Bagaimana Wi-Fi Bekerja?

6 Likes Comment
bagaimana wi-fi bekerja
Bagaimana Wi-Fi Bekerja? – Sebagian dari anda pasti sudah pernah mendengar dan menggunakan Wi-Fi, kan? Tapi, pernakah anda bertanya, bagaimana Wi-FI bekerja?

Hari ini, Wi-Fi telah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan untuk terhubung ke internet dan karena Wi-Fi kita tidak lagi membutuhkan kabel untuk bisa terhubung ke Internet.

Itu berarti, fungsi Wi-Fi sangat penting sebagai media penghubung antara kita dengan internet. Nah bagi anda yang belum tahu cara kerja dari Wi-Fi, baca artikel ini sampai habis.

Cara kerja Wi-Fi

Sebenarnya Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk mengirim informasi dari perangkat yang anda gunakan baik itu telepon seluler atau laptop dengan router melalui frekuensi yang telah ditentukan.

Sebenarnya, ada dua frekuensi gelombang radio yang timbul antara router dan perangkat kita, dengan jumlah data yang di kirim oleh dua frekuensi tersebut misalnya: 2,4 gigaherz dan 5 gigahertz.

Baca Juga : Apa Yang Dimaksud Dengan Genom?

Lantas, apa yang dimaksud dengan gigahertz? Giga adalah ukuran nominal dari data yang dikirim sementara hertz adalah ukuran frekuensi. Sebagai contoh, anda sedang duduk di pantai dan menyaksikan ombak menerjang pantai.

Jika anda bisa mengukur waktu gelombang tersebut maka anda bisa mengukur frekuensi satu gelombang per detik.

Satu hertz seperti frekuensi gelombang yang dihasilkan lewat pengamatanmu bersama kecepatan per detiknya. Sementara, satu gigahertz setara dengan satu miliar gelombang.

Baca Juga : Apakah Detektor Kebohongan Benar-Benar Mendeteksi Kebohongan?

Dua frekuensi Wi-Fi kemudian dibagi menjadi beberapa saluran untuk mencegah lalu lintas dan gangguan eksternal. Ketika dua frekuensi tergabung secara otomatis anda juga tersambung ke jaringan internet.

Langkah pertama dalam proses ini terjadi ketika anda mengakses internet lewat perangkat milikmu dan itu mengubah informasi yang ada ke dalam kode binner. Dan ya, semua komputer menggunakan kode binner untuk membaca atau mengirim informasi.

Baca Juga : Benarkah Musik Mozart Membuat Anak Kita Lebih Cerdas?

Kode binner sendiri merupakan angka 0 dan 1. Misalnya, ketika anda mengklik artikel ini, permintaan anda tersebut diterjemahkan menjadi perintah atas sekelompok angka 1 dan 0.

Jika anda menggunakan Wi-Fi, 1s dan 0s akan diterjemahkan pada frekuensi gelombang oleh Chip Wi-Fi yang sudah ditanam dalam perangkat anda.

Frekuensi perjalanan antar saluran radio yang disebutkan sebelumnya kemudian diterima oleh router Wi-Fi yang telah terhubung ke perangkat anda.

Baca Juga : Apa perbedaan antara berbisa dan beracun?

Router itu kemudian mengubah frekuensi kembali ke dalam kode binner dan menerjemahkan kode-kode selama anda mengakses internet, dan router sebagai menerima data.

Proses ini berulang kali terjadi setiap kali anda mengakses internet. Semua terjadi dalam waktu singkat dengan kecepatan tertentu. Rata-rata router beroperasi dengan kecepatan 54 Mbps (megabite per detik).

Demikian artikel tentang bagaimana Wi-Fi bekerja atau cara kerja wifi. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *