4 Tips Membangun Bisnis Rumahan Yang Mendatangkan Uang

5 Likes Comment
bisnis rumahan

Membangun bisnis rumahan yang bisa menghasilkan adalah suatu hal yang sulit. Selain dibutuhkan kemampuan manajemen yang baik juga dibutuhkan kemampuan untuk mengukur kapasitas yang dimiliki.

Bisnis rumahan sebenarnya membutuhkan kesimbangan antara kehidupan dan fleksibilitas dari pemilik bisnis. Dua hal ini jika dikelola dengan baik pada akhirnya bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

Apalagi melihat kenyataan saat ini bahwa banyak pelaku bisnis yang lebih fokus mengembangkan bisnisnya secara offline dan lupa tenang bagaimana membangun bisnis tersebut dari sumbernya.

Yakni dari produk yang dihasilkan. Dengan kata lain, dari seluruh sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk.

Disisi lain, peluang baru tercipta disini. Dimana, banyak orang yang sudah ogah bekerja di perusahaan dan ingin membangun bisnis sendiri baik itu kecil ataupun besar.

Hal ini cukup bagus karena pasar akan kompetitif. Selain itu, pelanggan akan diberi kebebasan memilih mana produk yang cocok untuk dibeli dan mana yang tidak cocok.

Dalam skala kecil, banyak ibu-ibu rumah tangga yang akhirnya memilih membuka bisnis rumahan sendiri mulai dari jasa catering, jasa laundri dan lain sebagainya.

Namun banyak yang akhirnya gulung tikar karena tidak berhasil mempertahankan bisnis tesebut atau karena ingin menggeluti bisnis yang baru, yang dirasa lebih menguntungkan.

4 Tips membangun bisnis rumahan yang mendatangkan uang

Untuk bisa memaksimalkan bisnis rumahan ada beberapa langkah yang dilakukan. Langkah-langkah ini bisa dijadikan tolok ukur apakah bisnis tersebut bisa berkembang atau tidak.

Sebagai tolok ukur, berarti ia perlu dicermati dan dipahami dengan baik. Dengan tujuan agar bisnis rumahan tersebut bisa sukses dan menguntungkan.

Lalu bagaimana cara membangun bisnis rumahan yang sukses? Berikut disajikan 4 tips membangun bisnis rumahan. Apa saja tipsnya? Berikut artikelnya:

1. Menilai bakat yang dimiliki

4 Cara Sederhana Membangun Bisnis Rumahan
via vebma.co.id

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menilai bakat yang anda miliki saat ini. Hal ini bertujuan untuk mendefiniskan kembali bakat apa yang ada dalam diri.

Passion juga akan diukur dari hal ini. Dengan demikian, anda bisa mengukur seberapa besar minat dan juga kemampuan anda untuk membangun bisnis rumahan tersebut.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Online Terbaik Namun Kurang Populer

Sementara itu, anda terus mengevaluasi diri anda sembari memastikan bahwa bakat yang anda miliki itu bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

Tekankan dengan baik hal ini, apalagi jika bisnis yang anda bangun tersebut timbul dari sikap coba-coba. Alias bisnis rumahan yang hendak anda bangun merupakan pengalaman pertama.

Perlu diingat, seorang pengusaha yang sukses adalah seorang yang mampu mengatur apapun tentang dirinya sendiri baik dari keuangan, ketekunan, kemandirian, motivasi dan tidak takut terhadap ketidakpastian.

2. Punya ide

4 Cara Sederhana Membangun Bisnis Rumahan
via liputan6.com

Kadangkala, ketika seorang seorang pengusaha yang masih baru dalam suatu bidang, bisnis rumahan misalnya, mereka belum memiliki ide yang matang.

Banyak yang berpikir, ide akan datang setelah semua persiapan tuntas. Padahal, ide adalah sumber utama dari bisnis yang hendak anda bangun.

Jika anda bingung untuk memulai bisnis rumahan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan ide bisnis tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Memulai Bisnis Startup Beserta Resikonya

Misalnya, jika anda ingin membuka jasa catering kue, maka pikirkan dengan baik ide tersebut. Mulai dari kemampuan membuat kue, peralatan yang dibutuhkan, ongkos bahan baku dan lain sebagainya.

Setelah semua rencana rampung, jika anda belum benar-benar membuka bisnis secara resmi anda boleh memikirkan inovasi dan pengembangan apa yang akan anda lakukan kedepan.

Sembari memikirkan, kembangkan ketrampilan yang anda miliki. Mulai berlatih membuat kue dan meminta orang untuk menyantapnya lalu menilainya.

Sebenarnya, rahasia membuat ide bisnis rumahan yang menguntungkan terletak dari ide yang inovatif. Itu saja. Jika ide sudah rampung berarti anda siap memulai secara resmi bisnis tersebut.

3. Lakukan studi kelayakan bisnis

4 Cara Sederhana Membangun Bisnis Rumahan
via jurnaljambi.com

Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan Ekonomi pasti akan mempelajari salah suatu mata kuliah tentang Studi Kelayakan Bisnis. Pada dasarnya, studi ini mencakup tentang bisnis dan kelayakannya.

Baik bisnis kecil dan besar semua memerlukan studi khusus ini. Sebab dari sini anda mulai melakukan perhitungan matematis, pengeluaran dan target pemasukan.

Baca Juga : Cara Dapatkan Uang Dari Youtube Terbaru

Studi kelayakan bisnis juga akan berupaya mengupas tetang siapa saja saingan anda, peluang di pasar dan juga sumber daya yang dimiliki.

Oleh karena itu, ada baiknya anda bertanya pada diri anda sendiri, apakah masyarakat benar-benar butuh bisnis tersebut? Peluangnya bagaimana? Apa keunggulan dari bisnis yang anda bangun dan lain sebagainya.

Pahami juga bahwa bisnis rumahan pun perlu biaya awal dan biaya operasional. Yang berarti, anda harus matang memperkirakan estimasi anggaran yang akan dijadikan modal.

4. Jangan pikir soal profit

4 Cara Sederhana Membangun Bisnis Rumahan
via capp-usa.org

Banyak bisnis rumahan yang dibuka berorientasi pada profit atau keuntungan. Mereka biasanya berandai-andai berapa keuntungan yang bisa diperoleh dalam sehari.

Dan pada akhirnya membuat mereka kecewa karena angan-angan tersebut tidak sesuai kenyataan. Yang pada akhirnya membuat bisnis berjalan ditempat sembari menunggu waktu gulung tikar.

Perlu anda ketahui, tidak ada keuntungan besar yang datang dari hal istan. Kalaupun ada, itu sifatnya sementara. Oleh karena itu agar bisnis anda bisa bertahan jangan berorientasi pada profit.

Disini ada baiknya anda memikirkan tentang bagaimana bisnis itu bisa berjalan, keperluan apa yang dibutuhkan hingga bagaimana anda mendapatkan pelanggan.

Setelah mendapat pelanggan jangan sumringah dulu. Pikirkan bagaimana cara agar pelanggan tersebut bisa kembali lagi. Berarti, anda harus memikirkan bagaimana mempertahankan pelanggan lama sembari mencari pelanggan yang baru.

Agar ini bisa terlaksana, lakukan resep yang tepat bagi bisnis anda. Buat bisnis anda dipercaya, lakukan pelayanan prima dan terus kembangkan bisnis tersebut.

JIka tahap-tahap pertama anda rugi itu adalah hal normal. Karena mendapatkan pelanggan itu susah. Ini berarti bahwa anda harus meningkatkan popularitas bisnis anda sembari berusaha mencari pelanggan.

Disini anda bisa dengan bebas buat target harian, bulanan dan tahunan. Misalnya, target bulan pertama adalah modal awal anda sudah kembali.

Maka silahkan buat target 3 bulanan dan seterusnya. Ini bisa menjadi motivasi anda untuk terus mengembangkan bisnis anda menjadi lebih baik lagi.

Penutup

Membuka bisnis rumahan sendiri yang menguntungkan sebenarnya sulit. Sebab anda harus siap bekerja sendiri, mandiri dan bisa saja anda rugi total.

Apalagi jika anda tidak mengkalkulasikan dengan matang semua persiapan mulai dari perlengkapan, peluang usaha, persaingan hingga pemasaran.

Semua item itu berkontribusi untuk membuat bisnis anda berkembang. Jika salah satu item itu timpang bisa dipastikan bisnis anda tidak akan bertahan lama.

Oleh karena itu, anda bisa mengikuti tips-tips diatas. Tips tersebut memang tidak lengkap karena butuh penyesuaian dengan bisnis yang hendak anda buka, permasalahan-permasalahan yang anda hadapi dan tantangan kedepan.

Nah demikian artikel tentang 4 tips membangun bisnis rumahan yang sukses dan menguntungkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *