Inilah Badai Terbesar Yang Pernah Terjadi Di Muka Bumi

8 Likes Comment
ini badai terbesar yang pernah terjadi

The Great Storm yang terjadi pada tahun 1987 merupakan badai terbesar yang pernah terjadi di muka bumi. Badai ini juga dicatat sebagai badai terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah.

Kapan badai terbesar ini terjadi?

Badai tersebut terjadi pada malam musim gugur tahun 1987. Ketika orang-orang Inggris sedang beristirahat di tempat tidur pada 15 oktober tahun itu.

Mereka tidak menyadari bahwa beberapa jam ke depan adalah jam-jam krusial yang menakutkan, sebuah badai sedang mengintai. Badai yang kelak disebut sebagai : The Great Storm 1987.

Baca Juga : Tips Saat Menghadapi Bencana Banjir

Badai hebat itu membawa angina dengan kecepatan 100 kilometer per jam. Fakta tersebut sangat mengejutkan Inggris, para peramal cuaca dan serta media.

Bahkan, Menteri dalam negeri saat itu, Douglas Hurd mengatakan badai tersebut sebagai, “Bencana malam paling parah”.

Angin tersebut tidak akan pernah dilupakan oleh siapapun, terutama mereka yang mengalaminya dan masih hidup sampai sekarang.

Selain banyak korban jiwa, badai tersebut telah menyebabkan kerugian sampai jutaan Poundsterling akibat hancurnya bagunan, rumah dan berbagai infrastruktur publik disana.

‘Itu Bukan Badai!’

Ini Badai Terbesar Yang Pernah Terjadi Di Muka Bumi
Beberapa pria sedang membersihkan pohon-pohon yang tumbang akibat badai yang terjadi pada malam hari/countryfile.com

Hal ini dikatakan oleh beberapa orang. Menurut mereka, badai tidak memiliki asal-usul tropis, sehingga tidak dapat disebut badai. Namun, bagi orang yang mengalami kejadian tersebut, itu tampak tidak terima.

Mereka berkata bahwa kekacauan itu seperti angina rebut yang menghantam bagian selatan Inggris, dengan kecepatan sampai 115 kilometer per jam. Dan itu adalah badai!

Baca Juga : Ini Tsunami Tertinggi di Dunia

Namun sayangnya, The Great Storm bukanlah badai terbesar yang pernah ada. Kita kembali pada tahun 1703, badai serupa yang sempat menghantam Inggris dan menewaskan ribuan orang.

Meskipun sulit untuk melakukan perbandingan antara dua tahun yang jelas-jelas berbeda tersebut, namun badai yang terjadi pada abad ke-18 tersebut dipercaya lebih para daripada yang terjadi pada tahun 1987.

Lihat saja dari hasil perbandingan korban jiwa. Itu tampaknya menjadi salah satu perbedaan paling besar untuk membandingkan badai mana yang paling besar yang pernah terjadi di Planet ini.

Prediksi

Sebelumnya, cuaca buruk telah diprediksi terjadi sebelum badai tersebut datang dan menghantam pantai selatan Inggris pada dini hari 16 oktober.

Sehari sebelumnya, kantor Met, sebuah media inggris telah memperkirakan angin dan hujan yang akan terjadi di wilayah tersebut. Namun hanya beberapa jam setelah berita tersebut meluncur, badai berubah arah.

Peringatan cuaca buruk dikeluarkan oleh otoritas setempat, termasuk Kementrian pertahanan Inggris dan London Fire Brigade.

Baca Juga : 5 Struktur Bangunan Paling Tahan Gempa Di Dunia

Di pantai selatan, tepatnya di Royal Sovereign Lightship diperkirakan kecepatan angin mencapai 86 kilometer per jam. Sebuah kapal dilaporkan terbalik di Dover dan Veri Chanel terbawa angin hingga ke pantai di dekat Folkestone.

Listrik pada malam itu padam dan bertahan selama beberapa hari. Diperkirakan, kerusakan akibat badai mencapai lebih dari 1 Miliar Poundsterling.

Jumlah pohon yang diperkirakan tumbang akibat badai mencapai 15 juta. Delapan belas orang dilaporkan tewas di Inggris sementara, empat orang di Prancis.

Dampak

Selain dampak berupa material, juga ada dampak yang diterima oleh masyarakat. Laporan media menuduh kantor Met gagal meramal arah badai dengan benar.

Berdasarkan temuan dan investigasi internal kantor Met, yang diteliti oleh dua penilai independen, berbagai perbaikan kemudian dimulai, dan ini berdampak terhadap kantor berita, otoritas yang berwenang dan juga media-media saat itu.

Misalnya, cakupan pengamatan atmosfer diatas laut dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas pengamatan dari kapal, pesawat, pelampung, satelit dan penyempurnaan lain agar pengamatan tidak lagi terjadi sehingga bisa memprediksi arah badai dengan tepat.

Demikian artikel tentang badai terbesar yang pernah terjadi di bumi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *