Cara Alami Obati Sakit Gigi Saat Hamil

8 Likes Comment
Obati Sakit Gigi Saat Hamil

Sebenarnya terkait dengan sakit gigi saat hamil adalah kasus yang relatif umum terjadi. Sakit gigi yang dialami terkadang timbul secara tiba-tiba dan terjadi selama berjam-jam atau mungkin dalam beberapa kasus dialami selama berhari-hari.

Sakit gigi yang dialami saat hamil akan mempengaruhi gigi yang lain termasuk juga rahang dan gusi. Dan bahkan bisa menyebabkan sakit kepala dan sakit telinga apalagi jika sakit gigi yang dialami itu cukup hebat.

Biasanya, sakit gigi saat hamil disebabkan oleh meningkatknya sensivitias gigi dan radang gusi yang disebut sebagai gingivitis yang merupakan gejala umum selama fase kehamilan.

Baca Juga : 3 Cara Alami Putihkan Gigi Dengan Cepat Dan Terbukti Berhasil

Namun penyebab sakit gigi mungkin bisa disebabkan oleh faktor lain, yang juga cukup umum dilamai, seperti gigi patah, abses mulut atau gigi bungsu. Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi selama hamil? Silahkan baca artikel ini sampai habis.

Penyebab utama sakit gigi saat hamil

Penyebab utama mengapa gigi sakit saat hamil biasanya disebabkan oleh ada keries gigi, terutama saat kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik. Namun ada beberapa penyebab lain, diantaranya:

1. Gingivitis

Gingivitis merupakan peradangan pada gusi yang disebabkan oleh peningkatan progesteron saat fase kehamilan, dan menyebabkan perdarahan saat menyikat gigi

2. Gigi patah

Gigi patah adalah retakan pada gigi mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi dapat menyebabkan rasa sakit ketika bersentuhan dengan makanan panas atau dingin;

3. Abses oral

Abes oral adalah keadaan dimana munculnya pembengkakan di mulut karena infeksi pada gigi dan gusi

4. Gigi bungsu

Gigi bungsu juga menyebabkan radang pada gusi dan biasanya menyebabkan gejala lain seperti sakit kepala dan telinga. Gigi sakit saat hamil memang terkadang memusingkan.

Karena itu, sekali lagi, ada baiknya berkonsultasi langsung ke dokter gigi terdekat. Karena mungkin perlu perawatan menggunakan antibiotic untuk mengobati infeksi yang terjadi.

Baca Juga : 8 Cara Obati Sakit Gigi Dengan Cepat

Selain itu juga, penyab gigi sakit mungkin dikarenakan kerusakan serius pada pulpa gigi dan dalam kasus ini, perlu dilakukan perawatan pada saluran akar dengan maksud untuk memperbaikinya area gigi yang rusak, termasuk untuk membersihkan dan melakukan didesinfeksi yang mungkin akan membuat rasa sakit pada gigi hilang.

Cara mengobati sakit gigi saat hamil

Untuk meredakan sakit gigi saat hamil ada beberapa cara yang perlu anda coba. Baik menggunakan obat atau tidak menggunakan obat. Antara lain:

  1. Gunakan analgesik seperti Paracetamol jika sakit gigi sudah berlangsung selama 8 jam atau lebih
  2. Bilas mulut Anda dengan air garam. Disarankan untuk menggunakan air yang hangat
  3. Gunakan pasta untuk gigi sensitif seperti Sensodyne atau Colgate untuk gigi Sensitif
  4. Oleskan dengan es diwilayah yang sakit. Usahakan menggunakan pelapis seperti kain

Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter gigi terdekat untuk mengetahui penyebabnya. Yang mungkin disebabkan oleh faktor-faktor lain seperti infeksi, peradangan, gigi patah, dan lain sebagainya sekaligus untuk mendaptkan perawatan tambahan yang diperlukan seperti pembersihan gigi, termasuk saluran akar atau ekstraksi gigi, yang beberapa jenis perawatan yang tepat saat hamil.

Baca Juga : 8 Jenis Nyeri Yang Paling Umum Dialami Oleh Manusia dan Cara Mengobatinya

Namun jika anda mengalaminya secara tiba-tiba anda dapat mencoba beberapa alternatif seperti dibawah ini. Karena selain dapat meredakan sakit gigi juga bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan dan merupakan cara alami untuk mengobati sakit gigi pada umumnya.

Obat alami mengobati sakit gigi

Untuk mengurangi sakit gigi di rumah, anda dapat mengunyah 1 cengkeh india atau berkumur dengan the Marcela dan propolis karena tanaman ini memiliki efek antiinflamais yang kuat.

Selain itu juga, obat alami lain yang cukup baik untuk mengobati sakit gigi adalah dengan mengompresnya pakai peterseli dibagian gigi yang sakit, karena bisa mengurangi anti-inflamasi yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Nah demikian artikel tentang cara alami mengobati sakit gigi ketika hamil tanpa obat. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *