10 Bencana Alam Terparah Yang Pernah Dialami Manusia

7 Likes Comment
Bencana Paling Parah

10 Bencana Alam Terparah Yang Pernah Dialami Manusia – Bencana adalah salah satu fenomena yang tidak dapat diprediksi oleh manusia, seakurat apapun alat yang digunakan.

Selama berabad-abad, manusia telah sering mengalami bencana. Dan ada berbagai bencana besar yang berhasil di lalui oleh manusia meskipun jutaan nyawa menjadi korban.

Terkadang bencana diberikan peringkat berdasarkan kerusakan, korban jiwa atau jumlah kerugian yang ditimbulkannya.

Beberapa bencana bahkan dianggap sebagai bencana paling parah yang pernah dialami oleh umat manusia dan bisa dicatat dalam sejarah.

Tidak terbatas pada satu jenis saja bencana, tetapi beberapa jenis bencana mulai dari bencana alam, kelaparan, wabah, penyakit dan lain sebagainya.

10 Bencana Alam Terparah Yang Pernah Dialami Manusia

Nah berikut disajikan 10 bencana paling parah yang pernah terjadi di muka bumi. Bencana apa saja itu? Ini dia daftarnya:

1. Gempa bumi di Suriah dan Mesir

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
via buzzfeed.com

Bencana ini terjadi pada 5 juli 1201. Tercatat, gempa bumi ini adalah gempa yang paling parah yang pernah dialami oleh manusia. Bencana ini mengguncang Mediterania dan menewaskan hampir 1,1 juta orang.

2. Wabah hitam di Eropa

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
Boombastis.com

Bubonic atau black death atau wabah hitam yang terjadi di Eropa pada tahun 1347 sampai 1350 menjadi penyebab utama kematian hampir 33 persen populasi Eropa.

Baca Juga : 10 Jenis Bencana Alam Yang Paling Sering Terjadi di Bumi

Wabah ini juga mempengaruhi jutaan orang di Asia dan Afrika Utara. Para ilmuwan percaya bahwa wabah itu adalah penyakit zoonosis yang disebabkan oleh bakteri pestis Yersinia dan menyebar ke manusia karena lingkungan yang buruk dan kuman yang dibawa oleh tikus.

3. Kelaparan di India

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
via Liputan6.com

Pada tahun 1769 kelaparan besar melanda India dan menyebabkan hampir 10 juta orang meninggal dunia. Ini hampir sepertiga dari populasi India saat ini. Kelaparan ini disebabkan karena panen yang gagal. Kelaparan ini sendiri akhirnya berakhir pada tahun 1773.

4. Kelaparan kentang di Irlandia

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
via wikipedia.org

Sekitar tahun 1845 sampai pada 1848 bencana kelaparan yang terjadi di India telah menyebabkan 1 juta orang tewas. Sementara, para petani Irlandia yang bergantung penuh pada Kentang, namun wabah jamur air menyerang tanaman mereka.

Baca Juga : 5 Struktur Bangunan Paling Tahan Gempa Di Dunia

Hal ini menyebabkan gagal panen massal pada waktu itu. Sehingga, kelaparan menyerang Irlandia dan menyebabkan hampir 2 juta orang Irlandia mengungsi ke negara lain.

5. Kelaparan di Cina

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
via tentik.com

Sekitar tahun 1876 hingga 1879, bencana kekeringan menghantam Cina dan menyebabkan kelaparan disana. Para petani gagal panen dan menjadi salah satu bencana paling buruk yang pernah terjadi di negara tersebut. Sekitar 9 juta orang disebutkan meninggal dunia.

6. Wabah Flu

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
via phillyvoice.com

Sekitar tahun 1918 sampai 1919, flu menyerang dunia dan menjadi penyebab utama kematian hampir 75 juta jiwa. Beberapa laporan mengatakan bahwa penyakit ini setidaknya menewaskan 100 juta orang lebih. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa kematian di India akibat dari flu tersebut mencapai 16 juta orang.

7. Banjir di sungai Yangtze dan sungai Huai, Cina

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
via kapanlagi.com

Setelah mengalami kekeringan parah dari tahun 1928, hujan lebat tiba-tiba muncul pada bulan juli tahun 1931. Hal itu mengakibatkan sungai Yangtze dan Sungai Huai meluap dan menewaskan hampir 4 juta warga. Sekitar 51 juta lainnya mengungsi. Banjir ini sendiri telah menjadi banjir terburuk dalam sejarah.

8. Kelaparan di Cina perode-II

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
via sab3at.com

Lebih dari 20 juta orang meninggal akibat kelaparan yang terjadi di Cina antara tahun 1959 sampai 1961. Banyak orang mengatakan bahwa hal ini bukanlah bencana, melainkan rencana pemerintah untuk mengurangi angka populasi negara tersebut.

Baca Juga : 10 Bencana Alam Yang Paling Banyak Terjadi di Indonesia

Hal ini diperkuat dengan laporan dari pemerintah Cina yang saat itu dipimpin oleh Mao yang mengatakan bahwa produksi pangan mengalami peningkatan namun ia mengambil 50 persen hasil panen tersebut dan mengakibatkan jutaan orang kelaparan sampai akhirnya tewas.

9. Kekeringan di Afrika

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
via elshinta.com

Pada tahun 1981, Afrika mengalami bencana kekeringan yang sangat parah dan menyebabkan hampir 20.000 orang meninggal setiap bulan. Sampai akhir periode, tercatat 1 juta orang lebih tewas akibat dari bencana kelaparan tersebut.

10. Banjir dan wabah kelaparan di Korea Utara

10 Bencana Paling Parah Yang Pernah Terjadi Di Bumi
via kaskus.co.id

Karena masalah politik dan bencana alam, sekitar 3 juta warga Korea Utara meninggal dari periode sejak tahun 1995 sampai 1998. Ini merupakan catatan terburuk dalam sejarah pemerintahan komunis di negara itu.

Nah demikian artikel tentang 10 bencana alam terparah yang pernah dialami manusia. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *