Begini Definisi Kilogram Terbaru Usulan Para Ilmuwan

2 Likes Comment
denfinisi kilogram terbaru

Begini Definisi Kilogram Terbaru Usulan Para Ilmuwan – Kilogram merupakan satuan ukuran berat atau massa yang terdiri dari 1000 gram dan biasanya disingkat dengan kg.

Salah satu hal yang keliru yang kita pahami selama ini adalah bahwa metode untuk mengukur kilogram itu sama seperti metode untuk mengukur Mul, AMP dan juga Kelvin. Cara mengukur empat hal diatas tidaklah sama dan memiliki perbedaan yang drastis antara satu dengan yang lain.

Sejak manusia menjadi masyarakat agraris, kebutuhan untuk mengukur berat atau massa sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting, terutama untuk menilai hasil pertanian atau untuk mengukur nilai tertentu dalam sistem barter yang digunakan.

Ini berarti, pengukuran sudah menjadi bagian yang cukup penting dalam setiap aktivitas manusia. Dan untuk mengukur berat atau massa, orang-orang pada zaman dulu biasanya menggunakan batu, kayu, besi atau perkakas lain. Meski pengkuran ini tidak akurat namun tetap digunakan sampai tahun 1889.

Pada tahun tersebut, kilogram pertama kali didefinisikan oleh Ilmuwan. Definisi ini pun digunakan sampai sekarang ini. Ukuran kilogram sendiri telah menjadi acuan untuk mengukur nilai berat suatru benda, baik yang berharga ataupun tidak.

Baca Juga : 7 Pertanyaan Seputar Fisika Yang Akhirnya Terjawab

Setelah seratus tahun lebih, para ilmuwan kini sepakat untuk mendefinisikan kembali kilogram. Salah satu alasan pendefinisian itu dikarenakan ukuran yang digunakan saat ini sudah tidak akurat dan memiliki variasi yang berbeda-beda di satu wilayah dan wilayah lain.

Menurut mereka juga, pengukuran kilogram ini sudah berbeda dari versi aslinya. Karena alasan ini, Biro Berat dan Ukuran Internasional (BIPM) kemudian memutuskan untuk membuat penyesuaian tertentu yang tidak saja bergantung pada objek fisik (benda) tetapi juga untuk mengukur konstata alam.

Dengan demikian, bukan saja definisi kilogram yang akan diperbaharui, tetapi juga definisi Ampere (untuk mengukur listrik), Kelvin (untuk mengukur suhu) dan Mol (untuk mengukur jumlah zat).

Sejarah pengukuran kilogram

awal tahun 2018 lalu, definisi kilogram (kg) yang kita kenal sekarang ini akan menjadi akhir dari metode pengukuran internasional. Sebenarnya juga, yang menjadi masalah sebenarnya dari pengukuran kilogram ini karena hanya bergantung pada objek yang secara fisik ada, dan berubah seiring waktu berjalan.

Sehingga, terkadang, pengukuran kilogram akan membingungkan orang-orang, terutama untuk kebutuhan studi ilmiah di perguruan tinggi. Selain itu, banyak juga ditemui dilapangan perbedaan pengukuran kilogram ini, sehingga saat ini kilogram sangat bervariasi.

Baca Juga : 10 Teknik Mengambil Foto Yang Keren Untuk Instagram

Kilogram memiliki sejarah panjang dalam kehidupan manusia. Kilogram sendiri telah menjadi contoh betapa penemuan sederhana memiliki banyak manfaat bagi manusia terutama soal tindakannya terhadap benda fisik.

Semuanya bermula saat akhir revolusi Prancis yang terjadi antara tahun 1789-1799. Periode sosial radikal dan pergolakan politik yang tejradi disana juga merembes sampai pada pertanian. Saat itu, kebutuhan akan pengukuran standar untuk hasil pertanian mulai dicari oleh masyarakat saat itu.

Akhir dari pencarian ini kemudian bermuara pada penemuan tentang kilogram. Saat itu, kilogram merupakan sebuah alat ukur dimana massa desimeter kubik air suling berada pada tekanan 1 atmosfer dengan suhu 3,98 derajat celcius. Hingga sekarang, definisi ini masih bertahan.

Baca Juga : Mengenal Paradoks Bootstrap: Paradoks Untuk Mengirim Informasi Ke Masa Lampau

Saat konvensi Metro dilaksanakan Paris pada tahun 1875, definisi kilogram yang baru kemudian disepakati. Biro berat dan ukuran Internasional memutuskan untuk membuat objek yang akan berfungsi sebagai referensi kilogram. Pada tahun 1889 objek ini dikenal sebagai ‘le grand kilo’.

Le grand kilo merupakan silinder bundar yang lurus dengan ketinggian mencapai 39 centimeter dan memiliki diameter serta dimensi yang sama. Komposisinya terdiri dari 90% platinum dan 10% iridium.

Sampel ukuran kilogram ini lalu disimpan di Prancis dalam kondisi yang diyakini aman dan tanpa perubahan. Setirap kali sebuah negara memintanya, salinan kilogram akan diberikan.

Hinga saat ini, perbedaan kilogram asli dan salinanya sudah jauh berbeda. Sehingga tidak memungkinkan lagi bagi warga biasa yang hanya peduli tentang berat per kilogram saat mengunjungi pasar untuk mengetahui bobot sesungguhnya. Terutama untuk tujuan penelitian ilmiah.

Baca Juga : Mengenal Predestinasi Paradoks

Langkah ini diambil oleh Biro Berat dan Ukuran Internasional bertujuan agar kilogram tidak saja digunakan untuk mengukur berat objek melainkan juga pada konstata alam yang sudah dikenal secara internasional. Definisi kilogram terbaru ini akan mulai berlaku pada 20 mei 2019.

Cara mengukur berat kilogram saat ini

Lalu bagimana cara mengukurn berat kilogram saat ini? Untuk mengukurnya, akan digunakan referensi sehingga penggunannya akan sama di masyarakat dan juga untuk penelitian ilmiah.

1. AMP

Metode pengukuran amp akan dilakukan dengan eksperimen imajiner antara dua kabel tak terbatas dalam pengukuran elektron. Untuk itu, pompa electron akan dilibatkan dalam pengukuran nilai AMP

2. Kelvin

Saat ini, Kelvin ditentukan oleh suhu dan tekanan dimana air, uap dan es hadir secara bersama-sama. Pengukuran selanjutnya akan dilakukan menggunakan termometri akustik dalam bola yang diisi dengan gas, bersama dengan frekuensi gelombang suara sehingga menghasilkan nilai kecepatan rata-rata atomnya. Dari sinilah pengukuran Kelvin dilakukan.

3. Kilogram

Kilogram akan diukur dengan cara membandingkan kekuatan mekanik dan elektromagnetik. Untuk hal ini, Skala Watt atau Kible akan digunakan. Hal ini juga akan melibatkan silinder logam seperti yang digunakan diawal.

4. Mol

Untuk mengukur mol akan dilakukan dengan referensi atom yang hadir dalam 0,012 kilogram karbon.

Jadi mulai mei tahun ini, kilogram akan memiliki definisi baru yang akan berlaku secara internasional. Perubahan ini mungkin akan berlangsung lama karena perangkat ukur yang akan digunakan tidak secara otomatis diterima masyarakat dan akan menyesuaikan dengan perubahan yang anda.

Kalau anda termasuk orang yang menghargai presisi, ini mungkin adalah salah satu langkah sederhana untuk mengkalibrasi kembali perangkat yang digunakan dalam penelitian seperti timbangan dan juga termometer.

Nah demikian artikel tentang definisi kilogram terbaru usulan para ilmuwan. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *