8 Cara Encerkan Lendir Pada Bayi Yang Terkena Flu

6 Likes Comment
cara encerkan lendir pada bayi

Ada beberapa cara encerkan lendir pada bayi yang terkena flu yang harus diketahui oleh bunda. Lendir sebenarnya adalah barang yang pekat, cair dan licin yang terlihat seperti dahak dan ingus.

Lendir sendiri dihasilkan oleh kelenjar bersel satu pada selamput lendir, dan menyebabkan permukaan yang dilapisi selalu basah.

Pada bayi yang terkena flu, lendir akan terlihat seperti pekat dan biasanya, bagian dalam tubuh akan memproduksi lendir dan mengeluarkannya lewat hidung. Dan ini memang biasa dialami oleh bayi dan juga orang dewasa yang terkena flu serta batuk.

Baca Juga : Alasan Bayi Tersenyum Saat Tidur

Namun yang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi ibu adalah jika lendir tersebut malah menghambat pernafasan si kecil sehingga si kecil sulit untuk bernafas.

Dengan demikian, salah satu cara untuk membuat agar hidung bayi tidak tersumbat saat terkena flu adalah dengan mengencerkan lendirnya.

Cara encerkan lendir pada bayi yang terkena Flu

Untuk ibu yang ingin mencerkan lendir pada bayi, berikut ada beberapa cara mengencerkan lendir pada bayi yang terkena flu. Berikut caranya:

1. Tengkurapkan Bayi

Langkah pertama adalah dengan tengkurapkan bayi dan tepuk punggungnya secara perlahan-lahan dan hati-hati. Hal ini dapat membuat lendir keluar lewat mulut. Kadang-kadang lendir yang diproduksi oleh si kecil juga akan keluar lewat air seni atau fasesnya.

2. Gunakan Vaporizer untuk Bayi

Ibu juga bisa menggunakan saline spray khusus untuk bayi yang bisa mengecerkan lendir. Saline Spray ini dapat dibeli di Apotek terdekat.

Baca Juga : Cara Obati Ruam Kulit Pada Bayi

Jika anda tidak mendapatkan saline spray ini, anda bisa menggunakan bahan-bahan dari rumah seperti larutan air garam. Teteskan 1-2 tetes cairan ini ke hidung bayi untuk mengecerkan lendir.

3. Mandikan dengan air yang hangat

Jika di rumah tidak ada shower air hangat, anda bisa merebus air dan campurkan dengan air dingin hingga air terasa hangat. Biarkan bayi berendam dalam air hangat tersebut selama beberapa saat. Efeknya juga bisa mengecerkan lendir.

4. Gunakan Chest Rub

Langkah ini juga bisa dilakukan guna mengecerkan lendir pada bayi yang terkena Flu. Usahakan untuk menggunakan chest rub khusus untuk bayi.

Ini bertujuan untuk melegakan pernapasannya dan mengecerkan lendir. Bisa juga menggunakan minyak kayu putih dan minyak telon atau minyak sejenisnya lalu oleskan dibagian dada dan punggung bayi.

5. Jemur bayi di pagi hari

Salah satu metode untuk mengecerkan lendir pada bayi adalah dengan menjemurnya dibawah dibawah sinar matahari pagi sekitar jam 7-8. Usahakan untuk menjemurnya dibawah dari 10 menit dan tidak boleh lebih dari itu.

6. Panaskan dengan shower air hangat

Jika di rumah anda ada shower air hangat, silahkan nyalakan 10-15 menit. Gendong si kecil dan diamkanlah di dalam kamar mandi selama beberapa saat. Penguapan air hangat dari shower dapat mengecerkan dahak dan bisa membuat bayi lebih mudah mengeluarkan lendir apalagi jika sedang terkena flu.

7. Gunakan penyedot ingus

Anda juga bisa menggunakan penyedot ingus untuk bayi (jangan gunakan pada mulut) untuk mengeluarkan lendir yang sudah mengencer.

8. Vaporizer untuk bayi

Jika langkah-langkah diatas tidak mempan, silahakn gunakan vaporizer di kamar bayi. Penggunaan vaporizer yang memungkinan terciptanya uap dapat mengecerkan lendir pada bayi.

Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan vaporizer yang dijual oleh toko-toko kepercayaan anda.

Nah demikian artikel tentang cara encerkan lendir pada bayi yang terkena flu. Cara-cara diatas sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Selain itu, cara diatas adalah cara yang terbukti berhasil untuk mengecerkan lendir pada bayi. Semoga arikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *