Cara Cepat Menaikan Skor Otoritas Domain Dan Otoritas Halaman Blog

3 Likes Comment
cara cepat menaikan skor otoritas domain

Sebelumnya saya sudah membahas mengenai Cara Cepat menaikan Page rank blog anda. Kali ini kita beralih ke pembahasan yang lebih spesifik, yakni tentang cara cepat menaikan skor otoritas domain dan otoritas halaman blog.

Salah satu faktor yang dapat dapat meningkatkan DA dan PA blog adalah SEO. Mengapa SEO? Sebab SEO adalah suatu metode pengoptimalan blog di mesin telusur.

Semakin optimal konten yang anda posting, semakin bagus posisi anda di Mesin telusur. Tetapi tidak mudah belajar SEO, dan banyak orang yang mengatakan bahwa SEO bukanlah ilmu pasti.

Tetapi jangan takut, anda tidak perlu belajar kursus SEO, melainkan anda hanya perlu memaksimalkan hal-hal yang akan kita bahas dibawah ini.

Lalu bagaimana cara cepat menaikan skor otoritas domain dan otoritas halaman blog? Untuk mengetahui silahkan baca artikel ini sampai habis.

Apa itu Domain Authority?

Domain authority adalh satu peringkat skor di mesin pencari yang memprediksi seberapa baik sebuah situs memperoleh peringkat di mesin telusur.

Skor otoritas domain berkisar dari 1 sampai 100. Semakin tinggi suatu skor semakin bagus posisinya di mesin telusur.

Otoritas domain dihitung dari berbagai sampel, antara lain umur domain dan juga jumlah total tautan ke dalam skor DA tunggal.

Skor ini kemudian digunakan untuk membandingkan sebuah situs web dan melacak kekuatannya untuk bersaing di mesin telusur dari waktu ke waktu.

Apa itu Page Authority?

Otoritas halaman (Page Authority) adalah sebuah kekuatan peringkat prediktif yang mengukur kekuatan seluruh domain atau sub domain, dan ini kemudian menjadi salah satu indicator skor otoritas halaman. Dimana otoritas halaman akan mengukur kekuatan masing-masing halaman.

Baca Juga : Perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org

Meski demikian, otoritas halaman hanya mampu diprediksi berdasaran peringkat halaman tertentu di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Skor otoritas halaman sama seprti skor otoritas domain, dimana diukur dari skala satu sampai 100, dimana skor yang lebih tingi menunjukan peringkat yang lebih baik di mesin telusur. Otoritas halaman ini diukur berdasarkan data dari indeks web, dan mungkin juga dari arsip web halaman anda.

Cara menaikan skor DA dan PA blog

Jika anda ingin meningkatkan skor DA dan Pa blog anda, ada beberapa hal yang wajib anda lakukan, antara lain:

1. Meningkatkan SEO blog anda

Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas, SEO adalah salah satu kunci peringkat di mesin telusur. Ini adalah suatu metode pengoptimalan halaman di mesin telusur. Ada dua jenis SEO yang harus anda kembangkan disini, antara lain:

a. SEO On-Page

Pada metode SEO on-page ini, anda harus memaksimalkan link internal didalam blog anda. Perkuat link internal tersebut, dengan cara menautkan satu artikel dengan artikel lain, menautkan suatu kata dengan tag kategori tertentu.

Baca Juga : Ingin Page-One Di Google? Terapkan Fungsi Readibilitas

Misalnya, anda sedang membahas tentang SEO, maka pada kata SEO tersebut anda menautkan kategori ‘SEO’ yang ada didalam postingan blog.

Upaya lain untuk memperkuat SEO on-page ini dengan cara menambahkan artikel baca juga, yang dapat anda lakukan secara manual atau menggunakan widget. Ini tergantung dari anda sendiri, tapi menurut saya, lebih baik manual, karena terlihat lebih elegan.

b. Seo off-page

SEO off-page berkaitan erat dengan link keluar atau link yang masuk. Usahakan, jika anda sedang menaikan DA dan PA blog anda, jangan terlalu banyak mengarahkan link keluar, melainkan berusaha untuk menabah link yang masuk.

Link yang masuk ini berupa backlink dari blog lain, semakin banyak backlink yang anda dapatkan, semakin bagus kemampuan Seo off-page blog anda. Karena ini adalah indikator bahwa blog anda populer dan terpercaya.

Hindari juga mendapatkan backlink dari blog-blog yang berbau po*nografi, judi dan semua blog yang bertolak belakang dengan ketentuan Google. Sebab, ini akan membuat posisi blog anda terjun bebas.

2. Tag H1, H2 dan seterusnya

Ini juga berkaitan dengan poin pertama tadi. Perkuat tag H1 didalam blog anda. Mengapa tag H1? Sebab ini adalah struktur awal dari SEO. Dimana semakin runut struktur blog anda, termasuk strukur H1, sampai struktur H6, maka semakin bagus skor SEO yang anda dapatkan.

3. Link blog

Ini juga berkaitan erat dengan SEO. Didalam link postingan blog anda, usahakan agar ada kata kunci yang anda targetkan. Hindari penggunaan link dengan angka, atau karakter tertentu, yang malah membuat link tersebut tidak ramah di mesin telusur.

Baca Juga : Mana yang lebih bagus, blog atau Youtube?

Misalnya, anda menargetkan kata kunci ‘cara menaikan page rank’ maka didalam link blog anda usahakan ada tiga kata ini. Jadi jangan sembarang membuat link, karena Google sampai kini masih memperimbangkan link sebagai faktor untuk memberikan peringkat kepada suatu blog.

4. Alt text

Alt text adalah sebuah format huruf didalam gambar. Google sudah menggunakan alat ini untuk melihat relevansi suatu halaman sekaligus untuk mengelompokan gambar berdasarkan kueri yang ditempatkan didalam gambar.

Memaksimalkan Alt Text adalah salah satu syarat untuk memperoleh peringkat yang lebih baik didalam blog anda. Dan yang perlu anda tahun, poin 1-4 ini adalah poin-poin kunci dari SEO. Maksimalkan hal ini agar ranking blog anda menjadi lebih baik lagi.

5. Struktur website

Kepercayaan atas suatu halaman berarti kepercayaan atas halaman dan konten anda tersebut. Karena itu, buatlah navigasi blog yang baik, jelas dan mudah.

Sehingga saat pengunjung mengunjungi blog anda, memudahkan mereka untuk mencari artikel-artikel yang dikelompokan berdasarkan ketegori.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Pengelompokan ini adalah suatu upaya untuk menyajikan daftar artikel terkait dari satu postingan/kategori, yang dapat menambah waktu kunjungan blog.

Inilah alasan mengapa struktur website anda harus dirancang menjadi lebih baik lagi. Lebih baik dalam artian blog anda lebih mudah di navigasi, memiliki halaman seperti Privacy Policy, Disclaimer, Kontak dan juga halaman-halaman tambahan lain. Begitu juga halaman anda akan menghubungkan dengan media sosial dari blog yang anda kelola, atau si pemilik blog.

6. Kecepatan loading

Ada beberapa blog yang memiliki kecepatan loading bagus, sehingga memperoleh kesempatan untuk tampil di halaman pertama. Untuk itu, semaksimal mungkin agar anda memilih template yang loadingnya cepat.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan AMP

Kalau memungkinkan, anda dapt memilih template AMP, sebab rata-rata blog yang sudah terintegrasi dengan AMP memperoleh posisi yang lebih baik di mesin telusur. Hal ini juga yang mendasari pembuatan poin ini.

7. Jumlah Share

Mungkin ini sudah saya bahas diartikel sebelumnya, tetapi mengapa saya masukan hal ini? Sebab hal ini sangat penting, dan menjadi salah satu penentu skor PA dan DA blog anda.

Semakin tinggi jumlah share didalam blog anda, apalagi setiap halaman anda jumlah sharenya tinggi, maka page rank dan DA serta PA blog anda berarti sudah tinggi. Kira-kira begitu!

Nah demikian artikel tentang Cara Cepat Menaikan PA dan DA blog. Jangan lupa memberi masukan di komentar ini, terkait dengan upaya menaikan PA dan DA blog. Sebagai bentuk untuk saling bertukar pengetahuan. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ya.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *