Cara Cek Dan Perbaiki Broken Link Di Postingan Blog [Untuk Blogger dan WordPress]

4 Likes Comment
broken link

Banyak blogger yang tidak menyadari bahwa broken link cukup berbahaya bagi blog karena bisa mempengaruhi performa blog secara langsung, termasuk didalamnya kualitas SEO dan posisi blog di search engine

Jadi, meskipun anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan SEO blog, mencari backlink kesana kemari tapi jika di blog anda masih ada link mati maka usaha tersebut akan sia-sia.

Saya sendiri selalu melakukan pengecekan link mati didalam postingan secara berkala, maksimal tiga bulan sekali. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada link yang mati atau tidak.

Jika ada link mati di blog setelah melakukan pengecekan maka akan saya hapus karena pengaruhnya sangat besar bagi kesehatan blog itu sendiri.

Karena bagi saya pribadi, link yang mati memiliki korelasi yang kuat terhadap menurunnya trafik, SEO hingga kesehatan blog jangka panjang.

Apa itu broken Link?

Broken link adalah link rusak, mati atau tidak berfungsi yang ada di dalam blog. Broken link dalam bahasa indonesia berarti link rusak.

Biasanya, link yang rusak ini akan diberi kode 404 [umumnya] dan 505 [sebagian kasus]. Selain mempengaruhi pada posisi blog di search result juga mempengaruhi kualitas SEO on pagenya.

Secara umum, link yang rusak ini terbagi menjadi tiga macam, antara lain:

a. Broken link eksternal

Berarti link yang rusak itu mengarah ke luar atau blog lain. Ini biasanya terjadi apabila anda sering menggunakan referensi, memberi backlink atau menautkan artikel anda ke blog orang lain.

Saat blog atau artikel yang ada tautkan tadi di hapus oleh pemiliknya maka secara otomatis linknya akan mati atau rusak.

b. Broken link internal

Broken link internal berarti ada link yang mati didalam blog anda. Misalnya begini, anda sering menautkan artikel anda dengan konten lain yang ada di dalam blog anda.

Apabila artikel yang ditautkan tersebut sudah anda hapus maka linknya secara otomatis akan mati. Jika anda menggunakan WordPress secara langsung akan teredirect.

Namun jika anda menggunakan Blogger, anda hanya punya dua pilihan. Mengalihkannya secara manual atau menghapusnya.

c. Bad host

Sebenarnya, bad host tidak termasuk broken link. Hanya saja beberapa tools mengkategorikan bad host ini sebagai link yang rusak.

Biasanya jika anda menggunakan tools untuk mengecek link rusak di dalam postingan blog seperti Broken Link Chacker maka bad host ini juga akan terdeteksi sebagai link rusak.

Bad host biasanya disebabkan oleh server yang lambat, pengalihan https yang lemot atau penggunaan Cloudfare untuk menghindari serangan DDoS seperti gambar dibawah ini.

broken link

Untuk poin yang ketiga ini, anda tidak perlu menghapusnya. Karena masih termasuk link yang hidup, hanya saja proses penguraian atau pendeteksiannya saja yang lambat.

Anda boleh menghapusnya boleh juga tidak. Untuk beberapa kasus, seperti misalnya jika anda menautkan ke Niagahoster yang menggunakan fitur Cloudfare ini, sebaiknya gak perlu hapus.

Manfaat menggunakan redirect ini sangat banyak. Mulai dari mendeteksi IP spam, menghindari jingling dan lain sebagainya.

Cara mengatasi broken link di dalam postingan blog

Saat ini ada banyak tools yang dapat digunakan secara gratis untuk mengecek sekaligus mengatasi link rusak didalam postingan blog.

Dan, di artikel kali ini saya akan mengulas cara menggunakan tools tersebut guna mengatasi link rusak untuk platform Blogger dan WordPress.

Lalu bagaimana cara mengatasi broken link didalam postingan blog? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

#1 Cara cek broken link untuk Blogger/Blogspot dan cara mengatasinya

Jika anda menggunakan blogger, anda bisa menggunakan tools borken link checker untuk mengecek link yang rusak atau mati didalam postingan blog. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan masuk ke Broken Link Checker atau klik saja tautan ini
  2. Setelah masuk ke BLC, langkah berikutnya adalah memasukan URL blog anda secara lengkap pada kolom kosong yang terletak dibagian kiri atas [lihat gambar dibawah]broken link
  3. Setelah itu jangan lupa kode masukkan keamanan berupa angka dan hurufbroken link
  4. Setelah memasukan kode keamanan silahkan tekan tombol Find Broken Link Now dan tunggu prosesnya sampai selesaibroken link

Jika artikel anda sudah banyak atau diatas seribu artikel maka ini prosesnya akan sedikit lama. Tetapi jika artikel anda masih sedikit, maka prosesnya tidak terlalu lama. Jadi, anda bisa menunggu sambil minum kopi atau mengetik konten blog untuk hari ini.

Cara memperbaiki broken link di postingan blogger/blogspot

Setelah proses pengecekannya selesai, anda akan disuguhkan daftar link yang rusak. Hebatnya lagi, selain mendeteksi link rusak, broken link checker juga memberi petunjuk dimana link itu berada.

Untuk mengecek halaman yang rusak, silahkan klik saja tulisan URL yang berwarna hijau. Jika anda ingin mengecek keberadaan link rusak tersebut anda bisa klik tulisan urc.

cara mengecek broken link didalam postingan blog

Setelah mengetahui link mana yang rusak, anda bisa masuk ke dashboard blogger lalu cari judul artikel yang didalamnya ada link rusak.

Setelah itu, ganti dengan URL lain atau url baru. Lakukan hal ini sampai semua link yang rusak tersebut diperbaiki.

Selain dapat mengecek link yang rusak dengan kode 404, Broken link checker juga dapat mendeteksi link keluar yang berdampak buruk bagi performa blog, biasanya ditunjukkan dengan tulisan bad host.

Jika ada link keluar dari blog anda yang memiliki bad host, maka ada dua kemungkinan: Website tersebut sudah mati dan kedua, website tersebut sedang redirect atau menggunakan cloudfare.

Karena itu, sebaiknya cek satu per satu link yang bad host tersebut. Jika hanya pengalihan cloudfare seperti yang saya sebutkan diatas, anda tidak perlu menghapusnya.

#2 Cara mengecek broken link di blog WordPress [khusus wordpress.org] dan cara mengatasinya

Untuk mengecek broken link di WordPress menggunakan plugin ada baiknya anda sudah punya hosting dan domain sendiri.

Jika anda masih menggunakan platform WordPress gratisan [WordPress.com] anda tidak bisa menggunakan fitur ini.

Lalu bagaimana cara mengecek broken link di WordPress menggunakan plugin? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan masuk ke dashboard WordPress anda
  2. Setelah itu klik Plugin> Tambah Barucara mengecek broken link didalam postingan blog
  3. Pada kolom pencarian yang ada silahkan cari plugin WP broken link status checker lalu install dan aktifkan
  4. Jika sudah maka akan muncul menu WP link Status di kolom menu WordPress yang terletak di sebelah kananbroken link
  5. Klik menu WP link Status> lalu klik Add New Scancara mengecek broken link didalam postingan blog
  6. Disini silahkan masukkan nama Scan, jangan lupa centang kolom link dan Imagebroken link
  7. Setelah itu scroll ke bawah sampai ada menemukan dua perintah lalu klik Save and run Crawlerbroken link
  8. Tunggu proses scannya sampai selesai
  9. Jika proses scan sudah selesai langkah berikutnya klik pada nama scan yang baru saja dibuat untuk diarahkan pada menu info Scancara mengecek broken link didalam postingan blog
  10. Disini silahkan cari tulisan 400s Eror lalu cari link mana yang rusak [termasuk gambar]. Untuk mengeditnya, silahkan arahkan kursor pada judul artikel di kolom content lalu klik edit. Lakukan cara ini sampai semua artikel yang ada broken linknya selesai diperbaikicara mengecek broken link didalam postingan blog

Sebenarnya, jika penyedia hosting anda mendukung penguraian database, anda bisa juga menggunakan tools broken link chacker diatas untuk mengecek dan mengatasi link rusak dipostingan WordPress.

Karena dalam dalam beberapa kasus, untuk alasan keamanan, beberapa penyedia hosting tidak mengijinkan tools lain memasuki area database salah satunya adalah Niagahoster.

Penutup

Mengecek link yang rusak adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan performa blog di search engine, sekaligus meningkatkan kualitas SEO-nya.

Saran saya, ada baiknya anda mengeceknya secara tentatif. Misalnya sebulan sekali atau tiga bulan sekali hingga 6 bulan sekali.

Tapi usahakan jangan lebih dari satu tahun, karena pasti sudah banyak link yang rusak. Berarti pekerjaan anda juga akan bertambah.

Demikian artikel tentang cara mengecek dan mengatasi broken link didalam postingan blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *