sesuatu yang sederhana dan kecil. Misalnya, Anda dapat membuat MVP terlebih dahulu. Lihatlah perkiraan kasar kami untuk MVP aplikasi chat.

Kesimpulan

Pasar aplikasi perpesanan menunjukan evolusi yang lebih jauh daripada sekedar pengiriman pesan instan. Ada banyak peluang untuk bisa bersaing dipasar startup pengiriman pesan instan yagn kompetitif. Dalam hal ini, aplikasi pesan adalah solusi komunikasi masa depan.

Karena memungkinkan pengguna dari seluruh dunia untuk bisa terhubung secara gratis. Aplikasi chat real-time telah menggeser penggunaan SMS dan bahkan telah menyelip panggilan telepon berkat fitur VoIP.

Jika kamu ingin mengembangkan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp yang sempurna dengan fitur yang modern, hubungi Rbygrarage. Pakar akan memberikan respon dengan cepat dengan berbagai perkiraan yang lebih rinci termasuk biaya dan juga waktu yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi seperti WhatsApp. Demikian artikel tentang cara membuat aplikasi seperti WhatsApp dan Telegram. Semoga artikel ini bermanfaat. 

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *