Mau Bepergian Ke Luar Negeri? Baca Dulu 14 Tips Ini

4 Likes Comment
bepergian ke luar negeri

Anda punya rencana bepergian ke luar negeri? Sebaiknya baca dulu 14 tips dibawah ini agar rencana perjalanan anda bisa berjalan mulus alias tanpa kendala.

Beberapa tahun belakangan, bepergian ke luar negeri telah menjadi salah satu tren yang cukup populer dikalangan masyarakat.

Tren ini sebenarnya dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari kemudahan bepergian, alat transportasi yang memadai hingga informasi yang banyak tentang destinasi tujuan.

Bahkan, yang dibutuhkan oleh si pelancong hanyalah keberanian dan kemauan. Selanjutnya mungkin hanyalah alasan untuk bepergian dan pengetahuan tentang negara tujuan.

14 tips bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya

Tapi sebelum bepergian ke Luar Negeri ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan detail. Hal-hal tersebut merupakan modal awal sebelum melakukan perjalanan.

Modal ini sangat penting agar perjalanan anda bisa berjalan dengan baik. Lalu apa saja tipsnya? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Tentukan tujuan bepergian

bepergian ke luar negeri
via iselect.com.au

Setiap orang punya tujuan yang berbeda saat hendak bepergian ke luar negeri. Mulai dari tujuan wisata, untuk kuliah atau sekolah hingga untuk perjalanan bisnis.

Mengetahui tujuan bepergian akan membantu anda untuk menentukan hal-hal yang akan dilakukan selanjutnya.

Baca Juga : Cara Edit Feed Foto di Instagram Ala Selebgram Awkarin

Dan ini juga bisa menjadi fondasi awal untuk mengatahui masalah-masalah apa yang dihadapi setelah berada ditempat tujuan.

Kalau tujuan anda bepergian untuk kuliah, maka sebaiknya anda sudah tahu wilayah, rute dan siapa orang yang akan ditemui pertama kali.

Jika tujuan bepergian untuk travelling, berarti anda sudah punya list tentang destinasi-destinasi atau tempat-tempat keren yang akan dikunjungi.

2. Siapkan rencana yang matang

Setelah menentukan tujuan, langkah berikutnya adalah membuat rencana perjalanan yang matang. Saya membagi rencana perjalanan tersebut menjadi tiga poin utama, antara lain:

a. Rute perjalanan
bepergian ke luar negeri
via wordyboard.com

Yang paling pertama yang harus anda tentukan adalah rute perjalanan. Misalnya, jika anda hendak ke Bordeaux, Prancis, berarti anda tahu rutenya.

Rute ini termasuk tempat transit, berapa lama akan transit dan kondisi cuaca ditempat transit termasuk juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan.

b. Alat transportasi yang digunakan
boarding pass
via bungkul.com

Rute perjalanan sebenarnya ditentukan oleh alat transportasi yang digunakan. Untuk tujuan yang jauh, lebih efektif jika anda menggunakan pesawat terbang.

Jika rutenya cuma dekat, apalagi masih satu daratan, anda bisa menggunakan transportasi darat seperti motor atau mobil.

Tapi saran saya pilihlah rute yang cepat dan aman. Sebab ini membantu anda untuk menghemat waktu untuk sampai ke tempat tujuan.

c. Rencana pertama sampai ditempat tujuan
imigrasi
via bungwirno.my.id

Setelah dua poin diatas sudah diketahui dengan baik, langkah berikutnya adalah merencanakan hal apa yang dilakukan setelah sampai ditempat tujuan.

Misalnya, jika anda melakukan perjalanan dari Indonesia ke Bordeaux, maka anda harus tentukan hal apa yang anda lakukan setelah sampai di Bordeaux–Mérignac Airport yang merupakan bandara Internasional disana.

Baca Juga : 30 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Berusia 30 Tahun

Sebagai contoh, saat anda sampai di Bordeaux–Mérignac anda akan mengunjungi pihak imigrasi untuk melaporkan diri, lalu berikutnya anda menggunakan taxi A menuju hotel B.

Akan lebih mudah jika sudah ada yang menjemput anda. Karena biasanya mereka yang lebih tahu rencana perjalanan setelah sampai ke tujuan.

3. Siapkan dokumen-dokumen pendukung saat bepergian

boarding pass
via indonesia.go.id

Sebelum melakukan perjalanan, apalagi untuk perjalanan ke luar negeri, sebaiknya siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Mulai dari visa hingga passport. Minimal 3 bulan sebelum perjalanan dokumen-dokumen tersebut sudah anda urus ke pihak Imigrasi.

Dokumen-dokumen ini sangat penting, karena bisa menjadi identitias diri selama anda berada di Luar Negeri.

Dan usahakan, semua dokumen tersebut valid untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan saat berada di luar negeri.

4. Beli tiket Pesawat

boarding pass
via kompas.com

Jika semuanya sudah rampung, langkah berikutnya adalah membeli tiket pesawat. Sebaiknya tiket tersebut dibeli 3 hari sebelum perjalanan atau maksimal 1 minggu.

Tujuannya apa? Agar perjalanan dan rencana anda lebih matang. Selain itu, dengan membeli tiket sebelum melakukan perjalanan juga bisa membantu anda menghindari lonjakan harga atau untuk menghindari kode SSSS di boarding Pass.

5. Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan

Bepergian ke luar negeri
via uoe.co.uk

Misalnya, jika anda ingin ke Luar Negeri dengan tujuan melancong, maka siapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Mulai dari pakaian yang akan dibawa, perlengkapan yang dibutuhkan hingga dokumen-dokumen penting lain.

6. Pelajari budaya negara tujuan

bepergian ke luar negeri
via blogs.fco.gov.uk

Tentu saja Negara tujuan anda memiliki budaya yang berbeda dengan Indonesia. Oleh karena itu, sebelum bepergian sebaiknya anda pelajari dulu budaya dari negara tujuan anda tersebut.

Karena bisa jadi apa yang anda anggap lazim disini, dilarang di sana. Atau apa yang anda anggap tabu disini, sebaliknya dianggap lazim disana.

Jangan anggap remeh hal ini, karena bisa membantu anda untuk menyesuaikan diri setelah sampai di negara tujuan sekaligus bisa memahami budaya mereka lebih lanjut.

7. Pelajari bahasa mereka

bepergian ke luar negeri
via huffingtonpost.com

Bagi saya pribadi, bahasa adalah hal paling pertama yang harus anda ketahui sebelum bepergian ke luar negeri.

Tidak perlu kuasai bahasa lokal, anda bisa menggunakan bahasa Inggris. Tapi nilai plusnya bila anda menguasai bahasa lokal.

Manfaatnya banyak. Dengan menguasai bahasa lokal, anda bisa menawar harga suatu barang apabila ingin membeli oleh-oleh atau cemilan.

Baca Juga : 30 Negara Yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan di Dunia

Selain itu, anda juga bisa berkomunikasi dengan warga atau orang-orang dari negara tersebut dengan baik.

Selain bahasa anda juga harus mempelajari bahasa-bahasa Isyarat. Jangan anggap remeh hal ini. Bahasa isyarat sama seperti budaya, yang biasanya berbeda-beda antar setiap negara.

Misalnya, jika anda berada di Korsel, mengangkat tangan untuk memanggil taksi adalah hal yang cukup tabu dan aneh sebab itu isyarat untuk memanggil anjing.

8. Jangan lupa tukar uang anda

Bepergian ke luar negeri
via kreditgogo.com

Biasanya, saat sampai di tempat tujuan atau setidaknya saat masih di bandara tujuan, banyak tersedia money changer atau currency exchange.

Oleh karena itu, jangan lupa tukarkan uang anda dengan mata uang yang berlaku di negara tujuan. Kalau memungkinkan, anda juga bisa menukar sebelum bepergian.

Saran saya sih, sebaiknya tukar uang tersebut saat masih berada di dalam negeri untuk menghindari penurunan kurs mata uang.

Jangan lupa juga siapkan uang cadangan dalam bentuk mata uang US$ Dollar karena biasanya mata uang Dollar AS cenderung stabil harganya.

9. Jika punya credit card atau debit card

bepergian ke luar negeri
via paydollar.co.id

Jika anda berencana bepergian ke luar negeri sementara anda punya kartu kredit atau kartu debit, sebaiknya beritahu ke pihak bank.

Tujuannya apa? agar anda tidak terganggu saat melakukan transaksi di negara tujuan. Sebab, jika bank tidak mengetahuinya, mereka akan curiga terhadap transaksi yang anda lakukan.

Alih-alih, kartu debit dan kredit anda akan di blokir. Jika sudah demikian, pasti repot kan. Apalagi jika sebagian besar uang anda tersimpan di dalam kartu.

Oh iya, jangan lupa juga simpan nomor call center bank tempat anda membuat kartu kredit dan debit sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal seperti diatas.

10. Jangan sesekali membawa barang imitasi

bepergian ke luar negeri
via kumparan.com

Ada banyak kejadian dimana orang-orang sering membawa barang-barang imitasi atau palsu saat bepergian atau pulang dari negara tujuan.

Kasus semacam ini bisa merepotkan anda. Bahkan terkadang tas tersebut dapat disita oleh pihak Bea Cukai.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari membawa barang-barang palsu. Apalagi, barang-barang tersebut sudah diatur dengan regulasi yang ketat seperti uang palsu atau tas bermerk imitasi.

11. Apakah perlu di vaksin?

bepergian ke luar negeri
via halodoc.com

Sebelum berangkat ke negara tujuan, cari tahu dulu wabah atau penyakit apa yang sedang berkembang disana.

Hal ini bertujuan untuk mencegah menularnya penyakit-penyakit berbahaya, yang mungkin akan menjadi oleh-oleh saat kembali dari negara tujuan.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Alami Di Banggai Kepulauan

Sebagai contoh, banyak turis mancanegara harus di vaksin Malaria terlebih dahulu sebelum melancong ke Indonesia.

Tujuannya apa? Untuk menghindari infeksi penyakit Malaria. Karena malaria adalah salah satu penyakit umum yang diderita masyarakat Indonesia.

Karena wilayah indonesia termasuk wilayah Tropis yang sering menjadi tempat berkembangnya nyamuk aedes aegypti.

12. Jangan lupa aktifkan ponsel anda

bepergian ke luar negeri
via gonomad.com

Ini juga sangat penting. Karena tentu anda harus berkomunikasi dengan keluarga atau orang-orang terdekat anda.

Jangan lupa juga beli SIM Card lokal, yang mungkin bisa membantu anda untuk berkomunikasi dengan mereka.

Sekaligus melihat informasi-informasi terbaru yang ada di media sosial atau WhatsApp milik anda serta bisa digunakan untuk memesan taksi online atau untuk melihat jalur di Google Maps.

13. Asuransi perjalanan

bepergian ke luar negeri
via freespirittravelinsurance.com

Mengapa ini penting? Coba bayangkan, misalnya jika sewaktu-waktu saat bepergian anda mengalami kecelakaan yang fatal.

Oleh karena itu, pastikan anda punya asuransi, terlebih asuransi perjalanan. Jika anda menggunakan agen travel, sebaiknya perhatikan perbandingan antara asuransi yang didapatkan dengan biaya yang dikeluarkan.

Saran saya, sebaiknya gunakan asuransi yang berlaku secara internasional agar anda bisa mengklaim asuransi tersebut meskipun anda sedang berada di luar negeri.

14. Usahakan selalu hemat

bepergian ke luar negeri
via cloudinary.com

Banyak orang yang saat bepergian cenderung boros. Sehingga pengeluaran mereka tidak terkontrol dengan baik.

Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan biaya dengan matang dan usahakan untuk menahan diri untuk membeli barang-barang tertentu.

Kalau perlu, anda bisa mencari maskapai dengan biaya murah, hotel dengan harga sesuai dompet dan membeli barang-barang yang menurut anda paling berharga.

Penutup

Jika anda belum punya pengalaman bepergian ke luar negeri sebaiknya anda membaca dengan teliti tips-tips diatas.

Tujuannya untuk memuluskan rencana perjalanan anda sekaligus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian artikel tenang 7 tips bepergian ke luar negeri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *