Ternyata Mudah! Begini Cara Buat Blog Pribadi

4 Likes Comment
cara buat blog menggunakan blogger

Artikel tentang cara buat blog pribadi dari awal hingga akhir ini berisikan puluhan artikel yang membahas mengenai cara buat blog pribadi dari awal sampai akhir menggunakan platform blogger/blogspot.

Di forum-forum masih banyak yang bertanya tentang cara buat blog pribadi, cara tempatkan widget, kode adsense dan lain sebagainya. Untuk itulah artikel ini saya buat khusus untuk anda.

Untuk membahas ini, saya telah menyusun puluhan artikel yang dapat anda pelajari satu per satu untuk belajar ngeblog dari awal hingga mahir. Perlu anda ketahui, artikel-artikel ini juga tersedia di blog saya yang lain, sehingga beberapa link akan mengarah ke sana.

Artikel-artikel ini pada disusun dengan tujuan agar anda yang ingin menjadi seorang blogger mampu memperoleh sumber daya yang lengkap tentang tutorial ngeblog.

Mulai dari cara buat email, daftar di blogger, konfigurasikan dengan Google+, widget, edit template, SEO dan lain sebagainya. Semua ini tersedia dengan gratis untuk anda.

Dan bagi anda yang tidak sabar, berikut disajikan artikel tentang cara buat blog pribadi. Ini artikelnya:

#1 Hal pertama adalah yang harus anda lakukan adalah membuat akun Gmail

Saya pikir, pada bagian ini anda sudah paham bagaimana membuat akun Gmail. Silahkan ikut panduan dari Google pada artikel ini.

#2 Cara Mengatur Profil, Nama dan Akun Googe+

Cara Mengatur Profil, Nama dan Akun Googe+ – Mungkin sudah tidak perlu kita bahas lagi didalamnya. Jika anda ingin tahu cara mengaktifkan Google+, silahkan baca artikel saya tentang cara mengaktifkan Google+.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Mengapa mengaktifkan Google+ itu penting di Blogspot? Sebab ini menjadi salah satu situs social bookmarking yang memberikan pengaruh terhadap peringkat anda di search engine. Ini sudah banyak di ulas oleh para blogger. Salah satu alasannya, tentu saja karena Google+ dan Blogger dibawah asuhan oleh Google.

Update terbaru, karena Google+ telah dinonatfikan oleh Google maka untuk mengatur profil blog silahkan pakai profil dari Blogger.com yang terletak di Setelan> Pengaturan Pengguna> dan klik menu Blogger. Untuk menyesuaikan, silahkan klik edit.

Lalu bagaimana cara membuat blog dari awal sampai akhir? Berikut artikel tentang cara membuat blog dari awal sampai mahir yang wajib anda baca jika anda ingin membuat blog. Artikel yang anda baca ini sebenarnya berisikan daftar artikel tentang cara membuat blog dari awal sampai mahir, dan tidak berisikan penjelasan-penjelasan dalam satu artikel.

Jadi, anda harus membuka link-link internal lain jika anda ingin mempelajari lebih lanju tentang fungsi dan hal-hal lain saat membuat blog. Oke kita langsung saja pada pembahasan.

Cara buat blog pribadi

Hal pertama yang harus anda putuskan ada memilih platform blogging yang tepat. Dalam artikel ini saya akan menunjukan cara membuat blog pribadi menggunakan blogger.com

Mengapa memilih blogger.com? Karena keunggulan-keunggulan yang diberikan, salah satunya adalah hosting tak terbatas yang diberikan kepada setiap pengguna. Anda juga bisa memilih WordPress, WIX, SquareSpace dan beberapa platform lain dalam ngeblog.

Jika anda ingin membuat blog secara gratis, maka silahkan saja anda numpang domain di blogger.com, atau juga di WordPress. Tetapi jika anda ingin menggunakan domain sendiri, dan ingin meningkatkan kredibilitas blog anda tersebut, maka anda harus membeli domain sendiri.

Soal domain ini, anda bisa membaca artikel saya tentang Cari Domain dan Hosting? Pilih Niagahoster saja. Di Niagahoster, anda dapat memilih domain dengan bebas, dan tentu saja harga yang diberikan cukup terjangkau.

Pelayanannya juga bagus. Setelah anda membeli domain, maka anda harus mengganti domain tersebut di Blogspot. Jika anda bingung, silahkan baca artikel tentang Cara Mengganti Domain di Blogspot yang saya buat untuk melengkapi kegalauan anda saat blog.

Tetapi, saya sarankan anda harus memilih ekstensi domain yang tepat, karena itu bisa menunjukan visi dan misi anda dalam ngeblog.

Ekstensi domain adalah akhiran dari domain yang anda pilih. Misalnya, .com, .net dan lain sebagainya. Itu adalah contoh dari ekstensi domain yang ada di internet. Ada puluhan bahkan ribuan ekstensi domain yang tersedia di Internet, dan anda dapat memilih salah satunya sebagai ekstensi domain blog anda.

Setinggan tambahan

Pada setinggan tambahan ini ada beberapa hal yang harus anda atur agar blog anda bisa mulai digunakan. Antara lain:

  • Mengaktifkan setting HTTPS Subdomain Blogger. Jika anda sudah membeli dan mengaktifkan domain sendiri, maka anda juga bisa mengaktifkan HTTPS domain Sendiri untuk blog tersebutsetting https subdomain blogger
  • Mengatur Deskripsi Blog dan Deskripsi Penelusuran. Dua hal ini saling terkait satu sama lain. Deksripsi blog adalah deskripsi tenang blog anda, yang biasanya hendak menunjukan niche apa yang anda angkatsetting deskripsi penelusuran
  • Deskripsi penelusuran adalah deksripsi tentang blog anda yang akan tampil di mesin penelusurna Google saat orang menulis domain blog anda tersebut.
  • Selanjutnya adalah mengatur fitur Robots.txt blog anda, fitur robot khusus serta fitur ads.txt untuk blog anda. Fitur-fitur ini sangat berguna untuk blog, dan anda harus mengikuti panduang-panduan yang tepat untuk mengaturnya.

Jika salah, bisa saja akan berbahaya bagi kelangsungan blog anda tersebut, terutama soal performanya di mesin telusur. Namun, khusus untuk fitur ads.txt ini sebaiknya anda jangan dulu aktifkan. Anda bisa mengaktifkannya saat anda sudah menjadi mitra dari Google Adsense.

Di Blogger.com tersedia lumayan banyak template, baik template bawaan blogger ataupun template eksternal yang disediakan oleh banyak pengembang template.

Sebagian besar template dijual dengan harga yang bersahabat, dan anda bisa membelinya kok. Tetapi kalau anda bingung cara mengganti template blogger, silahkan baca artikel saya tentang Cara Mengganti template blogger dengan baik dan benar.

Ada juga beberapa artikel tambahan yang dapat anda baca seperti Cara memasang Widget Blogger.com/blogspot, Cara Menampilkan Menu Penghasilan di Blogger/Blogspot, dan lain sebagainya. Semua hal ini bertujuan untuk melengkapi kemampuan dan pemahaman anda tentang blog.

Cara Mendaftarkan Blog di Mesin Telusur

Jika langkah-langkah diatas sudah selesai, langkah selanjutnya adalah mendaftarkannya di mesin telusur, termasuk di Google, Bing dan Yahoo. Saya sarankan agar anda mendaftar ke tiga situs pencari diatas.

Sebab, di Indonesia, 3 situs tersebut adalah situs search engine yang cukup populer digunakan oleh masyarakat, terutama orang-orang yang akan menjadi calon pembaca dan mungkin saja pelanggan dari blog anda.

Di Google, telah tersedia alat untuk mempercepat proses pengindeksan, yang digunakan dengan Gratis yakni GSC berikut cara mendaftar ke Google Search Console, Melakukan Verifikasi dan Memasukan Sitemap di Google Search Console (GSC).

Juga berikut disiapkan artikel tentang cara mendaftar ke Bing Webmaster Tools. Untuk Bing ini, sudah termasuk ke Yahoo, jadi anda tidak perlu repot lagi untuk mendaftar ke Yahoo Webmaster Tools.

Untuk melengkapi kemampuan situs anda, dan juga data-data mengenai situs anda, maka anda harus mendaftar ke Google Analitys. Ini adalah alat lain Google, yang dapat anda hubungkan dengan GSC untuk memantau performa situs web anda, termasuk data-data tambahan lain tentang situs web, pengunjung, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, ada banyak sekali alat dari Google yang dapat gunakan dengan gratis untuk memaksimalkan kemampuan blog anda, silahkan anda baca dalam artikel tentang 10 alat Google yang harus anda maksimalkan sebagai blogger.

Saya pikir, itu sudah lebih dari cukup. Sekarang saatnya bagi anda untuk menulis konten. Menulis konten di dalam dunia blogging tidak semudah seperti menulis konten yang lain, melainkan harus memaksimalkan metode-metode tertentu untuk membuat konten anda bisa tampil dihalaman pertama pencarian Google.

Hal itulah yang kemudian disebut sebagai metode menulis konten Search Engine Optimation (SEO). Untuk membuat konten jenis ini, saya telah menulis beberapa artikel lain yang juga bisa anda baca, yang terdiri dari kumpulan macam-macam SEO yang tergabung dalam kumpulan artikel tentang cara setting SEO untuk blog.

Cara setting SEO untuk Blog

Sebagai pembuka, anda bisa membaca artikel tentang cara buat konten yang ramah SEO. Disitu anda akan diberikan pengantar tentang SEO. Itu adalah ilmu dasar tentang SEO.

Tapi, agar konten anda benar-benar masuk di halaman pertama pencarian, anda harus Melakukan riset kata kunci. Mengapa harus riset? Agar anda melihat peluang dari kata kunci yang anda targetkan itu persaingannya gimana, berapa banyak blog yang telah menargetkan kata kunci tersebut dan data-data lainnya. Ada bisa melakukan riset kata kunci mengunakan Google Search Console, Semrush, Dan juga Google trends.

Dan anda juga harus memilih target kata kunci anda dengan baik dan benar. Mengapa? Sebab ini untuk melihat peluang anda bisa tampil di halaman pertama pencarian Google.

Mengapa sih harus tampil di halaman pertama pencarian Google? Jawaban sederhanannya adalah karena pengunjung blog tidak mau lagi membuka halaman kedua, ketiga dan keempat hasil pencarian Google.

Rata-rata pengunjung di mesin telusur akan mengklik artikel-artikel yang muncul di halaman pertama pencarian Google. Terutama yang muncul di hasil pencarian pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima.

Jadi anda harus berjuang untuk bisa tampil halaman pertama pencarian Google ini. Jika tidak, maka sia-sia saja konten yang anda buat. Itulah fungsi dari SEO dan juga riset kata kunci.

Anda juga bisa membaca sumber daya lain tentang cara setting SEO di blogspot diantaranya adalah Cara membuat konten yang ramah SEO, Panduan SEO tahun ini, Cara menulis konten yang baik dan benar, fakta-fakta mengenai SEO dan lain sebagainya.

Dan mungkin juga anda bisa belajar dari salah satu blog, yang tidak menerapkan SEO tetapi blognya masuk di halaman pertama pencarian Google yang termuat dalam artikel Belajar dari Katakanlah: Bukan SEO, tapi Konten.

Jika anda sudah paham tentang tiga pembahasan diatas, mari kita lanjut pada pembahasan lainnya. Yakni tentang kemungkinan anda memperoleh uang/penghasilan dari blog anda tersebut yang tergabung dalam kumpulan artikel tentang Cara memonetisasi Blog

Cara memonetisasi blog

Mungkin banyak blogger yang sudah bisa menghasilkan uang dari blognya tersebut, salah satu penghasilan tertinggi dan metode memonetisasi blog yang paling populer adalah melalui iklan. Jika anda menggunakan blogger/blogspot, memonetisasi blog menggunakan Google Adsense adalah langkah yang paling tepat.

Sebab, disitu anda tidak perlu repot untuk melakukan pengaturan, sebab konfigurasinya telah dipersiapkan langsung oleh pihak Blogger.

Dan juga, sebagai informasi bagi anda yang belum tahu bahwasanya, AdSense dan Blogger/Blogspot sama-sama merupakan bagian dari raksasa pencarian Google.

Jika juga anda ingin memaksimalkan pendapatan, anda boleh juga memperoleh penghasilan lain melalui jaringan periklanan lain seperti MGID, dan juga beberapa platform jaringan iklan yang sanggup membayar blog anda dengan cukup tinggi.

Baca Juga : Perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com

Anda juga bisa membaca artikel-artikel saya tentang tips dan trik Adsense diantaranya adalah Cara mudah diterima oleh Google AdSense, mengapa harus menggunakan Google Adsense, dan lain sebagainya.

Ada juga sumber daya lain yang dapat anda baca dan memungkinkan anda untuk bisa memperoleh penghasilan tambahan dari blog, misalnya jika blog anda adalah blog Download. Sumber daya itu akan kita bahas dilain kesempatan.

Sumber Daya Lain Dalam Ngeblog

Sebagai informasi, karena blog ini memang ditujukan untuk membuat blog dari awal sampai akhir, maka ada juga bacaan-bacaan dan referensi tambahan yang bisa anda baca untuk melengkapi kemampuan ngeblog anda.

Seperti artikel tentang Cara mengecek link yang rusak di blog, cara cek konten plagiat di blog, cara mengecek skor plagiat semua konten didalam blog kita, kesalahan-kesalahan umum dalam ngeblog, 5 rekomendasi widget keren untuk blog, cara buat alat parse HTML di blogspot, cara menempatkan iklan Adsense dibawah judul Blog, Cara mudah pasang iklan Adsense diatas, tengah dan Bawah Postingan Blog, dan beberapa sumber daya lain.

Ada juga beberapa artikel tentang cara jitu tingkatkan visitor blog dengan mudah, cara menghitung skor SEO blog dengan baik dan benar, Cara melakukan Parse HTML untuk Kode Iklan Adsense dan lain Sebagainya.

Semua itu akan kita bahas disini, diartikel ini. Itu artinya, isi konten artikel ini akan terus diperbaharui dari waktu ke waktu.

Penutup

Membuat blog pribadi itu sebenarnya mudah. Yang susah hanyalah bagaimana membuat blog itu terus eksis dari waktu ke waktu. Nah demikian artikel tentang cara buat blog pribadi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *