Ini 5 Alasan Mengapa Berkomentar Di Blog Orang Lain Itu Penting

9 Likes Comment
berkomentar di blog orang lain

Sebagai seorang blogger, anda sebenarnya punya banyak tugas yang harus dilakukan seperti memposting artikel, berkomentar di blog orang lain, mengelola media sosial, membangun tautan dan lain sebagainya.

Banyak blogger yang meremehkan hal ini. Padahal, salah satu poin penting agar blog tersebut bisa dikenali dan populer adalah dengan berkomentar.

Komentar tidak saja untuk bertukar pandangan, memberi masukan, atau mungkin memberikan kritik atas suatu artikel di internet.

Tetapi lebih dari pada itu, sebagai bentuk komunikasi dialog antara anda dan pemilik blog. Dan dari sini mungkin anda akan memperoleh wawasan dan pengetahuan baru.

Siapa tahu, wawasan dan pengetahuan tersebut bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda untuk terus mengelola blog.

5 Alasan Mengapa Anda Harus Berkomentar Di Blog Orang Lain

Lalu, apa pentingnya sih berkomentar di blog orang lain? Secara umum, ada 5 alasan. Anda boleh setuju, boleh juga tidak. Berikut alasannya:

1. Untuk menunjukan kehadiran

Menunjukan kehadiran anda itu sangat penting. Ini soal eksistensi, yang akan menjadi tanda bahwa anda pernah mengunjungi blog tersebut lalu berkomentar.

Mengapa ini penting? karena ini bisa menjadi cara anda untuk memperkenalkan tentang blog, menaikan branding serta bisa menjadi media untuk bertukar ilmu.

Banyak blogger pemula yang melakukan hal ini sekedar untuk menaruh backlink [meski sudah dianggap tidak relevan dan terkadang dianggap sebagai backlink spam oleh Google] bagi blognya sendiri.

Apalagi, banyak blogger yang menganggap bahwa pengunjung blog sudah tidak terlalu penting. Yang penting adalah backlink.

Perkataan macam ini seolah-olah hendak mengatakan bahwa pengguna tidaklah penting, yang terpenting adalah robot.

2. Meningkatkan rate traffic

Dulu, salah satu langkah paling mudah dan instan untuk memperoleh trafik adalah dengan berkomentar di blog orang lain.

Kini, langkah ini dianggap sudah tidak lagi relevan. Untuk memperoleh pembaca, salah satu langkah yang relevan saat ini adalah dengan menjadi guest post.

Pernyataan diatas sebenarnya cukup keliru. Itu bukan semata untuk memperoleh trafik atau lalu lintas, tetapi untuk menjalin komunikasi dengan blogger lain.

Misalnya begini, saat anda dengan rutin berkomentar di blog ini, anda secara tidak langsung akan mengenal pemilik blog yakni saya sendiri.

Saat komunikasi itu berjalan, terkadang saya penasaran dengan pengetahuan anda, termasuk juga dengan blog yang anda kelola.

Pada akhirnya, saya akan mengunjungi blog anda. Kedepannya, jika ada sesuatu yang kurang pada blog saya, dan saya membutuhkan referensi, ada kemungkinan saya akan menautkan ke blog anda.

3. Peroleh backlink

Ada banyak cara memperoleh backlink salah satunya adalah dari kolom komentar. Memang sih, backlink itu penting untuk sebuah blog.

Tapi kehadiran, komunikasi dan pengelolaan yang baik pada blog [unsur manusianya] jauh lebih penting. Dan anda wajib sadar akan hal ini!

Ada beberapa blog yang memungkinkan komentatornya memperoleh backlink dari komentar yang ia masukan, dan terkadang bentuk backlinknya bisa no-follow atau do-follow.

Dua jenis backlink ini sangat dibutuhkan oleh sebuah blog. Dan, pemilik blog harus bisa menyeimbangkan dua jenis backlink ini.

Tapi ingat, usahakan semua backlink yang anda dapatkan itu tidak boleh hanya dari kolom komentar. Anda harus memperoleh backlink dalam bentuk lain.

Karena bisa-bisa backlink tersebut akan dianggap spam oleh Google, dan peringkat di website anda akan turun drastis karena hal ini.

4. Agar tetap up to date

Selain tiga hal diatas, salah satu manfaat berkomentar di blog orang lain adalah agar tetap up to date.  Yang berarti, dari komentar anda bisa mengetahui info terbaru dalam dunia blogger, termasuk periklanan dan forum.

Sebagai contoh, jika anda berkomentar di blog orang lain yang mengangkat genre fotografi, maka anda bisa mengetahui genre fotografi apa yang paling populer saat ini.

Yang berarti, dengan cara ini anda bisa memperoleh informasi terbaru mengenai dunia fotografi. Dan mungkin bisa menjadi inspirasi untuk membuat postingan baru apabila anda juga mengangkat niche blog fotografi.

5. Untuk membangun komunitas dan feedback

Saat berkomentar di blog orang lain, tentu anda mengharapkan feedback. Meski tidak semua pemilik blog akan memberikan tanggapan. Jika ada feedback berarti anda sedang berdiskusi dengan orang lain tentang dua blogger.

Cara ini cukup membantu untuk membuat jaringan, terlebih lagi jika anda ingin membuat komunitas blog sendiri.

Lebih jauh lagi, cara ini juga bisa menjadi strategi anda untuk menarik pengunjung, yang mungkin akan menjadi subscriber bagi anda, membeli e-book hingga menjadi pengunjung tetap.

Yang pada akhirnya, akan membantu menaikan nilai tawar blog anda di search engine, terutama dalam hal perolehan ranking blog.

Penutup

Dalam komunikasi langsung, komentar bisa berarti tanggapan balik atau feedback. Saat ada tanggapan balik berarti terjadi suatu bentuk komunikasi atau dialog.

Dan ini sangat penting karena bisa meningkatkan relasi, koneksi dan juga interaksi antar satu orang dengan orang lain.

Sebenarnya juga, ada banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan saat berkomentar di blog orang lain, 5 hal diatas hanyalah bagian kecil dari manfaat yang anda peroleh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *