Begini Cara Kerja URL Shortener, Sudah Tahu Belum?

5 Likes Comment
cara kerja url shortener

Salah satu cara paling umum untuk memperoleh penghasilan dari internet adalah lewat URL Shortener. Meski cara ini sudah umum, ternyata masih ada juga yang belum tahu cara kerja url shortener.

Menghasilkan uang dari internet adalah hal yang sangat sulit bagi pemula. Bagi para master, mendapat uang dari internet mungkin adalah hal cukup mudah.

Ada banyak cara dapat uang dair internet dan sudah banyak orang yang membuktikannya. Dimana mereka bisa payout hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dari blog, misalnya.

Anda juga bisa mengikuti jejak para master tersebut. Yang penting, usaha tersebut dilakukan dengan jujur, konsisten dan fokus pada tujuan akhir.

Disisi lain, ada banyak cara memperoleh penghasilan dari internet salah satu caranya adalah menggunakan situs pemendek tautan atau yang lazim disebut URL Shortener.

Tapi, tahu gak apa itu url shortener? Bagaimana cara kerja url shortener? Atau bagaimana cara menggunakannya? Cara Payoutnya? Kapan bisa payout? Dan pertanyaan serupa lain.

Jika anda masih awam di dunia url shortener sebaiknya baca artikel ini sampai habis. Karena disini akan salah ulas pengertian dan beberapa tips agar bisa payout dari situs pemendek url tersebut.

Pengertian URL Shortener

URL Shortener sebenarnya merujuk pada hasil bukan pada nama alat. Yang berarti, anda membutuhkan tools khusus yang memungkinkan anda mempersingkat tautan blog anda yang panjang.

Dengan kata lain, url shortener adalah url blog atau situs lain yang telah dipersingkat menjadi lebih pendek. Saat ini ada banyak sekali situs url shortener yang tersedia.

Setiap situs itu menawarkan dua jenis layanan url shortener, yakni yang gratis atau yang berbayar. Untuk yang berbayar, tidak dalam artian anda membayar ke mereka, melainkan merekalah yang akan membayar anda.

Misalnya begini, anda menggunakan salah satu situs pemendek url, setiap kali ada orang yang klik url tersebut mereka tidak akan diarahkan [dialihkan] ke url aslinya, melainkan ditampilkan iklan terlebih dahulu, lalu diarahkan ke situs aslinya.

Untuk menggunakan url shortener, anda tidak perlu ketrampilan teknis atau jago coding, gak perlu. Anda tinggal daftar pada situs pemendek url yang ada lalu perpendek url dan terakhir making money. Iya, sesimple itu!

Bahkan, anda tidak harus punya blog atau situs sendiri. Jika anda punya situs atau blog sendiri mungkin hanya nilai plusnya saja.

Baca Juga : Cara Mudah diterima MGID

URL yang sudah dipersingkat tadi boleh di posting di media sosial seperti Facebook, Twitter atau LinkedIn, atau mungkin di pasang di blog langsung.

Dan, seperti yang saya sebutkan diatas, apabila ada orang yang klik url tersebut anda akan dapat bayaran. Biasanya bayaran akan didapat saat total impresi berakhir.

Total impresi ini berarti total 1000 tayangan iklan. Bayaran itu akan meningkat drastis jika seluruh tayangan itu berasal dari IP adress yang unik, alias bukan yang di tuyul.

Cara kerjannya memang sangat mudah. Sudah banyak blogger yang bisa payout dari url shortener macam ini dan anda juga bisa memanfaatkan situs url shortener semacam ini untuk dapat penghasilan.

Cara Kerja URL Shortener

Untuk cara kerjannya, saya pikir sudah dijelaskan diatas. Namun jika ada dari anda yang belum paham, biar saya jelaskan lagi secara detail.

Misalnya begini, saya mendaftar di salah satu situs URL shortener. Setelah mendaftar, saya akan diarahkan untuk masuk ke Dashboard lalu ada tab khusus untuk copy paste URL sebelum diperpendek.

Saya kemudian mengambil salah satu URL di google, lalu perpendek. Misalnya, salah satu berita yang sedang viral saat ini.

Setelah saya perpendek, saya kemudian share di salah satu grub dengan anggota ribuan orang. Saat ada anggota yang klik tautan itu, mereka akan diarahkan pada iklan selama 5 detik.

Paling lama 10 detik sebelum dialihkan ke url yang asli. Beberapa url shortener bahkan membutuhkan tindakan pengguna untuk masuk ke url yang asli.

Setiap 1 kunjungan, saya dapatkan uang. Apabila kunjungan ini terus bertambah dan berhasil dikunjungi oleh lebih dari 1000 orang, maka saya akan dapat biaya akumulasi dengan nilai yang lebih tinggi.

Per 1000 tayangan, impresi minimum yang didapatkan adalah $0,5 USD dan maksimum adalah $10 USD. Jika impresi terus bertambah, maka penghasilan juga akan meningkat.

Baca Juga : 10 Tips memaksimalkan pendapatan dari AdSense

Dalam beberapa kasus, URL Shortener menayangkan beberapa iklan sekaligus. Mulai dari AdSense, Mgid, Adnow dan lain sebagainya.

Bahkan, saat ada pengguna yang klik untuk langsung diarahkan ke URL Asli, terkadang mereka juga diarahkan lagi ke situs referral lain, yang membuat pembaca terkadang sakit hati.

Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang gak suka pakai URL shortener atau mengkliknya. Selain bisa membuat pembaca sakit hati, juga terlalu banyak pengalihan, klik invalid iklan, redirect ke situs spam dan masalah-masalah lain.

Berkat ini juga banyak penyedia url shortener yang gulung tikar. Karena, salah satu sumber pendapatan tertinggi mereka, yakni dari AdSense banyak yang invalid klik. Dan ini membuat situs URL Shortener tersebut di suspen oleh Google AdSense.

Saran untuk anda

Saya punya beberapa saran untuk anda. Saran ini boleh anda terima atau tidak. Berikut diantaranya:

1. Sebaiknya hindari menggunakan url shortener di Blog

Mengapa saya bilang hindari? Karena ini mengganggu banget. Ganggu pengunjung blog. Sebab, biasanya pengunjung blog tidak ingin ditipu dengan link setan semacam itu.

Kalau blog anda berbasis konten, sebaiknya berusaha buat konten yang bagus, yang menarik untuk bisa diterima oleh AdSense.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Dengan Bayaran Tinggi

Jika blog anda adalah blog download, sah-sah saja anda gunakan url shortener. Tapi usahakan jangan gunakan yang banyak pengalihan ini itu.

Minimal 1 kali pengalihan saja. Waktu pengalihan pun tidak banyak, paling lama adalah 10 detik. Kalau ada yang kurang lebih bagus.

2. Bisa dibanned AdSense

Saya pernah baca salah satu testimoni blogger dimana blog url shortenernya di banned oleh Google. Alasannya karena banyak klik invalid.

Ini hanya salah satu kasus ya. Ada juga blog yang memasang url shotener sekaligus dengan iklan AdSense, juga tak lepas dari banned.

Karena alasan menempel link yang menyesatkan, mencurigakan dan berpotensi spam serta alasan-alasan lain seperti minimum payout yang gak pernah terpenuhi padahal udah setahun pakai URL shortener.

Cara payout dari URL Shortener

Untuk bisa payout dari url shortener saldo anda sudah harus diambang batas pembayaran. Ambang batas payout untuk setiap platform berbeda.

Ada yang bisa payout apabila saldo sudah sampai $1 hingga $20. Namun rata-rata ambang payout untuk URL shortener cukup rendah.

Baca Juga : 10 Cara menghasilkan uang selain dari AdSense

Dimana uang tersebut akan dikirimkan? Biasanya menggunakan paypal. Namun, beberapa paltform lain juga menyediakan metode pembayaran menggunakan rekening daring seperti Payoner dan lain sebagainya.

Ada satu hal yang selalu saya perhatikan, ternyata pendapatan akan lebih banyak jika anda berhasil mengajak satu orang untuk membuat akun di situs url shortener.

Komisi yang didapatkan pun berlipat-lipat dan berlaku seumur hidup. Rata-rata komisi yang didapatkan adalah 20% dari penghasilan orang yang anda ajak untuk bergabung.

Tips agar bisa payout dari URL shortener

Nah untuk anda yang sementara menggunakan URL Shortener ini di blog, ada beberapa tips yang saya berikan agar anda bisa payout dari situs url shortener. Antara lain:

1. Perluas jangkauan audiens

Impresi tertinggi per 1000 tayangan berasal dari luar negeri seperti AS, Kanada dan Inggris. Jika anda tidak dapat menjangkau audiens dari negara-negara tersebut, perluas jangkauan lokal saja.

Caranya adalah dengan membagikan url yang sudah diperpendek tadi ke semua platform potensial, mulai dari Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Kaskus dan lain sebagainya.

2. Persingkat URL yang sedang viral

Saya pernah punya pengalaman buruk soal ini. Pada waktu itu, saya persingkat URL dari media ternama di Indonesia lalu saya bagikan di grub Facebook.

Memang banyak yang buka waktu itu, termasuk sang admin. Setelah di crosscheck ternyata saya menggunakan tautan pendek.

Baca Juga : 6 Cara Nonatifkan Pembaharuan Windows 10

Saya kemudian di banned dari grub tersebut. Sebelum dibanned, saya dituduh membagikan link yang menipu. Beberapa anggota grub bahkan memberikan sumpah serapah. Sejak itu saya berhenti berurusan dengan url shortener.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama, tapi sebaiknya berhati-hati. Karena bisa saja anda akan dapat sumpah serapah seperti yang saya alami.

Penutup

Memperoleh penghasilan dari URL Shortener sebenarnya adalah salah satu cara paling mudah untuk dapat uang dari internet. Cara ini tidak butuh kemampuan khusus. Yang paling penting anda konsisten dan fokus.

Oh iya, jika anda sedang mencari situs-situs URL shortener terbaik saat ini, saya sudah siapkan dua artikel khusus tentang ini. Artikel tersebut antara lain:

Apakah situs-situs diatas scam atau terbukti membayar? Hingga kini, saya belum bisa jawab pertanyaan ini. Karena saya belum pernah payout dari 20 yang saya bagikan diatas.

Akan saya jawab pertanyaan diatas jika saya sudah pernah payout. Demikian artikel tentang cara kerja URL Shortener. Semoga artikel ini bisa tambah pengetahuan anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *