Cara Blokir Backlink Spam Yang Masuk Ke Blog Kita

5 Likes Comment
cara blokir backlink spam

Terkati dengan cara blokir backlink spam yang akan kita bahas disini mungkin sudah pernah diulas oleh blogger lain. Namun dalam artikel ini saya ingin mengulasnya secara lengkap mulai dari cara mengidentifikasinya hingga cara memblokirnya.

Ada banyak alasan mengapa blog kita susah berkembang di mesin telusur. Mulai dari konten yang kita sajikan, keyword yang kita targetkan, analisis keterbacaan hingga pada backlink yang kita dapatkan.

Memperoleh backlink yang banyak adalah impian dari para blogger. Namun tidak semua backlink yang masuk atau yang mengarah ke blog kita itu memiliki dampak yang baik untuk blog kita.

Ada satu jenis backlink yang tidak memiliki dampak apa-apa [malah membuat performa blog kita menurun di mesin telusur] yakni backlink spam.

Baca Juga : Cara Mudah Mengetahui Postingan Blog Yang Telah Terindeks Google

Dalam artikel kali ini saya ingin memberikan tutorial tentang cara memblokir backlink spam yang masuk atau yang mengarah ke blog kita sendiri.

Tapi sebelum kita masuk pada pembahasan, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu backlink spam.

Apa itu backlink spam?

Backlink adalah tautan balik yang kita dapatkan dari blog atau situs web orang lain. Backlink yang berkualitas tinggi didapatkan dari pemberian cuma-cuma dan biasanya datang dari situs dengan domain authority dan page authority yang lebih tinggi dari blog kita.

Spam dalam istilah dunia internet merujuk pada sebuah situs yang sebagian besar kontennya tidak berguna atau situs web dengan layanan yang bertolak belakang dengan ketentuan Google atau mesin telusur lain.

Baca Juga : 8 Jasa Yang Dapat Anda Buka Sebagai Blogger Untuk Meningkatkan Penghasilan

Situs web spam biasanya memberikan backlink secara acak [entah menggunakan bot] kepada situs web tertentu. Jadi secara tidak langsung, backlink spam adalah tautan balik yang kita dapatkan dari situs berkualitas rendah atau situs spam.

Untuk memahami pengertian ini, ada beberapa jenis situs web spam, antara lain:

  • Situs web yang isinya sebagian besar didominasi oleh iklan
  • Situs web yang isinya menawarkan layanan j*di
  • Situs web P*rno
  • Situs web yang membagikan sumber daya berupa virus komputer
  • Situs web yang isinya penjualan obat-obatan terlarang, transaksi persenjataan illegal
  • Dll

Backlink spam dapat dengan mudah dikenali. Sehingga jika anda mengetahui cara mendeteksi backlink spam disitus web kita, maka anda harus segera memblokirnya.

Agar performa situs web anda menjadi lebih baik lagi di mesin telusur sekaligus untuk memastikan bahwa blog kita tidak dianggap menjadi bagian dari situs web dengan jenis tersebut.

Baca Juga : Cara Menghapus URL Blog di Penelusuran Google Secara Permanen

Secara singkat, backlink spam adalah tautan balik dari situs web spam, juga dikenal sebagai backlink yang buruk, bracun dan backlink yang diperoleh dengan tidak wajar atau suatu backlink dari situs web berkualitas rendah.

Jadi, karena disebut backlink spam, karena mereka menurunkan peringkat situs web kita. Tautan ini pada dasarnya memberi tahu Google bahwa situs anda mungkin tidak berkualitas atau terhubung dengan situs spam diatas.

Untuk memahami lebih lanjut tentang pengertian backlink, anda bisa membaca artikel yang satu ini.

Cara melihat backlink yang masuk dengan Google Search Console

Ada banyak layanan Google yang memungkinkan kita untuk memblokir backlink yang masuk atau backlink yang mengarah ke blog kita sendiri.

Namun terkadang, kita kesulitan melihat atau mengetahui mana saja jenis backlink yang masuk ke blog kita sendiri. Nah untuk mengatasi hal itu, anda bisa mengikuti cara dibawah ini untuk mendeteksi backlink yang masuk atau backlink yang mengarah ke blog kita.

Sebenarnya juga ada beberapa tools yang memungkinkan kita untuk melihat backlink yang masuk seperti Semrush atau Backlink tools.

Namun jika anda tidak menggunakan salah satu tools diatas, anda bisa menggunakan salah satu tools gratis Google yakni Google Search Console.

Saya yakin, sebagian besar pemilik situs web pasti pernah menggunakan tools ini. Begitu juga dengan saya. Nah untuk anda yang ingin melihat backlink yang masuk atau backlink yang mengarah ke blog kita sendiri, silahkan ikuti panduan dibawah ini.

  1. SIlahkan buka Google Search Console
  2. Jika sudah terbuka, pilih situs web yang ingin anda lihat backlink yang masuk [kalau anda punya banyak situs web]
  3. Setelah itu silahkan scrool sedikit ke bawah dan klik pada tautan
  4. Di menu ini silahkan cari tulisan Situs Tertaut teratas. Ini adalah jenis tautan eksternal berarti tautan yang kita dapatkan berasal dari blog atau situs web orang lain.
  5. Di sini silahkan klik selengkapnya
  6. Jika sudah, maka anda akan melihat daftar backlink yang masuk ke blog anda

Jika backlink yang masuk sudah banyak, maka tentu saja anda kesulitan untuk mencari satu per satu mana saja backlink yang berkualitas buruk atau backlink yang didapatrkan dari situs web spam.

Tapi saya sarankan, agar anda tetap mengeceknya satu per satu. Silahkan salin urlnya dan copy ke bilah pencarian Browser. Cek satu per satu, lalu buat daftarnya.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan AMP

Misalnya, dalam blog saya tersebut [meski backlinknya masih sedikit] tetapi sudah ada sekitar 3 backlink spam atau buruk yang berdampak pada situs web saya tersebut.

Saya sendiri mengkategorikan backlink sepertu update tribun diatas sebagai backlink spam. Sebab, ini adalah url pengalihan pada situs web url pendek mirip safelinku.

Jangan lupa untuk membuat list daftar backlink spam tersebut ke dalam notepad. Buat list sederhana seperti yang anda lihat pada gambar dibawah ini:

Jika anda telah selesai mengecek backlink yang masuk tersebut dan telah mendapatkan situs web spam yang menautkan ke blog anda, maka selanjutnya anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memblokir backlink spam tersebut.

Cara blokir backlink spam

Setelah anda memeriksa backlink spam tadi, untuk memblokirnya, ikuti langkah-langkah dibawah ini. Tapi sebelum anda memblokir, buatlah daftar terlebih dahulu situs web mana saja yang berkulaitas buruk dan ingin anda blokir backlinknya.

Buatlah daftar dalam notepad lalu save dengan nama yang anda inginkan. Jika sudah, ikuti panduan ini:

  1. Buka tools disavow link Google atau klik saja tautan ini
  2. Setelah itu, anda akan diarahkan pada menu Disavow
  3. Jika sudah, maka pilih blog anda yang ingin anda blokir backlink yang masuk
  4. Setelah itu silahkan klik Menyangkal Tautan
  5. Pilih klik pada tulisan Pilih File> lalu upload daftar yang sudah adan susun tadi lewat notepad
  6. Jika sudah, silahkan klik Kirim dan tunggu prosesnya sampai selesai
  7. Setelah selesai anda akan melihat pemberitahuan seperti gambar dibawah ini. Klik saja Selesai

Sebenarnya juga, backlink yang didapatkan itu tidak serta merta terblokir. Anda akan mendapatkan pemberitahuan lewat email dair Google jika backlink telah berhasil di Disavow atau diblokir.

Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan lewat email yang sama dengan akun Google Search Console kalau backlink sudah berhasil di blokir.

Konklusi

Yang perlu anda ketahui sebelum memblokir backlink ini adalah bahwa Google tidak punya kewenangan untuk menghapus backlink tersebut, Google hanya memblokirnya saja.

Saat Google berhasil memblokir, kedepannya, jika ada backlink yang anda dapatkan dari situs web yang sama maka secara otomatis akan terblokir.

Ini seperti anda memberikan daftar hitam pada situs web tersebut untuk berhenti memberikan backlink berkualitas rendah ke situs web anda.

Baca Juga : Ciri-Ciri Backlink Berkualitas Tinggi

Saya sarankan agar anda memeriksanya secara berkala backlink yang masuk atau yang mengarah ke blog anda sendiri.

Pemeriksaan secara berkala memungkinkan anda untuk melihat backlink yang anda dapatkan dan darisitus web mana saja [termasuk dari situs web spam].

Mengapa harus diperiksa secara berkala? Karena laporan Google Search Console tidaklah live, melainkan hanya harian dan hanya memeriksa permasalah tertentu pada situs web anda.

Nah demikian artikel tentang cara blokir backlink spam yang masuk atau backlink yang mengarah ke blog kita sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

About the Author: miminpaulipu

Seorang blogger pemula yang masih belajar meramu kata dan berusaha mengais makna kata yang ditulis~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *