Cara Melindungi Komputer Dari Trojan

7 Likes Comment
Cara Melindungi Komputer Dari Trojan

Cara Melindungi Komputer/Laptop Dari Trojan – Melindungi komputer dari Trojan adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Anda mungkin sudah membaca artikel saya sebelumnya tentang virus-virus komputer paling berbahaya, meskipun saya hanya sedikit mengulas mengenai Trojan, tapi virus ini termasuk virus yang berbahaya bagi komputer/laptop.

Perlindungan tambahan perlu dilakukan. Sekali lagi, satu-satunya cara paling tradisional dan aman untuk melindungi komputer dari serangan virus adalah dengan tidak menggunakannya untuk hal-hal yang bertolak belakang dengan yang disarankan oleh Microsoft atau pakar keamanan siber.

Baca Juga : Tips anti hacker tahun ini

Artikel kali ini kita akan membahas tentang cara melindungi komputer kita sendiri dari Trojan.  Silahkan baca artikel ini sampai habis untuk melihat metode-metode apa saja yang perlu kita ambil untuk melindungi komputer kita dari Trojan.

Cara melindungi komputer dari trojan

Bagaimana melindungi komputer anda dari Trojan? Hal yang sering salah dimengerti oleh banyak orang saat ini bahwa perangkat lunak antivirus yang digunakan sudah menawarkan perlindungan ekstra yang sesuai dengan kebutuhan untuk melindungi komputer/laptop dari virus.

Benar, anti-virus sudah melindungi tetapi tidak semua jenis virus. Antivirus biasanya hanya memberi perlindungan terbatas dan kadang perlindungan yang minimal walaupun anda sudah menggunakan versi premiumnya.

Ada juga kabar beredar bahwa beberapa antivirus lokal sepeti Smadav hanya mampu mendeteksi virus-virus lokal saja. Begitu juga dengan antivirus luarnegeri, akan memberi perlindungan dari virus-virus yang sudah terdeteksi didalam sistemnya.

Baca Juga : 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Sementara itu, untuk jenis virus trojan ada banyak sekali dan biasanya Antivirus hanya mengenali satu dari sebagian besar virus Trojan saja. Sementara, Trojan yang tidak dikenal akan dibiarkan tetap ada didalam komputer selama bertahun-tahun sampai virus itu benar-benar menginfeksi dan melemahkan sistem operasi komputer. Dan ini cukup berbahaya untuk kedepannya sebab bisa berdampak pada hard-drive komputer.

Ini disebabkan karena perangkat lunak antivirus sangat bergantung pada tanda-tanda awal Trojan. Tetapi karena kode sumber dari sebagian besar Trojan banyak tersedia, para peretas biasanya akan membuat versi Trojan yang lebih canggih, atau versi terbaru dari Trojan yang sulit dideteksi oleh antivirus biarpun itu premium.

Jika ada orang yang berencana untuk menyerang anda, mereka biasanya akan mengukur terlebih dahulu kemampuan perangkat lunak anti-virus yang anda gunakan didalam komputer, misalnya melalui penafian otomatis yang sudah ditambahkan ke email keluar Trojan dan secaara khusus membypass antivirus tersebut.

Baca Juga : 8 Jenis Hacker Yang Wajib Kamu Ketahui

Biasanya juga, untuk mendeteksi presentasi Trojan yang sudah diketahui, anda perlu menginstal beebrapa antivirus sekaligus, yang terkadang justru cara kerjanya bertolak belakang dan memakan terlalu banyak memori.

Alhasil komputer anda menjadi lambat. Dan ini akan lebih kuat untuk meningkatkan deteksi Trojan. Lalu bagaiaman melindungi komputer ataupun jaringan anda dari Trojan? Strategi kemanan multi-level dibutuhkan. Berikut ini strateginya:

1. Menginstal beberapa AntiVirus Gateway dan pengecekan konten di parimeter jaringan untuk email, HTTP, dan FTP

Tidak ada gunananya bagi anda untuk memiliki antivirus email, jika pengguna dapat mengunduh Trojan dari situs web dan menginfeksi jaringan yang digunakan.

2. Penerapan beberapa antivirus di gateway

Meskipun virus yang baik biasanya mendekteksi semua virus yang dikenal. Itu adalah fakta yang tak terelakan bahwa beberapa antivirus bisa bekerja sama mengenali banyak trojak daripada satu antivirus saja.

3. Anda perlu mengkarantina dan memeriksa eksekusi dari antivirus tersebut

Biasanya, antivirus akan menyusupi jaringan yang anda gunakan apalagi itu jaringan publik lewat email atau Web/FTP di gateway. Sebelum menggunakannya, ada baiknya anda menganalisasnya terlebih dahulu sebelum eksekusi.

Penutup

Nah demikian artikel tentang cara melindungi komputer dari Trojan. Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Atau juga, jika anda memiliki masukan atas postingan ini, atau metode yang paling efektif untuk melindungi komputer dari Trojan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *