Mau Belajar Tentang SEO? Baca Panduan Singkatnya Disini

6 Likes Comment
panduan lengkap seo tahun ini

Sebenarnya, untuk mengulas tentang SEO itu akan sangat panjang dan pembahasannya tidak bakalan selesai hanya satu artikel saja.

Pada dasarnya, pengoptimalan SEO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah situs web di mesin telusur, termasuk didalamnya pengoptimalan pemasanan konten dan tautan.

Jika anda seorang blogger, apa yang anda lakukan untuk meningkatkan peringkat di mesin telusur? Apakah strategi itu membuahkan hasil? Atau justru sebaliknya.

Banyak juga blogger yang mencari artikel tentang SEO, justru berusaha mencari tentang cara kerja logaritma Google terbaru.

Itu tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar. Karena, belajar SEO berarti anda mempelajari semua potensi dan peluang untuk meningkatkan posisi keyword yang anda targetkan.

Tahukah anda bahwa 89% pembeli offline dan 81% pembeli online akan melakukan hal yang sama dalam proses pembeliannya? Disamping itu, dari berbagai tantangan yang terdapat pada proses pembelian itu ada cara untuk mengatasinya. Jawabannya adalah Google.

Mengapa? Tanpa kehadiran google atau mesin pencari lain, blog dan konten yang ada pada blog anda tidak bakalan diketahui oleh orang lain. Bukan hanya konten yang ada pada blog, tetapi juga bisnis dan produk yang anda jual secara online.

Baca Juga : 5 Mitos Yang Sering Didengar Blogger Pemula

Pada artikel kali ini saya akan berusaha membahas cara memaksimalkan SEO dengan singkat dan sederhana. Cara ini juga masih relevan hingga kini, dan masih saya gunakan pada blog saya.

Jika anda sudah cape mencari strategi memaksimalkan SEO, yang ujung-ujungnya secara teknis itu sama, dan ingin mencari panduan yang singkat, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Mau Belajar Tentang SEO? Ini Panduan Singkatnya

Sebelum memulai artikel ini, saya mengingatkan bahwa SEO merupakan sebuah proses panjang dan berseri. Setiap proses ini membutuhkan keseriusan dari pemilik blog.

Selain itu, sebaiknya juga manfaatkan semua potensi yang ada pada blog, entah untuk jualan atau untuk konten marketing, agar pengetahuan anda semakin bertambah.

Kalau perlu, jika anda punya duit lebih, sewa seseorang yang paham dan berpengalaman di bidang SEO. Biasanya, pihak ketiga yang disewa ini akan berusaha mengevaluasi terlebih dahulu konten yang anda, menjelaskan bagaimana cara kerjannya, hingga menerapkan strategi yang baik dan benar.

Baca Juga : 6 Alasan Mengapa Situs Web Anda Di Blacklist di Mesin Telusur

Kalau anda ingin mencari cara memaksimalkan SEO diluar dari strategi yang umum, patut diketahui juga, tidak ada strategi diluar teori yang dalam praktiknya berbeda.

Yang jelas, semua hal ini saling berkaitan satu dengan yang lain, dan mendukung blog atau konten anda agar bisa nongol di peringkat pertama mesin pencarian.

Satu hal yang perlu anda ketahui, tidak ada proses memaksimalkan SEO yang terjadi secara instan. Karena, SEO juga dipengaruhi oleh umur blog, otoritas halaman, backlink dan lain sebagainya.

Pengertian SEO

SEO adalah suatu cara untuk memperluas visibilitas sebuah blog atau website pada pencarian organik di mesin telusur seperti Google dan Bing.

SEO dapat membantu membantu bisnis atau blog anda untuk memperoleh peringkat yang lebih baik di halaman pencarian SERP (Halaman Hasil mesin pencarian).

Dan pada akhirnya akan mendorong situs tersebut untuk memperoleh lebih banyak pengunjung dan meningkatkan peluang untuk memperoleh pendapatan, penjualan dan pelanggan yang lebih tinggi.

Baca Juga : 5 Jenis Traffic Blog Atau Website Yang Harus Dimaksimalkan Blogger

Banyak orang yang menjelaskan SEO selalu bertautan dengan strategi dan ini betul. Karena, pada dasarnya strategi adalah cara-cara khusus untuk meningkatkan sesuatu agar lebih dominan dan lebih menarik lagi.

Yang berarti, strategi itu memiliki perluasan makna yang lebih jauh ketimbang pengertian biasanya. Dalam strategi konten marketing, kebutuhan informasi pelanggan, konten yang disajikan hingga umur blog menjadi pertimbangan yang berbeda.

Karena itu, secara teknis, ada dua esensi tentang SEO. Singkatnya, SEO akan mendorong dua hal, yakni peringkat dan juga visibilitas.

1. Peringkat

Peringkat atau ranking adalah elemen yang digunakan mesin pencari untuk menentukan dimana satu halaman web berada di SERPs.

2. Visibilitas

Visibilitas sebenarnya menjelaskan bagaimana domain yang digunakan begitu populer dan menonjol di mesin telusur. Dengan visibilitas yang tinggi, akan menjadikan sebuah domain tersebut begitu menonjol.

Pada dasarnya, visibilitas pencarian yang rendah akan terlihat saat pencarian keyword yang relevan dan yang muncul padalah blog anda.

Baca Juga : Cara Menghitung Skor SEO Blog Dengan Mudah

Dua hal diatas adalah elemen SEO terpenting dan paling teknis. Jika dua hal tersebut sudah dimaksimalkan dengan baik, pada akhirnya akan melahirkan konversi. Namun, ada satu hal lagi yang perlu anda ketahui disini, yakni:

3. Disiplin

Disiplin membantu anda meningkatkan brand, konversi hingga pemanfaatan mesin telusur. Pada gilirannya, disiplin akan berusaha menerjemahkan strategi pemasaran yang anda terapkan apakah sudah sesuai dengan perilaku konsumen atau sebaliknya.

Karena itu, seperti yang sudah diakui oleh Google sendiri, perilaku pelanggan akan terus berubah. Maka hendaknya anda disiplin dalam menerapkan SEO.

Saat ini, ada banyak orang yang menggunakan mesin telusur untuk mencari dan menemukan produk atau layanan daripada saluran pemasaran lainnya.

18% pembeli lebih banyak memilih Google untuk membeli barang di Amazon. 136% orang lebih suka mesin pencari yang merujui situs web ritel.

Dan pembeli B2B melakukan 12 pencarian setiap hari, rata-rata para pembeli tersebut belum mengenal lebih detail mengenai suatu merek yang akan dibelinya.

Baca Juga : 5 Alat Pemeriksa Otoritas Domain Terbaik Saat Ini

Terlebih lagi, mereka lebih suka melewati sebagian besar produk yang seharusnya dibeli bersamaan. Misalnya, survey yang dilakukan oleh HubSpot Research, ditemukan bahwa 77% orang akan melihat merk sebelum melakukan pembelian atau menggunakan layanan.

Sementara, Forrester mengungkapkan bahwa 60% pelanggan tidak ingin ada interaksi dengan penjual. Lebih jauh lagi, 68% lebih suka melakukan penelitian sendiri.

Juga, 62% orang telah mengembangkan kriteria mereka sendiri untuk memilih vendor yang tepat. Proses ini agak sedikit rumit sebenarnya.

Dilain pihak, survey pembeli B2B pada tahun 2017 yang dilakukan oleh DemandGen menemukan bahwa 61% pembeli B2B memulai proses pembelian di Google sebelum melakukan pembelian. Sebagai perbandingan, hanya 56% orang saja yang langsung yang membeli dari situs web.

Lalu, bagaimana caranya?

Pada awalnya, mereka menggunakan Google untuk mencari informasi tentang produk. Beberapa menemukan solusi yang tepat dan potensial yang lainnya tidak…

Kemudian mereka akan mengevaluasi beberapa alternatif yang tersedia berdasarkan ulasan atau sensasi dari media sosial sebelum bertanya langsung pada perusahaan. Yang terakhir biasanya dilakukan setelah mereka kehabisan sumber informasi.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

Maka satu-satunya kesempatan bagi pelanggan untuk memperhatikan dan mempertimbangkan merk atau layanan adalah dengan melakukan pencarian di mesin telusur.

Untuk melengkapi informasi teknis mengenai strategi mengoptimalkan SEO dengan sederhana, silahkan baca juga panduan-panduan dibawah ini:

Penutup

Setiap tahun, logaritma pencarian Google terus berubah. Perubahan logaritma Google hanyalah penyempurnaan dari berbagai masalah yang ditemui dari penerapan logaritma sebelumnya.

Memahami dan menerapkan SEO yang berlaku di mesin telusur Google pada tahun ini adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan keberadaan situs web kita di mesin telusur dan mengembangkan kemampuan untuk meraih peringkat.

Demikian artikel tentang panduan singkat tentang SEO. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *