Blogger Atau WordPress, Mana Yang Lebih Baik?

3 Likes Comment
blogger atau wordpress

Blogger Atau WordPress, Mana Yang Lebih Baik? – Banyak orang yang sering menayakan hal ini. Manakah yang lebih baik? Menurut pendapat saya, ini subjektif. Anda bisa saja mengatakan bahwa blogger yang lebih baik, atau juga mengatakan bahwa WordPress lebih baik ketimbang blogger. Itu terserah anda, penilian ditangan anda.

Tetapi, manakah yang lebih baik? Pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang lebih dari sekedar asumsi. Meski sebagian dari anda mengatakan bahwa WordPress lebih baik, atau sebaliknya, mungkin anda harus punya alasan. Nah itulah tujuan pembuatan dari artikel yang satu ini.

Disini kita akan mengulas secara lengkap perbedaan kedua platform blogging ini. Perbedaannya mungkin sudah sangat umum diulas, tetapi ulasan ini adalah ulasan paling baru tentang perbedaan dua template ini.

Manakah platform blogging terbaik, WordPress atau Blogger/blogspot?

Dalam artikel ini saya akan memapakarna fitur-fitur dan keunggulan apa yang dimiliki oleh WordPress dan juga Blogger/blogspot. WordPress diatas adalah WordPress.org atau wordpres yang telah dihosting ooleh pengguna. Lalu anda dapat menentukan penilaian anda tentang manakah yang lebih baik sebagai platform blogging.

Saya berharap, setelah saya membuat artikel ini, anda bisa memutuskan platform blogging mana yang bakal anda gunakan, apakah itu WordPress, Blogger/blogspot atau mungkin platform blogging lain.

Apa itu Blogger/Blogspot dan apa saja Fitur-Fiturnya?

Sebagaimana yang anda ketahui, Blogger/blogspot adalah platform blogging gratis milik Google. Blogger/blogspot adalah sebuah platform keren yang memungkinkan anda membuat blog tanpa harus mengeluaran sepeser uang.

Sekarang mari kita lihat keuntungan-keuntungan menggunakan blogger/blogspot, antara lain:
Mudah digunakan. – Sekalipun anda tidak memiliki kemampuan teknis, termasuk soal HTML/XML, anda dapat dengan mudah membuat blog anda sendiri menggunakan blogger. Yang perlu anda lakukan hanya mengikuti beberapa tutorial dan langkah-langkah sederhana untuk membuat platform ini.

Gratis – Menggunakan blogger/blogspot sepenuhnya gratis dan tidak ada biaya yang perlu anda keluarkan sama seali. Blogger juga tidak memberikan beban biaya berlangganan, biaya pendaftaran, biaya subdomain, dan hosting. Jadi sepenuhnya Gratis.

Tema dan kostumisasi gratis – Banyak tema blogger/blogspot gratis yang tersedia di internet dan anda dapat menggunakannya dengan gratis. Jika anda ingin lebih professional, mungkin anda dapat membeli template dibeberapa penyedia template.

Selain itu, anda bebas memilih tema yang mana yang anda gunakan di blog anda, lalu menyesuaikan template tersebut tanpa CMS. Jika anda ingin mengedit template tersebut, maka silahkan saja. Atau mungkin anda ingin mengubah kode HTML, CSS, JavaScript default sesuai kebutuhan anda, itu sah-sah saja.

Hosting gratis dari Google – Salah satu alasan mengapa orang-orang menggunakan blogger adalah karena hostingnya yang gratis dan tak terbatas bagi para penggunannya. Dan hosting tersebut sangat andal, dan terpantau 1×24 jam.

Baca Juga : Mana yang bagus, Blog atau Youtube?

Jadi, kalau situs web anda memperoleh banyak lalu lintas, perusahan hosting biasanya akan menurunkan versi situs web anda, dan ini biasanya akan memperlambat blog anda. Tetapi ini tidak terjadi jika anda mengunakan blogger. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi memikirkan hosting untuk situs web anda tersebut.

Terintegrasi dengan alat Google lain – Sebagai produk Google maka anda juga bebas menggunakan alat-alat lain yang tersedia di Google. Biasanya, ada 10 alat utama yang wajib anda maksimalkan sebagai blogger, dan saya sudah mengulasnya di artikel saya yang lain. Terkait dengan hal ini saya juga sudah mengulas pada keuntungan-keuntungan menggunakan blogger/blogspot yang dapat anda baca pada poin ke 5.

Jadi, pada intinya, anda bisa mengintegrasikannya serta melakukan pemantauan kesehatan situs web/blog anda dengan gratis.

Keamanan – Hingga saat ini, untuk meningkatkan pengalaman blogging yang lebih baik lagi, Google terus meningkatkan Pitch keamanan sesuai dengan persyaratan, sehingga soal keamanan ini tidak perlu anda pikirkan saat menggunakan blogger/blogspot.

Nama domain – Saat anda membuat blog dari blogger, anda numpang disub domain blogspot, tanpa nama domain utama. Anda dapt menggantinya kapan saja dan menautkannya. Dan proses redirectnya otomatis dan mudah, sehingga anda tidak perlu melakukan proses redirect lagi

Soal pengindeksan – Jika anda menggunakan blogspot/blogger, proses pengindeksan blog anda tidak kurang daari 24 jam. Itu berarti potensi anda untuk berkembang lebih cepat dan lebih baik lagi.
Mudah digunakan – Blogger sampai saat ini dipercaya sebagai platform bloging dengan penggunaan paling mudah baik dari antarmuka dan editornya.

Perbedaan dengan WordPress.com

Sekarang kita beralih soal perbedaan antara blogger dan wordpress.com. Ingat ini bukan WordPress.org ya. Soal perbedaan itu akan kita selanjutnya diakhir artikel ini.

Semua data anda di blogger di host di server Google, sehingga anda tidak memiliki kendali atas basis data dan file anda, sementara di blog self-host WordPress, anda menghost blog anda di server pilihan anda sehingga database anda tersimpan dengan rapi disana. Itu berarti kontrol soal ini ada ditangan anda, jika anda menggunakan WordPress.

Soal kesulitan – Membuat blog menggunakan blogger sangat mudah dibanding menggunakan WordPress. Anda dapat membuat blog kurang dari 1 menit tanpa perlu ketrampilan teknis lain. Namun, jika anda menggunakan WordPress, anda harus punya ketrampilan teknis lain, terutama soal penggunaan hosting.

Expandability – Dalam bahasa Indonesia disebut perluasan. Ini berati, meskipun ada banyak alat dan tema yang tersedia di blogger, tetapi tetap kurang dibanding dengan WordPress. Anda tidak dapat mengeluarkan semau anda suatu alat, karena Blogger terlalu fleksibel. Di WordPress sendiri tersedia banyak plugin gratis dan berbayar yang memudahkan anda soal perluasan ini.

Baca Juga : Cara buat blog dari nol sampai ahli

Penampilan – Memang ada banyak tempat dan opsi tata letak yang mudah digunakan di blogger, dan anda tidak dapat membawa ini di WordPress. Untuk meningkatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik, jika anda menggunakan WordPress, mungkin anda perlu menggunakan opsi tambahan ekstra seperti Pluggin dan template.

Hosting – Saat membuat blog dengan blogger, anda tidak perlu khawatir lagi soal hosting. Tetapi jika anda menggunakan WordPress, mungkin anda perlu memikirkan hal ini, jauh-jauh hari. Apalagi jika anda belum bisa memperoleh penghasilan saat ngeblog pakai WordPress.

Jadi kalau anda membuat blog menggunakan WordPress maka sebaiknya anda perlu mengeluarkan kocek anda untuk membeli hosting agar pengalaman ngeblog anda menjadi lebih baik lagi.

Nantinya, soal hosting di WordPress inilah yang akan membedakan pengunanan platform ini apakah self-host atau tidak. Soal ini kita akan bahas pada perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com

Dukungan – Blogger memiliki dukungan tak terbatas dibandingkan dengan WordPress. Di Blogger anda bisa menempatakan dokumentasi online dan dukungan komunitas, tetapi tingkat keaktifannya cukup kurang. Mungkin, jika anda bertanya soal dukungan ke Google dan pemecahanan masalah soal pengindeksan, katakanlah soal Anomaly Crawl di blog anda, jawaban yang bakal anda terima mungkin akan sangat lama.

Sementara, di WordPress juga memiliki forum dukungan, dan keunggulan dari forum dukungan WordPress adalah keaktifannya.

Lantas apa sih perbedaan keduannya? Perbedaan secara umum? Berikut ini kita akan mengulasnya lebih detail soal perbedaan antara blogger dan WordPress.

Perbedaan antara WORDPRESS dan BLOGGER/BLOGSPOT

Blogger adalah platform blogging milik Google. Ini berarti semua data anda disimpan oleh Google. Dengan blogger.com, anda dapat membuat ribuan template hanya dengan 1 email saja. Namun, sebagaimana yang saya sebutkan diatas, anda tidak memiliki akses ke server atau tempat penyimpanan file anda.

Itu berarti, jika suatu saat google menutup/memblokir blog anda, anda tidak akan diberi tahu. Bahkan sekalipun anda melayangkan klaim dan atau keberatan, tetap saja tidak berpengaruh.

Baca Juga : 4 Hal penting yang harus dilakukan oleh blogger

Meski WordPress tidak menerapkan hal itu, soal ini, WordPress ingin tampil lebih fleksibel, dimana mereka menginginkan par apenggunanya untuk menghost blognya tersebut, yang memungkinkan anda memiliki hak penuh atas setiap data-data yang anda gunakan, termasuk soal data-data pengunjung dan alamat IP.

Dan WordPress tidak memiliki akses untuk menutup akun anda, sebab kontrolnya anda ditangan anda. Yang berarti, jika anda boleh menutup akun anda kapan saja dan dimana saja.

TEMPLATE

Di Blogger, hanya ada beberapa template yang bisa anda gunakan atau template yang tersedia di direkotri mereka seperti Contempo. Beda halnya dengan di WordPress, anda memiliki akses ke ribuan template gratis yang bisa anda gunakan kapan saja.

Template adalah tekstur atau desain yang memungkinkan anda mengubah tampilan blog anda menjadi lebih baik lagi. Menggunakan template yang bagus menunjukan profesionalisme anda dalam ngeblog.

KONTROL

Google memberi anda beberapa dukungan untuk mengontrol blog anda, tetapi ada batasan dan anda harus bekerja sama dengan Google agar kontrol anda tidak dibatasi. Jika anda ingin meletakan sesuatu yang lebih di blog anda, itu tidak mungkin.

Beda halnya dengan WordPress, anda bisa menggunakan alat-alat tambahan untuk meningkatkan kontrol anda di blog karena WordPress adalah Open Source Platform, yang dapat anda sesuaikan berdasarkan keinginan anda dengan cara menginstal plugin. Jadi soal kontrol, WordPress lebih baik.

KEAMANAN

Sebagai platform milik Google, jika anda menggunakan blogger mungkin anda tidak perlu repot memikirkan soal kemananan dan perlindungan aas konten anda. Meretes akun blogger akan sangat sulit sebab peretas harus bisa menembus celah keamanan dari Google.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Selain itu, jika anda menggunakan blogger anda tidak perlu memikirkan soal trafik lalu lintas, sebab itu tidak akan berpengaruh terhadap kemampuan blog anda. Tetapi bukan berarti WordPress tidak aman, platform ini sangat aman.

Tetapi jika kita berbicara soal kemanan, tampaknya blogger lebih unggul dibanding WordPress. Meski sumber daya yang sediakan terbatas, tetapi memiliki hosting yang tak terbatas.

PENYIMPANAN

Jika anda menggunakan blogger, Google memberikan anda ruang penyimpanan IGB. Dan semua data anda tersimpan disini. Sementara, ruang penyimpanan di WordPress sifatnya terbatas.

Beberapa penyedia hosting menarik anggaran penyimpanan ini sampai Rp. 65 ribu rupiah untuk Unlimited host. Jadi anda harus mengeluarkan biaya bulanan (yang biasanya di konversi setiap tahun). Jadi, soal penyimpanan tampaknya Blogger lebih unggul.

PORTABILITAS

Dengan WordPress anda dapat mentrasfer data anda ke platform lain selain di blogger, tetapi biasanya itu akan merusak struktur SEO anda, seperti misalnya ALT Text sehingga akan berdampak pada peringkat di SERPS. Yang memungkinkan kerja anda selama bertahun-tahun hilang karena ini.

Dalam hal portabilitas, Google memberikan hal yang lebih baik, sebab data-data anda masih ada di server Google dalam waktu yang cukup lama, jadi anda tidak perlu memikirkan soal struktur SEO ini jika soal portabilitas. Sekalipun anda migrasi dari Blogger ke WordPress. Itu artinya, dalam hal Portabilitas, Blogger lebih baik ketimbang WordPress.

PEMBAHARUAN

Sejauh ini blogger tidak pernah menunjukan pembaharuan yang berarti di platform tersebut, dan tidak menambahkan beberapa fitur baru. Beberapa tahun sebelumnya juga tidak ada perubahan yang anda lihat di platform blog tersebut.

Baca juga : 5 langkah yang harus dilakukan blogger untuk bisa sukses

Sementara WordPress, sebagai sumber daya terbuka, WordPress memungkinkan pembaharuan yang terus menerus dilakukan demi meningkatkan kemanan dan pengalaman blogging yang lebih baik lagi. Jadi soal pembaharuan, WordPress lebih baik ketimbang Blogger/blogspot.

SEO (OPTIMASI MESIN PENCARIAN)

SEO adalah hal yang sangat penting saat ini, yang dapat membantu meningkatkan trafik blog anda dan persaingan di mesin telusur. Yang menunjukan bahwa blog anda populer dan ramah di mesin pencarin.

Soal SEO tampaknya WordPress lebih baik lagi, meskipun ada blogger telah melakukan perubahan untuk meningkatkan SEO bloger, salah satunya solah meta tag. Meski pada dasarnya itu tetap saja tidak cukup.

Sementara, jika anda menggunakan WordPress, anda dapat menggunakan plugin/alat yang dapat membantu anda meningkatkan SEO blog anda. Untuk soal SEO, WordPress tampaknya lebih unggul ketimbang Blogger.

BIAYA

Syarat-syarat untuk bisa membuat blogger hanyalah satu yakni Email. Dan anda dapat membuat email ini dengan gratis. Selain itu, anda tidak perlu mengeluarkan biaya lain untuk membuat blog menggunakan blogger sebab semuanya gratis. Kecuali jika anda ingin membeli domain sendiri.

Beda halnya dengan WordPress, apalagi jika anda sudah menggunakan WordPress.org, maka sudah pasti biaya yang anda keluarkan tidak sedikit, bukan saja biaya soal hosting dan domain, tetapi saja biaya berlangganan plugin tertentu untuk meningkatkan kemampuan blog anda di mesin telusur. Jadi dalam hal biaya, Blogger lebih unggul.

Akhirnya kita masuk pada kesimpulan penggunaan blogger/blogspot, yakni alasan mengapa anda harus menggunakan blogger dan alasan mengapa anda harus menggunakan WordPress.

Alasan mengapa harus menggunakan Blogger

Dari pemaparan diatas, mungkin anda sudah melihat beberapa keunggulan menggunakan Blogger/blogspot dan kekurangan menggunakan blogger/blogspot. Salah satu alasan mengapa anda menggunakan Blogger/blogspot adalah karena ia gratis.

Platform blogger/blogspot sangat berguna jika and aingin memulai blog dengan sederhana dan tanpa biaya. Dan anda dapat memonetisasinya kapan saja, meskipun anda tidak memiliki kemampuan teknis dalam hal blogging. Jadi jika anda masih pemula, memilih blogger/blogspot adalah langkah yang tepat.

Dalam hal SEO, ada banyak batasan yang diberikan oleh Blogger/blogspot, tetapi secara keseluruhan, jika anda ingin menggunakan platform blogging yang gratis, blogger/blogspot adalah pilihannya.

Disaat yang bersamaan, jika anda membuat blog untuk tujuan komersial atau untuk mengasah merk anda, maka blogspot bukanlah pilihan yang tepat. Alasannya sederhana, karena kontrol yang anda dapatkan terbatas pada visibilitas saja.

Baca Juga : Perbedaan utama antara WIX dan SquareSpace

Sebenarnya, sudah banyak rumor yang saya dengar soal SEO jika anda menggunakan blogger.com, yang mengatakan bahwa ia lebih baik ketimbang platform blogging yang lain.

Tetapi tampaknya ini hanya rumor saja, mana mungkin juga Google tidak berlaku adil untuk pengguna di mesin telusur, bisa saja para pengguna akan meninggalkan raksasa mesin pencarian tersebut.

Tetapi, perlu anda ketahui, tidak masalah platform blogging apa yang anda gunakan, entah itu WordPress, Blogger, dan platform apapun, itu semua tergantung pada konfigurasi blog anda sendiri.

Meski kontrol yang diberikan terbatas, tetapi ada banyak keunggulan yang dapat anda maksimalkan untuk meningkatkan SEO anda, seperti memasimalkan alt text, link, heading, subheading, minor heading dan juga kunci-kunci lain dalam hal SEO.

Mengapa harus menggunakan WordPress?

Salah satu keunggulan menggunakan WordPress adalah kontrol penuh yang diberikan oleh WordPress kepada para penguannya, dan secara teknis memungkinkan anda bisa melakukan apapun yang anda inginkan.

Dengan WordPress anda memperoleh kontrol penuh atas SEO, host-file, plugin, dan sumber daya lain. Selain itu, anda dapat melakukan eksperimen SEO yang baru, teknis SEO yang memungkinkan anda memperoleh peringkat yang lebih baik di mesin telusur dan lain sebagainya.

WordPress memberikan anda kebebasan untuk melakukan apapun yang ingin anda lakukan di blog anda, dan disaat yang sama, anda berusaha meningkatkan kemampuan blog dan kemampuan tambahan lain yang dibutuhkan.

Jadi, jika anda ingin membuat blog untuk tujuan popularitas, mengasah brand dan merk, memperoleh keuntugnan darinya, maka memilih WordPress adalah langkah yang tepat. Jika anda tujuannya hanya untuk menulis dan menceritakan hobby, blogspot adalah platform yang ideal.

Nah demikain artikel tentang Blogger Atau WordPress, Mana Yang Lebih Baik? Yang bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang galau memilih WordPress atau blogger/blogspot. Semoga bermanfaat!

You might like

About the Author: Charlie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *