Cara Dapatkan Uang Dari Youtube Terbaru

2 Likes Comment
dapatkan uang dari Youtube

Cara Dapatkan Uang Dari Youtube – Di era informasi ini, ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari Internet. Salah satunya adalah dengan membuat video-video lalu menguploadnya ke Youtube.

Sebagai salah satu platform berbagi video gratis, Youtube banyak digemari oleh masyarakat mulai dari yang masih belia hingga yang sudah uzur.

Youtube menampilkan gagasan yang segar dan memiliki visi platform yang menarik sehingga banyak orang yang tertarik untuk membukanya dan pada akhirnya menjadi salah satu pengguna aktif.

Setiap hari, jutaan pasang mata menonton video di Youtube dan hal ini membuat Youtube menjadi pasar yang kompetitif dan menjanjikan bagi pribadi, kelompok maupun perusahaan.

Apa yang dimaksud pasar yang menjanjikan? Ya tentu saja, pasar yang memungkinkan anda menghasilkan uang dari sana dengan tak terbatas.

Ini berarti, setiap orang dapat dengan bebas mengupload, mereupload video, dan menghapus video-video-video yang diunggahnya.

Selain itu juga, karena popularitas yang cukup tinggi di Youtube, membuat banyak Konten Creator sulit untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube, apalagi bisa gajian tiap bulan.

Namun, jika ada yang tertarik untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube, silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

3 Hal yang harus dipersiapkan sebelum menjadi Youtuber

Jika anda berusaha mencari uang dair Youtube, maka anda akan disebut Youtuber atau orang yang mengunakan Youtube. Istilah ini sebenarnya mengacu pada aktivitas anda di Channel Youtube.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan agar anda bisa memperoleh penghasilan dari Youtube, antara lain:

a. Minat

Minat berarti anda memiliki keinginan untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube. Keinginan ini sifatnya subjektif dan wajib dititikberatkan pada diri anda sendiri.

Baca Juga : Cara Buat Thumbnail Youtube Yang Unik dan Menarik

Tentukan minat anda, apakah memang anda ingin menjadi Youtube atau gak. Jika iya, ya silahkan lanjut ke tahap-tahap selanjutnya.

b. Kemampuan membuat video

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus anda miliki untuk bisa menjadi Youtuber, diataranya :

1.1. Kemampuan membuat video

Ini lebih tepat keinginan untuk membuat video. Anda dapat membuat video apa saja, asalkan video tersebut tidak bertolak belakang dengan ketentuan dari pihak Youtube

1.2. Editing

Mengapa harus diedit? Agar video tersebut jadi lebih bagus dan lebih menarik lagi. Mengapa? Karena tidak setiap momen yang terekam dalam video itu belum tentu menarik bagi orang lain. Nah disinilah fungsi edit itu benar-benar penting.

1.3. Peralatan

Di era sekarang, sebagian besar pasti sudah punya perangkat Android atau iOS. Dua perangkat ini sudah cukup untuk dijadikan peralatan untuk membuat video dan mengeditnya.

Nilai plusnya jika anda punya Kamera untuk membuat video dan komputer untuk mengeditnya. Sebab, rata-rata fitur pengeditan video yang paling lengkap ada di Software desktop.

Namun tidak apa-apa. Ini tidak terlalu berpengaruh. Jika konten anda menarik, orang gak akan pandang kamera apa yang digunakan, aplikasi pengeditan video apa yang digunakan dan lain sebagainya.

c. Konsistensi

Ini yang paling penting. Untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube dibutuhkan tekad dan juga konsistensi. Jika anda konsisten, maka hasil yang anda dapatkan juga baik.

Baca Juga : Video Youtube Anda di Reupload di Facebook? Laporkan Saja

Namun jika anda hanya bermain-main, coba-coba dan tidak fokus, maka saya yakin anda tidak bakalan pernah gajian dari Youtube dan mungkin anda tidak pernah bisa memonetisasi Channel anda.

Nah itu tiga poin inti yang harus anda persiapkan sebelum menjadi Youtuber. Mengapa itu penting? Karena 3 hal ini akan menjadi dasar sebelum benar-benar anda terjun ke Youtube.

Cara Dapatkan uang dari Youtube

Setelah membaca 3 poin inti diatas, pasti anda penasaran bagaimana cara dapatkan uang dari Youtube, kan? Saya juga penasaran, hehe…

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan tahap-tahap untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut artikelnya:

1. Membuat Channel Youtube

Memiliki Channel Youtube adalah langkah pertama untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube. Disini adal beberapa tahap yang harus anda lalui, antara lain:

a. Mempunyai akses internet

Tentu saja anda harus punya akses internet. Bagaimana anda bisa membuat channel Youtube kalau anda tidak punya akses internet, iya kan? Jika gak punya ya gak bakalan bisa akses Youtube. Jadi pastikan anda sudah memiliki koneksi internet.

b. Mempunyai akun Gmail

Saya yakin, jika anda pengguna Android, anda pasti memiliki akun Gmail. Jika anda belum punya akun Gmail, silahkan membuatnya. Untuk membuatnya sangat mudah, anda bisa ikuti panduan dari Google terkait cara membuat akun Gmail.

c. Membuat channel Youtube

Setelah membuat akun Gmail, langkah selanjutnya adalah membuka situs Youtube. Anda bisa membukanya di perangkat seluler atau di desktop. Setelah terbuka silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat Channel Youtube:

Untuk desktop
  1. Silahkan buka Youtube
  2. Setelah itu, silahkan klik akun yang terletak dibagian kiri atas. Jika anda belum masuk silahkan masuk dengan akun Gmail anda
  3. Jika sudah, silahkan klik Channel Andacara dapatkan uang dari youtube
  4. Jika anda belum punya Channel, anda akan diarahkan langsung untuk membuat Channel Youtube. Silahkan beri nama channel> lalu klik Buat Channel cara dapatkan uang dari youtube
  5. Jangan lupa tambahkan Foto dan gambar background channel setelah anda selesai membuat Channel
  6. Selesai
Untuk perangkat seluler
  1. Silahkan buka aplikasi Youtube atau download saja di Google Play Store
  2. Setelah itu, silahkan masuk ke Youtube jika anda belum masuk menggunakan akun Gmail
  3. Lalu klik pada Profil yang terletak di pojok kiri atascara dapatkan uang dari youtube
  4. Setelah menu konteks terbuka, silahkan klik pada tulisan Channel Anda
  5. Jika anda belum memiliki Channel maka anda akan diminta untuk membuat Channel baru. Silahkan masukan nama Channel [yang terdiri dari nama depan dan nama belakang]> Setelah itu klik Buat Channel. Disini anda akan diarahkan pada dashboard Channel, selanjutnya silahkan tambahkan dan Foto serta Background Channel
  6. Selesai

Selamat. Sampai disini anda sudah memiliki Channel Youtube. Namun, langkah-langkah yang anda hadapi semakin berat. Oleh karena itu jangan menyerah. Jika semuanya sudah beres, silahkan ikuti langkah kedua untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube.

2. Mulai mengupload video

Setelah memiliki Channel, langkah selanjutnya adalah mengisi Channel tersebut dengan video-video buatan anda.

Ingat, video-video buatan anda. Jangan mengambil video orang lain, atau video-video dari Youtube, sebab bisa saja sudah berhak cipta dan kualitasnya sudah tidak bagus.

Ada bebrapa tips agar video-video anda bisa di tonton oleh banyak orang, antara lain:

a. Melihat tren

Lihat kejadian apa yang sedang viral atau sedang tren hari ini. Anda bisa melakukan riset kecil-kecila soal ini. Tren membantu anda menyesuaikan dengan niche yang anda angkat di channel anda tersebut.

b. Memilih niche

Niche yang cocok? Ya, niche yang cocok dengan karakter anda. Pilih yang paling mudah dan paling sesuai dengan diri anda.

Jika anda suka tampil di depan orang lain, maka anda bisa mengambil channel Vlog. Jika anda sering mengurung diri dan jarang berinterkasi, anda bisa memilih channel Tutorial.

Baca Juga : Perbedaan Soal Mencari Pekerjaan di Era Informasi

Atau, jika anda suka bermain Game, anda bisa memilih Niche Game atau teknologi. Intinya, anda harus memilih niche. Niche inilah yang nantinya akan menjadi ciri khas anda di Youtube.

Jangan ambil channel yang terlalu luas. Misalnya, satu video dengan durasi 5 menit anda mengangkat tentang niche Game. Lalu esoknya, anda mengupload video tutorial print dari Smartphone.

Orang-orang menjadi pelanggan Channel anda [subscribe] karena alasan tertentu salah satunya niche dan mungkin karena mereka melihat ada keunikan tersendiri dari konten anda. Ingat mereka tertarik pada konten dan bukan pada orang.

c. Mulai upload video

3 video pertama akan menjadi penentu bagi channel anda. Oleh karena itu, upayakan untuk mengupload video yang unik dan menarik di 3 video pertama anda.

Setelah itu, gunakan judul yang menarik perhatian. Anda bisa menggunakan kata-kata slang, emoticon, atau karakter lain. Tapi jangan berlebihan.

Meskipun video anda menarik tapi kalau judul video gak menarik, orang-orang gak bakalan melihat video anda. Oleh karena itu, sesuaikan dengan video anda.

Meksi begitu, jangan sesekali klikbait atau memilih judul yang bombastis tapi gak sesuai dengan isi konten anda. Ini bisa berbahaya bagi channel anda di masa mendatang.

3. Melakukan promosi

Setelah memilih channel, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Ada banyak cara untuk melakukan promosi, baik yang berbayar atau tidak.

Baca Juga : 5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Chanel Youtube

Tapi, kalau anda adalah konten creator, yang ingin menghasilkan uang tambahan dari Youtube, anda bisa melakukan promosi tanpa harus mengeluarkan duit. Ada beberapa cara:

a. Promosi di Media Sosial

Sebelum melakukan promosi di media sosial, anda harus bergabung dengan forum-forum Youtuber, AdSense dan forum lain. Tujuannya untuk belajar dari mereka.

Di forum tersebut biasanya cukup ketat untuk hal-hal seperti ini, oleh karena itu, jangan promosi secara terang-terangan melainkan lewat beberapa metode.

Misalnya, promosi di kolom komentar, meminta tanggapan orang lain atas video anda dan lain sebagainya. Tujuannya bukan murni untuk promosi tetapi untuk menambah khazanah pengetahuan anda.

b. Memperkenalkan di Platform lain

Di platform lain maksudnya? Bisa di Blog atau weblog. Kalau anda punya blog, anda bisa mempromosikannya juga disana. Lumayanlah untuk namba-nambah viewers.

Atau anda bisa membagikannya di forum seperti Kaskus atau forum detik. Tapi, seperti promosi di media sosial, jangan terlalu terang-terangan.

Asalkan anda konsisten melakukan promosi, efeknya bakalan terasa 2-3 bulan kedepan. Promosi berarti meningkatkan branding channel anda agar ia dikenal.

Karena itu, saya lupa menyebutkan dibagian atas, pilihlah nama yang mudah di ingat oleh orang lain agar mereka bisa dengan mudah menemukan channel anda di Youtube.

4. Mencapai target monetisasi

Setelah anda mengupload video, usahakan terus mengupladonya. Saran, ada baiknya anda mengangkat topik yang relevan, alias masih bisa di tonton dua sampai tiga tahun mendatang.

Ini bertujuan agar meskipun video anda masih sedikit namun karena topiknya relevan, video-video lama anda bakalan di tonton oleh orang lain.

Sembari mengupload video, anda harus coba mencapai target monetisasi. Misalnya, target monetisai video anda adalah 2 bulan, maka dalam dua bulan usahakan video anda sudah harus diatas dari 10 video. Berikut syarat monetisai video di Youtube

a. 1000 subscriber

Subscriber atau pelanggan adalah orang-orang yang berlangganan video anda di Youtube. Untuk mendapatkan pelangan dari Youtube, salah satu kuncinya adalah membuat konten yang menarik.

Baca Juga : 18 Fakta Menarik Tentang Youtube

Nah, salah satu syarat agar Channel anda bisa di monetisasi adalah dengan mencapai 1000 Subscriber atau pelanggan.

b. 4000 Jam Tayang

Tidak hanya 1000 subscriber anda video anda juga sudah harus di tonton lebih dari 4000 jam tayang. Jika video anda masih sedikit, hal ini tentu sulit dilakukan.

Namun apabila video anda sudah banyak, jam tayang ini cukup mudah didapatkan. Itulah sebabnya anda harus membuat target kapan anda akan memonetisainya.

Target ini penting agar persiapan anda benar-benar matang dan anda bisa mendapatkan penghasilan yang konsisten dari Youtube di bulan-bulan berikutnya.

5. Memonetisasi

Jika anda sudah mencapai target diatas maka langkah selanjutnya adalah memonetisasinya. Ada beberapa cara memonteisainya channel Youtube. Yang cukup lazim adalah dengan menggunakan Google AdSense.

a. Menjadi mitra Google AdSense

Cara dapatkan uang dari youtube yang paling populer adalah dengan mendaftar di AdSense. Sebagai milik Google, Youtube dan AdSense terintegrasi satu dengan yang lain. Oleh karena itu, jika syarat diatas sudah terpenuhi, anda bisa memonetisasinya.

Cara memonteisai adalah dengan mengaktifkan fitur monetisasi di Dsahboard. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Mengaktifkan fitur monetisasi
  2. Buat akun AdSense
  3. Isi data diri anda
  4. Hubungkan dengan channel Youtube dengan adsense
  5. Tunggu peninjauan

Setelah itu, anda tinggal menunggu proses peninjauan. Selama proses peninjauan usahakan untuk terus mengupload video-video orisinal buatan anda.

Ingat, yang bakalan Review adalah Manusia. Jika video anda tidak sesuai, maka permintaan anda mungkin akan ditolak oleh AdSense.

b. Menjadi Influencer

Ada beberapa platform Influencer seperti Sosiago yang memungkinkan anda mendaftarkan Channel Youtube anda untuk di Monetisasi.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Atau anda bisa membuka jalur Influencer atau engagement mandiri. Dari sini anda juga bisa memperoleh penghasilan tambahan selain dari Youtube.

6. Hindari re-upload video

Nah agar anda bisa dengan mudah memperoleh penghasilan dari Youtube baik melalui AdSense ataupun menajdi Influencer, anda harus patuh pada ketentuan-ketentuan khusus. Disini sudah terbagi menjadi dua hal paling penting agar anda bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube dengan konsisten, antara lain:

a. Jangan reupload

Semua tentu tidak suka plagiat. Dalam istilah Youtube, Re-Upload atau mengupload kembali karya orang lain. Channel anda tidak akan pernah bisa monetisasi apabila anda reupload video.

Tapi ada beberapa Channel Youtube seperti Calon Sarjana dan YTCrash yang tetap bisa memonetisasi videonya padahal video mereka adalah Reupload.

Itu juga benar, namun, dua channel tersebut patuh pada salah satu peraturan Youtube yang disebut Penggunaan Wajar. Penggunaan wajar merupakan penggunaan video kembali namun dibawah durasi 20 detik.

Jika anda mengikuti jalur mereka, ya silahkan. Namun, usahakan tetap dalam skala tersebut. Jika sudah lewat, maka siap-siap dismonentisasi.

b. Buat konten yang orisinal

Nah untuk tetap menjaga kredibilitas channel anda ada baiknya adan selalu membuat konten-konten yang orisinal.

Bagaimana sih konten yang orisinal? Konten hasil karya anda sendiri, yang anda buat dan edit sendiri. Coba lihat channel-channel seperti Atta Hallilintar atau Turah Partyana, Channel mereka orisinal.

Karena topik mereka adalah soal Vlog. Dimana mereka buat video sendiri, edit sendiri dan mempostingnya sendiri. Kecuali Atta yang sudah punya Tim.

Video yang orisinal lebih disukai oleh orang lain, karena ini biasanya sesuai dengan perilaku pengguna internet yang menginginkan orisinalitas.

7. Hati-hati Banned

Meskipun anda sudah berhasil memonetisasi Channel Youtube anda dan sudah bisa Payout [PO] berkali-kali dari Youtube, tapi hati-hati Banned.

Google tidak memberitahukan secara pasti alasan Channel anda di Banned. Kalau sudah di Banned, kemungkinan diterima kembali sangat kecil.

Oleh karena itu, patuh pada ketentuan dan peraturan AdSense. Selalu baca peraturan dan ketentuan dari Mereka, karena biasanya terus ditambah setiap kali ada pembaharuan peraturan Hak Cipta [Digital Millenium Copyrights Acts].

Penutup

Memperoleh penghasilan dari Youtube sebenarnya gampang-gampang susah. Kalau anda serius dan tekun, dalam jangka waktu sebulan saja anda sudah bisa memperoleh penghasilan dari Youtube.

Sama seperti blog, konten yang paling utama. Jika anda reupload kemungkinan monetisasi sangat kecil, selain itu Video dan Channel anda bisa saja di TakeDown jika sudah keterlaluan.

Sekian dulu artikel tentang cara dapatkan uang dari Youtube. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang ingin menjadi Youtuber. Semoga sukses ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *