Belajar dari Katakanlah: Bukan SEO Tapi Konten

5 Likes Comment
bukan soal seo tapi konten

Belajar dari Katakanlah: Bukan Soal SEO Tapi Konten – Sudah sekitar empat bulan lebih saya mendalami blog, tetapi baru saya temui dalam kasus ini. Ini adalah fakta, dan bisa saja membuat anda tercengang atas fakta tersebut.

Salah satu kawan saya aktif ngeblog, niche yang ia angkat adalah soal artikel-artikel dan opini serta pandangan pribadinya terkait dengan isu-isu sosial yang sedang tren ditengah masyarakat.

… dan ini saya pelajari

Katakanlah(dot)com, tak perlu belajar SEO rumit-rumit, tidak perlu belajar banyak hal anda bisa belajar dari blog katakanlah ini.

Sejak aktif ngeblog, ia tak pernah memasukan meta tag, blognya tidak didaftarkan di Google Search Console, Google Analytics apalagi di SEEMRUSH dan tools lain. Singkatnya, ia tak mengerti soal SEO yang ia tahu, ia hanya terus menulis di blognya, itu yang saya tangkap.

Dan ajaib, salah satu postingannya masuk di halaman pertama Google. Tulisannya itu mengangkat tentang studium generale. Anda bisa membuktikannya dengan mengetik kata kunci tersebut di Google, posisi blog yang saya sebutkan diatas pasti berada di halaman pertama Google tepatnya berada di posisi ketiga.

Saya lalu membantu dirinya memaksimalkan blognya dengan mendaftar di Google Analytics, Google Search Console dan memaksimalkan meta tag blognya.

Adsense yang tampil di blognya tersebut adalah adsense hosted, dimana sebelumnya ia sudah pernah mendaftarkan akunnya di Youtube tetapi iklannya belum tampil disana.

Lalu kemudian ia memasang kode iklan di Blog, eh tampil. Sampai sekarang, iklan tersebut sudah tampil di blognya. Ada beberapa hal yang saya pelajari dari blog ini

1. Jika anda membidik konten dengan persaingan yang sangat rendah, seperti yang ia angkat, mungkin anda akan berpeluang untuk tampil di halaman pertama pencarian Google

Konten dengan persaingan yang rendah memberikan peluang bagi anda untuk muncul di halaman pertama pencarian Google. Jika anda muncul pertama di Pencarian Google maka blog berpelung untuk semakin memperoleh kunjungan organik.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Jadi pada intinya, bukanlah SEO tapi konten anda. Konten panjang, konten berkualitas tinggi, dan konten yang dilengkapi dengan Video, Gambar asli, serta inforamsi baru berpeluang besar untuk tampil dihalaman pertama pencarian Google.

Untuk anda yang masih baru dalam dunia perbloggingan, usahakan anda membidik konten dengan persaingan yang rendah atau mungkin sama sekali tanpa persaingan karena itu meningkatkan peluang anda untuk tampil di halaman pencarian Google.

2. Semakin banyak konten anda, semakin tinggi kekuatan SEO anda. Untuk itu, perbanyak konten dulu setelah itu baru maksimalkan SEO

Kata kunci yang ia bidik memang rendah, tetapi dalam beberapa artikel ia sudah menyinggung soal kata kunci yang ia ambil. Ini menjadi Sinyal bagi Google bahwa konten utama yang ia angkat sudah ada, dan itu akan diprioritaskan oleh Google. Jadi dalam ngeblog dituntut untuk membuat konten, dan memperbanyak. Jangan lelah buat konten!

Baca Juga : 10 Tips Sebelum Mendaftar ke Google AdSense

Misalnya, jika anda ingin menargetakan kata kunci ‘Stadium Generale’, maka dalam artikel anda, misalnya 10 artikel lain harus ada kata Studium Generale diatas. Ini sinyal bagi Google, bahwa kata kunci yang ada bidik itu masih dalam proses pembautan konten utamanya.

3. Tak perlu mendaftar ke Google Search Console untuk bisa tampil di mesin Pencarian Google

Nah ini yang saya tekankan untuk anda. Jika anda menggunakan platform blogger(dot)com, secara otomatis artikel anda bisa muncul di hasil pencarian Google, tanpa perlu mendaftar ke sana.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Ngirim Tulisan Dengan Honor Tertinggi Saat Ini

Sebenarnya, mendaftar ke Google Search Console adalah salah satu langkah MEMPERCEPAT artikel di blog anda terindeks ke Google, dan juga memberikan anda saran dan kiat khusus untuk memaksimalkan pencarian di Google.

Jadi, disini misalnya, saat anda selesai membuat salah satu artikel di Blog anda, anda bisa langsung menggunakan fitur Fetch As Google, untuk membuat artikel anda lebih cepat terindeks ke Google kurang dari 1 menit. Dalam beberapa kasus mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama.

Penutup

Tiga hal itu kiranya bisa menjadi pedoman dasar bagi anda yang ingin terjun ke blog. Google mengingkan agar diartikel anda memberikan informasi baru kepada orang lain.

Salah satu cara untuk memberikan informasi baru kepada orang lain, dalam hal ini pengguna mesin pencari tersebut, adalah konten yang berkualitas rendah atau mungkin konten yang tanpa persaingan sama sekali.

Kalau perlu, anda bisa menggunakan kata kunci dengan persaingan yang kosong atau nihil. Anda bisa memanfaatkan fitur dari Google WordsAds.

Nah demikian Belajar dari Katakanlah: Bukan Soal SEO, Tapi Konten yang bisa anda jadikan pedoman untuk belajar ngeblog, apalagi jika anda blogger pemula. Sekali lagi saya ingatkan, bidiklah kata kunci dengan pencarian yang rendah.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *