5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia

7 Likes Comment
banjir terparah yang pernah terjadi

5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia – Indonesia adalah salah satu negara tropis, sebab mengalami 4 kali pergantian musim. Namun akhir-akhir ini, intensitas hujan yang tinggi telah mengakibatkan beberapa wilayah mengalami banjir yang parah.

Hal itu disebabkan oleh meluapnya sungai, danau dan di perparah dengan saluran air yang tersumbat karena ulah manusia.

Masyarakat Indonesia, terlebih yang berada di kawasan rawan banjir, ketika hujan tiba mereka merasa was-was karena banjir sendiri dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit, kehilangan harta benda yang berharga bahkan dalam beberapa kasus jatuh korban jiwa.

5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia

Nah, berikut disajikan beberapa kejadian banjir terparah yang pernah terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Banjir di Wasior

5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia
via tribunnews.com

Bukan hanya di dua Pulau Indonesia seperti Jawa dan Sumatera, banjir juga terjadi di Wasior, Papua Barat juga menjadi salah satu banjir terparah yang pernah terjadi di Wilayah Indonesia.

Banjir Wasior terjadi karena meluapnya sungai Batang Sala yang terletak di salah satu pengunungan Wasior tepatnya di Wondiwoy.

Baca Juga : 5 Suku Paling Kuat Di Dunia

Intensitas hujan yang tinggi selama dua hari menyebabkan wilayah Wasior tergenang air. Data yang berhasil di Himpun, ada sekitar 158 orang meninggal dunia sementara 145 orang lainnya dinyatakan hilang.

Banjir ini mungkin adalah banjir dengan kerugian yang paling banyak sebab sebagian besar infrastruktur di Wasior hancur seperti jembatan, gereja, lapangan udara serta rumah sakit. Banyak warga kemudian mengungsi ke kota-kota terdekat seperti Manokwari dan juga Nabire.

2. Banjir bukit Lawang

5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia
via blog.act.id

Pada tahun 2003 lalu, banjir bandang menghantam Bukit Lawang yang berada di Langkat, Provinsi Sumatera Barat. Hal ini disebabkan oleh penebangan hutan yang terjadi di sekitarnya.

Selain banjir, hujan juga mengakibatkan tanah longsor. Dari data yang berhasil dihimpun, Banjir di Bukit Lawang menewaskan 129 orang, termasuk diantaranya 7 Warga Negara Asing (WNA) yang sedang berwisata disitu.

Baca Juga : 5 Kota Paling Aneh Di Dunia

Sementara, ada sekitar 100 orang dinyatakan hilang, dan dipastikan sudah meninggal dunia dan puluhan rumah mengalami kerusakan.

Dampak dari banjir ini bagi masyarakat Bukit Lawang adalah ekosistem wilayah yang menurun drastis, daya tarik pariwisata yang terjun bebas dan sebagainya. Begitu juga dengan satwa-satwa yang ada, selain meninggal kebanyakan bermigrasi.

3. Banjir di Jember

5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia
via konfrontasi.com

Banjir paling parah selanjutnya terjadi di Jember, Provinsi Jawa Timur pada tahun 2006 lalu. Banjir bandang ini terjadi akibat daya tampung Sungai Denoyo dan juga Sungai Kaliputi melebihi kapasitas dan mengakibatkan air meluap.

Baca Juga : Sesar Kendeng Ditemukan Di Jawa Timur, Potensi Baru Gempa?

Data yang berhasil dihimpun, kejadian banjir di Jember ini menewaskan 51 orang, 30 lainnya mengalami luka berat. Selain karena meluapnya dua danau yang berpapasan dengan wilayah pemukiman warga.

Banjir yang disertai tanah longsor ini ini juga disebabkan oleh aktivitas manusia yang melakukan penebangan hutan yang tak terkendali tak jauh dari situ, yakni di pengunungan Hyang Argopuro.

4. Banjir di DKI Jakarta

5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia
via nu.or.id

Ibukota Republik Indonesia ini tampaknya tak pernah lepas dari namanya Banjir. Bahkan sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu seperti yang terjadi pada tahun 2007 lalu.

Tak ada yang menyangka, banjir yang terjadi di DKI Jakarta itu menjadi salah satu banjir terparah yang pernah terjadi di Indonesia.

Baca Juga : Fakta Penting Tentang Potensi Dan Acaman Bencana Alam Di Indonesia

Genangan air mencapai 3 meter dari tanah karena intensitas hujan ditambah kiriman 13 sungai yang ada disekitar Jakarta. Tercatat 48 orang tewas akibat banjir tersebut.

5. Banjir di Tangse

5 Banjir Terparah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia
via goaceh.co

Pada tahun 2011 lalu, Tangse yang merupakan sebuah daerah di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) mengalami banjir. Banjir ini terjadi akibat air yang meluap dengan membawa ratusan gelontongan kayu berukuran besar dari hutan-hutan disekitar Tangse.

Baca Juga : 10 Ancaman Bencana Alam Paling Banyak Terjadi Di Indonesia

Di perparah ;agi dengan penggundulan hutan serta upaya reboisasi yang kurang dari masyarakat menyebabkan banjir tak terkendali. Data yang berhasil dihimpun, 24 orang menjadi korban jiwa.

Penutup

Nah, demikian daftar 5 banjir yang pernah terjadi di Indonesia. Upaya reboisasi hutan dan kesadaran masyarakat adalah hal utama untuk mencegah banjir terjadi di kemudian hari.

Daftar 5 banjir terparah ini dihitung berdasarkan jumlah korban jiwa yang ada. Tampaknya, sudah saatnya bagi kita untuk merawat alam seperti merawat diri kita sendiri, dan juga melakukan pertobatan ekologi.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *