Cara Memasang Password di Winrar Dengan Mudah

2 Likes Comment
Cara Memasang password di Winrar

Terkait dengan Cara Memasang password di Winrar memungkinkan kita untuk membatasi orang yang akan membuka dokumen tersebut. Itu berarti hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membuka winrar kalau mereka sudah tahu apa passwordnya.

Tetapi kata ‘membuka’ sini bukan berarti mereka tidak dapat membuka winrar tersebut. Orang-orang yang mendapatkan dokumen dalam versi winrar masih tetap bisa membuka dokumen tersebut, hanya saja mereka tidak dapat membuka dokumen didalamnya, termasuk memindahkan, mengedit dan lain sebagainya.

Beberapa waktu lalu, saya juga sempat membuat dokumen di winrar yang sudah dipasangi password, dokumen didalamnya berisikan nilai-nilai hasil ujian dan hanya saya dan wali kelas saja yang tahu.

Baca Juga : Tips Memasang Password Agar Aman Dari Serangan Cracker

Nah, saya kemudian berinisiatif untuk membagikan artikel ini kepada anda, yang mungkin beberapa dari anda ingin pasang password di Winrar. Tapi sebelum kita lanjut pada cara pasangnya, ada baiknya anda mengetahui apa itu winrar.

Apa itu Winrar?

Winrar adalah perangkat lunak pengompresi yang sangat ringan dan telah digunakan hampir 500 juta orang di seluruh dunia. Alat worldwide ini sangat akrab bagi sebagian besar orang. Winrar juga digunakan untuk mengkompresi file dengan cara yang efisien.

Salah satu keunggulan utama dari winrar adalah soal komptibiltasnya. Winrar kompatibel di semua platform seperti Windows, Mac, Linux dan BSD dan tersedia secara gratis untuk semua bahasa.

Baca Juga : Apa itu Retas, Peretas dan Peretasan?

Jika ada ingin mengirim data-data tertentu dalam ukuran besar, dengan tujuan untuk mengirimnya kepada orang lain, misalnya lewat email ada baiknya anda mengompresinya.

Kalau di email, katakanlah anda mengirimnya via Gmail, hanya mengizinkan kita untuk mengirim dokumen dibawah dari 25mb.

Nah kalau anda mengirimnya lebih dari itu, maka dokumen itu tidak akan terkirim. Oleh karena itu, sebelum mengirimnya, ada baiknya anda mengompresinya terlebih dahulu dengan winrar. Selain dapat mengurangi ukuran gambar juga membuat dokumen itu aman dari serangan virus siber.

Cara Memasang Password Di Winrar

Lalu bagaimana cara pasang password di Winrar? Berikut cara-caranya. Sebelum itu, ada baiknya anda sudah menginstal winrar di PC/Laptop.

Jika anda belum punya aplikasi yang satu ini, silahkan download saja disini. Untuk cara memasangnya, ada baiknya anda menggunakan PC/Laptop.

  1. Silahkan buka PC/Laptop yang sudah terinstal winrar didalamnya
  2. Setelah itu, silahkan pilih file yang hendak anda konversikan ke Winrar dengan cara klik kanan pada mouse untuk membuka menu konteks lalu pilih Add To Archieve pada menu konteks yang muncul
  3. Disini menu add to archieve and parameter akan muncul, jangan dulu klik OK. Silahkan arahkan kursor pada tulisan Set Pasword
  4. Setelah itu akan muncul menu baru tentang mengarsipkan lewat password di Winrar, silahkan isi password yang diinginkan. Jika anda bingun memilih password yang hendak digunakan, disini saya sudah menyediakan artikel tentang tips memasang password yang aman dari serangan cracker. Anda juga bisa mencetang pengenskripsian nama file untuk mengenskripsi nama winrar yang digunakan sehingga orang-orang tidak dapat mengubahnya. Namun jika tidak, tidak apa-apa.
  5. Jika sudah silahkan klik OK untuk menutup menu Set Password
  6. Sekali lagi klik OK untuk menutup winrar
  7. Selesai. Nantinya, setelah winrar tetap bisa terbuka, namun saat orang memindahkan file atau membuka file tersebut mereka akan disuguhkan password seperti gambar dibawah ini

Sampai disini sebenarnya anda sudah bisa memasang password di Winrar sekaligus anda sudah selesai mengompresi ukuran data atau dokumen tersebut.

Demikian artikel tentang cara memasang password di winrar. Jika punya pertanyaan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *