15 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun 2020

7 Likes Comment
bisnis online

Jadi begini, untuk memulai bisnis online sendiri, hal yang paling pertama dan utama yang harus dipikirkan adalah ide bisnis.

Disini berarti anda harus bisa melihat peluang usaha yang ada. Peluang apa itu? Tentu saja peluang bisnis.

Bagi saya ini basic sekali, karena peluang bisnis secara tidak langsung akan mengarahkan anda melakukan langkah-langkah berikutnya seperti riset pasar, menentukan target, konsep bisnis dan lain sebagainya.

Yang menarik disini adalah membuka bisnis online itu tidak memerlukan modal dan biaya yang besar. Yang terpenting ada peluang dan ada usaha. Itu aja!

Saat ini, menurut hostingfacts.com ada sekitar 966 juta situs web di seluruh dunia, 76,5 juta diantaranya menggunakan platform WordPress.

Sementara sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan menunjukan sekitar 100 juta freelancer dari seluruh dunia berhasil menjalankan bisnis online mereka secara mandiri.

Bisnis itu dibangun lewat apa? Tentu saja website. Karena itu, seperti yang disebutkan diatas, memulai bisnis online tidak perlu modal besar.

Jadi, anda tinggal beli domain dan hosting. Plus template untuk bisnis tersebut. Setelah itu, mulai jalankan bisnis anda.

Jika belum punya modal bisa manfaatkan lapak online yang banyak tersedia saat ini. Lalu mulai jualan disitu.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh, pastikan dulu anda punya ide bisnis. Ide inilah yang nantinya akan menjadi fondasi dasar untuk memulai bisnis online anda tersebut.

15 Ide Bisnis Online Terbaik 2020

Untuk membantu anda menemukan ide bisnis yang baik, kami menghadirkan beberapa bisnis online yang bisa menjadi inspirasi anda untuk memulai bisnis. Apa saja itu? Berikut daftarnya

1. Konsultan perjalanan

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via inded.com

Bepergian adalah salah satu trend paling populer abad ini. Keuntungan utama berada di bisnis ini adalah sifatnya yang nomaden dan selalu berpindah-pindah.

Jika anda memiliki kemampuan untuk mengatur perjalanan secara mendetail, mungkin ide bisnis ini dapat anda mulai dari sekarang.

Baca Juga : 18 Mesjid Paling Menakjubkan di Dunia

Menjadi konsultan perjalanan dapat membantu para pelancong untuk merencanakan liburan lebih matang.

Selain itu, anda juga bisa merambah bisnis lain misalnya menjual tiket, bekerja sama dengan perusahaan traveling dan lain sebagainya.

Intinya, ini adalah ide bisnis yang jarang dipikirkan oleh orang lain. Gimana, tertarik untuk menjadi konsultan perjalanan?

2. Bisnis kue

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via mesinraya.co.id

Bisnis ini benar-benar diminati akhir-akhir ini. Jika anda suka saat orang-orang menikmati kue buatan anda maka bisnis ini bisa dilakukan untuk memperoleh uang.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Anda juga bisa membuka bisnis ini lebih besar dengan bekerja sama dengan perusahaan transportasi online seperti Go-Jek [Go-Food] atau Grab Food atau membuat akun WhatsApp bisnis untuk memperbesar jangkauan.

Bisnis ini tampaknya lebih cocok untuk ibu-ibu rumah tangga yang ingin memperoleh penghasilan tambahan di rumah.

3. Menjadi perencana acara pernikahan

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via okezone.com

Jika anda senang menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan meja makan di rumah dengan detail dan menarik, mungkin anda cocok menjadi seorang perencana acara pernikahan .

Ketrampilan ini pada dasarnya membutuhkan manajemen proyek yang mendetail. Lebih bagusnya lagi anda tidak membutuhkan ijazah khusus untuk bisa berada di bisnis yang satu ini.

Baca Juga : 5 Ide Bisnis Online Terbaik Namun Kurang Populer

Yang anda butuhkan hanyalah kemampuan menata meja-meja dengan rapi, melakukan dekor panggung pernikahan dengan menarik.

Disisi lain, anda juga dapat merambah bisnis serupa yang bergerak di bidang wedding organizer seperti misalnya bisnis pakaian pernikahan, jadwal pesta, fotografi pernikahan dan lain sebagainya.

4. Perencana Pesta Perusahaan

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via chip.com.tr

Bagi beberapa orang, merencanakan sebuah acara adalah hal yang sulit. Tapi, berkat jasa yang anda tawarkan, orang-orang akan merasa terbantu.

Sehingga mereka tidak terlalu pusing lagi dengan hal-hal seperti bagaimana cara agar pesta perusahaan dapat berlangsung dengan baik dan menarik.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Manajemen Dan Kepemimpinan

Konsepnya bisa berupa family gathering, dan anda adalah perencananya. Itu berarti, anda bertindak sebagai sterring comitte [yang dibayar] untuk menyiapkan pesta dan segala kebutuhannya.

Jika pesta tersebut berkaitan dengan peluncuran produk, ada sebaiknya anda menyiapkan portofolio yang tepat untuk perusahaan yang bakalan menggunakan jasa anda.

5. Guru bahasa asing

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via geneshacollege.com

Semua orang tahu cara tercepat untuk mempelajari suatu bahasa adalah dengan berbaur dengan penutur asli.

Jika anda beruntung dilahirkan di Prancis, Inggris, Spanyol dan Jepang [yang merupakan daftar beberapa bahasa utama di dunia] maka jangan kehilangan kesempatan untuk menguangkan kemampuan tersebut.

Baca juga : Cara Menghitung Kurs Mata Uang

Saat ini, ada banyak sekali anak-anak yang ingin belajar bahasa Asing, terlebih bagi mahasiswa-mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Anda bisa membuka kursus bahasa asing ditempat tinggal anda, atau menjadi guru privat bahasa asing hingga menjadi honorer di Sekolah.

Terkendala waktu? Tenang saja anda bisa menggunakan Skype atau WhatsApp untuk terhubung dengan peserta didik. Manfaatkan kemampuan anda tersebut untuk bisa menghasilkan uang.

6. Toko Online

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via digitalmarketer.id

Di Indonesia, ada banyak sekali toko Online di Indonesia saat ini sebut saja Tokopedia, BliBli, Shopee, Lazada dan lain sebagainya.

Diantara toko online tersebut, ada beberapa platform yang memungkinkan anda menjual produk buatan anda, salah satunya adalah BukaLapak.

Misalnya, anda punya rancangan T-Shirt, atau punya produk fisik berupa kalung buatan anda sendiri, maka silahkan jual disana.

Asalkan, produk tersebut siap pakai. Yang paling penting, usahakan untuk tidak menjual barang-barang bukan milik anda, selain ada kesepakatan. Manfaatkan platform online tersebut untuk bisa menghasilkan uang secara online.

7. Toko Kerajinan Tangan Online

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via yourstory.com

Anda hobi membuat furniture atau barang kerajinan tangan di rumah? Jangan sia-siakah hasil kreasi anda tersebut. Barangkali, barang-barang tersebut diminati oleh orang lain.

Karena itu, segera jual karya anda tersebut, karena barang-barang furnitur saat ini termasuk pasar yang menjanjikan. Siapa tahu, hasil kerja anda itu bisa mendatangkan uang yang banyak.

8. Peneliti Online

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via kemendagri.go.id

Meskipun agak aneh, tapi ide ini memang ada dan sudah banyak orang yang menyediakan jasa ini. Dari riset jasa, infografis sampai pada riset pasar untuk para pelaku yang akan menjadi pelanggan anda.

Baca Juga : Cara Cepat Hasilkan Uang dari Facebook

Jika anda punya kemampuan hitung-hitungan yang mumpuni, seperti misalnya hitungan statistik atau menghitung kurva-kurva lain, ada baiknya jangan sia-siakan kemampuan tersebut.

Jasa ini cukup unik dan orang-orang yang akan menggunakan jasa anda biasanya dari lembaga-lembaga pemerintah, perusahaan hingga instansi lain.

9. Kurator online

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via makeuseof.com

Ekonom Jerman Schumpeter pernah mengatakan bahwa “tidak ada ide yang orisinal,” itu artinya beberapa ide hanya kombinasi dari ide yang lama.

Tahu gak apa maksudnya kata diatas? Artinya, setiap hal yang ditulis tidak orisinal secara murni. Berarti, dibutuhkan kurasi yang ketat. Ini menjadi sebuah bisnis yang ideal namun kurang dikenal.

Kurasi konten membutuhkan kemampuan khusus dibidang bahasa yang memadai. Untuk menjadi kurasi konten, ada harus punya kemampuan PUEBI [Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia] yang baik, tata bahasa yang mumpuni, diksi dan pemahaman mendalam tentang bahasa Indonesia.

Disisi lain, anda juga bisa menjual tulisan-tulisan anda tanpa perlu menunggu tulisan yang masuk. Yang berarti, anda bisa membuka jasa lain seperti menulis artikel, jasa pembuatan konten online, hingga jasa pembuatan Makalah dan Karya Ilmiah.

10. Koki pribadi

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via blog.adb.org

Ini maksudnya menjadi pembantu kan? Bukan kok. Sebenarnya, ini adalah sebuah model bisnis katering, namun jasa yang hendak anda tawarkan bukanlah membungkus makanan tetapi anda memasak di tempat.

Untuk dapat membuka bisnis ini diperlukan perkenalan. Perkenalan tentang diri anda dan kemampuan memasak anda serta menu-menu apa saja yang bisa anda masak lewat sebuah platform.

Anda bisa menggunakan website, media sosial atau akun bisnis di WhatsApp. Baiknya, anda harus punya kemampuan memasak masakan baik lokal, nasional bahkan internasional.

11. Menjadi Affiliator

menjadi affiliator
via themembershipguys.com

Ini adalah ide bisnis online yang sudah populer sejak beberapa tahun terakhir. Cara kerja affiliasi pada dasarnya adalah anda akan menerima komisi dari setiap orang yang berhasil anda ajak untuk membeli barang-barang tertentu.

Bagian paling bagus menjadi affiliator adalah anda tidak harus punya produk sendiri. Yang penting anda punya platform, seperti misalnya memanfaatkan media sosial dan lain sebagainya.

Jadi, pada intinya anda hanya perlu menjual produk orang lain dan anda mendapatkan komisi dari sana. Biasanya tingkat komisi bergantung dari pemilik produk. Mulai dari 10% hingga 25% dari harga produk.

12. Bisnis MLM Online

bisnis mlm
via serujambi.com

Tidak semua bisnis MLM itu dilakukan secara offline ya. Ada juga bisnis MLM yang dilakukan secara online. Yang perlu anda ketahui, bisnis MLM tidak sepenuhnya buruk.

Bisnis ini sebenarnya menjanjikan, dan sifatnya saling membantu. Namun, karena banyak oknum yang menyalahgunakan bisnis yang satu ini maka kini banyak yang berpandangan buruk atas MLM.

MLM merupakan sebuah bisnis jaringan [multi level marketing] dimana anda bisa mendapatkan komisi dari setiap kegiatan yang anda lakukan, seperti menjual produk, mengajak orang untuk bergabung [affiliasi] hingga mendapatkan reward seller.

Baca Juga : 5 Kayu Yang Sering Dijadikan Bahan Dasar Furniture

Ada beberapa bisnis MLM yang masih bertahan hingga sekarang seperti Oriflame, ABE Network, Most Viral Project [MVP] milik Kevin Aprilio dan lain sebagainya.

Bisnis ini sebenarnya sangat menguntungkan baik untuk perusahaan dan orang-orang yang menjadi membernya. Jika dilakukan secara konsisten, hasilnya akan terasa. Potensi untungya pun sangat besar. Jadi, mengapa tidak untuk bisa berbisnis online MLM?

13. Menjadi Blogger, Youtuber Atau AdsBreak Facebook

bisnis online
via hjmt.com

Tiga model bisnis diatas juga sangat menjanjikan dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Asalkan, anda punya perangkat [smartphone] dan juga memiliki koneksi internet.

Banyak anak muda yang menggeluti bisnis yang satu ini dan berhasil mendapatkan jutaan rupiah tiap bulan dari sini.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Anda bisa memilih salah satu profesi diatas. Misalnya, menjadi Youtuber berarti anda harus punya kemampuan membuat, mengedit dan mempostingnya di platform berbagi video paling populer di dunia yani Youtube.

Atau, jika anda gengsi karena tidak punya kemampuan editing yang bagus anda bisa menjadi blogger dan mulai belajar menulis.

Kalau tidak, anda juga tetap memiliki peluang lain, seperti menjadi mitra adsbreak Facebook. Cara kerjanya sama seperti di Youtube, tapi anda harus punya halaman Facebook dan mulai memposting video anda.

14. Menjadi rekber untuk transaksi online

jasa rekber
via jadimandiri.org

Bisnis online yang satu ini sudah banyak digeluti terutama oleh para Milaneal. Salah satu rekber yang paling populer adalah P-Store yang dimiliki oleh Tri Haryanto.

Bisnis ini sebenarnya bergerak ke bidang jual beli barang-barang digital seperti akun Instagram atau Youtube, AdSense dan lain sebagainya.

Tujuan dari bisnis ini juga cukup mulia dimana anda berusaha menjadi perantara yang menghubungkan antara penjual dan pembeli. Tugas anda mengamankan transaksi tersebut.

Lantas apa untungnya terjun ke bisnis ini? Banyak. Anda bisa mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang terjadi. Biasanya komisi bergantung pada nilai transaksi. Selain itu anda juga akan punya banyak kenalan dan koneksi.

15. Membawa Bisnis Offline ke Online

bisnis online
via bussinessgambia.com

Banyak bisnis yang offline yang kini sudah beralih ke online. Hal ini tidak mengherankan, karena perilaku pembeli telah berubah. Pelanggan menginginkan sesuatu yang lebih dekat, yakni dari ponsel mereka.

Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis anda harus membawa bisnis anda tersebut secara online untuk menjangkau pembeli yang lebih luas.

Asalkan, anda memiliki perangkat yang bisa terkoneksi ke internet lalu mulai memposting setiap produk-produk fisik anda di Media Sosial, atau di marketplace online.

Penutup

Membuka bisnis online memang tidak mudah, ada banyak usaha dan kerja keras yang harus anda lakukan.

Namun bukan berarti anda tidak dapat memulainya tahun ini. Oleh karena itu, bergegaslah sebelum pesaing semakin banyak.

Nah demikian artikel tentang 15 ide bisnis online terbaik tahun ini. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk membuka bisnis online ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *