Cara Daftarkan Blog WIX Di Google Search Console

2 Likes Comment
daftarkan blog wix di Google Search Console

Cara Daftarkan Blog WIX Di Google Search Console – Mungkin di Indonesia masih sedikit yang menggunakan WIX sebagai platform blogging, dan lebih memilih Blogger/blogspot atau WordPress. Jika anda ingin menggunakan WIX sebagai platform blogging, itu adalah pilihan anda.

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, WIX sendiri merupakan salah satu platform blogging yang cukup populer ditengah masyarakat. Selain itu, ada banyak keunggulan lain yang anda dapatkan ketika menggunakan WIX sebab anda tidak perlu ketrampilan teknis lain, karena WIX mempermudah penggunaan platform mereka. Anda tinggal menggeser kursor, untuk mengedit tampilannya. Ada juga ratusan template yang tersedia yang dapat anda pilih dengan gratis.

Sebenarnya, pada awal ngeblog saya menggunakan WIX. Hanya saja, beberapa waktu belakangan, blog WIX yang saya gunakan ini terbengkalai. Saya kemudian migrasi ke Blogger, yang menurut saya lebih cocok dengan passion saya.

Baca Juga : Perbedaan antara sitemap.xml dan sitemap.html

Jika anda sudah selesai membuat WIX, langkah selanjutnya adalah mendaftarkannya ke Google Search Console (GSC). Mengapa GSC? Sebab ini adalah alat gratis milik Google dengan fitur dan manfaat yang sangat banyak, mulai dari melihat kata kunci populer, melihat masalah-masalah URL, melihat data-data situs anda, dan dapat melihat url mana saja yang belum terindeks oleh Google.

Langkah-langkah mendaftarkan WIX ke Google Search Console

Untuk mendaftarkan WIX ke Google Search Console, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka Google Search Console atau klik saja tautan ini
  2. Setelah itu, klik Mulai Sekarang
  3. Masukan nama situs anda
  4. Setelah itu silahkan klik konfirmasi

Tetapi itu belum selesai, anda harus melakukan verifikasi kepemilikan situs web anda. Untuk memverifikasi kepemilikan situs web, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Cara verifikasi Blog WIX ke Google Search Console

  • Masih di dashboard Google Search Console
  • Klik Roda Gigi/Pengaturan> Verifikasi Situs
  • Pilih Metode Alternatif> Tag HTML
  • Salin Kode Meta Tag tersebut atau klik saja CTRL+C dan jangan langsung tutup Google Search Console
  • Masuk ke blog WIX anda> Pengaturan Dashboard
  • Klik Tab SEO
  • Gulir ke Bawah sampai anda melihat Pengaturan SEO Tingkat Lanjut
  • Klik tautan tersebut sampai anda menemukan pengaturan SEO di Dashboard tersebut
  • Di bagian bawah pengaturan SEO Tingkat Lanjut tersebut tempelkan Kode Meta Tag
  • Jika sudah, klik Publikasikan
  • Setelah itu, kembali ke Dashboard Search Console dan Klik Verifikasi

Jika verifikasi berhasil berarti anda sudah selesai memverifikasi kepemilikan dengan Dashboard Search Console. Tetapi jika belum, maka akan anda pemberitahuan dari GSC. Silahkan anda cek kembali apakah anda sudah mengikuti panduan diatas, apakah sudah benar atau belum. Jika verifikasi gagal berarti ada langkah-langkah yang tidak anda ikuti.

Jika verifikasi berhasil, langkah selanjutnya adalah memasukan sitemap ke Google Search Console. Terkait dengan cara itu, saya sudah membahas di artikel saya yang lain tentang cara memasukan sitemap di Google Search Console.

Nah demikian artikel tentang Cara Daftarkan blog WIX di Google Search Console. Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Sebenarnya juga, terkait dengan hal ini sudah di bahas dengan lengkap di menu Support WIX. Dan anda dapat melihat panduan lebih lengkap dan lebih jelas.  Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *