Sederhana dan Mudah! Ini Cara Buat Konten Yang Unik di Blog

5 Likes Comment
cara buat konten yang unik

Cara Buat Konten Yang Unik di Blog – Sebagai seorang blogger, terutama bagi para penulis, membuat konten yang dapat menarik minat orang untuk membacanya adalah hal yang sulit dilakukan. Apalagi bagi para pemula, yang belum lama terjun ke dunia blogging atau dunia tulis menulis.

Untuk membuat konten yang dapat menarik minat banyak orang sebenarnya membutuhkan sebuah usaha dan kerja keras.

Ada banyak hal yang harus anda ketahui, pertimbangkan saat membuat konten seperti lingkungan membaca, judul, isi artikel, foto sampul dan lain sebagainya.

3 Cara Buat Konten Yang Unik di Blog

Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai cara membuat konten yang dapat menarik minat orang untuk membacanya. Lalu bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai habis.

1. perhatikan lingkungan pembaca

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah lingkungan pembaca atau lingkungan membaca. Ini sama saja pada dasarnya.

Ada beberapa kategori lingkungan membaca semacam Lingkungan membaca dalam jangka waktu yang singkat seperti di Halte bus, di toilet ataupun saat traveling atau dalam perjalanan.

Lingkungan membaca sebenarnya adalah poin kunci dari artikel yang anda buat. Untuk itu, anda harus mempertimbangkan artikel yang anda buat tersebut. Dan usahakan artikel itu penuh dan padat dengan informasi.

Baca Juga : Cara Ampuh Tingkatkan Kecepatan Blog

Terkait dengan hal ‘penuh dan padat informasi’ sebagaimana yang dibahas diatas, silahkan ambil contoh dari baliho atau holding, WhatsApp dan TV anda.

Semua hal yang padat informasi selalu selaras dengan informasi yang mudah dimengerti. Jadi orang-orang tidak membutuhkan banyak waktu untuk berpikir.

Untuk memenuhi hal yang diatas, seperti padat informasi, anda bisa menaruh informasi serupa didalam artikel. Bisa berupa referensi dan sumber informasi, yang menyediakan informasi yang serupa dengan yang anda bahas.

Baca Juga : Panduan Lengap SEO Tahun Ini

Maksudnya apa ya? Maksudnya adalah anda mengangkat tentang topik yang sama dari sumber informasi yang berbeda tapi mengulas hal yang sama. Ini adalah salah satu metode menulis yang cukup kreatif dan aktraktif.

2. Buatlah judul yang umum tetapi menarik

Sebenarnya ini adalah poin kunci dan paling inti dari apa yang hendak anda bahas. Jika sebelumnya anda telah mempertimbangkan tentang waktu, lokasi, karakter, objek dan aksi (topik) serta hasilnya, itu berarti anda sudah bisa memikirkan judulnya.

Baca Juga : 7 Alasan mengapa orang-orang menggunakan CDN Untuk Blog 

Untuk membuat judul yang umum dan menarik, anda dapat melihat beberapa metode umum yang biasanya digunakan oleh para penulis, wartawan dan juga ghostwriter tentang hal ini. Sebagai berikut:

a. Memasukkan kata benda + kata kerja + kata sifat

Ini biasanya tidak lebih dari dua kata untuk masing-masing kata diatas. Anda juga bisa memilih dua saja, dari tiga kata dimaksud, tetapi kalau anda bisa memasukkan tiga-tiga dalam judul diatas, itu nilai plusnya.

b. Judul tidak boleh kurang dari 3 kata

Patut anda pertimbangkan hal ini. Usahakan, judul yang anda angkat itu tidak lebih dari 3 kata dan tidak lebih dari 12 kata.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Mungkin dalam beberapa kasus mengharuskan anda untuk memasukkan lebih dari 6 kata, tetapi ini situasional ya. Usahakan kata yang anda gunakan dalam judul itu aktratif, hemat kata dan menarik.

c. Pemilihan kata

Sebenarnya, memilih kata yang tepat dalam judul tergantung dari kategori artikel tersebut. Jika anda membuat konten dengan topik menulis. Jadi sifatnya oposional.

Baca Juga : Mengapa banyak blogger mencari artikel cara menghapus link kredit footer?

Lantas, mengapa judul itu adalah poin kuncinya? Sebab judul harus berdiri sendiri, mampu menjelaskan isi artikel secara gamblang dan jelas.

Jadi usahakan, dalam konten buatan anda tersebut harus mampu memaksimalkan judul, karena ia adalah kunci dari artikel anda.

3. Gambar sampul

Gambar sampul atau thumbnail gambar adalah salah satu poin kuncinya. Dalam artikel anda tersebut, usahakan gambar sampul yang anda gunakan masuk dalam kriteria sebagai berikut :

a. Jelas dan bersih

Dalam gambar sampul yang anda gunakan harus bersih dan jelas. Anda bisa menggunakan gambar dengan kualitas HD, yang biasanya tidak buram dan bersih. Dan jangan gunakan gambar yang justru sebaliknya.

b. Mudah dimengerti

Coba anda perhatikan gambar-gambar yang digunakan dalam media-media besar. Biasanya gambar yang digunakan adalah gambar yang mudah dimengerti. Biasanya gambar ini berupa objek, subjek, aksi, lingkungan mudah dikenali.

c. Berkaitan dengan judul atau poin kunci artikel

Artinya, gambar yang anda gunakan berkaitan dengan poin kunci tadi. Misalnya, anda mengangkat artikel tentang makanan khas dari Banggai Kepulauan, dan menggunakan sampul Rendang.

Kan ini tidak memiliki keterkaitan. Memang sih sama-sama membahas makanan, tapi Rendang bukanlah makanan khas dari Banggai Kepulauan.

Baca Juga : Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menulis konten di blog

Dalam poin ini dimaksudkan agar gambar sampul yang anda gunakan berhubungan dengan poin inti, berhubungan dengan topi utama dari artikel, judul dana pa yang hendak anda  bahas.

Misleading thumbnail pada dasarnya dapat dikategorikan sebagai thumbnail yang tidak berhubungan dengan judul, atau bahkan clickbait.

Baiknya hindari hal ini, sebab dapat dikategorikan sebagai artikel menipu dan terkadang tidak menarik minat baca orang lain.

d. Thumbnail yang menarik

yang terakhir adalah buatlah thumbnail yang menarik orang lain. Lantas, kriteria thumbnail yang menarik itu yang bagaimana?

Thumbnail yang menarik terdiri dari thumbnail yang cantik, ada aksi didalamnya, ada juga emosi, kadang abnormal dan lain sebagainya. Intinya dapat menarik minat pembaca.

Baca Juga : Cara memperoleh uang hanya dari kolom komentar 

Dan usahakan jangan memakai thumbnail yang membosankan, dan tidak menarik. Biasanya thumbnail jenis ini merupakan thumbnail meme, hanya berisikan tulisan dengan latar warna tertentu.

Penutup

Nah demikian artikel tentang cara buat konten yang unik dan menarik. Sebab konten yang demikian dapat menarik minat baca orang lain, atau pengunjung blog anda.

Sekian artikel ini. Semoga dapat bermanfaat. Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini jangan lupa tinggalkan di kolom komentar ya.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *