Cara Cek Skor SEO Blog Dengan Inspect Elemen Google Chrome

4 Likes Comment
Cara Cek Skor SEO Blog

Cara Cek Skor SEO Blog Dengan Inspect Elemen Google Chrome – Jika anda menggunakan browser Google Chrome, apalagi jika anda aktif ngeblog, salah satu kelebihannya adalah anda bisa mengecek skor SEO template yang digunakan. Skor SEO blog merupakan indiaktor penting untuk melihat peluang blog anda bersaing di mesin telusur.

Suatu blog dengan skor SEO yang baik memungkinkan konten yang ada didalamnya untuk bisa meraih halaman pertama SERPs. Maksimalnya SKOR SEO Blog adalah 100. Jika setelah mengeceknya masih dibawah 100 maka saya sarankan untuk menggantinya dengan template yang lain.

Alasannya sederhana, karena template yang digunakan itu kurang bagus sehingga kemungkinan blog anda tidak akan dikunjung oleh orang lain. Meskipun konten buatan anda itu sudah baik, atau konten yang dibuat itu sudah menggunakan teknik SEO yang juga baik, namun jika tidak di dukung dengan template yang SEO bagus maka sudah pasti akan pincang.

Baca Juga : Cara Mengganti Latar Belakang Beranda Google Chrome Dengan Foto Sendiri

Diartikel kali ini saya akan mengulas tentang cara cek skor SEO blog dengan inspect elemen Google Chrome. Fitur ini sebenarnya juga menggunakan fitur dari Lighthouse atau alat yang sama digunakan untuk mengecek kecepatan loading blog di Google PageSpeed Insights.

Sebagai informasi, mungkin tanpa kita sadari, metode pengecekan skor SEO blog menggunakan fitur Google Chrome ini tetap menekankan pada indeks kecepatan website. Suatu website dengan loading yang sangat cepat bisa menjadi salah satu indikator SEO. Karena ini adalah elemen penting yang disarankan oleh Google.

Karena Google sebenarnya lebih senang memprioritaskan blog dengan kecepatan yang tinggi, atau setidaknya diatas dari 80. Kalau memungkinkan, setelah dipasang iklan AdSense, atau jaringan periklanan lain, loadingnya masih diatas 60 atau 70.

Cara Cek Skor SEO Blog Dengan Inspect Elemen

Search Engine Optimation (SEO) adalah faktor yang paling penting dari blog. Oleh karena itu, jika Skor SEO blog baik dapat dipastikan bahwa blog kita tersebut ramah di mesin pencari atau mudah di temukan di Google.

Baca Juga : Benarkah Android Lebih Banyak Menyimpan Data Pribadi?

Jika anda menggunakan template dengan SKOR SEO yang baik bisa menjadi penunjang kelangsung blog anda kedepannya. Lebih kerennya lagi, anda tidak perlu menggunakan tools lain untuk mengecek SKOR SEO blog karena Google sudah menyiapkan hal itu di browser buatan mereka yakni Google Chrome. Nah berikut cara mengecek SKOR SEO Blog menggunakan Inspect Elemen Google Chrome.

1. Buka Google Chrome lalu klik pada blog atau situs web yang anda ingin check skor SEOnya.

2. Setelah masuk ke blog/situs web tersebut, silahkan klik kanan untuk membuka mneu konteks lalu klik Inspect atau klik Saja Ctrl + Shift + I karena itu adalah shortcutnya

Cara Cek Skor SEO Blog Dengan Inspect Elemen Google Chrome

2. Disebelah Network, Klik Tanda >> untuk buka menu Audit. Menu ini terletak dibagian akhir

Cara Cek Skor SEO Blog Dengan Inspect Elemen Google Chrome

3. Setelah terbuka silahkan scrool ke bawah, langan lupa centang saja semua bagian-bagian yang ada. Untuk Device, yang pertama silahkan pakai saja Mobile untuk mengecek skor SEO menggunakan Perangkat Mobile

Cara Cek Skor SEO Blog Dengan Inspect Elemen Google Chrome

4. Setelah itu scrool ke bawah klik Run audits dan tunggu prosesnya sampai selesai

Cara Cek Skor SEO Blog Dengan Inspect Elemen Google Chrome

5. Selesai dan lihat hasilnya

Cara Cek Skor SEO Blog Dengan Inspect Elemen Google Chrome

Sebagai contoh, skor SEO blog saya adalah 100 maka berarti template yang saya gunakan ini sudah sangat baik. Alias, blog saya bisa merengsek naik ke peringkat yang lebih tinggi lagi di mesin pencari. Jika skor SEO template yang anda gunakan diatas dari 80 maka itu sudah baik jika dibawah dari itu baiknya ganti saja template.

Selain skor SEO ada juga skor lain yang akan muncul karena ini adalah alat yang sama untuk mengecek kecepatan situs web menggunakan Google Pagespeed Insight, yakni Lighthouse. Diantarannya, perfomance, progresisive Web App, Accessibility, Best Practices, dan SEO.

Nah demikian artikel tentang cara mengecek skor SEO blog mengunakan Inspect Elemen Google Chrome. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

About the Author: Charlie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *