Cara Cek Keaslian Ponsel Android dan iPhone

4 Likes Comment
cara cek keaslian ponsel

Ada banyak cara cek keaslian ponsel Android ataupun iPhone. Bahkan, ada beberapa merk ponsel yang menggunakan cara khusus untuk mengecek keaslian ponsel yang digunakan.

Pemerintah baru-baru ini mewacanakan untuk memblokir setiap ponsel ilegal yang ada di Indonesia. Ponsel ilegal ini bisa dideteksi dengan beragam cara.

Aturan pemerintah ini katanya akan mulai berlaku per Agustus 2019. Jika smartphone anda tidak asli alias ponsel KW maka siap-siap saja di blokir.

Saat di blokir, tentu anda tidak akan bisa menggunakan perangkat tersebut seperti biasanya, artinya bakalan ada kendala saat anda menggunakan ponsel tersebut.

3 Dampak jika handphone di blokir pemerintah

Ada 3 dampak utama jika smarphone anda di blokir, dampak ini dikarenakan anda menggunakan handphone ilegal dan bukan membeli dari penyedia yang asli.

1. Tidak bisa menggunakan jaringan

Saat handphone anda di blokir, anda tidak akan bisa menggunakan jaringan nirkabel, termasuk untuk beberapa provider seperti Axis, Tri [3], Telkomsel, Indosat dan juga provider lain.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Jadi, anda tidak akan bisa lagi melakukan berbagai aktivitas, seperti berselancar di internet, mengirim pesan teks, hingga melakukan panggilan telepon.

2. Tidak dapat lagi menggunakan handphone

Setelah di blokir, tentu anda tidak dapat lagi menggunakan nomor handphone dengan bebas. Meski ponsel tersebut biasa saja, tapi anda tidak akan bisa menggunakan layanan nirkabel.

3. Bisa di sita petugas

Biasanya, smarphone yang tidak teregistrasi adalah smartphone yang dibeli di pasar gelap [black market]. Nah, kalau kedapatan anda menggunakan handphone BM tersebut, kemungkinan besar akan disita oleh petugas.

Siapa saja yang berwenang? Tentu saja Kepolisian. Namun, kepolisian tetap menunggu regulasi dari pemerintah. Sebenarnya, isu ini sudah lama berhembus namun baru akan direalisasikan pada tahun ini.

Tapi bagaimana cara pemerintah memblokir smartphone Black Market tersebut? Pemerintah punya kewenangan dan mereka punya alat yang canggih untuk melakukan tugas ini.

Misalnya, pemerintah dalam hal ini yakni Kementrian Perdagangan, mempunyai sebuah standar untuk mengidentifikasi smartphone yang ilegal.

Standar ini merupakan sebuah sistem yakni Device Identification and Blocking System [DIRBS] yang berjalan untuk memblokir sistem [nomor perangkat] yang tidak terdaftar di kemendag.

Pada dasarnya, sistem ini mengandalkan beberapa cara, mulai dari penggunaan jaringan, hingga memanfaatkan nomor seri perangkat atau yang lazim disebut International Mobile Equibment Number [IMEI].

Baca Juga : 5 Aplikasi Chat Dengan Tingkat Keamanan Paling Tinggi

Semua ponsel dari merk asli, terdapat IMEI dengan nomor yang berbeda-beda. IMEI ini tidak saja berfungsi untuk nomor sistem tetapi juga untuk melacak kebaradaan sistem hingga untuk menentukan jenis pabrikasi dan kode pembuatan.

Lalu bagaimana cara mengecek keaslian Hp? Ada beberapa cara baik khusus ataupun umum. Cara ini terbagi menjadi tiga cara yakni cara cek keaslian ponsel Android, cara cek keaslian ponsel iPhone dan juga cara cek keaslian ponsel secara umum. Kita akan bahas satu per satu dalam artikel ini:

Cara cek keaslian Smartphone Android

Untuk HP android, ada beberapa cara mengecek keaslian HP, baik menggunakan sistem internal memori hingga melihat beberapa kelengkapan dan faktor-faktor pendukung keaslian.

1. Menggunakan fitur Versi Android

Fitur ini tampaknya ada disetiap HP. Saat anda membuka fitur versi Android, anda akan diarahakn pada versi android berupa gambar. Pada contoh ini, saya menggunakan smartphone ShiaoMi RedMi 4A.

  1. Buka handphone anda
  2. Setelah itu klik pengaturan
  3. Jika sudah, silahkan klik tentang Ponsel
  4. Setelah itu, klik beberapa kali pada tab Versi Android
  5. Disini anda akan diarahkan pada model Android ponsel

Misalnya, pada kasus saya, ditunjukan gambar Marshmllow, yang mengindikasikan bahwa ponsel saya di support oleh android V6.0.1, yang disupport langsung oleh Google.

2. Charger

carger smartphone

Pada saat anda membeli smarphone, ada baiknya ada perhatikan chargernya. Ada perbedaan yang cukup signifikan dibagian ujung charger. Perbedaan itu dapat dilihat pada gambar diatas.

3. Kecepatan mengisi daya

Smartphone yang asli biasanya memiliki kecepatan mengisi daya yang jauh lebih cepat dibanding yang palsu. Perbedaannya cukup signifikan. Hal ini karena perbedaan model pembuatan hingga faktor-faktor lain.

4. Kecepatan instal Aplikasi

Android sebenarnya adalah sebuah sistem operasi terbuka dan dapat digunakan oleh siapa saja. Hanya supportnya saja yang berbeda. Untuk android yang disuport langsung Google, kecepatan instal aplikasinya sangat tinggi.

Selain itu, terdapat beberapa keunggulan lain seperti misalnya, deteksi virus dan malware setelah menginstal aplikasi dan support Google Play.

5. Kualitas kamera dan gambar

Kualitas kamera juga adalah salah satu hal penentu apakah android yang anda gunakan itu palsu atau asli. Misalnya begini, anda dapat mengetes cara sederhana.

Pada setingan standar, kualitas kamera Android 13 Megapixel itu ukuran filenya bisa mencapai 3MB. Juga terdapat metadata pada foto dimana akan menunjukan deskripsi perangkat yang digunakan untuk mengambil foto, tanggal dan data-data lain.

Baca Juga : 10 Aplikasi Pesan Instan Paling Populer Di Dunia

Sementara, untuk yang palsu, meta data ini tidak ada. Mungkin bisa menunjukan data yang berebda. Disamping itu, ukuran foto dengan kamera 13 Mp bisa saja hanya berukuran 1MB atau mungkin kurang.

Untuk bisa melihat secara detail metadata photo. Dengan cara silahkan buka foto> Rincian. Atau anda dapat pindahkan foto-foto tersebut ke Komputer maka semua data-data akan terlihat mengenai perangkat anda, meski tidak komprehensif.

6. Kontras

Kontras atau kecerahan layar pada ponsel asli biasanya akan terlihat bening dan lembut. Sementara yang palsu layarnya akan terlihat putih saja. Hal ini karena resolusi gambar dan hamparan layar yang cukup berbeda antara yang palsu dan asli.

Nah itu dia 6 cara deteksi apakah smarphone Andorid yang digunakan itu asli atau Palsu. Untuk anda pengguna iPhone, anda juga dapat mengecek beberapa cara untuk mengetahui apakah smartphone yang anda beli itu asli atau palsu.

Cara cek keaslian ponsel iPhone

Untuk pengguna iPhone, ada banyak cara untuk mengecek keaslian HP. Cara ini berbeda, meski pada dasarnya sama, dengan cara mengecek keaslian Android. Secara umum ada beberapa cara untuk mengecek keaslian iPhone, berikut langkah-langkahnya.

Sebagai salah satu produsen smartphone kelas dunia, yang terkenal akan kekuatan brandingnya yang luar biasa, Apple memiliki berbagai sistem untuk mengatasi duplikat ponsel yang dijual di pasar gelap [black market].

Harga pengguna iPhone memang memiliki kelas tersendiri, tapi ini sebanding dengan kualitas smartphone yang diberikan. Kualitas ini tidak terbatas pada segi fisik, tetapi juga pada sistem operasi dan keamanan. Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 6 cara untuk cek keaslian iPhone. Ini daftarnya:

1. Casing

Material casing dari iPhone terlihat sangat presisi dengan warna yang solid sesuai dengan jenis yang ditawarkan. Mengapa solid, karena seluruh casing iPhone terbuat dari Kaca dan Aluminium asli sehingga casing dan bodinya lebih kokoh dan kuat.

Baca Juga : 6 Aplikasi Terbaik Buatan Anak Negeri

Meski memiliki komposisi casing yang demikian, iPhone asli akan terasa lebih ringan. Dan ini berbeda dengan iPhone palsu, yang biasanya lebih berat sementara komposisi casingnya terbuat dari plastik dengan campuran beberapa material lain. Agar tidak tertipu, saat akan membeli casing, ada baiknya anda mengecek bobot dan juga material bodi.

2. Layar

iPhone dan Android merupakan dua merk smartphone yang saat pembuatan layar menekankan pada kemampuan retina. Sehingga, anda bisa dengan mudah membandingkan kualitas layar antara yang asli ataupun yang palsu.

Biasanya, iPhone yang asli tidak akan mudah terlihat lewat layar retinanya, termasuk dalam jarak tertentu. Sebenarnya, layar retina merujuk pada diode kecil yang terdapat pada layar.

3. iTunes

Untuk pengguna iPhone pasti sangat akrab dengan iTunes. Sistem yang terdapat pada iTunes merupakan robot canggih yang mampu mengidentifikasi iPhone yang digunakan.

Baca Juga : Cara Mudah Membuka Situs Web Yang Terblokir

Jika anda membuka iTunes dan ada pemberitahuan bahwa iPhone anda tidak dikenali, ada baiknya anda berhati-hati. Bisa jadi, iPhone yang digunakan itu palsu.

4. AppStore

Appstore merupakan Google Play-nya iPhone yang merupakan gudang aplikasi dan hanya terdapat pada ponsel. Jika anda menggunakan iPhone sementara tempat download aplikasinya adalah Google Play maka anda patut curiga.

Karena, pada dasarnya, sistem dan aplikasi tidak di Play Store tidak didukung pada sistem operasi iOS. Karena dua sistem ini berbeda satu dengan yang lain.

Perlu anda ketahui juga, daftar aplikasi untuk setiap merk berbeda. Android menggunakan Google Play, iPhone menggunakan AppStore dan Windows menggunakan Windows Store.

5. Harga

Jika ada iPhone yang dibandrol dengan harga yang biasa saja maka anda patut curiga. Bisa jadi, iPhone yang digunakan itu Palsu. Kelas iPhone menawarkan harga premium sementara untuk yang palsu biasanya menawarkan harga yang jauh lebih murah dari harga asli.

6. Garansi

Setiap merk asli memberikan garansi terhadap sistem ponsel yang dijual. Jika tidak terdapat garansi pada iPhone maka dapat dipastikan juga bahwa iPhone yang digunakan itu palsu.

Nah kira-kira itu dia 6 cara mengecek keaslian iPhone. Cara diatas adalah cara paling lumrah untuk mengecek keaslian iPhone yang digunakan.

Meski pada dasarnya ada banyak cara lain untuk mengecek keaslian iPhone mulai dari Box, Logo, Baterai, Charger dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Bahaya Menggunakan FaceApp

Tetapi, jika 6 item diatas sudah memenuhi kriteria, maka anda bisa mengambil kesimpulan kalau iPhone tersebut adalah asli dan bukan produk Black Market.

Selain cara diatas, sebenarnya ada beberapa cara lain untuk mengecek keaslian HP. Cara ini adalah cara umum dan dapat dicoba untuk setiap jenis perangkat mulai dari iOS dan Android. Berikut caranya:

Cara cek keaslian ponsel secara umum

Namun, jika anda belum cukup puas tentang cara cek keaslian ponsel yang digunakan sekalipun anda sudah mengikuti metode-metode diatas, anda juga bisa mengeceknya menggunakan metode yang paling umum yang akan diulas dibawah ini. Berikut caranya:

1. Menggunakan IMEI

IMEI terdapat disemua ponsel resmi. Beberapa ponsel BM juga memiliki IMEI, namun biasanya tidak terdaftar di database pemerintah. IMEI terdiri dari 15 digit nomor seperti contoh: 369395012355678

Coba anda lihat kode digital nomor 7 dan 8. Jika angka 7 dan 8 itu adalah 00 menunjukan bahwa ponsel di Produksi dari pabrik asli dengan kualitas yang terbaik.

Jika angka 7 dan 8 adalah angka 01 dan 10 menunjukan ponsel di produksi di Finlandia, dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan keluaran pabrik asli.

Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah 13, maka ponsel ini dirakit di Azerbaijan dengan kualitas sedang. Jika angka 7 dan delaman adalah 02 dan 20 menunjukan bahwa ponsel di rakit di Emirates, yang kualitasnya dianggap buruk.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menginstal Aplikasi

Sementara, jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 03/30 dan 04/40 menunjukan hp tersebut dibuat di Cina dengan kualitas yang cukup baik tapi tidak sebagus pada poin pertama tadi.

Sementara, untuk angka 05 dan 50, pada angka ke tujuh dan delapan menunjukan bahwa ponsel tersebut di produksi di Brasil, Amerika Serikat atau Finlandia.

Untuk angka 06 dan 60, menunjukan bahwaponsel tersebut di produksi di tiga tempat berbeda, yakni di Hong Kong, Cina dan Meksiko.

Sementara, untuk angka 08 dan 80, menunjukan bahwaponsel tersebut di produksi di Jerman dengan kualitas yang cukup baik.

Berikut spesifikasinya:
  • 10 dan 01 = Finlandia
  • 20 = Jerman
  • 30 = Korea
  • 40 = Cina
  • 50 = Brasil, AS dan Finlandia
  • 60 = Hong Kong, Cina dan Meksiko
  • 70 = Finlandia
  • 80 = Honggaria
  • 91 = Finlandia

Untuk mengecek keaslian HP menggunakan IMEI, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Silahkan tekan *#06# di keypad lalu tekan tombol panggil. Sebenarnya juga, nomor IMEI juga terdapat di beberapa tempat seperti menu Setting> About atau dibagian belakang ponselcara cek keaslian android
  2. Setelah melihat nomor IMEI silahkan catat nomor tersebut
  3. Jika sudah, silahkan masuk ke website IMEI atau klik saja tautan ini 
  4. Masukan kode IMEI yang anda catat tadi di kolom yang tersedia. Jangan lupa selesaikan Chapcha lalu klik Checkcek keaslian hp dengan imei
  5. Tunggu prosesnya sampai selesai. Bukan hanya spesifikasi HP anda juga akan melihat data-data lain lewat IMEI ini bahkan anda bisa melacak posisi, akun dan juga nomor telepon yang sudah teregistrasi lewat ponsel.cek keaslian hp dengan imei

Apabila bentuk ponsel yang muncul pada nomor tersebut tidak sesuai dengan yang anda pegang, dapat dipastikan handphone anda palsu. Jika anda baru saja membelinya silahkan kembalikan ke tokonya.

2. Menggunakan AnTuTu

Banyak orang yang tidak menyarankan model pengecekan menggunakan AnTuTu karena hasilnya tidak cukup akurat atau tidak mutlak. Tetapi cara ini dapat dijadikan acuan untuk mengetahui apakah smartphone yang digunakan itu asli atau Palsu.

  1. Silahkan buka smartphone anda
  2. Setelah itu Downlod dan istal Aplikasi AnTuTu di Playstore atau di iOS
  3. Setelah terinstal, silahkan cari tau skor Handphone anda berapacara cek keaslian hp dengan antutu

Pastikan angka skornya dengan asli tidak terlampau jauh. Jika angkanya jauh, maka anda patut curiga handphone yang anda gunakan itu palsu.

3. Mengecek charger menggunakan Ampere

Anda bisa mengetahui kemampuan charger anda saat mengisi daya. Untuk mengcek charger menggunakan Ampere, silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini:

  1. Silahkan download aplikasi Ampere di PlayStore
  2. Setelah itu, silahkan cars HP anda dan perhatikan kekuatan arus listrik yang masuk
  3. Jika lemah, bahkan sangat lemah, jelas charger yang digunakan palsu

Dan ini bisa mengindikasikan smartphone anda palsu atau tidak. Mengapa? Sebab charger bisanya dibeli satu paket dengan handphone.

4. Menggunakan AIDA

Anda bisa mengcek keaslian HP menggunakan data AIDA. Untuk mengecek keaslian, silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini:

  1. SIlahkan download AIDA di smartphone anda
  2. Setelah itu silahkan buka Aplikasi tersebut
  3. Disini silahkan samakan dengan spesifikasi smartphone anda dengan data yang munculcara cek keaslian hp dengan aida

Kalau spesifikasinya gak sesuai, dapat dipasikan handphone yang digunakan itu palsu. Jadi ada baiknya anda berhati-hati dalam membeli smartphone.

5. Cek Porsesor

Nah ini yang paling penting. Hp palsu dan Asli memiliki prosesor dengan kemampuan dan kualitas yang jauh berbeda. Untuk mengceknya silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini:

  1. Silahkan download aplikasi CPU-Z di Playstore
  2. Setelah terinstal silahkan buka aplikasi tersebut
  3. Jika sudah terbuka langkah selanjutnya adalah melihat detail CPU Smartphone anda mulai dari chip prosesor perangkat keras dan spesifikasi lain. Anda juga akan melihat ukuran RAM dan resolusi layar smartphonecara cek keaslian hp dengan cpu-z
  4. Selesai

Silahkan cocokan dengan data-data diatas. Jika hasilnya sesuai, maka anda bisa menyimpulkan kalau hp yang anda gunakan itu asli dan bukan BM.

6. Menggunakan situs Opera

Opera juga menyediakan cara sederhana untuk mengidentifikasi smartphone palsu. Caranya, silahkan ikuti panduan dibawah ini:

  1. Silahkan buka situs aplikasi opera jika anda belum menginstalnya silahkan instal lewat Google Play
  2. Setelah terbuka, jika anda melihat tulisan seperti ini “Your Device is Android Generic Android 4.0” maka bisa disimpulkan smartphone yang anda gunakan itu asli. Sementara jika tulisannya hanya seperti ini: “ Your Device is Android Generic Android” tanpa 4.0 maka anda patut curiga dengan smartphone yang anda gunakan.

Meski cara diatas cukup sederhana namun ternyata bisa menjadi tanda apakah smartphone yang digunakan asli atau palsu.

Penutup

Mengetahui handphone yang digunakan itu asli atau palsu adalah hak bagi seorang konsumen. Selain itu, ada kemungkinan handphone tersebut tidak akan di black list oleh pemerintah.

Demikian artikel tentang cara cek keaslian ponsel Android dan iOS. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *