Cara Agar Iklan Adsense Otomatis Melayang di Bawah Versi Mobile

9 Likes Comment
cara mudah memindahkan iklan adsense otomatis

Cara Agar Iklan Adsense Otomatis Melayang di Bawah Versi Mobile– Jika anda menggunakan iklan adsense otomatis terkadang penempatan iklannya sangat mengganggu terlebih untuk jenis iklan sticky ads.

Iklan ini terkadang saling bertindihan dengan header sticky template yang digunakan. Terkadang, iklan sticky ini disebut dengan nama floating ads meski pada dasarnya berbeda.

Saya sendiri pernah mengalami kejadian seperti iniini. Dimana, iklan sticky tersebut saling bertindihan dengan header blog yang berjalan untuk versi mobile sehingga sangat mengganggu.

Sebenarnya masalah ini jadi salah satu kelemahan menggunakan iklan AdSense otomatis, karena anda sebagai publisher tidak punya kontrol penempatan iklan.

Disisi lain, fungsi auto ads ini juga sangat bagus dimana terkadang ditempat di ruang-ruang yang sebenarnya tidak bisa dipasangi dengan kode adsense biasa.

Iklan sticky ads Adsense ini terkadang muncul dibagian atas layar dan bagian bawah layar. Namun kebanyakan muncul di atas layar.

Sebenarnya juga, iklan sticky ini juga dapat muncul di tempat-tempat lain seperti kiri dan kanan layar, namun sangat jarang karena bisa mengganggu pengguna.

contoh penempatan iklan sticky ads
Contoh penempatan iklan Sticky AdS

Sebelum saya menemukan cara menempatkan iklan sticky ini agar statis di layar bawah versi mobile, saya menghapus kode iklan Adsense otomatis.

Dan hanya menempatkan kode iklan di dalam postingan blog biasa, yang memang berdampak pada pendapatan blog secara umum.

Saya kemudian mencari solusi kesana kemari hingga akhirnya saya menemukannya di salah satu blog yang saya sudah lupa namanya. Solusi ini juga yang saya bagikan di artikel kali ini.

Caranya adalah dengan melakukan sedikit pengeditan pada kode iklan auto adsnya. Dan sepanjang yang saya tahu, pengeditan ini tidak akan mempengaruhi tampilan iklan adsense otomatis yang lain.

Cara Agar Iklan Adsense Otomatis Melayang di Bawah Versi Mobile

Sebenarnya, iklan adsense otomatis yang tampil dibagian atas layar, sebagaimana yang saya terangkan diatas, hanya diubah penempatannya agar bisa tampil di layar bawah smartphone saja alias hanya berfungsi untuk versi mobile [lihat gambar dibawah ini].

iklan floating ads

Dan artikel ini akan membahas tentang cara mengubahnya. Merubah bagaimana ya? Yakni dengan memindahkan iklan sticky ads tersebut ke bawah layar versi mobile.

Proses ini diberi nama perubahan auto ads dari page level ads dengan cara mengganti gaya tampilan iklan anchor ads Google AdSense yang kadang-kadang muncul dibagian atas layar dan kadang juga muncul dibagian bawah layar smartphone.

Baca Juga : Cara Menempatkan Jenis Iklan Dengan BPK Tinggi

Saat tampil dibagian atas layar, terkadang dibagian bawah layar menjadi kosong melompong. Sehingga agar terlihat lebih padat dan tidak saling bertindihan dengan sticky header maka harus mengubah posisinya.

Lalu bagaimana cara mengubah posisi anchor ads atau overlay ads dibagian bawah untuk platform Blogger dan WordPress? Berikut langkah-langkahnya.

Cara merubah posisi Anchor/Overlay Ads di bawah layar ponsel untuk pengguna Blogger/Blogspot

Untuk bisa memindahkan anchor/overlay ads ke bagian bawah layar, anda harus menambahkan kode javascript [ , overlay: {bottom: true}] ke dalam kode iklan auto ads tersebut. Berikut langkah-langkahnya

  1. Silahkan buka Dashboard Blogger anda
  2. Setelah itu klik Theme> Edit HTML dan cari kode iklan AdSense otomatis, yang biasanya ditempatkan setelah <head> atau sebelum kode </head>
  3. Jika sudah, silahkan tambahkan kode , overlay: {bottom: true} setelah kode true. Sebagai contoh, lihat kode dibawah ini :

<script async=’async’ src=’//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js’/>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
          google_ad_client: &quot;ca-pub-741347*****91187&quot;,
          enable_page_level_ads: true,
          overlays: {bottom: true}
     });
</script>


Lihat dengan detail kode iklan diatas, yang berwarna merah itu penambahan kode jqueri untuk memindahkan overlay ads AdSense ke layar bawah ponsel.

Lalu bagaimana untuk pengguna WordPress, silahkan lakukan hal yang sama. Jika bingung, ikuti panduan dibawah ini:

Cara merubah Anchor/Overlay Ads di bagian bawah layar versi mobile untuk WordPress

Patut diketahui, anda hanya bisa mengakses cara ini apabila anda sudah punya hosting dan domain sendiri.

Jika belum, alias anda masih menggunakan platform WordPress gratisan [wordpress.com] anda tidak dapat mengkases fitur ini.

  1. Silahkan buka dashboard WordPress
  2. Setelah terbuka silahkan klik Tampilan> lalu klik Theme Editor
  3. Setelah masuk ke Theme Editor, silahkan klik pada submenu Header PHP. Apabila anda menempatkan plugin Header and Footer Injector untuk menempatkan iklan adsense otomatis, silahkan buka plugin tersebut dan cari kode iklan adsense otomatisnya.
  4. Setelah ditemukan, ikuti langkah-langkah seperti yang diterangkan diatas
  5. Jika sudah silahkan klik Save

Jangan lupa, sertakan kode-kode diatas dengan lengkap mulai dari kode koma (,) dan harus dibuka dan ditutup dengan kode { }.

Apakah ini sesuai dengan peraturan Google Adsense?

Tentu saja sesuai. Sebab, hal ini tidak melanggar peraturan adsense. Fungsinya sama seperti saat anda memparse kode iklan AdSense.

Jika anda ingin memastikan apakah menggunakan kode tersebut aman, saya sarankan agar anda membuka peraturan Google AdSense nomor 7478225 atau klik saja tautan ini.

Peraturan tersebut belum tersedia dalam bahasa Indonesia, saya sarankan agar anda mengaktifkan penerjemahan otomatis jika anda menggunakan Google Chrome.

UPDATE Terbaru

Bagi anda yang menggunakan kode iklan auto ads terbaru di AdSense, seperti yang terlihat di bawah ini:


<script data-ad-client=”ca-pub-80***********” async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>


Maka anda bisa mengakalinya dengan cara memindahkan kode publishernya [yang saya tandai dengan warna merah] ke kode auto ads lama, lalu mengikuti metode-metode selanjutnya seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Dua kode iklan diatas, baik yang baru dan yang lama sebenarnya sama. Hanya saja, kode iklan baru ini juga dapat berfungsi bagi pengguna yang menggunakan template AMP di blog.

Sehingga pengguna tidak perlu repot lagi memasang dua kode secara bersamaan yakni auto ads biasa dan auto ads untuk AMP.

Penutup

Bagi saya pribadi, memindahkan iklan floating ads jenis ini berfungsi untuk memaksimalkan penempatan iklan di posisi tertentu untuk versi mobile.

Sehingga selain tidak mengganggu, pengguna juga bisa dengan mudah untuk menutup iklan floating tersebut.

Nah demikian artikel tentang cara agar iklan adsense otomatis melayang di bawah versi mobile. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *