Bencana Pabrik Daiichi Fukushima Jepang

2 Likes Comment
Bencana Pabrik Daiichi Fukushima Jepang

Bencana Pabrik Daiichi Fukushima Jepang – Jepang adalah salah satu negara yang sudah merasakan dampak dari penggunaan teknologi Nuklir yang mengkhawatirkan. Yang membuat masyarakat Jepang untuk tidak membuat nuklir sendiri.

Tapi hal itu tidak berarti mereka tidak punya jalan lain untuk memiliki nuklir, beberapa percobaan yang dilakukan oleh mereka pun berakibat fatal.

Meskipun mereka tidak memproduksi senjata nuklir, namun mereka telah menggunakan tenaga dari nuklir untuk membuat pembangkit listrik bertenaga nuklir milik mereka sendiri.

Baca Juga : 10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi di Bumi

Sejak tahun 1996 mereka telah menggunakan tenaga ini dan telah membangun kurang lebih sekitar 54 pembangkit listrik bertenaga nuklir. Pada maret 2012 lalu, tsunami yang di picu oleh gempa bumi, ternyata dikirim oleh salah satu pembangkit listrik tenaga Nuklir di Fukushima.

Tsunami tersebut menyebabkan tiga reaktor pabrik melelh, dan memakan korban jiwa yang banyak dan mengerikan. Disebutkan, ada lebih dari 20.000 ribu orang meninggal dunia karena kejadian ini, termasuk juga korban dari rusaknya reaktor nuklir tersebut.

Baca Juga : Iklim Berdampak Pada Bencana Alam di Bumi?

Selain itu, ada beberapa poin yang perlu dicatat terkait dengan kecelakaan reaktor nuklir Fukushima ini, seperti disebutkan oleh Asosiasi Nuklir Dunia.

Antara lain : (1) Setelah gempa bumi besar terjadi, tsunami datang yang membuat pasokan listrik dan pendinginan tiga reaktor nuklir Fukushima Daiichi, yang menyebabkan kecelakaan nulkir pada 11 maret 2011 lalu.

(2), kecelakaan itu, Menurut Asosisasi Nuklir dunia berada pada skala INES, karena rilis radioaktif yang ditimbulkannya cukup tinggi. (3) empat reaktor nuklir terdampak. (4) tidak ada kematian atas kasus kecelakaan ini.

Baca Juga : Akibat Kekeringan Di Irlandia, Sebuah Situs Neolitik Berusia 4.500 Tahun Ditemukan

Tetapi lebih dari 100.000 orang id evakuasi dari rumah demi memastikan tidak ada seorang pun yang terkontaminasi dari reaktor yang meledak tersebut.

(5) angka terakhir menyebutkan bahwa kurang lebih 1000 orang meninggal dunia akibat rangkaian kejadian bencana alam ini seperti Gempa Bumi, Tsunami dan Human Eror yang membuat reaktor nuklir meledak.

(***)

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *