[Updated] Cara Buat blog di Blogger Dari Awal Sampai Mahir

12 Likes Comment
buat blog

Sebenarnya, untuk cara buat blog di blogger itu sangat mudah. Hanya butuh beberapa langkah sederhana saja maka blog sudah siap digunakan.

Yang paling sulit adalah bagaimana mengembangkan blog tersebut agar bisa populer dan dikunjungi banyak orang.

Disisi lain, ada banyak alasan dan motivasi mengapa seseorang ingin menjadi blogger. Mulai dari mengisi waktu luang, mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki hingga untuk bisa dapat duit dari internet.

Agar menjadi seorang blogger atau supaya bisa disebut blogger maka anda wajib punya blog. Ada banyak platform blogger yang tersedia saat ini.

Mulai dari gratisan seperti Medium, Blogger dan Kompasiana hingga yang berbayar dengan menggunakan domain ccTLD dan hosting sendiri seperti WordPress.org.

Di artikel kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara buat blog di blogger yang baik dan benar.

Dan saya berusaha membahas pedoman ini serinci mungkin. Dengan tujuan agar para blogger pemula bisa mengetahui apa langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum dan sesudah blog itu jadi.

Lalu bagaimana cara buat blog di blogger? apa saja syarat-syarat buat blog? Kalau anda penasaran jawaban dari pertanyaan ini sebaiknya baca artikel ini sampai habis.

Sebelum lanjut pada pembahasan, diartikel ini juga saya sudah menautkan beberapa materi lain tentang blogging mulai dari pengoptimalan konten atau SEO dan juga cara penulisan artikel yang baik dan benar, yang mungkin bisa menambah wawasan anda tentang dunia blogging.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara buat blog di blogger dari awal sampai mahir. Ini artikelnya:

Cara Buat blog di Blogger Dari Awal Sampai Mahir

Sebelum masuk ke bagian teknis tentang cara buat blog ada baiknya anda siapkan dulu beberapa hal dibawah ini, antara lain:

  • Koneksi internet yang stabil [bisa pakai hostspot atau WiFi]
  • Komputer/Laptop atau smartphone
  • Kopi atau cemilan
  • Dll

Jika sudah maka berikutnya adalah memastikan apakah anda sudah punya akun Gmail atau belum. Mengapa harus Gmail? Karena agar bisa membuat blog maka seseorang wajib punya akun email.

Selain itu juga, proses konfigurasinya jauh lebih mudah jika menggunakan Gmail ketimbang pakai email lain seperti Yahoo atau email costum. Kalau anda belum punya akun Gmail, baiknya buat dulu deh.

Bingung cara buat akun Gmail? Baca panduan dari Google ini. Tapi saya yakin, sebagian besar dari anda pasti punya Gmail, apalagi anda yang punya pakai Android.

Oh iya, anda juga bisa buat akun Blogger dari ponsel loh. Proses pembuatannya pun sama seperti menggunakan perangkat desktop.

Hanya saja kalau pakai ponsel sedikit lebih ribet. Oleh karena itu, saran saya, ada baiknya gunakan perangkat komputer atau laptop.

Nah setelah punya akun Gmail, langkah berikutnya adalah buat blog di blogger. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan bukan Google atau search engine lain yang biasa anda gunakan untuk berselancar di dunia maya lalu ketikan Blogger> lalu klik search. Tak mau ribet? klik saja tautan ini
  2. Setelah masuk ke situs blogger.com silakan klik saja tombol buat Blog Baru. Disini anda akan diarahkan untuk membuat akun blogger yang baru
  3. Jika sudah, silahkan masukkan Judul blog dan alamat blog serta pilih tema. Untuk alamat blog, usahakan alamat itu belum pernah digunakan. Jika sudah digunakan, maka silahkan cari alamat [domain] yang lain.buat blog
  4. Setelah itu klik Buat Blog

Sampai disini sebenarnya anda sudah punya blog pribadi hanya dengan 4 langkah sederhana. Setelah blog tersebut dibuat, langkah selanjutnya apa?

Buanyak banget yang harus dilakukan. Mulai dari settingan dasar, pemilihan template, membuat artikel hingga yang paling sulit adalah bagaimana mengoptimalkan konten tersebut.

Tapi, sebelum melangkah lebih jauh, baiknya saya perkenalkan dulu menu-menu dasar yang ada di blogger. Antara lain:

Menu-menu dasar di blogger

buat blog

Ada beberapa menu-menu dasar di blogger. Menu-menu ini terdiri dari submenu lain yang memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lain. Antara lain:

1. Postingan [Post]

Merupakan daftar postingan di blog anda. Jika blog anda baru dibuat, maka postingan ini masih kosong.

Nantinya, pada post ini akan muncul beberapa submenu seperti Postingan yang telah diterbitkan, Draf dan Postingan Terjadwal.

Untuk membuat postingan baru, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Silahkan klik pada menu postingan
  • Lalu klik entri barubuat blog
  • Setelah itu masukkan Judul postingan dan juga isi postingan blog anda
  • Lalu klik publikasikan

Didalam menu entri atau postingan baru, ada banyak sekali fitur dasar lain. Dibawah ini sudah saya jelaskan tentang fungsi dari fitur-fitur tersebut, antara lain:

buat blog

  • Diisi dengan judul artikel/konten anda
  • Isi artikelnya
  • Warna tulisan, ukuran font, gambar referensi [upload]
  • Format postingan. Saran sih, untuk pemula baiknya pake Compose aja
  • Label/kategori postingan
  • Waktu artikel ditulis [tanggal, bulan dan tahun]
  • Tautan/link artikel
  • Lokasi [ini oposional sih]
  • Fitur lain yang bisa dipilih [tergantung settingan]
  • Publikasi artikel
  • Untuk menyimpan artikel ke draft
  • Preview postingan yang barusan dibuat
2. Statistik

Menu statistik berfungsi untuk melihat statistik kunjungan blog dan dari mana pengguna menemukan situs atau blog anda.

Misalnya, pengunjung dari Google, Bing atau Yahoo yang kemudian disebut sebagai pengunjung organik.

Sementara, pengunjung dari media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram yang dikategorikan sebagai pengunjung non organik.

3. Menu Penghasilan

Sebenarnya menu penghasilan ini akan muncul apabila anda sudah mengubah preferensi bahasa di Setelan. Kalau anda masih gunakan bahasa Indonesia, maka menu ini gak bakalan muncul.

Saya juga sudah membuat artikel khusus tentang bagaimana memunculkan menu penghasilan ini. Jika tertarik membacanya silahkan klik disini.

4. Halaman

Halaman ini merupakan konten statis yang ada di blog. Konten ini akan menampilkan elemen postingan blog seperti Kebijakan Privacy, Disclaimer, Kontak dan lain Sebagainya.

Bingung cara buat halaman? Berikut langkah-langkahnya

  • Buka Halaman
  • Lalu klik halaman barubuat blog
  • Setelah itu masukkan konten laman statis anda seperti Disclaimer, Privacy Policy dan kontak
  • Klik publikasikan
5. Tata Letak

Tata letak sebenarnya punya banyak sekali fitur. Fitur-fitur ini bertujuan untuk menambah portablitas situs dari sisi pengguna.

Ada beberapa elemen dasar yang ada di tata letak ini. Elemen-elemen ini untuk mengatur bagaimana blog anda akan terlihat oleh pengunjung.

Saya akan membahas dua elemen paling dasar dari menu tata letak/layout ini, yakni:

a. favicon

Fungsi favicon ini adalah untuk menunjukan logo situs saat akan dibuka di browser. Berikut langkah-langkah untuk mengatur favicon:

  • Pada submenu favicon silahkan klik editbuat blog
  • Setelah itu pilih file berupa gambar yang akan digunakan sebagai favicon. Usahakan gambar harus persegi panjang dengan ukuran tak lebih dari 100kb
  • Jika sudah silahkan klik simpan

Nah sampai disini favicon anda sudah selesai dibuat. Untuk melihat favicon, silahkan buka blog anda di Browser, maka logonya akan terlihat disisi kanan nama situs.

b. Widget

Widget, yang kadang juga disebut gadget memiliki fungsi yang penting bagi sebuah blog. Mulai dari fungsi portablitas, statistik kunjungan, menampilkan postingan populer dan lain sebagainya.

Untuk menambah widget di Blogger, berikut langkah-langkahnya:

  • Pada menu layout silahkan klik tambahkan gadgetbuat blog
  • Lalu pilih gadget yang ingin ditambahkan
  • Jika sudah klik simpan

Jika anda bingung gadget mana yang mau ditambahkan di blog, sudah saya ulas tentang jenis-jenis widget yang wajib dipasang di blog pada artikel dibawah ini:

Oh iya, dibagian bawah juga akan saya ulas secara rinci bagaimana cara menambahkan Widget. Jadi, baca terus artikel ini ya.

6. Tema

Tema adalah tampilan blog anda. Tema berfungsi untuk mempercantik blog anda atau bagaimana blog anda akan terlihat dari sisi pengguna.

Blogger pada dasarnya dibangun menggunakan kode html sederhana dari beberapa widget. Saat ini tersedia ribuan tema blogger yang dapat di beli atau unduh secara gratis.

Blogger juga sudah menyiapkan tema bawaan yang dapat anda pilih. Sehingga anda tidak perlu repot lagi beli tema dari penyedia lain.

7. Setelan

Setelah terdiri dari beberapa submenu bawaan lain. Seperti dasar, setelan pengguna, bahasa, preferensi penelusuran dan lain sebagainya. Soal setelan ini sudah saya bahas dibagian bawah artikel ini.

8. Daftar Bacaan

Daftar bacaan berisi tentang panduan komunitas Blog. Disini anda Dapat melihat beberapa daftar bacaan terkait dengan blog yang telah di update oleh pihak Blogger.

9. Bantuan

Bantuan berisikan tentang daftar masalah yang harus anda selesaikan ketika anda mengalami masalah saat menggunakan platform blogger.

Sampai disini udah paham belum? Kalau sudah paham mari kita lanjut ke langkah-langkah berikutnya. Yakni tentang bagaimana mengganti domain sendiri di blogger dan penjelasan tambahan tentang menu-menu dasar diatas.

Cara mengganti domain Blogger/Blogspot dengan domain sendiri

Eh, sebelum lanjut pada pembahasan, apakah anda tahu apa itu domain? Jika belum tahu, baiknya saya jelaskan dulu deh.

Domain itu adalah nama yang akan dipilih oleh pemilik domain untuk mengidentifikasi nama server seperti situs web, email, jaringan internet atau komputer.

Singkatnya begini. Jika anda buat blog di Blogger, saat blog tersebut selesai dibuat, maka domainnya akan menjadi namadomain.blogspot.com

Jika anda ingin menghilangkan ekstensi .blogspot di domain blog yang baru saja anda buat tadi maka anda harus membelinya.

Dimana saya harus beli? Ada banyak kok situs penyedia domain sendiri yang ada di Indonesia. Harganya juga gak terlalu mahal.

Sebenarnya juga, saat blog anda selesai dibuat, maka akan ada tampilan domain Google. Anda juga bisa membelinya langsung disitu.

Hanya saja, menurut saya pribadi, proses pembeliannya jauh lebih ribet karena harus gunakan mata uang Dollar.

Sementara itu, konfigurasinya berbeda ketimbang membeli domain dari penyedia lain. Makanya, banyak blogger yang beli domain dari penyedia lain seperti Niagahoster.

Tetapi jika anda belum punya uang, tidak wajib kok beli domain. Anda bisa tetap bisa numpang domain di blogspot.

Kalau sudah punya cukup duit barulah beli domain sendiri. Lantas, apa sih manfaat beli domain sendiri? Secara pribadi ada banyak. Antara lain:

  • Terlihat lebih profesional
  • Branding situs atau blog apalagi untuk blog bisnis atau perusahaan
  • Dll

Oh iya, ada satu hal yang perlu saya katakan disini. Baik domain sendiri dan numpang domain di blogspot, anda juga bisa dapet duit dari AdSense.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Sementara, jika sudah kebelet pengen punya domain sendiri, maka silahkan beli. Belinya dimana? Saran saya, ada baiknya anda membelinya dari penyedia terpercaya seperti Niagahoster.

Blog ini dan beberapa blog saya yang lain juga dibeli dari situs tersebut. Mengapa saya rekomendasikan Niagahoster? Karena Dashboard Clientnya yang lengkap, dukungannya yang 24 jam serta banyak fitur menarik lain.

Disisi lain, harga domainnya juga jauh lebih murah. Kalau anda mau dapat harga spesial dari Niagahoster khusus untuk hari ini saja silahkan klik disini.

Pada domain, ada juga istilah ekstensi domain. Ekstensi ini adalah akhiran dari domain yang bakalan dibeli.

Seperti .ID, AC.ID, .COM, dan lain sebagainya. Kalau anda bingung bagaimana memilih ekstensi domain blog yang tepat, baca artikel saya tentang tips memilih ekstensi domain yang tepat untuk blog.

Lalu bagaimana sih cara mengganti domain blogger/blogspot dengan domain sendiri? Ada beberapa langkah, yang semuanya sudah terangkum pada video dibawah ini.

Setelah beli domain, lalu bagaimana cara konfigurasinya? Ada beberapa langkah. Proses ini bertujuan untuk mengubungkan DNS dan server Google.

Sebelum menghubungkan Domain ada baiknya anda menunggu hingga 12 jam. Supaya apa? Supaya saat proses konfigurasinya tidak terjadi masalah bx-w7tr63. Apalagi jika blog yang mau diganti domainnya itu belum berusia 1 jam.

Jadi, konfigurasi bermaksud untuk menghubungkan antara blog anda dan domain yang tadi sampean beli. Untuk proses konfigurasinya simak video dibawah ini:

Berapa lama sih waktu yang dibutuhkan dalam proses konfigurasi ini berhasil? Berdasarkan pengalaman saya sendiri gak sampe satu jam dan biasanya juga tidak lebih dari 24 jam.

Setelah beli domain dan mengaktifkannya, langkah berikutnya adalah mengatur beberapa settingan dasar blog yakni HTTPs.

Cara atur Setelan HTTPS Blogspot/Blogger dan Domain sendiri

buat blog

Fungsi HTTPS sangat penting bagi sebuah blog. Fungsi ini secara langsung akan menggambarkan tingkat keamanan situs web anda.

Selain itu juga, HTTPs dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung apabila situs sudah di setel HTTPsnya dibanding domain dengan tipe http saja.

Dalam beberapa kasus, widget yang digunakan memang tidak disetel HTTPS sehingga mempengaruhi keamanan situs atau blog anda.

Sebagai contoh, widget email Subcsribe atau widget lain. Sebaiknya juga anda berhati-hati menggunakan widget yang scriptnya tidak disetel ke HTTPs karena bisa menjadi celah cracker untuk mengambil alih situs atau blog anda.

Lantas apa sih HTTPs itu? Apa perbedaannya dengan HTTP? Mengapa penting bagi sebuah blog?

HTTPS sebenarnya adalah properti yang sama dengan HTTP. HTTP sendiri merupakan akronim dari Hiperteks transfer protokol atau sebuah protokol komunikasi di World wide web [WWW].

Sementara, kode S diakhir HTTPs adalah kepanjangan dari secure. Yang menunjukan tingkat keamanan protokol tersebut.

Saat anda berselancar di dunia maya dan melihat sebuah blog atau situs yang belum disetel ke HTTPs ada baiknya anda tidak memasukkan identitas pribadi yang sensitif termasuk juga email.

Karena saat ini lagi hits tentang pencurian data pribadi lewat email. Oh iya, setelan HTTPs juga membantu periklanan AdSense untuk menayangkan iklan yang lebih relevan di blog.

Lalu bagaimana membedakan https dan http biasa? Untuk membedakannya silahkan lihat dibagian kiri blog ini untuk melihat tingkat keamanan blog.

Umumnya, tingkat keamanan blog ditandai dengan beberapa model, antara lain:

  • Merah menandakan domain anda tidak aman
  • i Menandakan domain anda tidak cukup aman
  • Hijau atau berganti dengan logo kunci (HTTPs) menandakan domain aman

Lalu bagaimana cara mengaktifkan HTTPS Subdomain Blogger dan HTTPS Domain Sendiri? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengktifkan setelan HTTPS di Blogspot/Blogger

Untuk mengaktifkan setelan HTTPs di Blogspot/Blogger, berikut langkah-langkahnya

  1. Silahkan masuk ke dashboard Bloggeranda
  2. Setelah itu masuk ke menu Setelan Dasar atau gambar roda gigi dibagian bawah setelah menu Tema
  3. Setelah masuk ke menu Setelan> Dasar lalu scrool ke bagian bawah. Disitu anda akan melihat Ketersediaan HTTPS
  4. Jika anda melihat tulisannya masih dalam ‘Tidak’ klik tulisan tersebut maka akan muncul tampilan Ya dibagian atas. Klik saja tulisan Ya tersebut. Ini bertujuan untuk mengaktifkan setelan HTTPS blogger/blogspot anda.
  5. Selesai! Disini anda sudah mengamankan akun anda dengan mengaktifkan Subdomain HTTPS
Cara mengaktifkan setelan HTTPS untuk Domain Sendiri

Jika anda sudah punya domain sendiri, anda juga perlu mengaktifkan setelan ini. Cara mengaktifkannya pun sama dengan yang jelaskan dibagian atas.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Hanya saja, menu ini akan muncul apabila anda sudah memiliki domain sendiri. Dan biasanya pergantian tersebut akan muncul dalam waktu kurang dari 10 menit setelah anda menghubungkan DNS domain yang barusan dibeli.

Dalam beberapa kasus mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk mengaktifkan HTTPs domain sendiri, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Silahkan Masuk ke Dashboard Blogger anda
  2. Silahkan Pergi ke Menu Setelan> Dasar dibagian bawah menu Tema
  3. Setelah masuk ke setelan dasar silahkan scrool kebawah sampai ada menemukan pengalihan HTTPS. Lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti yang saya jelaskan dibagian atas.

Jika anda sudah mengganti domain dengan domain anda sendiri, yang anda beli misalnya dari Niagahoster maka dibawah menu Ketersediaan HTTPs akan muncul menu baru dengan nama Pengalihan HTTPs. Silahkan aktifkan saja, cara-caranya sama seperti cara mengatifkan setelan HTTPs subdomain blogspot.

Cara mengatur deskripsi blog dan deskripsi penelusuran blogger

Deskripsi blog dan deskripsi penelusuran adalah dua hal yang saling bertautan satu sama lain. Yang berarti, deskripsi blog dan deskripsi penlusuran menggunakan kata-kata yang sama.

Sebenarnya, saat anda mengatur deskripsi penelusuran secara otomatis anda juga mengaktifkan deskrispi blog anda.

Fungsi deskripsi penelusuran agar blog anda terlihat memiliki deskripsi saat seseorang mengetikkan URL blog anda di search engine.

Jadi, deskripsi penelusuran sangat penting bagi sebuah blog dan bisa meningkatkan konversi lalu lintas bagi blog anda.

Beberapa blogger mengatakan deskripsi penelusuran bertujuan untuk memperlihatkan kueri-kueri dan topik blog anda.

Dengan kata lain, kueri dan topik ini akan menjadi sinyal bagi Google untuk memprioritaskan halaman anda saat ada pengguna mengetikkan kueri tersebut.

Tampil di halaman pertama Google adalah hal yang sangat berat yang harus anda tempuh oleh seorang Blogger.

Apalagi jika anda menggunakan platform Blogspot dimana anda harus memaksimalkan postingan blog anda tanpa bantuan plug-in seperti di WordPress.

Disini, deskrispi penelusuran, Judul Postingan, H1, H2, dan H3 disebut-sebut harus memiliki keterkaitan satu dengan yang lain agar blog anda diprioritaskan tampil di halaman pertama mesin pencari.

Untuk membuat deskripsi blog agar satu garis lurus dengan yang saya sebutkan diatas, kata kunci dan niche blog anda haruslah spesifik.

Jangan membuat kata kunci yang terlalu umum agar anda lebih mudah melakukan analisis kata kunci turunan.

Perlu diketahui juga, deskripsi penelusuran tidak lebih dari 160 karakter. Artinya deskripsi penelusuran sifatnya terbatas.

Sebagai contoh, jika anda ngeblog dan anda mengangkat tema tentang tutorial blogging, maka anda bisa membuat deskripsi penelusuran sebagai berikut : Blog yang membahas tentang blog, widget, HTML dan adsense.

Lalu bagaimana cara mengganti deskripsi penelusuran di blog saya? Silahkan ikuti tutorial dibawah ini tentang Cara mengatur Deskripsi Blog dan Deskripsi Penelusuran di Blogspot.

#1 Cara mengatur deskripsi blog di Blogger

Usahakan sebelum anda mengatur deskripsi blog anda, anda sudah terhubung ke internet melalui sambungan data Hotspot ataupun Wi-Fi dan ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Silahkan masuk ke dashboard blog anda
  2. Setelah masuk ke Dashboard> klik menu Pengaturan> Dasar
  3. Dibagian atas menu dasar anda akan melihat Judul Blog dan Deskripsi
  4. Isi kolom deskripsi dengan deskripsi blog yang anda inginkan. Ingat, deskripsi blog tidak lebih dari 160 karakter. Dan juga jangan lupa untuk mengganti mengaktifkan dan mengganti Judul Blog. Sesuaikan saja dengan judul dan deskripsi yang anda inginkan.buat blog

Sebagai contoh:

  • Judul Blog : Blogger Banggai
  • Deskripsi Penelusuran : Blog yang membahas tentang pesona-pesona desa di Banggai Kepulauan.

Jika sudah silahkan Save!

Setelah anda mengaktifkan deskripsi penelusuran, silahkan klik menu Preferensi Penelusuran> Aktifkan Meta Tag (Tag-Meta). Untuk lebih jelasnya, baca dibawah ini.

#2 Cara mengatur deskripsi penelusuran di Blogger/Blogspot

Saran saya, deskripsi yang anda masukan di deskripsi blog anda tersebut harus sama dengan deskripsi penelusuran.

Agar semua deskripsi yang tampil di blog anda itu satu garis lurus dengan niche yang anda angkat. Berikut cara mengatur deskripsi penelusuran di blogspot.

  1. Silahkan masuk ke Dashboard Blog anda
  2. Setelah masuk, klik menu setelan
  3. Setelah masuk ke menu setelan> klik Deskripsi Penelusuran
  4. Silahkan aktifkan menu Deskripsi tersebut> lalu masukkan deskripsi penelusuran yang sama dengan deskripsi blogbuat blog

Ingat, usahakan deskripsi penelusuran harus sama dengan deskripsi blog. Mengapa?

Sebab deskripsi inilah yang akan muncul di pencarian Google dan membantu Google mengindentifikasi blog anda sekaligus untuk meningkatkan nilai SEO blog.

Kadang juga, deskripsi penelusuran juga disebut dengan juga dengan deskripsi meta [tag meta] dan deskripsi ini wajib ada di Blog.

Cara Mengganti template/Tema Blogger/Blogspot

Template atau tema blog punya banyak variasi dan struktur. Namun semuanya dibangun dengan kode HTML sederhana.

Bagi saya pribadi, template blog yang bagus akan menjadi nilai tambah konten di mesin telusur. Disisi lain, template blog juga sudah banyak tersedia saat ini, baik yang bisa di unduh dengan gratis atau anda bisa membelinya langsung dari pembuatnya.

Lebih bagus lagi kalau anda paham soal JavaScript maka anda bisa membuat template sendiri, yang juga bisa anda jual untuk tambah-tambah penghasilan.

Apabila juga anda menggunakan template gratisan. Saran saya sih, ada baiknya anda sisahkan sedikit uang jajan anda untuk beli template premium.

Karena template gratisan punya banyak kekurangan. Anda juga akan kesulitan melakukan perubahan di blog karena tidak disupport pembuatnya.

Lalu bagaimana sih cara ganti tema di blogger? Berikut langkah-langkahnya untuk anda.

  1. Silahkan masuk ke dashboard Blogger anda> lalu klik Tema
  2. Di Menu tema, silahkan klik tombol BACKUP/PULIHKAN yang terletak dibagian kiri atabuat blog
  3. Setelah anda klik tombol tersebut, Akan tersedia beberapa pilihan, antara lain : Download Thema dan Choose File. Download Thema berarti anda mendownload versi .xml tema blog yang anda gunakan saat ini. Choose File berarti anda ingin mengganti tema blog yang anda gunakan saat ini. Jika anda ingin mengganti tema maka silahkan klik tombol Choose File.
  4. Setelah itu anda akan diarahkan ke My Computer> lalu pilih tema yang akan diunggah. Tema di Blogger/blogspot berekstensi .xml
  5. Jika sudah klik Upload dan tunggu prosesnya sampai selesai
Update:

Pada tampilan terbaru Blogger/Blogspot, penggantian tema sudah berbeda dengan yang saya jelaskan dibagian atas. Berikut langkah-langkah mengganti tema pada tampilan terbaru Blogger:

  1. Silahkan masuk ke dashboard Blogger> klik tema
  2. Setelah masuk ke Tema silahkan klik pada tiga titik yang ada di sudut kiri layar untuk membuka menu konteksbuat blog
  3. Disini anda akan disajikan beberapa submenu. Untuk mengganti tema silahkan klik edit HTML> lalu hapus tema yang ada dan tempelkan kode tema baru yang akan digunakanbuat blog
  4. Jika sudah klik gambar drive untuk menyimpan temabuat blog

Untuk anda yang masih kesulitan memilih tema blog yang digunakan, ada beberapa artikel saya yang mengulas tentang template blogger, antara lain:

Cara pasang Widget di blogger/Blogspot

Memasang widget di Blogspot memang agak susah jika anda blogger baru tetapi jika anda sudah malang melintang di dunia perbloggingan, maka pemasangan widget akan jauh lebih mudah.

Widget adalah rangkaian kode CSS dan JS yang dapat digunakan di Blogger/Blogspot, termasuk di WordPress dan beberapa platform blog lain.

Widget berfungsi untuk menambah, melengkapi dan memperindah tampilan blog. Ada beberapa widget bawaan blog jika anda menggunakan platform blogspot seperti Widget Popular Post, Recent Post, Related Post dan mungkin widget tambahan seperti label, kategori dan Email Subscribe.

Mungkin jika anda sedang melakukan blogwalking, anda akan menemui beberapa widget keren yang tampil, dan anda ingin menempatkan widget tersebut di blog anda.

Sebenarnya, dibagian atas juga sudah saya jelaskan secara singkat tentang cara pasang Widget ini. Agar lebih detail, berikut langkah-langkah pasang Widget di Blogger/Blogspot.

  1. Masuk ke Dashboard Blogger anda
  2. Klik menu Tata Letak/layout
  3. Setelah itu cari tulisan Tambahkan Gadget> maka akan muncul sekitar 28 Widget yang dapat digunakan secara gratis. Anda bisa menambahkan gadget-gadget penting untuk blog seperti Postingan Populer (Popular Posts), Label dan Arsip. Itu saja cukup, tapi  jika anda ingin menambahkan gadget lain silahkan saja.
  4. Anda juga bisa menambahkan gadget pihak ketiga yang didudukung dengan menambahkan gadget HTML/JavaScript> Lalu pastekan kode HTML/JS tersebut di Konten. Anda juga bisa tambahkan gadget bawaan blogger.
  5. Save

Ada beberapa widget yang tidak perlu anda pasang seperti yang ditunjukan diatas, melainkan anda hanya memasukkan serangkaian kode script pendek tertentu di template anda dan widgetnya tampil.

Kadang kala, saat widget yang ingin anda pasang tidak tampil, kemungkinan tidak didukung oleh template yang anda gunakan, atau mungkin ada script yang salah.

Atau juga, dalam beberapa kasus, widget ini malah menjadi celah untuk merusak keamanan blog anda. Jadi berhati-hatilah memasang widget.

Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Segera diatasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

Pasang widget seperlunya saja, jika memungkinkan, anda mungkin bisa memasang widget bawaan saja agar loading blog tidak menjadi lambat.

Cara Setting Robots.txt Khusus Di Blogger

Bagi blogger pemula mungkin masih kebingungan tentang cara setting Robots.txt di Blogger. Selain bingung, kadang blogger pemula juga tidak paham apa tujuannya mensetting Robots.txt tersebut dan apa dampaknya untuk blog.

Beberapa blogger menyebutkan tujuan mensetting Robots.txt di blogger adalah untuk meningkatkan kecepatan indeks Google terhadap postingan terbaru di blog.

Saat anda mengkonfigurasi setting robots.txt di blogger anda juga harus mensetting tag tajuk robot khusus di blogger secara bersamaan, sebab dua hal ini dipercaya saling berkaitan satu dengan yang lain.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel Panjang Untuk Blog

Saya sudah membuat artikel tentang hal ini yang saya ulas dengan singkat tentang Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus di blogger. Silahkan baca artikel itu untuk mensetting robots.txt di blogspot.

Lalu apakah setting robots.txt di blogger aman untuk blog? Tentu saja aman, asal dilakukan sesuai dengan panduan dan saran yang diberikan oleh Google.

Sebelum lanjut pada cara pemasangan robots.txt di blogger, ada satu hal penting yang harus anda ketahui disini bahwa saat anda membuat blog baru di blogger/blogspot sebenarnya secara default sudah ada robots.txtnya.

Gak percaya? Coba masukkan link artikel blog anda diikuti dengan robots.txt. Sebagai contoh: https:// namabloganda.blogspot.com/robots.txt.

Jika tidak muncul, dalam beberapa kasus memang template blog anda tidak diatur setting robots.txt di blogger, terutama jika blog anda sudah menggunakan ekstensi domain sendiri. Jadi anda harus mengaktifkannya kembali.

Yang harus anda ketahui adalah robots.txt default bawaan blogger adalah settingan robots.txt yang paling aman digunakan.

Selain aman, juga efektif saat mesin perayap mengcrawl blog anda dan mengindeks apa yang ada didalamnya.

Jika anda menggunakan domain dengan ekstensi .blogspot.com (co.id) dan sejenisnya, maka anda tidak perlu repot-repot untuk mensetting robots.txt secara manual. Berikut langkah-langkahnya

  1. Silahkan masuk ke dashboard Blogger anda
  2. Setelah itu klik Pengaturan> preferensi penelusuran lalu scroll ke bawah sampai anda menemukan settingan robots.txt
  3. Jika belum aktif, silahkan klik aktifkan. Setelah itu masukkan kode robots seperti gambar dibawah inibuat blog
  4. Jika sudah klik Simpan perubahan

Kode robots.txt default adalah sebagai berikut:

User-agent: mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap : https://namabloganda.blogspot.com/sitemap.xml

Berikut keterangan mengenai kode robots.txt default diatas:

  • User-agent: mediapartners-Google Menunjukan bahwa blog anda telah menggunakan adsense. Bahkan jika blog anda belum terdaftar atau sementara dilakukan peninjauan oleh pihak Adsense.
  • Disallow: Adalah sesuatu yang tidak dibolehkan ada didalam blog anda. Ini seperti konten-konten yang tidak sesuai dengan kebijakan Google
  • User-agent: * menunjukan bahwa blog anda mengizinkan semua mesin pencari entah itu Google, Yahoo!, Bing, Yandex dan lain sebagainya untuk mengcrawal postingan di dalam blog anda
  • Disallow: /search menunjukan bahwa blog anda tidak mengijinkan pencarian di mesin telusur setelah /search. Sebagai contoh, anda tidak mengizinkan mesin perayap untuk mencari blog anda berdasarkan label, misalnya https://namabloganda.blogspot.com/search/label/Blogger selain itu, kode juga ini tidak memungkinkan agar mesin pencari mengcrawl search/search?updated didalam konten anda
  • Allow: / adalah konten yang diijinkan untuk dirayapi. Tanda garing atau garis miring (/) tersebut menunjukan nama blog yang anda gunakan.
  • Sitemap https://namabloganda.blogspot.com/sitemap.xml menunjukan sitemap atau peta situs blog anda sendiri.

Itulah settingan default blog anda. Sebagai contoh, jika anda tidak mengijinkan agar Google merayapi salah satu konten anda, misalnya halaman seperti https://biangkeladi.blogspot.com/search/label/Blogger maka anda dapat menggantinya di Disallow: /search.

Sebab kode dan link tersebut tidak menuju ke satu halaman dengan artikel penuh melainkan kumpulan halaman dengan label atau kategori yang sama.

Cara mengaktifkan tag tajuk Robot khusus untuk Blogger/Blogspot

Lalu bagaimana cara mengaktifkan robots.txt di Blogger atau Blogspot? Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Silahkan masuk ke Dashbord Blogspot anda
  2. Setelah masuk, Klik Menu Setelan
  3. Setelah masuk ke Menu setelan silahkan scrol ke bawah sampai terlihat tulisan tag tajuk robots khusus yang terletak dibagian bawah Google Search Console. Terkait dengan cara menghubungkan akun Blogger dengan GSC, dibagian akhir sudah dibahas
  4. Klik tulisan yang ada disebelahnya, lalu pilih aktifkanbuat blog
  5. Centang kolom seperti gambar diatas lalu klik Simpan Perubahan

Sampai disini robots.txt blogspot anda telah aktif. Jangan lupa terapkan sesuai penjelasan diatas karena selain merupakan robots.txt default juga cukup baik untuk mempercepat proses pengindeksan konten anda di mesin telusur.

Mungkin anda sudah membaca artikel saya sebelumnya tentang cara setting robots.txt di blogger. Jika anda belum membacanya, saya sarankan agar anda membacanya, karena ini berkaitan satu dengan yang lain.

Baca Juga : Kirim Tulisan Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Jutaan Rupiah

Tag tajuk robot khusus adalah tag tajuk yang mengizinkan mesin pencarian seperti Google untuk merayapi situs anda bahkan tanpa perlu repot-repot mendaftar di Google Search Console.

Mungkin juga anda pernah membaca artikel saya dengan judul Belajar dari Blog Katakanlah, yang didalamnya saya menceritakan pengalaman saya dengan salah satu blogger yang salah satu artikelnya masuk halaman pertama Google tanpa mendaftar Di Google Search Console, Google Analitycs ataupun menerapkan SEO yang baik di blognya.

Lalu, bagaimana halaman kita terindeks ke Google jika kita tidak mendaftarkannya di Google Webmaster Tools? Disinilah peran Robots.txt dan tag tajuk Robot Khusus benar-benar terlihat.

Sebenarnya Tag Tajuk Robot khusus di blogger ditujukan agar blog kita cepat terindeks ke Google dan postingan-postingan kita didalamnya cepat di rayap oleh mesin pencari entah itu Google, Bing ataupun Yahoo dan mesin pencarian lain.

Tapi, apakah cara ini aman dan bebas dari penalti Google? Amanlah. Selain aman, dengan setting taj tajuk Robot khusus cukup efektif untuk mempercepat proses pengindeksan suatu halaman di Google.

Tanpa anda sadari, dengan menerapkan metode tag tajuk tobot khusus ini membuat blog anda terlihat lebih bagus di mata mesin pencari dan SEO.

Cara mudah mengaktifkan fitur ads.txt di blogspot

Tanpa perlu mengaktifkan fitur ini pun blog kita sudah bisa mengaktifkan iklan didalam postingan blog kita sendiri.

Tetapi, apakah penting fitur ads.txt ini? Ya tentu saja penting. Salah satu hal yang penting mengapa fitur ini perlu diaktifkan di blogger/blogspot adalah karena ads.txt membantu publisher untuk menayangkan iklan-iklan yang relevan di blog.

Tentu saja anda tidak mau pastinya jika niche blog anda adalah Kesehatan dan iklan yang tampil adalah iklan SEO.

Menjengkelkan tentunya. Selain karena akan mengurangi jumlah klik, juga iklan-iklan yang tampil tentu saja tidak relevan.

Meski iklan Google adsense menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan minat dan riwayat kunjungan tetapi ini tentu saja bertolak belakang dengan niche kita.

Apalagi jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas konten, artikel dan jumlah konten.

Tetapi jumlah klik malah berkurang terus gara-gara iklan tidak relevan tentu akan merugikan publisher mungkin anda tidak mengatur ads.txt ini.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Memiliki Berapa Blog?

Nah disinilah fungsi Ads.txt benar-benar berguna bagi publisher. Apalagi jika anda sudah menayangkan iklan adsense di blog anda sendiri.

Mengaktifkan fitur ads.txt di blogger/blogspot cukup penting agar Google menayangkan iklan yang lebih relevan di dalam blog kita sendiri.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ads.txt di blogger/blogspot? Caranya sebenarnya sangat mudah dilakukan.

Namun sebelumnya, jika anda sudah menayangkan iklan Google di blog anda sendiri, silahkana anda mengecek terlebih dahulu apakah fitur ini sudah aktif atau belum.

Untuk mengeceknya silahkan anda memasukkan link halaman ditambah ads.txt seperti berikut : https://www.domainanda.com/ads.txt  di halaman pencarian browser yang anda gunakan entah itu Chrome ataupun Mozila.

Jika sudah aktif, maka akan muncul kode tertentu berupa ads.txt, kode iklan Google anda sendiri. Jika muncul berarti fitur ads.txt di blogger/blogspot anda sudah aktif dan anda tidak perlu melanjutkan untuk membaca artikel ini.

Tetapi jika belum silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai habis. Untuk mengaktifkan fitur ads.txt di blogger/blogspot anda silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

  1. Silahkan masuk ke Dashboard Blogger anda
  2. Setelah masuk, silahkan anda pergi ke menu Setelan
  3. Setelah masuk ke Menu setelan silahkan masuk ke Preferensi Penelusuran
  4. Scrool kebawah, sampai menu Monetisasi. Dibagian bawah ada tulisan Ads.txt.buat blog

Tetapi sebelumnya, silahkan masuk ke dashboard Adsense anda untuk mengambil kode penayang iklan AdSense anda.

Atau jika tidak, kalau anda menayangkan iklan otomatis, kode iklan anda juga berada disana, silahkan ambil saja kode tersebut.

Intinya, kode iklan adsense anda harus anda agar fitur ini bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Setelah mendapatkan kode iklan, langkah selanjutnya adalah masukan kode dibawah ini pada kolom kosong ads.txt:

google.com, pub-0000000012345678, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Keterangan :

  • Google.com adalah partner iklan yang anda gunakan
  • Pub-0000 adalah kode iklan adsense anda
  • DIRECT, f08c47fec0942fa0 adalah kode ads.txt

Untuk mengecek apakah akun ads.txt anda sudah aktif, silahkan klik tautan ini tentang

  • https://www.domainanda.com/ads.txt 

Sampai disini fitur ads.txt blog anda sudah aktif. Dengan aktifnya fitur ini berarti iklan yang tampil di blog sudah bisa disebut relevan dengan niche blog yang anda angkat.

Iklan adalah salah satu pendapatan paling utama dalam ngeblog. Memperoleh jumlah klik iklan yang tinggi berarti potensi penghasilan kita juga bertambah.

Apabila anda menggunakan beberapa unit iklan dari penyedia yang berbeda seperti MGid atau AdNow maka silahkan ambil kode Ads.txtnya lalu tempelkan secara bersamaan pada kolom tersebut.

Penutup

Nah itu dia langkah-langkah dasar bagaimana membuat blog menggunakan blogger.com. Disisi lain, ada beberapa pengaturan tambahan agar blog anda benar-benar dibuat secara lengkap.

Dibawah ini sudah saya tautkan beberapa artikel lain yang wajib anda baca agar blog anda itu bisa di temukan di mesin telusur, antara lain:

Memang sih ada banyak search engine lain seperti DuckDuckGo dan Yamdex tapi saran saya ada baiknya anda daftar dulu deh di Search Console dan Bing.

Oh iya, karena saya sudah janji untuk mengulas tentang pengoptimalan konten di mesin telusur, berikut beberapa artikelnya:

Nah demikian artikel tentang cara buat blog di blogger dari awal sampai mahir. Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat ~

[Artikel ini terakhir diperbaharui pada 10 Desember 2019]

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *