Cara memasukan Sitemap Di Google Search Console

2 Likes Comment
cara memasukan sitemap di Google Search Console

Cara memasukan Sitemap Di Google Search Console – Dua artikel sebelumnya sudah dibahas tentang cara mendaftar ke Bing Webmaster Tools dan Google Webmaster Tools. Pada artikel ini akan dibahas tentang cara memasukan sitemapnya. Tetapi perlu anda ketahui, jika anda sudah memasukan sitemap di bing webmaster tools, anda tidak perlu lagi memasukan sitemap ulang.

Mengapa demikian? Sebab, saat pertama kali anda mendaftarkan situs web anda di Bing Webmaster Tools, anda juga sudah memasukan sitemapnya. Jadi tidak usah lagi memasukan sitemap. Jika anda ingin memasukan sitemap ulang, maka saya sarankan agar anda menghapus sitemap yang lain agar tidak tumpang tindih.

Terkait dengan artikel ini, sebenarnya ekstensi sitemapnya untuk setiap platform blogging adalah sama. Metode memasukan sitemap yang akan kita bahas ini adalah metode umum yang biasanya digunakan untuk insert sitemap.

Mungkin banyak yang menyarankan agar anda memasukan sitemap dengan metode yang lain, dengan model yang lain, tetapi saya sarankan agar anda memasukan metode yang ini.

Alasannya karena Google akan mendeteksi semua property di dalam blog anda, entah itu halaman, konten, search/label, dan lain sebagainya. Jadi jika anda menggunakan platform blogging Blogger, WIX, WordPress, dan juga Squarespace gunakanlah metode umum ini.

Namun terkait dengan WordPress, jika anda menggunakan plugin Yoast SEO, baiknya anda memasukan model sitemap indeks. Soal ini, saya sudah membahas diartikel tentang Cara Memasukan Sitemap Di WordPress.

Apa itu sitemap?

Sitemapa dalah jenis file situs yang berisi daftar semua halaman disitus anda termasuk juga konten-konten di dashboard anda. Halaman sitemap/peta situs ini akan memberi tahu Google mengenai informasi di halaman anda.

Dan setiap blog, memiliki halaman peta situs, yang secara otomatis dihasilkan oleh server dan selalu diperbaharui setiap kali ada informasi baru. Untuk menambahkan sitemap, anda tinggal menambahkan filenya dengan menulis sitemap diikuti ekstensi .xml sebagai contoh, sitemap.xml diakhir domain yang anda gunakan. Misalnya, domain anda adalah pauhlipu.com/sitemap.xml

Saran saya adalah perbaharui sitemap anda setiap kali anda melakukan perubahan di dashboard situs web anda, alasannya? Sudah saya ulas diartikel saya yang berjudul Mengapa Sitemap Perlu Di Perbaharui Setiap Kali Ada Perubahan Di situs Blog Kita?

Sebenarnya juga dua jenis sitemap, yang pertama dalah sitemap .xml dan sitemap .html. Singkatnya, dua model sitemap ini adalah daftar artikel yang ada didalam blog anda. Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan dua hal ini, silahkan baca artikel artikel saya yang berjudul perbedaan sitemap.xml dan sitemap.html

Lalu bagaimana cara memasukan sitemap di Google search console? Silahkan baca artikel ini sampai habis.

Cara memasukan sitemap di Google Search Console

Untuk mengirimkan sitemap ini di Google Search Console, anda dapat langsung mengirimkannya ke Dashboardnya. Untuk mengirimkannya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Silahkan masuk di Dashboard Search Console
  2. Klik Sitemap/peta situs di menu sebelah kanan dashboard Search Console yang baru.
  3. Di bidang teks sebelah domain, ketik sitemap.xml. Sebagai contoh: pauhlipu.com/sitemap.xml
  4. Kirim

Catatan: Jangan masukan teks tambahan, misalnya nama halaman atau ekstensi apapun disana. Anda juga tidak perlu memasukan sitemap lengkap seperti yang saya contohkan diatas, hanya perlu tambahkan property sitemap.xml

Sebenarnya, di Dashboard Search Console yang baru anda dapat mengirimkan halaman ke Google untuk tampil langsung di mesin pencari. Ini bertujuan untuk mempercepat pengindeksan. Terkait dengan hal itu, silahkan baca artikel saya tentang 3 Cara Mempercepat Pengindeksan Di Google.

Nah demikian artikel tentang cara memasukan sitemap di Google Search Console. Jika anda masih bingung caranya, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *