10 Ciri-Ciri Blogger Yang Bakalan Sukses

2 Likes Comment
ciri-ciri blogger yang sukses

Setidaknya, ada 10 ciri-ciri blogger yang bakalan sukses. Namun, sukses atau tidaknya seorang blogger ditentukan dari tindakan dan pandangannya dalam membangun blog.

Tindakan dan pandangan ini pada dasarnya dipengaruhi oleh motivasi, tujuan dan juga pengetahuan yang ia miliki.

Seperti yang telah dikatakan oleh banyak blogger lain, bahwa tidak mudah untuk membangun sebuah blog yang sukses dan menguntungkan.

Ada kerja keras dan upaya yang tidak sedikit. Yang berarti, membuat blog agar bisa dikenal oleh banyak orang tidaklah mudah.

Bagi blogger pemula, kadang mereka tidak memperhatikan detail-detail penting saat membuat blog. Yang pada akhirnya, ini menjadi boomerang yang akan menunjukan kegagalan mereka sendiri sebagai blog.

Tapi, seorang blogger yang sukses tidak bisa diukur dengan indikator tertentu, melainkan lewat ketekunan dan keuletan dirinya sendiri.

Dan dengan kata lain, ada ciri tertentu yang bisa dijadikan tolok ukur untuk bisa menyebut calon blogger yang akan sukses di kemudian hari

10  Ciri-Ciri Blogger Yang Bakalan Sukses

Secara umum, setidaknya ada 10 ciri-ciri blogger yang bakalan sukses. Ciri-ciri inilah yang akan dibahas dalam artikel ini. Berikut daftarnya.

1. Membagikan apa yang ia ketahui

Yang pertama dan paling penting adalah membagikan apa yang ia miliki. Ciri khas sebuah blog mengikuti standar pemilik blog. Selain itu, juga dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman blogger sehari-hari.

Pengalaman ini pada dasarnya adalah kemampuannya dalam membagikan apa yang ia miliki. Misalnya, seorang blogger yang punya kemampuan coding yang baik, ia bisa membagikan pengalaman tersebut kepada orang lain lewat blog.

Dan inilah yang dimaksud dari poin pertama ini. Dengan kata lain, membagikan pengalaman adalah unsur pertama dan paling Utama agar blog tersebut sukses.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Foto Referensi Untuk Blog

Jika anda membagikan sesuatu yang diluar dari kemampuan anda, maka sudah pasti artikel tersebut terasa akan garing dan tidak menarik bagi orang lain.

Meskipun nilai kunjungannya tinggi, menempati peringkat pertama di Google tetapi tentu tidak memuaskan orang lain.

Saya sendiri juga banyak melakukan hal serupa didalam blog ini. Kadang saya membahas artikel tentang kesehatan yang saya sadur dari artikel-artikel luar, kadang juga artikel mengenai bencana dan geologi.

Jika anda ingin menjadi blogger yang sukses hal paling pertama yang harus anda lakukan adalah membagikan pengetahuan anda yang sekarang.

2. Merasa puas terhadap yang ia tulis

Maksudnya begini, ibaratnya anda minum air setelah berolahraga. Satu teguk mungkin anda kurang puas, dua teguk belum terlalu dan setelah tiga teguk barulah anda puas.

Begitu juga dalam dunia blogging. Kadang, artikel-artikel yang ditulis itu butuh penyempurnaan dari waktu ke waktu. Seorang blogger yang bakalan sukses akan menikmati proses penyempurnaan ini dari waktu ke waktu.

Karena menurutnya, jika pengunjung puas saat kunjungan pertama pada dasarnya ia akan berusaha kembali saat ia membutuhkan informasi serupa.

Baca Juga : 6 Alasan Mengapa Harus Mengedit Artikel Lama di Blog

Pada prinsip ini, berarti anda berusaha agar blog anda itu bisa dikenal orang lain. Soal estetika dan desain blog itu urusan belakangan, yang Utama adalah konten.

Jika konten anda menarik minat banyak orang, sekalipun desain dan navigasi blog anda buruk maka sudah pasti unsur konten akan mengalahkan yang lain.

Perlu dipertegas lagi, jika anda mampu memaksimalkan semua hal ini, dengan membuat blog yang menarik, serta konten yang unik, potensi pengunjung untuk kembali ke blog akan terbuka lebar.

3. Terus artikel yang berkualitas

Apa ukuran agar suatu artikel yang berkualitas? Banyak ukurannya. Namun, jika anda blogger pemula, ukurannya mulai dari konten yang Panjang, yang membahas dari A-Z serta menulis dengan gaya bercerita.

Kalau memungkinkan, anda bisa menambahkan visualisasi lain seperti gambar dan juga Infografis. Tetapi, itu bleum cukup. Oleh karena itu, anda harus terus memproduksi artikel-artikel yang berkualitas dari waktu ke waktu.

Saran saya, minimal anda membuat satu artikel seminggu untuk artikel yang berkualitas seperti yang saya maksud. Misalnya, jika niche anda tentang Makanan, maka anda bisa membuat satu artikel yang berkualitas tenang makanan.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel Panjang Untuk Blog

Lakukan ini terus menerus. Dan ingat, jangan pernah mengcopy artikel orang lain dan berusaha semaksimal mungkin agar anda tidak merewrite artikel.

Mengapa? Sebab menjadi blogger anda dituntut untuk memproduksi artikel-artikel baru, original dan panjang. Karena disinilah kunci blogger.

Namun pada poin ini sebaiknya anda tidak terlalu memaksakan diri anda untuk update artikel setiap hari. Semampu anda saja yang penting blog itu tidak vakum dalam jangka waktu cukup lama, misalnya 3 bulan atau mungkin 1 tahun.

4. Mengangkat satu niche saja

Di era ini, setiap hari ada saja blog yang dibuat dengan tujuan yang mungkin sama seperti tujuan anda. Dan kebanyakan dari mereka mengangkat tema yang umum misalnya, kesehatan, makanan, gaya hidup dan lain sebagainya.

Ini tidak salah tapi tidak sepenuhnya benar. Karena, niche besar macam itu pesaing sudah tentu banyak. Jika blog anda masih baru, mungkin butuh bertahun-tahun untuk bisa merengsek naik ke peringkat pertama.

Oleh karena itu, saran saya, pilihlah satu subniche dari niche besar tadi. Soal ini sebenarnya saya sudah ulas dalam artikel saya tentang daftar niche terpopuler.

Misalnya begini, anda ingin mengangkat niche mengenai kesehatan. Dalam niche tersebut, ada subniche lain misalnya kesehatan hewan, bakteri, virus, penyakit dan lain sebagainya. Pilihlah salah satu subniche tersebut agar blog anda lebih berwarna dan lebih spesifik membuat artikel.

5. Belajar terus soal SEO

Setidaknya, menurut Yoast SEO, ada 16 poin kunci dari SEO. Dari 16 poin kunci ini, 13 dibagi menjadi SEO intern dan factor readiblitas.

Disini memang saya tidak membicarakan lebih dalam mengenai SEO karena ulasannya bakalan Panjang. Melainkan, saya membicarakan hal-hal teknis saja.

Baca Juga : Cara Agar Artikel Langsung Berada Di Halaman Pertama Google

Dan SEO itu sifatnya fleksibel alias berubah-ubah karena pada dasarnya SEO berusaha memahami logaritma yang diterapkan oleh Google dan berusaha menerapkannya pada postingan blog.

Jika anda ingin sukses dalam dunia blogging, belajarlah tentang SEO terus menerus. Sembari berusaha membuat postingan yang bagus dan menarik, anda berusaha memaksimalkannya di mesin telusur dengan pengoptimalan SEO dimaksud.

6. Tidak terobsesi dengan penghasilan

Rata-rata blogger yang ingin ngeblog dengan tujuan uang pada akhirnya akan frustasi dan menyerah sendiri. Dan mungkin, beberapa dari mereka itu terobsesi untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Jika anda mulai ngeblog dari tahun 2006 sampai 2012 mungkin menghasilkan uang dari blog cukup mudah. Hanya butuh beberapa bulan saja.

Tapi tidak sekarang. Massifnya perkembangan informasi, lahirnya blogger-blogger baru serta persaingan industry periklanan yang tinggi membuat upaya untuk menghasilkan uang dari blog lebih sulit.

Oleh karena itu anda harus realistis. Ubah pandangan anda mengenai blog dan jangan berhenti. Banyak blogger yang punya pengalaman bertahun-tahun baru bisa gajian.

Baca Juga : Butuh Berapa Lama Baru Bisa Gajian Dari AdSense?

Anda juga bias punya pengalaman serupa. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membaca pengalaman orang lain selama ngeblog karena ini penting untuk agar anda tidak terobsesi dengan penghasilan seorang blogger.

Dan yang paling, buat rencana ngeblog yang matang misalnya, mulai dari membuat konten, memonetisasinya hingga berhasil payout.

Jika anda membuat target, rasanya tidak akan mencapai target terlebih jika berbicara soal monetisasi. Karena itu, baiknya anda tidak terobsesi dengan penghasilan saat ngeblog karena ini bisa menjadikan anda seorang calon blogger yang sukses.

7. Rajin-rajinlah blogwalking

Dunia maya adalah dunia yang tak terbatas. Di dunia maya, anda bisa temukan ratusan bahkan ribuan konten yang menceritakan pengalaman mereka tentang ngeblog.

Belajarlah dari situ. Karena biasanya, cerita tersebut adalah benar adanya dan tidak dibuat-buat. Selain itu, bergabung juga dengan forum-forum blogger baik di forum internet, di media social atau di grub WhatsApp.

Hal ini sangat penting sebab anda bsia belajar dari pengalaman blogger-blogger lain. Dan jika anda punya masaah mengenai blog anda bisa mencari solusinya dengan mudah dan cepat.

8. Mampu membagi waktu

Nah ini yang terkadang dilupakan oleh blogger. Karena keasikan membuat konten, membuat artikel untuk blog atau berselancar di dunia maya, hubungannya dengan dunia luar itu terputus.

Oleh karena itu, baiknya anda bisa membagi waktu antara membuat konten lalu mempublikasikannya dengan waktu untuk berinteraksi dengan keluarga, gebetan, pacar atau mantan serta teman-teman anda.

Kalau memungkinkan, baiknya juga anda punya pekerjaan lain selain jadi blogger. Ini untuk membantu anda menyesuaikan dengan kehidupan maya dan nyata.

9. Selalu menjaga kesehatan

Karena keseringan menghadap laptop, mengurusi blog dan membuat artikel baru banyak blogger yang akhirnya tidak memperhatikan kesehatannya sendiri. Padahal ini adalah unsur paling utama agar aktivitas ngeblog yang dilakukan itu lancar.

Salah satu resiko terbesar menjadi seorang blogger adalah menurunnya fungsi mata. Hal ini tidak mengherankan karena radiasi layar komputer yang dapat membuat fungsi mata berkurang. Perhatikan hal ini dan jangan sesekali mengangap remeh kesehatan diri anda.

10. Selalu bersyukur dan berdoa

Seperti pepatah lama, Syukuri apa yang anda jalani dan jalani saja apa yang anda yakini. Karena kerja keras pada akhirnya akan membuahkan hasil.

Membangun blog itu ibaratnya menanam bunga, yang harus disiram tiap pagi, dirawat dengan baik dan saat ia berbunga, bunganya itu bisa memperindah taman dan halaman rumah anda.

Dengan kata lain, bunga tersebut bisa layu jika tak disiram atau di rawat. Oleh karena itu, tugas anda adalah menyiramnya lalu merawatnya.

Hukum ini juga berlaku untuk blog. Lakukan hal serupa agar blog anda bisa menjadi asset penting bagi anda di kemudian hari.

Penutup

Jika orang-orang mapan berinvestasi dengan uang, maka sebagai blogger anda berinvestasi dengan informasi. Informasi ini anda tulis lewat blog.

Dengan kata lain, pada akhirnya investasi yang anda buat itu bisa menjadi uang yang dapat anda gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Tanamkan prinsip ini dalam diri anda dan perhatikan 10 diatas agar anda bias menjadi seorang blogger yang sukses di kemudian hari.

Nah demikian artikel tentang 10 Ciri-Ciri Blogger Yang Bakalan Sukses. Semoga artikel ini bias bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *