Cara Buat Catatan Kaki Di Microsoft Word

2 Likes Comment
Cara Buat Catatan Kaki Di Microsoft Word

Cara Buat Catatan Kaki Di Microsoft Word Dengan Mudah dan Berhasil – Footnote atau catatan kaki adalah sebuah catatan yang biasanya terletak dibagian bawah dokumen yang biasanya memberikan penjelasan atas suatu pernyataan, memberikan kelengkapan informasi atau memberikan data-data tertentu untuk menambah kelengkapan dokumen.

Menggunakan catatan kaki diakhir dokumen sebenarnya adalah salah satu cara paling umum untuk menjelaskan arti atau pernyataan tambahan lain. Footnote berbeda dengan footer dan juga daftar pustaka.

Baca Juga : Cara Mengganti Teks Tertentu di Windows Dengan Cepat

Footer sendiri biasanya terletak dibagian paling bawah dokumen, sementara daftar pustaka dibagian akhir sebuah dokumen yang menyertakan sebuah sumber pernyataan, saduran dan juga data-data penting lain. Dalam artikel ini saya akan mengulas tentang cara membuat catatan kaki di Microsoft Word dengan mudah dan berhasil.

Dua Cara Buat Catatan Kaki DI Microsoft Word

Catatan kaki ini juga dapat digunakan untuk semua versi Microsoft, Baik MS Word 2007, 2010, 2013 dan MS selanjutnya. Jadi anda dapat menerapkan ini disemua jenis dokumen yang anda buat.

Membuat catatan kaki sebenarnya adalah hal yang penting dari sebuah dokumen, dan orang-orang bisa membaca sebuah penjelasan tanpa harus membuka bagian akhir dokumen. Catatan kaki juga biasa digunakan dalam sebuah buku dan novel untuk menjelaskan kata-kata tertentu yang belum dikenal.

Baca Juga : Cara Mengganti Pointer Mouse di Windows 10

Misalnya, dalam Kumpulan cerita karya Dewi Lestari yang berjudul Filosofi Kopi, di kumpulan cerpen yang pertama, ada banyak catatan kaki. Disitu, catatan kaki dibuat untuk menjelaskan arti sebuah perkataan dalam bahasa Jawa. Nah anda juga bisa membuat catatan kaki serupa. Jika anda masih bingung caranya, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Cara buat Catatan Kaki Di Bawah Dokumen

1. Silahkan buka file Microsoft yang ingin anda taruh catatan Kakinya

2. Setelah itu, masuk ke menu References> lihat menu Footnotes

Cara Buat Catatan Kaki Di Microsoft Word

3. Klik AB1 Footnotes. Untuk lebih mudah, anda tinggal langsung klik saja shortcut Alt + Ctrl + F

Cara Buat Catatan Kaki Di Microsoft Word

3. Selesai

Nah sampai disini anda sudah bisa membuat catatan Kaki. Usahakan, jika catatan kaki ini anda buat harus memiliki isi dan tidak boleh kosong. Meski anda bisa mengosongkannya, tetapi untuk kelengkapan dokumen, baiknya jangan biarkan kosong.

Baca Juga : Cara Mengganti Icon Folder di Windows 10 

Sebenarnya ada juga bebrapa fitur lain untuk menu Footnotes ini dan juga ada langkah cukup keren untuk yang disedikana Microsoft seperti membuat catatan kaki lebih tertata rapi, yang terletak dibagian akhir dokumen. Untuk membuat catatan kaki dibagian akhir Dokumen, silahkan ikuti tutorial ini.

Cara Buat Catatan Kaki Bagian Akhir Dokumen

Jika anda ingin membuat catatan kaki dibagian akhir dokumen, yang berbeda dengan catatan kaki dibagian bawah dokumen, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka file MS Word yang ingin anda taruh Catatan Kaki dibagian akhir dokumen

Cara Buat Catatan Kaki Di Microsoft Word

2. Setelah itu masuk ke Menu References, dan klik Insert Endnote atau klik saja Alt + Ctrl + D

Cara Buat Catatan Kaki Di Microsoft Word

3. Selesai. Sampai disini anda sudah bisa membuat catatan kaki dibagian akhir dokumen MS Word

Saya sendiri lebih suka membuat catatan kaki dibagian akhir dokumen karena ini lebih tertata rapi sehingga jika ada orang yang membaca tulisan saya mereka tidak akan terganggu konsentrasinya. Kelemahannya tentu saja jika membuat catatan kaki akhir dokumen orang-orang yang ingin penjelasan lebih lanjut harus membuka bagian akhir dokumen dan kembali ulang ke dokumen sebelumnya setelah selesai membaca catatan kaki tersebut.

Nah demikian artikel tentang cara membuat catatan kaki/footnote di Microsoft Word. Semoga artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *