Cara Memasukan Sitemap Di WordPress

5 Likes Comment
cara memasukan sitemap di wordpress

Cara Memasukan Sitemap Di WordPress – Mungkin anda sudah membaca penjelasan-penjelasan saya sebelumnya tentang sitemap dan fungsinya. Mengapa sitemap itu penting? Dan juga saya sudah mengulas tentang cara memasukan sitemap di blogger, WIX, Squarke, dan bebrapa platform blogging yang lain.

Nah berbeda dengan sitemap di WordPess, selain metodenya yang beda, anda juga harus menyesuaikan dengan plugin yang anda gunakan. Mendegar kata plugin berarti anda sudah paham, bahwa artikel ini lebih condong kepada para pengguna WordPress.org

Jika anda belum paham mengenai perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com, silahkan baca artikel saya tentang perbedaan dua platform tersebut.

Cara buat sitemap di WordPress

Jika anda membuat sitemap di WordPRess, cara yang harus anda lakukan tergolong mudah. Disini saya akan membahas cara memasukan sitemap menggunakan Plugin Yoast SEO. Ini adalah salah satu plugin terbaik yang wajib anda gunakan jika anda pengguna WordPress.

Saya sarankan agar anda menginstal pluggin ini, setelah selesai menginstalnya, silahkan klik tab Fitur> ubah Halaman Pengaturan Lanjutan menjadi Diaktifkan lalu simpan.

Cara Memasukan Sitemap Di WordPress
via ccmarketingonline.com

Jika anda sudah mengaktifkan plugin tersebut, akan ada beberapa opsi yang muncul di bilah sisi SEO. Untuk membuat sitemap.xml di WordPress, silahkan pilih XML Sitemaps. Sebelumnya, pastikan dulu apakah Fungsionalitas Sitemap.xml sudah Diaktifkan.

Disini sebenarnya anda sudah memiliki sitemap. Untuk melihatnya, silahkan klik XML Sitemap, yang terletak dibagian ujung tulisan You Can Find Your XML Sitemap here.

Baca Juga : Blogger atau WordPress, mana yang lebih baik?

Tetapi tentu saja belum selesai. Berarti anda belum sepenuhnya punya peta situs, untuk itu anda perlu menghubungkannya dengan peta situs di Google Search Console. Untuk mengirimkannya, silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

Cara memasukan sitemap Ke Google Search Console Dari Yoast SEO di Blog WordPress
Untuk mengirimkan peta situs ke Google search Console pakai Yoast SEO di blog WordPress.org anda harus melakukan bebrapa cara dibawah ini.

  1. Beri tahu Google bahwa situs web ini adalah milik anda dengan cara mendaftar ke Google Search Console> Tambahkan Properti. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan klik disini.
  2. Di Google Search Console yang baru, anda akan langsung diarahkan ke Dashboad GSC. Silahkan klik Roda Gigi/Pengaturan> Verifikasi situs> Metode Alternatif> Tag HTML
  3. Jika tag HTML sudah muncul, silahkan salin tag HTML tersebut lalu kembali ke Dashboard WordPress
  4. Lihat menu Yoast SEO> Pilih tab Alat Webmaster. Tempelkan kode Tag HTML yang tadi anda salin ke halaman kosong Google Search Console. Biasanya halaman kosong ini terletak ditengah setelah Bing Webmaster tools atau sebelum Yandex Webmaster ToolsCara Memasukan Sitemap Di WordPress
  5. Setelah anda menempelkan kode Tag HTML, klik tombol Verifikasi. Jika langkah-langkah ini sudah benar, maka akan ada pemberitahuan bahwa verifikasi yang dilakukan sudah berhasil

Disini anda sudah berhasil melakukan verifikasi kepemilikan situs. Jika cara ini salah, silahkan lakukan langkah-langkah diatas sampai benar. Kalau sudah benar, langkah selanjutnya adalah memasukan peta situs di Google Search Console.

Untuk menambahkan sitemap, silahkan masuk ke menu XML Sitemap Yoast SEO. Seteah itu, klik xml Sitemap. Jika anda sudah mengkliknya, tab baru akan terbuka, maka akan muncul URL http://www.domainanda.com/sitemap_index.xml

Cara Memasukan Sitemap Di WordPress
via ccmarketingonline.com

Nama domain itu adalah nama domain yang anda gunakan, salin bagian akhir dari nama domain tersebut. Atau salin saja dari sitemap_indeks.xml lalu kemabli ke Dashboard Search Console> Sitemap/peta Situs> tempelkan sitemap anda di kotak yang tersedia.

Cara Memasukan Sitemap Di WordPress
via ccmarketingonline.com

Penutup

Sampai disini anda sudah selesai membuat sitemap. Jika pengiriman berhasil, maka daftar halaman didalam artikel anda perlahan-lahan akan diindeks oleh Google.

Pantau terus perkembangan Google Webmaster Tools untuk melihat perkembangan sitemap dan masalah-masalah yang mungkin muncul seperti URL yang dikecualikan, URL yang duplikat, salah dan lain sebagainya.

Nah demikian artikel tentang Cara Memasukan Sitemap Di WordPress. Semoga bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *