Ingin Jadi Blogger Yang Sukses? Baca Dulu 7 Poin Ini

9 Likes Comment
mau jadi blogger

Banyak yang ingin jadi blogger yang sukses. Meski kata sukses ini sendiri relatif bagi setiap orang. Dan, sukses juga bukan menjadi tolak ukur mutlak bagi seluruh blogger.

Dalam dunia blogging, kata sukses ini sebagian besar merujuk pada penghasilan yang diperoleh dalam jangka waktu tertentu, misalnya setiap bulan atau setiap tahun.

Hal ini juga yang membuat aktivitas blogging menjadi sangat populer sekarang ini. Tapi, banyak blogger yang akhirnya berhenti, membiarkan blognya terbengkalai begitu saja.

Selama berbulan-bulan tidak ada update artikel. Sampai akhirnya blog itu benar-benar vakum. Kisah semacam ini sering kali saya baca dari berbagai ulasan tentang alasan berhenti menjadi blogger.

Sebagian besar alasan tersebut sifatnya subjektif. Namun kalau diperhatikan dengan seksama, salah satu alasan utamanya ya itu tadi, penghasilan.

Kalau ditarik lebih dalam lagi alasan ini, perolehan penghasilan ini disebabkan oleh trafik atau lalu lintas. Yang berarti, blog mereka jarang di kunjungi orang lain sehingga kurang menghasilkan.

Berbicara tenang dunia blogging, ada banyak hal-hal sederhana yang mungkin sangat berpengaruh terhadap ukuran kesuksesan setiap orang.

Hal-hal sederhana semacam inilah yang membuat orang lupa kalau dunia blogging itu seperti kehidupan manusia biasanya.

Yang harus dilalui tahap demi tahap, proses demi proses. Dengan kepercayaan bahwa tidak ada aktivitas blogging yang tidak membuahkan hasil.

Proses ini juga harus dicintai dan dilalui dengan hati terbuka. Kalau enggak, bisa jadi blog anda itu bisa gak bakalan bisa sukses.

Sayangkan, kalau waktu yang digunakan untuk blogging terbuang begitu saja? Apalagi jika aktivitas ini sudah dilakoni selama bertahun-tahun.

Yang mungkin saja, jika aktivitas itu diganti dengan aktivitas lain, seperti misalnya ternak ayam atau ternak lele, mungkin omsetnya sudah puluhan juta.

Di artikel kali ini saya ingin mengulas hal-hal sederhana itu, yang mungkin mempengaruhi jumlah penghasilan yang diperoleh setiap blogger.

Saya sengaja mengupasnya agar anda bisa tahu bagaimana langka-langkah yang harus ditempuh untuk bisa jadi blogger yang sukses.

Ingin Jadi Blogger Yang Sukses? Baca Dulu 7 Poin Ini

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut saya sajikan 7 hal sederhana yang harus diketahui jika ingin jadi blogger yang sukses. Poin apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Harus konsisten

Bagi saya pribadi, konsisten adalah kunci keberhasilan. Bukan hanya dalam dunia blogging, tetapi juga dalam setiap aktivitas yang dilakoni.

Dalam artian apa? Dalam arti keputusan yang diambil saat pertama kali terjun ke dunia blogging. Agar lebih paham, saya membagi kata konsisten ini menjadi tiga macam, yakni:

a. Konsisten buat konten

Konten dalam dunia blogging ibarat mata dan kepala. Jika kepala manusia tak punya mata, maka otak hanya bisa berpikir tapi tak bisa melihat kenyataan yang ada.

Sementara, jika hanya punya mata tapi tak punya kepala, maka hanya terus melihat tanpa berpikir. Ia mungkin akan menjadi orang yang gak berguna.

Begitu juga dalam dunia blogging. Konten itu sangat penting bagi sebuah blog. Blog membutuhkan konten, konten juga membutuhkan blog.

Setiap minggu, sedapat mungkin agar anda membuat satu artikel saja. Bukan sembarang artikel ya, melainkan artikel yang berkualitas.

Setelah buat artikel, jangan lupa daftarkan di Google Search Console agar artikel itu cepat terindeks di Google sehingga orang-orang bisa isinya.

b. Niche yang diambil

Niche adalah topik blog yang dipilih. Saran saya, sebaiknya pilih satu topik blog yang mencerminkan minat dan bakat anda.

Jika anda suka membuat cerita seperti cerpen atau cerber, ada bisa angkat niche blog tentang cerita. Jika anda pandai menggunakan komputer, anda bisa berbagi tentang tips dan trik menggunakan komputer.

Boleh-boleh saja jika anda mengangkat niche gado-gado. Tapi sedapat mungkin orientasi artikelnya lebih mengarah ke satu topik.

Ada banyak topik blog yang bisa anda pilih saat ini. Bisa pilih topik blog yang populer dari waktu ke waktu atau bisa juga pilih topik yang sedang tren saat ini.

c. Template yang digunakan

Selanjutnya adalah template yang digunakan. Pengunjung lebih suka template blog yang tidak diganti-ganti karena mereka menginginkan sesuatu yang sifatnya akrab dan familiar, sekalipun mereka tidak pernah mengunjungi blog anda.

Kalaupun diganti sebaiknya hanya saat keadaan terpaksa saja. Misalnya karena blog anda mengalami deindex gara-gara template.

Saran saya pililhlah template blog yang sederhana, menarik secara visual dan loadingnya cepat. Ada banyak template gratis dan premium yang tersedia saat ini.

Baik untuk platform WordPress atau untuk platform Blogger. Usahakan juga template tersebut ramah untuk setiap perangkat dan browser yang digunakan pengguna.

2. Mampu mengatasi berbagai masalah yang ada

Ada banyak masalah dalam dunia blogging. Secara umum, masalah-masalah ini terbagi menjadi dua hal utama, antara lain:

a. Masalah dalam diri

Masalah paling utama dan pertama saat menjadi seorang blogger adalah dirinya sendiri. Hambatan paling besar adalah bagaimana membuat postingan yang konsisten. Soal konsistensi ini sudah saya singgung dibagian atas.

Usahakan juga setiap tulisan anda itu muncul karena keinginan menulis. Karena, pengunjung sangat suka dengan gaya tulisan semacam ini.

Yang mungkin belum anda ketahui adalah setiap tulisan yang anda tulis di blog itu secara tersirat menggambarkan emosi dan suasana yang sedang dialami penulis.

Kalau terlalu banyak penekanan kata atau kalimat yang cenderung monolog, mungkin si penulis sedang emosi atau marah.

Kalau banyak yang typo, kalimat-kalimat yang tidak mengalir mungkin si blogger sedang terburu-buru dan sering mengejar kuantitas dibanding kualitas.

Kejadian semacam ini sering dijumpai dalam dunia blogging. Istilah ini saya sebut sebagai bentuk kecerobohan, yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja.

Untuk poin ini, saya juga lebih suka menyebutnya sebagai hambatan ketimbang masalah. Karena sifatnya yang personal sekali.

Saran saya, kalau anda lagi stres, galau, patah hati atau sedang mengalami six sense yang tumpul, sebaiknya jangan dulu menulis.

Boleh-boleh saja menulis, tapi usahakan tulisan tersebut di sunting terlebih dahulu, agar pembaca juga nyaman dengan isi tulisan.

b. Hambatan teknis

Dalam hambatan teknis, terkadang banyak blogger mengalami kendala seperti mengatur posisi template, edit <html> atau <php?> serta hambatan teknis lain.

Kondisi ini sebenarnya adalah hal yang wajar, karena tidak setiap blogger itu pandai mengutak-atik script.

Kadang juga, hambatan seperti inilah yang membuat seorang blogger malas dan ogah ngurusi blognya. Karena, mereka tidak nyaman dengan tampilan visual blog mereka sendiri.

Dalam dunia marketing, tampilan adalah pesona pendukung yang sangat penting. Karena bisa mempengaruhi kepercayaan diri, motivasi dan kinerja.

Coba lihat seller-seller yang menjajakan produk-produk kecantikan atau obat urut organ vital, rata-rata cantik-cantik dan ganteng-ganteng [tidak semuanya].

Atau, coba perhatikan SPG di Mall saat ada rilis mobil baru. Sebagian besar cantik dengan body ah, karena memang tujuannya untuk menjadi pusat perhatian.

Tapi ada satu hal penting yang harus saya sampaikan kepada anda bahwa faktor teknis ini tidak terlalu urgent dalam dunia blogging. Saat orang menelusuri konten di Google, semua yang ditampilkan pada dasarnya sama.

Mulai dari font, struktur, hingga warna tulisan. Jadi, secara tidak langsung, pengunjung tidak akan tahu bagaimana tampilan blog anda bagaimana. Kecuali mereka sudah pernah berkunjung.

Jadi, kalau ada masalah teknis semacam ini, yang mungkin menghambat anda untuk aktif di blog, sebaiknya ubah mindest atau pola pikir anda terlebih dahulu.

3. Tidak cepat putus asa

Semua orang pasti pernah putus asa. Dan ada banyak hal yang bisa membuat orang putus asa, misalnya karena gagal diterima mantan kerja dan lain sebagainya.

Dalam kasus blogging, rasa putus asa ini paling sering terjadi adalah saat blognya gagal diterima oleh AdSense meskipun sudah mencoba berkali-kali.

Sehingga, si blogger mulai ogah ngurusi blognya tersebut. Sikap putus asa ini sering dijumpai. Dan menurut saya pribadi, sikap semacam ini sah-sah saja.

Tapi hanya karena alasan anda berhenti ngeblog? Ayolah, ada banyak hal yang seharusnya anda pikirkan ketimbang uang. Jangan melulu berorientasi pada duit.

Karena uang akan datang dengan sendirinya. Toh, ada puluhan cara menghasilkan uang dari blog, selain dari iklan.

Karena itu, ubah mindset atau cara berpikir seperti itu. Cobalah lihat sesuatu dari sudut pandang yang lain. Jika gagal, terus berusaha. Jika setelah berusaha masih gagal juga, berarti ada yang salah.

Karena itu, kenali diri anda, passion anda dan selalu lakukan evaluasi. Dan pegang satu prinsip penting saat menjadi blogger yakni tidak ada kerja keras yang tidak membuahkan hasil.

4. Punya motivasi yang kuat

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Pada poin ke 4 ini saya ingin mengatakan satu hal, bahwa salah satu cara untuk menghadapi keputus-asaan tadi adalah dengan memiliki motivasi yang kuat.

Ada banyak kisah sukses selama menjadi blogger yang sudah diceritakan oleh para master-master yang sudah banyak makan asam garam di dunia blogging. Kisah-kisah semacam ini secara langsung mempengaruhi emosi anda.

Yang berarti, ada motivasi yang didapatkan setelah membaca artikel tersebut. Motivasi juga terkadang datang dari hal-hal yang sederhana.

Jika anda ingin sukses menjadi seorang blogger, anda harus punya motivasi yang kuat. Motivasi ini juga akan membantu mengubah mindset atau pola pikir gagal tadi.

5. Agar bisa menghasilkan maka harus pasang iklan

Salah satu alasan mengapa sebuah blog tetap ada karena blog tersebut sudah menghasilkan. Menghasilkan apa? tentu saja uang.

Uang ini dapat digunakan untuk perpanjangan domain, hosting dan mungkin juga untuk mengupdate template yang digunakan.

Karena biasanya, ada versi terbaru dari template yang digunakan itu. Biasanya juga, versi terbaru ini disiapkan setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Disisi lain, saya juga ingin membantah satu hal, bahwa cara menghasilkan uang dari blog juga bukan hanya lewat iklan.

Berarti ada cara lain dong? Tentu saja da. Seperti content placement, influencer, url shortener, infografis promosi, ulasan bersponsor dan lain sebagainya.

Kalau anda bisa manfaatkan semua cara ini dengan optimal, maka blog anda bisa menjadi sumber uang, yang mungkin bisa jadi modal nikah dan usaha anda.

6. Belajar SEO

SEO adalah satu metode pengoptimalan konten di mesin telusur. Ada banyak artikel yang memungkinkan anda untuk belajar SEO.

Oleh karena itu, sebelum benar-benar terjun ke dunia blogging, sebaiknya pelajari dulu cara menggunakan SEO, bagaimana menerapkannya, apa fungsinya dan lain sebagainya.

Bagi saya, ini basic sekali. Karena kemampuan menerapkan SEO dapat menentukan popularitas blog anda di search engine.

Jadi, pelajarilah SEO dengan seksama. Luangkan waktu minimal seminggu untuk belajar tentang SEO. Kalau perlu, cari mentor yang mungkin bisa membantu proses pembelajaran tersebut.

7. Sharing

Langkah sederhana yang terakhir adalah sharing. Pada tahap sharing ini, saya membaginya menjadi tiga komponen utama, antara lain:

a. Promosi

Promosi juga merupakan salah satu cara sharing berbayar baik menggunakan Facebook. Twitter, atau Google AdWords.

Apa tujuan dari promosi ini? Untuk memperkenalkan kepada orang lain bahwa anda punya blog dengan pembahasan yang unik.

Jika anda tidak punya dana untuk promosi, saya sarankan agar anda melakukan teknik promosi secara gratis. Teknik ini akan ada pada poin b.

b. Share di medsos

Ini termasuk kategori promosi gratis, dimana anda membagikan artikel-artikel yang baru saja anda posting itu di media sosial, entah di Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

Kalau perlu, anda bisa buat Fanspage baru di Facebook, sebagai platform resmi agar anda bisa share setiap postingan blog anda di media sosial.

Apa pentingnya sharing ini? Sangat penting. Karena selain bisa mendatangkan pengunjung, juga bisa meningkatkan popularitas blog anda.

Popularitas ini selalu berkaitan dengan banyak aspek penting bagi sebuah blog, seperti Domain Authority, page authority, backlink dan lain sebagainya.

c. Berbagi dengan blogger lain

Yang terakhir adalah berbagai kemampuan dengan blogger lain. Dari kegiatan ini, anda mungkin bisa menadpatkan pengetahuan baru tentang blog yang tidak anda ketahui sebelumnya.

Kalau perlu, anda bisa bergabung dengan komunitas blogger online atau offline. Entah di grub Facebook, Grub WhatsApp dan lain sebagainya.

Jangan anggap remeh hal ini, karena dari setiap pengalaman para blogger itu, ada satu pelajaran berharga yang anda dapatkan.

Pelajaran seperti inilah yang membuat anda paham dan mengerti tentang proses yang harus dilalui saat menjadi blogger.

Penutup

Tidak ada kerja keras yang tidak membuahkan hasil, kira-kira itulah kesimpulan dari artikel ini. Saya sengaja tulis artikel ini karena memang saya juga sempat gagal menjadi seorang blogger.

Kegagalan ini terjadi berkat kecerobohan saya sendiri. Yang lebih mementingkan kuantitas di banding kualitas artikel.

Dimana, saya selalu buat artikel yang panjang, padahal banyak yang typo, makna kalimat yang berantakan dan lain sebagainya. Saya juga gak fokus pada satu niche.

Dan mungkin, jika anda masih pemula dalam dunia blogging, anda bisa belajar dari pengalaman semacam ini.

Dan, bukan cuma saya juga yang punya pengalaman seperti ini, ada banyak blogger, yang mungkin lebih parah dari yang saya alami.

Demikian artikel tentang 6 tips untuk menjadi blogger yang sukses. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *