10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

7 Likes Comment
bintang paling terang

Dengan mata telanjang sekalipun kita dapat melihat bintang diluar angkasa termasuk bintang paling terang. Pemahaman utama tentang bintang yang ada pada benak kita pun masih dipengaruhi pada bentuknya.

Sebenarnya ini merupakan pengajaran yang keliru. Fakta lain yang harus kamu ketahui adalah setiap bintang memiliki ukuran, warna, komposisi dan spektra yang berbeda satu dengan yang lain.

Jika kita mengamati dengan seksama, mungkin kita akan melihat beberapa bintang terlihat lebih terang daripada bintang lain.

Bintang-bintang terang yang kita amati itu sangat jauh jaraknya dari bumi, bisa mencapai miliaran kilometer jaraknya. Nilai kecerahan bintang juga berbeda.

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Semakin terang suatu bintang maka semakin besar ukuran bintang tersebut. Nah, berikut disajikan beberapa daftar bintang paling terang yang bisa kita saksikan saat malam.

1. Sirius

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Nama Konstelasi: Canis Major

Jarak Dari Bumi : 8,6 tahun cahaya.

Tipe Spectral: Biru-putih ( A1Vm)

Bintang Sirius juga dikenal sebagai bintang Alpha Canis Majoris, Bintang Anjing, Canis Majoris, bintang HD 48915, HR 2491, LHS 219, ADS 5423, LTT 2638 dan HIP 32349.

Disekitar bintang Sirius ada tiga bintang lainnya seperti Sirius A yang memiliki massa 2 kali lebih besar dari Matahari dan beberapa bintang lain yang serupa.

Baca Juga : 8 Fakta Bintang Yang Kamu Saksikan Saat Malam

Sistem tata surya Sirius diperkirakan berumur lebih dari 300 juta tahun, hal itu dilihat dari besarnya permukaan eksoplanet tersebut yang terdapat dari garis lintang utara dan selatan yang amat jauh.

Dalam kondisi tertentu, Sirius dapat kita saksikan saat siang hari, bersama dengan bintang lain seperti Betelgeuse dan Procyon di konstelasi Canis Minor yang membentuk pola asterisme atau Segitiga Musim Dingin.

2. Canopus

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Konstelasi: Carina

Jarak: 74 tahun cahaya

Jenis spektral: Putih kekuningan (F0II)

Canopus merupakan salah satu bintang yang juga dikenal dengan nama Suhel, Suhail, Alpha Carinae, HR 2326 dan HD 45348. Asal usul pemberian nama Canopus tidak diketahui dengan pasti, yang jelas, ini adalah bintang paling terang ke dua yang bisa kita saksikan dari bumi.

Baca Juga : 5 Aplikasi Peta Langit 

Selain itu, bintang ini juga dijadikan sebagai mercusuar bagi navigasi bagi pesawat luar angkasa. Planet berukuran super raksasa dan berwarna kuning putih ini 14.800 lebih terang daripada Matahari, sayangnya, bintang ini tidak terlihat di Kutub Utara.

3. Alpha Centauri

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Konstelasi: Centaurus

Jarak: 4,3 tahun cahaya

Jenis spektral: Kuning-oranye (G2V)

Bintang Alpha Centuri juga dikenal dengan nama Rigil Kent, Toliman, Alpha 1 Centauri, HR 5459 dan HD 128620. Kadang-kadang disebut sebagai bintang kaki Centauri.

Sebab, ada tiga bintang yang mendampingi yang dikenal sebagai sistem sistem tiga bintang yang terdiri dari Alpha Centauri A, Alpha Centauri B, dan Alpha Centauri C.

Baca Juga : 10 Fakta Tentang Astronomi Yang Wajib Kamu Ketahui

Alpha Centauri C menjadi bintang yang paling dekat dengan bumi. Hal ini membuat bintang Alpha Centauri C ini diberi nama Proxima Centauri, yang merujuk ke Alpha Centauri C. Dibandingkan dengan Matahari, Alpha Centauri A lebih terang 1,5 kali lipat.

4. Arcturus

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Konstelasi: Booting

Deklinasi: +190 10 ’57 ”

Jarak: 34 tahun cahaya

Tipe Spektra: Orange (5IIIFe-0,5)

Bintang Arcturus juga dikenal dengan nama Haris-el-sema, Alpha Bootis, HR 5340 dan HD 124897. Arcturus merupakan salah satu bintang berukuran raksasa yang dekat dengan matahari, berwarna oranye dengan bobot dua kali lebih besar dari bumi sementara 100 kali lebih terang.

Baca Juga : Istilah Dan Referensi Astronomi

Hal ini membuat Arcturus menjadi bintang paling bercahaya Konstelasinya. Kostelasi Booting juga merupakan salah satu rasi bintang paling tua yang dikenal.

Nama Arcturus sendiri berarti “penjaga beruang”, atau “pengawas beruang”, nama ini diberikan karena berada diatas konstelasi Ursa Major.

5. Vega

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Konstelasi: Lyra

Deklinasi: +380 47 ’01 ”

Jarak: 25 tahun cahaya

Jenis spektral: Putih kebiruan (A0Va)

Bintang Vega juga dikenal dengan nama bintang Wega, Fidis, Harp Star, Alpha Lyrae, HR 7001 dan HD 172167. Nama ini berasal dari bahasa Arab yang berarti “menukik elang”, dan merupakan bintang dengan ukuran tiga kali lebih besar dari Matahari dan 50 lebih terang dari Matahari.

6. Capella

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Konstelasi : Auriga

Deklinasi : +450 59 ’53 “

Jarak: 41 tahun cahaya

Jenis spektral: Kuning (G5IIIe + G0III)

Bintang Capella juga dikenal dengan nama Alhajoth, Alpha Aurigae, HR 1708 dan HD 34029. Capella sendiri berasal dari bahasa latin, merupakan salah satu bintang yang terdiri dari komponen sistem multi-bintang, namun paling terang. Bintang ini 80 kali lebih terang dari Matahari.

7. Rigel

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Konstelasi: Orion

Deklinasi: -080 12 ’06 ”

Jarak: 1400 tahun cahaya

Jenis spektral: Putih kebiruan (B8Ia)

Bintang orion dikenal juga dengan nama bintang Rigel, Algebar, Elgebar, Beta Orionis, HR 1713 dan juga HD 34085. Rigel dalam bahasa Arab berarti “kaki”, yang merupakan salah satu titik mitologi ketika Kalajengking menyengat Orion saat setelah pertempuran sengit.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Rigel adalah sistem multi-bintang dan merupakan bintang paling terang disana dengan Massa 17 kali dari matahari serta 40.000 kali lebih terang.

8. Procyon

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Konstelasi: Canis Major

Deklinasi: +050 13 ’30 ”

Jarak: 11,4 tahun cahaya

Jenis spektral: kekuningan- putih (F5IV-V)

Bintang Procyon dikenal juga dengan nama bintang Elgomaisa, Algomeysa, Antecanis, Alpha Canis Minoris, HR 2943 dan juga HD 61421. Nama Procyon sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti bintang anjing. Bintang ini memiliki massa dua kali daripada matahari dan tujuh kali lebih terang daripada matahari.

9. Achernar

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Konstelasi: Erindanus

Deklinasi: -570 14 ’12 ”

Jarak: 139 tahun cahaya

Jenis spektral: Biru (B3Vpe)

Bintang ini dikenal juga dengan nama Alpha Eridani, HR 472 dan HD 10144. Bintang supergiant berwarna biru-putih ini tujuh kali lebih besar daripada Matahari, dan 3.000 lebih terang daripada Matahari.

10. Betelgeuse

10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Konstelasi: Orion

Deklinasi: +070 24 ’25 ”

Jarak: 1400 tahun cahaya

Jenis spektral: Merah (M1- 2Ia-Iab)

Bintang ini dikenal juga dengan nama Betelguex, Betelgeuze, Beteiguex, Al Mankib, Alpha Orionis, HR 2061 dan juga HD 39801. Bintang supergiant berwarna merah ini memiliki massa 13.000 kali lipat dari Matahari, lebih terang 10.000 lipat.

Penutup

Nah demikian artikel tentang 10 bintang paling terang di alam semesta. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *